Contoh Pamflet

Posted on

Contoh Pamflet – Materi pembalasan kali ini akan kami sapaikan secara detail pembahasan tentang Contoh Pamflet – Pengertian, Jenis, Ciri, Cara membuat dan ukuran pamflet. Namun pada pertemuan sebelumnya, yang mana kami juga sudah menyampaikan materi pembahasan tentang Contoh Brosur. Nah untuk lebih jelasnya , mari langsung kita simak saja ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian pamflet

Contoh Pamflet
Contoh Pamflet

Pengertian Pamflet ialah merupakan sebuah tulisan berisi tentang informasi yang disampaikan kepada orang lain yang terdiri dari tulisan maupun gambar. Pada pamflet harus tanpa ada penyampulan lembar luar dan juga tanpa menggunakan penjilitan.

Biasanya ungkapan tulisan tersebut hanya memakai selembar kertas, namun dapat menggunakan satu sisi dan juga bisa menggunakan dua sisi yang lainnya.

Dalam pembuatan dan ciri bentuk gambar pamflet mempunyai bagian yang biasa dibuat dengan cara dilipat, seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa pamflet hanya diberikan dengan hanya selembar kertas saja, bahkan juga dipotong setengah atau seperti dan seperempat saja, yang mana hal tersebut disesuaikan terhadap selera dari seseorang yang membuatnya.

Cara Membuat Pamflet

Berikut beberapa langkah-langkah membuat pamflet, diantaranya yaitu:

  • Tentukan terlebih dahulu subyek yang nantinya akan digunakan sebagai topik, seperti contohnya kesehatan lingkungan, imunisasi, sanitasi, dll.
  • Kemudian Atur dan Kumpulkan tulisan mengenai topik dari berbagai sumber.
  • Muat sebuah dengan menggunakan gambar, kemudian susun sketsa dan juga penempatan dari pada tulisannya.
  • Kemudian Ilustrasi musti saling berkitan dengan erat terhadap headline, dan harus sesuai dengan penampilan secara menyeluruh.
  • Tambahkan juga slogan yang sedikit mencolok.
  • Kemudian terpkan dengan menggunakan warna yang kontras sangat cerah sehingga akan terlihat sangat jelas. Sesuaikan juga kombinasi warna asalkan tidak saling berlawanan seperti misalnya: hitam, merah-kuning-biru tua.
  • Kemudian selalu pastikan adanya suatu embel-embel yang sekiranya tidak diperlukan
  • Kemudian penerapan Gambar dapat dengan secara sederhana
  • Kemudian pastikan pula antara jarak huruf, bentuk dan juga ukuran
  • Kemudian lakukan percobaan poster pada teman, apa pesan yang ada di dalam poster tersebut dapat mencapai maksudnya dari tujuannya atau tidak.

Tujuan Pamflet

Adapun tujuan dari pamflet sendiri berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya, tergantung pamflet jenis apa yang dibuat.

Misalnya pamflet yang berisi mengenai promosi, maka memiliki tujuan untuk memberikan informasi mengenai produk, berbeda dengan pamflet tentang agama, biasanya berisi tentang ilmu-ilmu agama.

Kemudian berdasarkan perkembangannya, yang mana pada era saat ini pamflet digunakan untuk memuat berbagai informasi, mulai dari promosi sejumlah alat dari pada perlengkapan dapur, kemudian sejumlah obat-obatan, bahkan hasil publikasi dari adanya suatu riset penelitian ilmiah.

Ciri-Ciri Pamflet

Pamflet memiliki beberapa ciri yaitu sebagai berikut:

  • Menggunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas
  • Harus persuasif, artinya berisi ajakan untuk membeli produk atau mentaati sesuaut
  • Ditulis dengan jelas supaya mudah dibaca
  • Hal-hal yang disampaikan biasanya mengenai hal-hal baru atau terupdate.

Di atas adalah ciri-ciri pamflet, selanjutnya terdapat penjelasan mengenai jenis-jenis pamflet yang diantaranya ialah seperti berikut ini.

Baca Juga :  Perjanjian Tordesillas

Jenis-jenis Pamflet

Pamflet terbagi menjadi empat kategori yang diantarnya ialah, berikut ini penjelasan selengkapnya:  

1. Pamflet Politik

Informasi yang disampaikan biasanya berupa ajakan untuk memilih calon-calon baik itu kepala negara maupun kepala daerah.  

2. Pamflet Pendidikan

yaitu pamflet yang dibuat untuk keperluan pendidikan, dan termasuk juga untuk sosialisasi peraturan pemerintah dalam bidang pendidikan serta publikasi acara-acara pendidikan seperti seminar atau lomba cerdas cermat.  

3. Pamflet Niaga

Pamflet niaga sering dimaknai sebagai katalog produk. bertujuan menyampaikan informasi kepada pembaca tentang produk yang ada di dalam etalase toko si penjual.

Tentu saja, terdapat kalimat-kalimat persuasif untuk membeli produk. Kalimat ajakan tersebut bisa berupa potongan harga atau penawaran-penawaran gratis.  

4. Pamflet Kegiatan

Mempunyai tujuan mempublikasikan kegiatan, dapat berbentuk seminar atau konser. Berikut ialah sebuah pamflet yang banyak kita temui yakni pamflet seminar-seminar yang ditempel di dinding atau dibagikan melalui media sosial.

Perbedaan Brosur dan Pamflet

Dari keudua poster ini merupakan dua media sarana promosi yang sudah sangat sering dipakai dari sejumlah perusahaan.

Yang mana biasanya pihak Konsumen masih kerap merasa bingung dengan keterangan adanya brosur dan pamflet ini. Namun walaupun pada dasarnya pamflet dan brosur mempunyai kegunaan yang sama, akan tetapi dari keduanya tersebut masih terdapat sebuah perbedaan. Berikut penjelasannya:

Brosur

Apa yang dimaksud dengan Brosur ? Brosu ialah merupakan salah satu jenis sebuah media promosi yang sudah sangat sering dipakai /digunakan dari sejumlah perusahaan.

Sebab brosur ini merupakan sebuah media promosi yang dapat menerangkan sebuah informasi secara jelas dan detail tentang produk dan jasa yang ditawarkan.

Yang mana mungkin sering kita jumpai ketika kita berjalan baik diswalayan atau dipasar terdapat sejumlah orang yang tengah membagikan selebaran kertas, yang isinya merupakan barang/atau jasa yang ingin dipasarkan atau di informasikan kepada orang banyak.

Kemudian paflet dan brosur selain keduanya memiliki fungsi yang sama, keduanya juga memiliki ukuran yang serupa, yakni berukuran selebar kertas A4/folio, akan tetapi secara umum biasanya brosur mudah dilipat atupun dijilid.

Pamflet

Apa yang dimaksud dengan Pamflet yakni merupakan selembar kertas yang pembuatan/ pembentukannya dengan mmenggunakan cara dilipat yang pada bagian ujung-ujungnya saling bertemu satu sama lain dan tidak mempunyai cover serta tidak dapat dijilid.

Dimana secara umum pamflet biasanya kerap dimanfaatkan sebagai sebuah media guna memberikan suatu edukasi aupun guna menghibur penerima.

Namun selain itu Pamflet juga mempunyai desain yang menarik dan mempunyai cakupan yang sangat luas sehingganya pamflet ini menjadi sebuah media promosi yang sangat teapt apabila dipakai untuk mempromosikan suatu produk.

Contoh Pamflet

Di bawah ini contoh pamflet menarik yang dapat anda gunakan.

Contoh Pamflet Pendidikan

Pada pamflet pendidikan di dalamnya berisi tentang seputar dengan dunia pendidikan, misalnya ketika akan diselnggarakan suatu kegiatan seputar pendidikan, nah pamplet ini menjadi berfungsi sebagai sebuah media yang di dalamnya terdapat sebuah ajakan agar sekiranya semua dapat mengikuti kunjungan seminar dan lomba.

Contoh Pamflet Seminar

contoh pamflet yang bertema tentang seminar dan bazar kewirausahaan. Dalam Pamflet ini dijelaskan secara jelas tentang tema dan pembicara yang akan menyampaikannya. Bahkan juga dilengkapi dengan suported dari acara tersebut.

Untuk mempermudah pembaca dlam pemahaman maka dalam pamflet juga terdapat susunan acara secara jelas. Tujuan iti yakni agar bisa menarik seorang pembaca untuk mengikuti acara tersebut. Seperti apa pamflet tersebut mari kita dengan seksama.

Contoh Pamflet Lomba

Pamflet ini berisi tentang lomba road runner, yang mana didalam pamflet tersebut terdapat rayuan tentang fasilitas dan hadiah yang didapatkan. memakai itu bertujuan agar orang akan lebih tertarik dan mempunyai fikiran untuk ikut andil dalam acara tersebut.

Baca Juga :  Sejarah Bahasa Indonesia

Supaya didalam tampilan dapat menarik, maka seorang desainer membuat sebaik mungkin karena hal tersebut dapat menambah daya tarik seorang pembaca dalam membacanya.

Contoh Pamflet Sekolah

Pamflet Sekolah juga berisi sama dengan sebelumnya yaitu masih mengenai konteks masalah lomba.

Namun dibawah ini membahas mengenai tentang lomba pramuka. Dalam perlombaan ini memiliki tujuan yaitu hanya untuk seorang penggemar pramuka saja.

Pembuatan pamflet Sekolah ini harus kita sesuaikan dengan tema yang akan diselenggarakan. Agar menarik dalam tampilan maka tambahkan tampilan gambar-gambar mengenai tentang maslah pramuka.

Contoh Pamflet Pemilihan Ketua Osis

Pamflet ini berisi tentang pemilihan ketua osis, karena dalam konteks pemilihan maka seorang pembuat pamflet harus menunjukan  visi misi yang akan dikerjakan. Bagian terpenting harus bisa menarik para pemilih dalam menentukan pilihannya.

Contoh Pamflet Kegiatan

Selanjutnya yaitu pamflet kegiatan, yang mana dalam hal ini pamflet kerap dipakai sebagai sebuah media untuk mengajak dalam mengikuti suatu acara contohnya seperti acaranya reunian, pentas, dagelan dan juga acara memperingati 17 Agustus.

Akan tetapi hal itu tidak sama persis karena tergantung acara yang akan diadakan tersebut.

Kebanyakannya pamflet jenis kegiatan menggunakan agenda yang akan diadakan dan mencantumkan jadwal kegiatan.

Hal tersebut dikarenakan seorang pembaca biar lebih mudah mengetahui tentang acara tersebut.

Contoh Pamflet 17 Agustus

Berikut ini merupakan salah satu contoh poster, yang diselenggarakan sehubungan dengan hari kemerdekaan indonesia.

Contoh Pamflet Bahasa Inggris

Contoh Pamflet Bahasa Inggris
Contoh Pamflet Bahasa Inggris

Contoh Pamflet perlombaan

Berikut ini muerupakan salah satu poster kegiatan perlombaan:

Contoh Pamflet Lomba
Contoh Pamflet Lomba

Pamflet Kegiatan Ramadhan

Berikut ini merupakan salah satu contoh poster dalam menyelenggarakan sebuah kegiatan di bulan ramadhan:

Contoh Pamflet Ramadhan
Contoh Pamflet Ramadhan

Contoh Pamflet Pentas Seni

Berikut ini merupakan salah satu contoh pamflet dalam penyelenggaran sebuah pentas seni :

Contoh Pamflet

Contoh Pamflet Futsal Perlombaan

Berikut ini merupakan salah satu contoh pamflet tournamen atau pertandingan permainan futsal:

Contoh Pamflet
Contoh Pamflet

Contoh Pamflet Acara

Berikut ini merupakan salah satu pamflet acara dalam pentas musick:

Contoh Pamflet Acara
Contoh Pamflet Acara
Apa yang dimaksud dengan Brosur ?

Brosur ialah merupakan salah satu jenis sebuah media promosi yang sudah sangat sering dipakai /digunakan dari sejumlah perusahaan. Sebab brosur ini merupakan sebuah media promosi yang dapat menerangkan sebuah informasi secara jelas dan detail tentang produk dan jasa yang ditawarkan.

Apa yang dimaksud dengan Pamflet?

Pengertian Pamflet ialah merupakan sebuah tulisan berisi tentang informasi yang disampaikan kepada orang lain yang terdiri dari tulisan maupun gambar. Pada pamflet harus tanpa ada penyampulan lembar luar dan juga tanpa menggunakan penjilitan.

Sebutkan Ciri-ciri Pamflet?

-Menggunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas
-Harus persuasif, artinya berisi ajakan untuk membeli produk atau mentaati sesuaut
-Ditulis dengan jelas supaya mudah dibaca
-Hal-hal yang disampaikan biasanya mengenai hal-hal baru atau terupdate.

Demikianlah pembahasan mengenai pamflet kali ini , Semoga Artikel ini bisa menjadi sumber inspirasi dan dapat bermanfat bagi pembacanya.

Artikel Lainnya;