Contoh Paragraf Persuasi

Posted on

Contoh Paragraf Persuasi – Apa yang dimaksud dengan persuasi ?? nah sebelum kita masuk kepokok pembahasan, pada pertmuan sebelumnya telah kita bahas Contoh Karangan Persuasi. Materi pada kali ini akan membahas mengenai contoh paragraf persuasi singkat, pengertian, persuasi tentang pendidikan, kesehatan, sampah dan lingkungan beserta struktrunya, untuk lebih lengkapnya simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Paragraf Persuasi

contoh paragraf persuasi
contoh paragraf persuasi

Paragraf persuasi merupakan sebuah paragraf yang memuat suatu kalimat ajakan,rayuan, himbauan di dalamnya, yang diperuntukan terhadap semua yang membacanya agar dapat mempengaruhinya sehingga pembaca akan mengikuti seperti yang diinginkan oleh sanga penulis.

Karena isinya yang berupa kata-kata ajakan serta himbauan, jadi sobat semua akan memerlukan sejumlah fakta dan bukti yang jelas dan juga kuat agar dapat mempengaruhi bagi yang membacanya dengan adanya ajakan sobat dan bahkan pembaca akan melakukan apa yang sobat inginkan.

Ciri-ciri Paragraf Persuasi

  • Pada kandungan yang ada di Konten tulisan paragraf persuasi ini merupakan suatu kalimat ajakan terhadap pembaca agar mengikuti sesuatu yang menjadi kehendak penulis.
  • Penulisannya disertai dengan pemaparan berupa data-data, argumen dan fakta yang kuat mengenai sesuatu.
  • Karena tujuannya mengajak , jadi di dalamnya ada berupa kalimat yang bersifat ajakan misalnya saja seperti kata ‘ayo’, kemudian kata marilah’dan juga kata ‘kerjakanlah.
  • Kemudian Bahasa yang digunakan dalam menyusun atau membuat paragraf persuasi harus jangan terdapat sifat yang dapat menimbulkan kontroversi, sehingga tidak adanya pertentang terhadap pembaca dengan penulis. Maka jika tidak ada pertentangan sudah tentu akan membauat pembaca semakin tertarik dan kemudian ia akan mengikuti sesuai dengan yang penulis inginkan.
  • Pada Paragraf ini dapat mempengaruhi kepercayaan terhadap pembaca.

Contoh Paragraf Persuasif

contoh paragraf persuasi
contoh paragraf persuasi

Berikut contohnya :

Contoh Paragraf Persuasi Advertensi

Untuk anda yang merantau yang ingin kuliah atau bekerja tentunya banuyak dari sebagian kalian membutuhkan indekos.

Namun, indeksos itu sendiri masih sulit untuk ditemukan, apalagi jika Anda berada di kota-kota besar.

Terkadang hal tersebut menjadi sebuah kendala bagi para perantau yang ingin menetap lama di suatu kota, baik itu dengan alasan untuk bekerja maupun untuk kuliah.

Namun saat ini anda tidak perlu bingung lagi karena saat ini indekos sudah dapat mudah didapat terutama di kota besar dengan melalui sebuah aplikasi berbasih Android yang bernama kabarkan.com.

Nah, aplikasi tersebutlah yang dapat membantu Anda untuk menemukan indeksos yang nyaman dan tentunya murah di kota yang hendak Anda tuju.

Tentunya Dengan aplikasi ini semua sudah teratasi dan tidak perlu susah payah lagi untuk men-survey kota tersebut, sehingga dapat lebih menghemat waktu Anda.

Bukan hanya itu saja akan tetapi pembayaran bulanan pun dapat dilakukan dengan cara mengakses aplikasi ini.

Contoh Paragraf Persuasi Politik

Contoh Paragraf Persuasi Politik

Pemilihan umum tinggal menghitung hari. Pergunakanlah hak pilih kita dengan sebaik nya guna menetukan masa depan bangsa kita untuk memilih presiden yang terbaik untuk Negara Indonesia kita.

Jangan sampai angkat dari hak pilih anda golput. Perlu kita ingat bahwa masa depan Negara kita selama 5 tahun ke depannya bergantung oleh pilihan kita, yaitu pada tanggal 2 Juni 2018.

Ayo kita ramaikan  dengan datang ke TPU terdekat dan gunakan hak pilih kita. Ingat, jadilah pemilik yang bijak.

Contoh Paragraf Persuasi Kesehatan

contoh
contoh

Dani sangat bersemangat sekali dalam berolahraga. Karena begitu semangatnya , Olahraga tersebut dilakukannya hampir setiap hari , dimulai dari olahraga ringan seperti jogging, hingga olahraga ekstrim seperti terjung lenting (bungee jumping).

Namun pada suatu hari dani terkena penyaakit yang dimana dia harus menghentikan semua aktivitas olahraganya karena dia merasakan sakit yang teramat parah di bagian sendi dan ototnya, hingga dia kesulitan untuk bergerak ke sana kemari.

Baca Juga :  Pengertian Administrasi Pembangunan

Kemudian ibunya dani menelfon dokter agar datang ke rumahnya. Hasil dari pemeriksaan tersebut ternyata rasa sakit dani disebabkan oleh  ia terlalu sering berolahraga.

Dokter pun akhirnya memberikan obat khusus kepada Dani dan meminta supaya Dani tidak terlalu sering olahraga.

Adapun bila kamu ingin berolah raga”, ucap dokter ,” ,saya anjurkan melakukan olahraga yang ringan namun rutin dilakukan, olahraga rutin juga mampu membuat kesehatan tubuh lebih terjaga dengan baik.

Pada saat itu juga dani mengurangi rutinitas olahraganya yang berlebih tersebut. Kini, Dani hanya melakukan olahraga jogging setiap dua minggu sekali.

Contoh Paragraf Persuasif Tentang Iklan

Benda yang sering kita gunakan saat mandi yakni sabun yang mempunyai kegunaan untuk membersihkan tubuh dari segala jenis kotoran yang menempel selama melakukan kegiatan setiap harinya.

Namun apakah anda semua tahu bahwa kandungan yang ada pada sabun mandi mempunyai dampak negatif terhadap lingkungan. Yang mana kandungan yang ada di dalamnya ialah beberapa zat kimia yang berbahaya yang dapat mencemari lingkungan kita.

Apabila pada zat tersebut terkena air atau tanah maka tanah dan air tersebut bisa terkena pencemaran lingkungan

oleh karena kini telah hadir produk terbaru yakni Sear Soap yang merupakan salah satu merk sabun terbaru yang terbuat dari bahan-bahan alami dan tidak menggunakan zat kimia yang berbahaya.

Kandungan sabun tersebut yakni diantaranya minyak zaitun, tanah liat, air, minyak kelapa nonsawit, serta mentega.

Tentunya Bahan tersebut sangat berkualitas karena tidak mengandung zat kimia apapun sehingga aman digunakan baik untuk tubuh anda maupun untuk lingkungan anda.

Contoh Paragraf Persuasi Tentang Pendidikan

Contoh Paragraf Persuasi
Contoh Paragraf Persuasi

Belajar tidak selamanya di sekolah. Mind-set masyarakat tentang belajar di sekolah sudah begitu melekat dan berakar sehingga jika tidak di sekolah maka tidak disebut belajar.

Nah adanya Konstruksi sosial demikian sudah sepantasnya segera dihilangkan yang semakin berkembang dalam budaya sosial kita saat ini.

Sebab pada dasarnya belajar dapat dilakukan dimana pun dkita berada. Selain itu Belajar juga tidak melulu selalu melibatkan seorang guru dengan murid.

Penelitian membuktikan bahwa seseorang yang belajar secara otodidak, tanpa seorang guru yang mengajarkan, akan memiliki kemampuan dalam menguasai pelajaran lebih dalam daripada seseorang yang belajar di bawah tekanan seorang guru atau pengajar.

Selain itu, seseorang yang belajar secara santai di luar ruangan sekolah, artinya mereka belajar dengan alam sembari menikmati waktu bersantai akan lebih menguatkan ingatan daripada seseorang yang hanya menyaksikan papan tulis dan mendengar penjelasan guru.

Contoh Paragraf Persuasi Tentang Teknologi

Perkembangan teknologi di Indonesia saat ini sudah semakin canggih dan sudah tidak bisa dibendung lagi bahkan saat ini sudah mendekati menjadi masalah sosial karena teknologi.

Pada perkembangan teknologi juga banyak terdapat positif namun banyak juga dampak negatif yang bisa merusak moral anak bangsa.

Dampak besar yang kita rasakan yakni mulai berkurangnya rasa peduli terhadap sesama manusia karena terlalu asik menggunakan teknologi modern yang biasa disebut ponsel genggam.

Pada peningkatan generasi muda Indonesia saat ini menjadi generasi yang krisis akan rasa peduli.

Contoh Paragraf Persuasi Tentang Lingkungan

Contoh Paragraf Persuasi
Contoh Paragraf Persuasi

Selama ini bencana sering terjadi di mana-mana. Hal tersebut dikarenakan kondisi alam kita yang mulai tidak sehat.

Kondisi alam yang tidak sehat tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor namun faktor yang paling berpengaruh terhadap kondisi tersebut adalah faktor manusia.

Segala tindakan dan perilaku yang tidak bersahabat Kepada lingkungan dengan membuang sampah yang tidak pada tempatnya dan membakar hutan menambang kekayaan bumi tanpa adanya reboisasi mengakibatkan kualitas lingkungan menurun.

Ayook kita sebagai makhluk yang berakal Sudah sepatutnya kita menjaga kelestarian lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan Dan gemar menanam pohon.

Contoh Paragraf Persuasi Tentang Sampah

Marilah Buang Sampah Pada Tempatnya

contoh
Contoh Paragraf Persuasi

Sampah seolah merupakan hal yang selalu dikaitkan dengan kehidupan manusia. Segala penggunaan apapun  pasti akan menjadi sampah dalam kesehariannya.

Terdapat tumpukan sampah dimana-mana pada setiap harinya yang terdiri dari sampah plastik, pempes bayi, sampah makanan dan lain sebagainya. Salah satu penyebab banjirnya suatu kota juga disebabkan oleh sampah.

Baca Juga :  Passing Grade UNDIP

Hal ini juga akan menggangu dalam kedidupan kita. Yang mana banyak Selokan yang tersumbat karena  disebabkan oleh sampah, nyamuk berkembang biak juga karena sampah plastik yang berserakan lalu menggenang air. bukan hanya didarat bahkan Lautpun ikut tercemar oleh sampah, Hal ini menyebabkan rusaknya pertumbuhan hewan disekitarnya.

Ayo tanamkan rasa peduli mulai belajar mempunyai kesadaran untuk selalu menjaga kesetabilan ekosistem alam, dan marilah kita membuang sampah pada tempatnya.

Dengan begitu kehidupan kita juga akan bersih. Dan upayakan agar selalu membersihkan sampah yang ada dilingkungan atau dirumah pribadi. Sehingga meminimalisir adanya sampah pada kehidupan kita.

Contoh Paragraf Persuasi Tentang Budaya

Negara Indonesia sudah dikenal dari sejak dulu dan disebut dengan tanah surga, Karena indonesia mempunyai hasil bumi yang melimpah ruah. Indonesia terdaftar menjadi negara terkaya karena hasil yang dimilikinya tidak setara dengan negara lainnya.

Di indonesia sendiri mempunyai sistem negara yang kondusif sehingga ekonomi nya selalu terpantau baik,

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak sekali jumlah suku, ras, budaya dan juga bahasa. Yang mana setiap remajanya dibentuk karena masing-masing dari meraka mempunyai potensi yang bisa di gali.

Yang pertama harus kita lakukan adalah membangun Indonesia melalui kualitas pendidikannya. Kita harus berhasil mengubah remaja – remajanya menjadi manusia yang berkualitas dan berakhlak mulia.

Contoh Paragraf Persuasi Bahasa Jawa

Nguri-Nguri Kebudayaan Jawi


Para mudha ing jaman saiki ora nate nggambarake budaya jaman enom, nanging wis ngetutake budaya modern, kayata lagu pop, rock, pop, lan liya-liyane.

Kabeh kabudayaan mau akrab karo madha-mudhi jaman saiki, kabudayaan jawi sing kudune akrab karo para mudha saiki malah kroso adoh amrga oratau di uri-uri.

Tuladhane kabudayaan jawi kayata : kethoprak, geguritan, macapat, campur sari, gamelan lan sapanunggalipun.

Kalebet kabudayaan kang edi peni, kethoprak inggih punika kabudayaan jawi ingkang nyeriosaken kauripan jaman kerajaan sandiwara wonten ing jaman sapunika ingkang kasebat drama.

Contoh Paragraf Persuasi Singkat

Zaman sekarang anak kecil sangat mudah terkena penyakit. Hal ini disebabkan oleh sistem imun yang  masih kurang berjalan baik.

Akhirnya semua anak terjangkit bakteri yang dengan mudah merusak dan membuat daya tahan tubuh anak tersebut menurun dan mudah sakit.

Selain itu juga, Sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat hal inilah yang menjadi salah satu penyebab rusaknya sistem imun.

Di setiap pinggiran sekolah sangat sering kita temua sejumlah para pedagang kaki lima yang memnuhi pandangan disekitar area sekolah.

Yang mana mereka menjajakan sejumlah barang dagangannya tanpa memerhatikan terlebih dahulu dampak baik atau buruknya jajanan tersebut untuk anak kecil.

Sebab bagi para pedagang yang paling penting adalah sejumlah keuntungan yang dapat mereka peroleh dari setiap harinya mereka berjualan.

Nah dengan demikian, pencegahan dapat dilakuakan dengan kita mencari pedangan yang baik. Sebab yang sangat di khawatirkan ialah apabila yang membelinya para anak kecil, yang mana anak kecil akan makan tidak mengenal baik atau buruk.

Maka dari itu, mari kita tanamkan kepada anak-anak kita, atau anak didik kita agar tidak jajan dengan makanan yang sembarangan.

Apa yang dimaksud dengan Paragraf Persuasi?

Paragraf persuasi merupakan sebuah paragraf yang memuat suatu kalimat ajakan,rayuan, himbauan di dalamnya, yang diperuntukan terhadap semua yang membacanya agar dapat mempengaruhinya sehingga pembaca akan mengikuti seperti yang diinginkan oleh sanga penulis.

Sebutkan Tujuan dari paragraf Persuasi?

Adapun tujuan dari paragraf persuasi ialah yang paragraf tersebut bersifat mengajak sehingganya dapat menghipnotis bagi sipa saja yang mebacanya maupun yang mendengarnya.

Bagaimana cara membuat paragraf Persuasi?

-1. Tentukan Topik Terlebih dahulu
-2. Tentukan Tujuan dari dibuatnya paragraf tersebut.
-3. Bentuk terlebih dahulu Kerangka Paragraf
-4. Kumpulkan sejumlah Data
-5. Kemudian atur dan susun Paragraf

Demikianlah materi contoh paragraf peruasi lingkungan, kesehatan, dan pendidikan singkat kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat menambah ilmu pengetahuan kita semua.

Artikel Lainnya: