Lempar Lembing

Posted on

Lempar Lembing – Pada penjelasan materi sebelumnya kabarkan.com telah menjelaskan mengenai materi Tolak Peluru secara jelas tentunya. Maka kali ini kabarkan.com akan membahas materi mengenai Lempar Lembing secara jelas, dimulai dari Pengertian, Lapangan, Teknik, Alat dan Sejarah. Berikutlah ulasan materinya.

Lempar Lembing
Lempar Lembing

Pengertian Lempar Lembing

Atlet Lempar
Atlet Lempar

Lempar lembing ialah suatu cabang olahraga yang permainannya menggunakan suatu tongkat panjang serta lancip di ujungnya untuk di lempar sejauh mungkin, cabang olahraga ini sendiri termasuk cabang ateletik. Cabang olahraga ini sudah diminati banyak orang, sehingga olahraga ini sudah diikut sertakan dalam perlombaan tahunan seperti Internasional (Olimpiade), Asia Games (Sea Games), Nasional dan Lokal.

Selain membahas mengenai pengertiannya maka materi ini juga akan membahas prihal mengenai Lapangan, Teknik, gaya, Alat dan Sejarah lempar lembing.

Teknik Lempar Lembing

Atlet Lempar
Atlet Lempar

Dalam setiap olahraga tentu memiliki beragam teknikm didalamnya, karna dengan adanya teknik inilah maka suatu permaianan dapat mudah untuk dilakukan. Seperti halnya dengan Olahraga ini tentu terdapat teknik yang harus diperagakan. Untuk tekniknya sendiri dapat di bagi menjadi dua, antara lain.

1. Teknik Pemula Atau Dasar

Setiap atlet tentu tidak langsung dapat menjadi pemain profesional. Tentunya mereka harus berlatih terlebih dahulu, guna untuk bisa menjadikan mereka atlet profesional. Nah disini akan dibahas mengenai teknik pemula untuk menjadi seorang atlet yang profesional. Dalam lempar lembing untuk teknik pemula ada tiga tahapan yang harus dikuasainya, yaitu antara lain.

Teknik Memegang

Untuk teknik memegang sendiri terdapat beberapa gaya dimana tergantung anada nyaman menggunakannya. Diantara ke tiga teknik gaya memegang itu dinamakan gaya tang, Amerika dan finlandia.

Teknik Awalan

Untuk teknik awalan ini biasanya anda akan melakukan satu posisi siap sebelum memulai, seperti menggambil sikap sebelum melempar, melangkah dan saat berlari. Jadi untuk teknik awalan ini anda harus memiliki fokus kemantapan yang tinggi.

Baca Juga :  Kata Ganti

Teknik Melempar

untuk teknik ini biasanya posisi badan anda diusahakan untuk tidak kaku, karna apabila tubuh anda kaku atau tegang ini dapat menghambat lemparan anda. Jadi usahakan Posisi badan anda rilex atau tenang ketika ingin melakukan suatu lemparan.

Setelah membahas mengenai teknik dasar diatas, maka selanjutnya akan membahas mengenai teknik profesionalnya, berikut ulasannya dibawah ini

2. Teknik Profesional

Dalam teknik ini terdapat beberapa tiga bagian, antara lain.

Teknik Awal

untuk teknik ini biasanya atlet mengambil persiapan terlebih dahulu mengambil nafas, dengan memposisikan badan untuk tegap lurus, Kepala tega dan mata memandang fokus kedepan. Selanjutnya setelah wasit memulai ababa untuk mulai, maka atlet memulai lari dengan sekencang-kencangnya. Setelah mendekati pembatas akhir, biasanya enam langkah terakhir gerakan lari mulai sedikit diperlambat sambil kaki berjinjit dan mengambil sikap untuk melempar.

Teknik Melempar

Untuk teknik ini biasanya atlet dalam enam langkah terakhir mulai menghadapkan lembingnya keatas dan sambil menarik lembingnya ke arah belakang. setelah melakukan itu maka atlet langsung melemparkan lembingnya.

Teknik Setelah Melempar

Untuk teknik ini biasanya atlet setelah melakukan lemparan, tetap memposisikan kepala untuk tidak menghadap kebawah. Karena apabila atlet mengambil sikap mengahadapkan kepala kebawah ini, justru itu akan bisa membuat atlet cidera dibagian kepala atau dibagian wajah.

Alat Lempar Lembing

Alat Lempar
Alat Lempar

Dalam cabang olahraga ini memiliki alat yang dibagi menjadi dua varian yaitu untuk Laiki-laki dan wanita.

Alat untuk wanita

  • Alat memiliki ukuran lilitan pegangan mencapai 15 sampai 16 centi meter.
  • Alat panjangnya lembing mencapai 230 centi meter.
  • Berat lembing mencapai 600 gram.

Alat untuk laki-laki

  • Alat memiliki ukuran lilitan pegangan mencapai 15 sampai 16 Centi meter.
  • Alat panjangnya lembing mencapai 270 centimeter
  • Berat lembing mencapai 800 gram.

Ukuran Lapangan

Lapangan Lempar
Lapangan Lempar

Berikut uraian mengenai ukuran lapangan lempar Lembing.

  • Memiliki sudut tigapuluh derajat.
  • Lebar lempar memiliki garis tujuh meter.
  • Lebar sisi kiri dan kanan memiliki garis lurus satu setengah meter.
  • busur Jari-jari memiliki ukuran delapan meter.
  • Panjang lapangan (awalan) memiliki ukuran empatpuluh meter.
  • Lebar lapangan (awalan) memiliki ukuran empat meter.
Baca Juga :  Komunikasi Adalah

Pembahasan diatas inilah mengenai beberapa ukuran yang ada pada lapangan. Selanjutnya dibawah ini akan membahas prihal awal sejarah cabang olahraga ini, berikut ulasannya.

Sejarah Lempar Lembing

Atlet Lempar
Atlet Lempar

Menurut sejarah, mengenai permainan olahraga ini belum ditemukan secara pasti darimana awal munculnya permainan lempar lembing ini. Cuman para pakar sejarah meyakini bahwasannya permainan ini sudah ada pada jaman dahulu kala dan berkembangnya berasal dari negara yunani.

Ditahun 1908 olahraga ini masuk sebagai cabang olahraga ateletik, hanya saja pada masa itu hanya kaum laki-laki saja yang dapat memainkan perlombaan cabang olahraga ini. kemudian barulah ditahun 1932 kaum wanita dapat ikut serta dalam perlombaan cabang olahraga ini.

Cabang olahraga ini sudah diminati banyak orang, sehingga olahraga ini sudah diikut sertakan dalam perlombaan tahunan seperti Internasional (Olimpiade), Asia Games (Sea Games), Nasional dan Lokal.

Demikianlah pembahsan materi ini, semoga dapat memberikan manfaat bagi pembaca semua. Sampai bertemu dimateri yang akan datang.

Sebutkan Ada beberapa Teknik Dasar Dalam Lempar Lembing ?

Teknik Memegang, Teknik Awalan dan Teknik Melempar.

Jelaskan Ukuran Lapanagan Lempar Lembing Yang Anda Ketahui ?

Memiliki sudut tigapuluh derajat, Panjang lapangan (awalan) memiliki ukuran empatpuluh meter, Lebar lapangan (awalan) memiliki ukuran empat meter.

Jelaskan Pengertian Lempar Lembing ?

Lempar lembing ialah suatu cabang olahraga yang permainannya menggunakan suatu tongkat panjang serta lancip di ujungnya

Baca Juga: