Contoh Cerpen

Posted on

ContohSoal.co.id – Apa itu cerpen?? nah sebelum kita masuk kepokok pembahasan, pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas materi tentang cerita fantasi.

Namun pada pembahasn materi kali ini kembali akan kita bahas mengenai contoh cerpen, pengertian, ciri, cerpen terbaik,  lucu, pendidikan, cinta dan pengalaman pribadi. Nah untuk lebih lengkapnya simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Cerpen

Contoh Cerpen
Contoh Cerpen

Cerpen (cerita pendek) ialah merupakan jenis karya sastra berbentuk prosa dan bersifat fiktif yang menceritakan/menggambarkan mengenai rentetan peristiwa yang terjadi yang dirasakan secara langsung oleh salah seorang tokoh yang memerankannya dengan ringkas yang dilengkapi dengan sejumlah konflik dan ada suatu perbaikan atau jalan kelaur terhadap perkara yang dialami.

Ciri Ciri Cerpen

Berikut merupakan ciri cerpen:

  • Terdiri kurang dari 10.000 (sepuluh ribu) kata.
  • Selesai dibaca dengan sekali duduk.
  • Bersifat fiktif.
  • Hanya mempunyai 1 alur saja (alur tunggal).
  • Isi dari cerita berasal dari kehidupan sehari-hari.
  • Penggunaan kata-kata yang mudah dipahami oleh pembaca.
  • Bentuk tulisan yang singkat (lebih pendek dari nove).
  • Penokohan dalam cerita pendek sangat sederhana.
  • Mengangkat beberapa peristiwa saja dalam hidup.
  • Kesan dan pesan yang ditinggalkan sangatlah mendalam sehingga si pembaca ikut merasakan isi dari cerita pendek tersebut.

Struktur Cerpen

Berikut ini adalah beberapa struktur dari cerpen:

  • Abstrak – Tedapat diawal kalimat pada bagian ini menjadi sebuah rangkuman singkat mengenai penggambaran  cerita yang berlangsung dalam cerpen tersebut.
  • Orientasi –  Mengandung sebuah waktu kejadian, suasana dan tempat yang digunakan.
  • Komplikasi – merupakan sebuah hubungan mengenai sebab dan akibat pada suatu kejadian.
  • Evolusi – merupakan pengarahan permasalahan yang akan menjadi semakin memanas.
  • Resolusi –  penggambaran permasalahan yang sedang terjadi.
  • Koda – suatu hikmah atau nilai yang bisa di petik oleh para pembaca.

Unsur dan Elemen Cerita Pendek

Cerpen berisi dua elemen:

Elemen nyata dari cerita pendek

Beberapa elemen kunci dari cerita pendek adalah:

  1. Aksi, peran yang jelas adalah jalan cerita. Ada berbagai jenis alur, yaitu aliran maju, aliran balik, dan aliran campuran
  2. Sosoknya, karakter seseorang yang terlibat dalam esai. Karakter memiliki tipe yang berbeda, yaitu karakter baik dan buruk.
  3. Saya punya topik. Topik adalah poin utama yang ingin Anda sampaikan dalam sebuah cerita
  4. Sikap, makna penjelasan

Elemen Cerpen Ekstrinsik

Beberapa elemen eksinsik dari cerita pendek adalah:

  1. Adanya biografi yang menggambarkan data diri.
  2. Ada literatur yang mengalir yang dapat mempengaruhi gaya bicara yang disajikan dalam cerita
  3. Latar belakang penulis. Biasanya, penulis menceritakan kisah berdasarkan kisah mereka sendiri
  4. Komunitas memiliki latar belakang. Keadaan latar belakang komunitas ini akan memengaruhi konten dan sejarah cerita.
  5. Kondisi psikologis dan suasana hati penulis.

Pengertian cerita pendek berdasarkan pendapat ahli

Berdasarkan pendapat para ahli, pengertian cerpet adalah sebagai berikut:

Berdasarkan KBBI, sebuah cerita pendek adalah sebuah artikel tentang sebuah cerita pendek, yang isinya tidak melebihi 10.000 kata, yang berisi arti dari gambar tersebut.

S Badudu

Setelah J.S. Badudu adalah cerita pendek yang hanya berfokus pada satu acara.

Menurut Aoh. K. H.

Cerpen atau cerpen adalah cerpen dalam bentuk prosa

H. B. Jarsin

Cerpen ini, atau cerpen, adalah bentuk artikel yang lebih komprehensif daripada Bagian 3, solusi sementara untuk perselisihan.

Soemardjo dan Saini

Sebuah cerita pendek adalah cerita yang tidak benar-benar ada dalam kenyataan

Hendi

Menurut Hendy, cerita pendek yang tidak terlalu panjang adalah surat kabar yang memuat cerita

Contoh Cerpen

contoh cerpen
contoh cerpen

Contoh Cerpen – Penulis akan memberikan beberapa contoh cerpen singkat yang bisa kamu jadikan reverensi untuk tugas belajar

Contoh Cerpen Singkat Tentang Pendidikan

contoh cerpen
contoh cerpen

Pada suatu malam yang cerah, Pastinya setia remaja akan mengatur pertemuan untuk menghabiskan waktu malam tersebut. Tapi ada yang berbeda dengan Ani, karena ia lebih suka melewati malam mingguannya dengan belajar, karena kebetulan esok ia akan menghadapi ujian akhir semester.

Lalu kemudian terdengar suara telepon berdering, yang ternyata telfon tersebut dari temannya yang bernama Lia, ia memberika kabar bahwa besok dia ingin mengajak Ani untuk bermain. Kemudian  Ani menolak ajakan tersebut , karena ia harus mempersiapkan diri untuk menghadapi uas.

Keesokan harinya Ani bertemu Lia di sekolah. Lia mengatakan bahwa Ani pasti akan menyesal karena ia tak ikut tadi malam untuk melihat konser.

Lalu selang beberapa detik ia masuk sekolah ternyata UAS akan dimulai pada saat itu, Ani pun penuh dengan semangat mengerjakan soal tersebut.

Berbeda dengan Lia sendiri yang duduk di pojokan kelas dan meras kebingungan yang terlihat ia menoleh sana-sini  mencari contekan. karena sebelumnya ia tidak pernah mempersiapkan diri untuk ujian tersebut.

Contoh Cerpen Singkat Tentang Cinta

contoh cerpen
contoh cerpen

Siang itu Ani sedang mendengarkan musik di kamar. Tiba-tiba ada suara ketukan pintu. Tentu saja ia bergegas untuk membukakan pintu. Namun ternyata tak ada orang di luar.

Namun ia melihat ada kotak di depan pintu. Dengan penuh heran ia pun mengambil dan masuk ke dalam rumah.Ketika di buka ternyata isinya adalah boneka dan surat yang berisi “Aku tunggu kamu di taman pinggir kota, sekarang juga”

Dengan begitu besar rasa penasarannya , maka kemudia Ani pun mencoba datang ke taman kota. Ternyata yang mengundangnya adalah Anton. Tak disangka, Anton pun bermaksud menembak Ani. Tentu saja Ani menerika cintanya, sebab Anton merupakan pria yang ia sukai sejak SMA.

Contoh Cerpen Terbaik

contoh cerpen
contoh cerpen

sahuur..sahuurr..imsak kurang 20 menit lagi..

Bau aroma makanan yang siap untuk di santap, sudah menggoda perutku. Aroma tersebut berasal dari masakan gorengan telur dan sayur sop dilengkapi dengan krupuk hmm, sungguh nikmat sambil menonton televisi dan duduk bersila.

Ibuku berada di samping kiriku sedangkan ayahku duduk di atas kursi yang tepat di depan televisi. Aku merasa hangat jika berada diantara ayah dan ibuku, karena hanya aku anak semata wayangnya.

Kami tidak menyadari bahwa kami berada dipenghujung puasa ,  rasanya terlalu singkat bulan yang penuh hikmah tersebut dan kami tak ingi cepat berakhir karena hanya pada bulan puasa ramadhan kami bisaberkumpul dan melaksanakan sahur bersama- sama ,dan menyiapkan diri untuk berpuasa sehari penuh.

Kemudian kami mempersiapkan diri untuk menyambuthari raya  Idul Fitri, berkumpul bersama keluarga besar menyambung silaturahmi yang mungkin pernah terputus dan saling bermaaf-maafan.

Contoh Cerpen Singkat Persahabatan

contoh cerpen
contoh cerpen

Pada suatu dimana pada saat itu siang hari yang begitu cerah, Ada dua orang gadis remaja bernama Rara dan Tina pada saat itu ia tengah mengerjakan tugas sekolah di rumah Rara

Bi, bilang saja ke Sinta yang ada di depan rumah kalau aku sedang pergi kemana atau gak ada gitu ya.” Pinta Rara kepada Bibi yang bekerja sebagai pembantu di rumahnya.

Bi, bilang saja ke Sinta yang ada di depan rumah kalau aku sedang pergi kemana atau gak ada gitu ya.” Pinta Rara kepada Bibi yang bekerja sebagai pembantu di rumahnya.

Apabila terlihat dari luar ia nampak seperti seorang yang sangat baik, mempunyai sifat yang ramah dan manis. Namun apa iya caramu melihat sifat yang dimiliki oleh salah seseorang hanya seperti itu saja.

Ia manis hanya hanya di luar saja tapi pada kenyataannya didalam sangat pahit tahu.” Ucap Rara dengan sangat sinis.

“Pahit gimana Ra?” Ujar Tina kembali bertanya.

“Dia itu sering membicarakan keburukan orang lain. Dan terkadang ia kerapkali menceritakan keburukan sahabatnya sendiri. Dan masih sangat banyak mengenai perilakunya yang mung tak bisa ku ceritakan Tin. Lihat saja diri kamu. Sifat mu cuek dan ketus terhadap ku. Akan tetapi didalam hatimu terdapat sebuah ketulusan Tin.

Contoh Cerpen Singkat Pengalaman Pribadi

contoh cerpen
contoh cerpen

Trauma

Terdengar suara ketukan pintu dari luar.

“Silakan masuk.” Sambung Pak Toni dari dalam ruangan.

“Maaf, Pak Toni ada, Pak?” Kata Pemuda yang datang untuk interviwe.

“Engga, silakan keluar!“

“Baiklah.”

Kata pemuda tersebut “Di mana Pak Toni? Kenapa OB yang berada di dalam?” .

“Ya yang di dalam tadi itu Pak Toni. Begitulah dia terkadang dia suka menyamar menjadi OB untuk mengetes karyawannya.” Ia menjelaskan.

“Maksudnya?”

“Dari hasil interviwe tadi kamu telah dinyatakan tidak lulus, Begitulah cara Pak Toni mengetes semua para calon karyawannya. Karena dia trauma dengan beberapa karyawannya karena materi.”

Cerita Cerpen Singkat dan Lucu

Pagi itu Dina pergi ke sekolah dengan sahabatnya Nina. Ketika dia berjalan menyusuri koridor kelas yang agak panjang, Dina bertanya pada Nina.

“Nin, menurutmu tipikel gadis semacam apa ya’yang andi suka?”

Nina tersenyum lebar dan seraya menjawab. “Apa yang harus aku lakukan? Sejauh dari yang aku tahu mengenai Andi, ia adalah seorang pria yang tidak neko-neko. Dia lebih suka gadis yang alami.”

“Oh, sungguh, jadi ia tidak suka terhadap perempuan yang suka berdandan ya,” Dina menyapa dengan wajah yang lebih cerah.

“Ya kurang lebih, seperti itu .”

“Jadi bagaimana dong agar membuat wajah agar tetap selalu cantik dan menarik tanpa harus menggunakan makeup?” Dina bertanya lagi.

“Gunakan saja masker yang terbuat dari bahan bangkoang dan lulur gula agar dapat membuat bibirmu akan nampak merah mempesona.”

“Wow, sepertinya itu adalah ide yang bagus, aku akan mencobanya malam ini.”

Dina mencoba saran yang dianjurkan oleh Nina selama beberapa hari. Dina sangat senang karena wajahnya semakin cerah. Bekas jerawat yang awalnya tampak jelas semakin tidak terlihat.

Menggunakan apa yang dianjurakn oleh Dinapun tak pernah lupa untuk ia gunakan, sehubungan dengan bahwa dalam seminggu lagi akan diselenggarakan acara pensi. Dalam acara tersebut ia harua nampak cantik dan mempesoan karena pasti ia akan bertemu dengan Andi.

“Wah ada apa dengan bibirmu Din, mengapa bisa begitu sangat seksi, hahaha,” sapa Nina ketika Dina baru saja memasuki ruang kelas.

Dengan kerutan di wajahnya dan tidak ada rasa bersalah, Dina mengatakan apakah ini disebabkan oleh noda gula yang disarankan oleh Nina.

“Itu karena disebabkan oleh scrub gula yang aku gunakan setiap malam. Akhirnya Bibirku dikunyah oleh nyamuk sehingga menjadi seperti ini.”

“Ya Tuhan,” Nina terkejut dengan teman sekamar ini.

Contoh Cerpen Singkat Motivasi

Hari ini semua barang yang diperdagangkan oleh Pak Yanto tersisa sangat , hal ini karena keadaan pasar begitu sangat sepi. “Maaf ya Buk maaf banget hari ini uang belanja berkurang ,hal karena hasil penjualan hari ini sangat sepi sehingga barang dagangan bapak tidak habis” ujar Pak Yanto kepada istrinya.

“Ya Gak masalah ko pak, semoga aja uang pendapatan tersebut masih bisa mencukupi untuk kebutuhan makan dan juga uang jajan sekolah anak-anak” lalu istri berkata dengan nada lirih dan lembut sambil menyodorkan seegelas teh hangat dihadapan suaminya.

Lalu keesokannya Pak Yanto melanjutkan kembali berdagang ke pasar untuk mencoba keburuntungan dengan menjajakan barang dagangannya. Kemudian ketika ia sampai dipertengahan jalan ia bertemu dengan seorang kakek tua yang nampak terlihat sudah rapuh. Ia nampak sangat kebingungan, kemudian dihampirilah kakek tersebut oleh Pak Yanto.

“Ada apa kek tanya pak yanto, apakah ada yang bisa saya bantu?”

“Lalu Kakek tersebut menjawab’ saya hendak pulang, namun saya tidak mempunyai ongkos. Kakek gak tahu musti bagaimana sebab rasanya bekerja pun di usia ku saat ini sudah tidak memungkinkan.”

Melihat keadaan kakek tua dan rentah itu membuat hati Pak Yanto iba dan tak kuasa untuk membiarkannya. Walaupun pak yanto hanya mempunyai uang yang pas-pasan, namun ia tetap menyerahkan uang yang ia miliki kepada kakek tersebut. Kemudian ia juga mengantarkan kake tersebut ke terminal dan mencari bus tujuan kakek.

“Kake mengucapkan banyak terima kasih ya nak, semoga saja tuhan memberikan kemudahan dan kelacaran atas rejekimu, maaf jika hanya doa yang bisa kakek berikan kepada kamu atas kebaikan mu ini” kata kake sambil memeluk Pak Yanto.

“Amin terima makasih banyak kek atas doa’nya, semoga bisa selamat sampai tujuan.”

lalu Seperginya kakek tua itu akhirnya Pak Yanto kembali melanjutkan berjualan ke pasar, namun ternyata setiba ia dipasa ternyata disana sudah terdapat salah seorang yang menunggu dan ingin ingin memborong habis semua dagangannya dengan harga yang sangat tinggi.

Dengan kemurahan hati yang dimiliki oleh Pak Yanto yang akhirnya udah membawa keuntungan terhadap dirinya sendiri.

Contoh Cerpen Singkat Kehidupan Sehari-hari

Terdenagar suara alarm yang begitu sangat nyaring sehingga mengusik tidur Luki yang terlih nampak sangat lelap. Awalnya Niat hati cuma ingin sekedar mematikan bunyi dari suara alarm itu, akan tetapi seketika saja matanya mulai terbuka lebar. dan Lukipun maresa kaget karena melihat pukul sudah menunjukkan jam 7.

“Ya tuhan sudah jam 7”

Kemudian bergegas ia segera ke kamar mandi untuk bersiap-siap bernagkat ke kantor.

Kemudian ia mengendaria mobilnya dengan kecepatan maksimal di tengah jalanan ibu kota.Namun sangat disayang meskipun ia dengan kecapatan penuh, namun tetap saja ia sudah sangat terlambat meeting yang sudah dijadwalkan waktunya karena bertepatan saat itu bos Luk akan berangkat untuk ke luar kota.

“Selamat Pagi pak, apa saya diperbolehkan untuk ikut bergabung?” Luki bertanya kepada bosnya yang saat itu sedang memimpin meeting.

“Oh tentu silahkan masuk. tapi maaf seharusnya project kamu ini saya sudah digantikan oleh Haris.”

“Tapi pak, Saya hanya telat sebentar.”

“Tak mengapa sebentar maupun lama, tapi ini mengenai profesionalisme kamu terhadap pekerjaan. Disini kami adalah para tenaga professional dan sangat konsisten.

Apabila kamu tidak dapat menangani project dengan professional kenapa musti saya pertahankan, sedangkan disana masih terdapat salah satu temanmu yang menyarankan ide yang cukup menarik dalam project ini.”

“Terlebih lagi ini mengenai suatu project yang sangat besar yang jangan disepelekan. Masih untung kamu masih saya perbolehkan tetap bergabung pada anggota lainnya.” ucap bosnya.

Kemudain setelah mendengar ucapan tersebut membuat Luki hanya bisa dia dengan semua rasa penyesalan dalam hatinya.

Kemudian setelah meeting tersebut selelsai para anggota kembali ke mejanya. Mira yang tak lain adalah salah satu teman dekat Luki menanyakan perihal keterlambatannya ke kantor.

“Mengapa kamu Luk, kenapa kamu bisa telat di meeting penting ini?”

“Iya maaf aku memang bersalah, hal ini karena semalam aku begadang nonton suatu pertandingan sepak bola hingga membuat aku kesiangan dan lupa akan adanya meeting ini.”

“Astaga cobalah lain kali agar lebih dapat memprioritaskan terhadap sesuatu yang dapat menguntungkan bagimu” ucap Mira yang memberikan nasehat terhadap sahabatnya yang sedang dirundung rasa penyesalan dalam dirinya.

Demikianlah materi Contoh Cerpen Terbaik Pendidikan, Pengalaman Pribadi, Lucu, dan Cinta kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita semua.

Baca Juga :  Contoh Paragraf Deduktif

Artikel Lainnya: