12 Fungsi Tulang Betis Pada Tubuh Manusia

Posted on

12 Fungsi Tulang Betis Pada Tubuh Manusia – Nah setelah sebelumnya ContohSoal.co.id membahas tentang Fungsi Tulang Kering. Maka materi pembahasan kali mengenai 12 fungsi tulang betis pada tubuh manusia. Untuk lebih lengkapnya simak ulasan berikut ini.

Pengertian Tulang Betis

Fungsi Tulang Betis

Apa yang disebut Tulang betis (fibula) ?ialah merupakan sebuah bagian belakang bawah dari tungkai. Pada struktur jaringan sistem otot, betis saling berhubungan dengan ruangan belakang tungkai.

Maka dari dalam ruangan belakang itu , terdapat dua otot terbesar yang dikenal atau disebut dengan otot betis, otot tersebut menempel pada tumit dangan melalui tendon Achilles.

Namun terdapat beberapa otot lainnya yang lebih kecil menempel pada lutut, pergelangan kaki, dan jari-jari kaki.

Fungsi Tulang Betis

NoFungsi Tulang Betis
1Berperan untuk melindungi bagian penting yang ada dalam kaki
2Berfungsi untuk menopang dan memeberi kekuatan otot pada saat berjalan atau berlari.
3Tulang betis mempunyai tugas untuk melekatkan bagian lutut.
4Merupakan sebagian tulang yang melekatkan tulang pergelangan kaki.
5Merupakan tempat untuk memproduksi sel darah merah.
6Berguna untuk menyimpan garam mineral dalam tubuh manusia.
7Sebagai pengait pin
8Sebagai peran pendukung tulang kering/Tibia.
9Tulang betis atau fibula tanpa bantalan beban seperti tulang kering
10Melindungi terjadinya benturan secara langsung
11Sebagai tempat
12Berfungsi mempertahankan keseimbangan tubuh

Anatomi dan Patologi Pada Tulang Betis

Jika tulang betis anda mengalami pembengkakan, yang mana penyakit yang menimbulkan bengkak pada kaki ialah penyakit yang disebut dengan sindrom.

Kompertemen yang mana ditemukannya bekuan darah pada betis dibagian dalam vena disebut dengan trombosis vena dalam, serta tendon achillesnya pecah dan terjadi pelebaran pembuluh bilik vena atau dikenal dengan sebutan varieses vena.

Penyakit ini sering terjadi terhadap seorang yang berusia lanjut(tua) atau orang yang jarang berolah raga bisa juga. jika anda berolah raga namun tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu maka mengakibatkan adanya penyakit kram tukai dan sembap.

Baca Juga :  Hormon Pada Tumbuhan

Penyakit ini merupakan kejadian yang lazim dan disebut dengan idiopatik kejadian ini biasanya menyerang atau mepengaruhi otot betis.

Ada sebuah peneletian yang diadakan disebuah tempat pabrik kecil untuk sekelompok buruh yang sehat. Dengan menggunakan kaus kaki bisa mengurangi resiko pada anda terhadap nyeri dan sembap.

Kemudian dari hasil penelitian lainnya juga menunjukan bahwadengan memakai kaus kaki yang ketat bisa menaikan kinerja terhadap para pekerja.

Bentuk tulang betis yang panjang berguna untuk menyambungkan lutut ke pergelangan kaki dan berfungsi sebagai menopang dan memberikan kekuatan padatubuh manusia untuk bisa berdiri tegak, berlari dan melompat.

Selain itu, dengan anatomi atau bentuk tulang betis ini juga banyak sekali manfaatnya. salah satunya untuk kita melakukan segala aktivitas.

Ditulang lutut, pada ujung proksimal fibula ini tepatnya terletak dibawah lutut dan merupakan pembesaran yang sedikit bulat biasanya dikenal dengan kepala fibula.

Yang mana pada kepala fibula ini membentuk sebuah persedian yang disebut dengan tibiofibular proksimal.

Tips Menjaga Tulang Betis

Dalam menjaga tulang betis agar sehat maka kita harus menjalankan aktivitas sebagi berikut ini.

  • Menjalankan olahraga yang teratur , misalnya lari pagi, peregangan, senam dan olah raga lainnya.
  • Biasakan apabila anda akan melakukan olahraga renang, untuk selalu melakukan pemanasan dahulu, agar anda tidak terkena kram pada tulang betis anda.
  • Minum air putih dengan tepat bdan teratur.
  • Mengkomsumsi minuman yang memberikan kekuatan pada kalsium.
  • Seimbangkan makanan sayur-sayuran,daging dan buah-buahan

Demikianlah materi pembahasan ContohSoal.co.id mengenai 12 fungsi tulang betis pada tubuh manusia kali ini. Semoga artikel ini memberi banyak manfaat serta menjadi sumber referensi dan inspirasi bagi sobat semua.

Pilihan Artikel ContohSoal.co.id Lainnya: