Arti Hamasah

Posted on

Arti Hamasah– Assalamualaikum warohmatullahi wabarokaatu Segala puji syukur kehadirat ALLAH yang merajai kehidupan dan kematian tak ada satupun terlewatkan dari penawasanya, Solawat Beserta salam kepada junjunan kita NABI Besar Nabi akhir zaman MUHAMMAD S,W,A

Kali ini kabarkan.com akan memberikan pelajaran mengenai Arti Hamasah. Dimana pelajaran ini akan dikupas secara jelas, Arti, Tulisan Arab, Balasan dan Jawabannya.

Hamasah

Hamasah

Arti Hamasah (حَمَاسَة)

Kata Hamasah (Bahasa Arab حَمَاسَة) adalah kosakata yang ditulis dalam bahasa Arab yang berarti “pikiran, keinginan dan juga gairah”.

Dalam kamus Arab-Indonesia, kalimat / kata hamasah ini dapat diartikan sebagai “tekad, antusiasme, dan ketulusan”.

Namun, ada beberapa referensi lain yang menjelaskan bahwa hamasah berarti “kegigihan, keinginan, dan juga minat yang kuat”.

Meskipun memiliki banyak makna, dari semua makna yang disebutkan, kita dapat melihat semuanya yang memiliki makna yang sama, meskipun disebutkan berbeda.

Dalam kehidupan sehari-hari kata “hamasah” sering digunakan untuk memberikan kata “antusiasme”, yang biasanya dilengkapi dengan kata “keep hamasah”.

Dalam bahasa Indonesia, ini berarti “menjaga pikiran”.

Di mana kedua kata tersebut merupakan hasil pengembangan kreativitas pengguna internet, mereka menggabungkan kata “keep” dalam bahasa Inggris dan Ham Hamasah dalam bahasa Arab, sehingga kedua kata tersebut membentuk sebuah Hamasah, yang berarti “roh”.

Jadi kita bisa tahu bersama bahwa kata Hamasah dapat berfungsi sebagai kata yang memberikan motivasi bagi diri Anda dan orang lain.

Kemudian kata “keep hamasah” mirip dengan kata “tetap tenang” yang sering dijumpai kata-kata ini, karena frasa ini sering digunakan untuk menghiasi alam semesta dunia maya, baik sebagai status disosmed dan untuk menulis di kolom komentar.

Misalnya suka kata “tetap tenang, kakak”.

Jadi jika Anda melihat seorang kerabat atau teman merasa tertekan, lelah atau tertekan setelah suatu kegiatan, Anda dapat menggunakan “Hamasah” dalam kalimat ini untuk memberi sedikit motivasi agar lebih termotivasi.

Hamasah (Bahasa Arab: حَمَاسَة) adalah kosakata bahasa Arab. Arti dari hasama ini adalah “roh”. Selain semangat kata “hamasah”, ia memiliki makna lain, yaitu gairah, keinginan, kegigihan, minat yang kuat, keinginan, ambisi.

Baca Juga :  Pidato Persuasif

Namun dalam penggunaannya, Hamasah ini sering diartikan sebagai “antusiasme”. Pernahkah Anda mendengar atau menerima kata-kata “keep hasamah”? Ya, kalimat itu berarti “teruskan”. Kata “keep” berasal dari bahasa Inggris, yang berarti “keep”, dan “hasamah” berasal dari bahasa Arab, yang berarti “roh”.

Seperti kosa kata Arab lainnya, hasamah ini memiliki arti tersendiri. Arti dari kata ini adalah untuk memotivasi seseorang sehingga orang tersebut tetap termotivasi untuk menjalani hidup dan kehidupan, mencapai tujuan atau menghadapi hambatan dalam hidup.

Begitu banyak orang, terutama di kalangan umat Islam, yang mengatakan “menjaga pikiran / menjaga Hamasah” sebagai bentuk motivasi atau dorongan bagi orang lain.

Lalu apa itu roh? Pada dasarnya, pikiran ini terkait dengan perasaan dan tindakan Anda sendiri. Pikiran adalah keadaan pikiran di mana pikiran bergerak untuk mengambil tindakan, baik satu atau lebih. Jadi fungsi utama Hamasah atau roh ini adalah menjadi penggerak batin untuk bertindak.

Dari uraian di atas, dapat dipahami bahwa Hamasah ini berarti sebuah kata / ucapan bagi seseorang untuk tetap termotivasi dengan tujuan mendorong pikiran seseorang untuk bertindak dan memotivasi pikiran seseorang. Karena pada dasarnya setiap orang benar-benar membutuhkan gairah, karena tanpa antusiasme dan gairah tidak ada artinya dalam hidup.

Hamasah (حَمَاسَة) artinya

Berdasarkan penjelasan di atas, kita dapat mengetahui bersama-sama bahwa definisi kata hamasah (dalam bahasa Arab حَمَاسَة) adalah kalimat yang diturunkan dari bahasa Arab, yang berarti “pikiran” yang juga dapat bertindak sebagai kata untuk memotivasi seseorang yang kurang Anda lihat bersemangat melakukan kegiatan dalam rutinitas mereka.

Secara umum, kata ini sangat populer di Indonesia sendiri, meskipun ditulis dalam bahasa Arab, tetapi banyak dari mereka yang mengerti arti di dalamnya.

Dalam konteks ini, perlu diingat bahwa Indonesia sendiri adalah negara dengan mayoritas Muslim dan dunia yang sangat akrab dengan kata-kata / frasa yang ditulis dan ditulis dalam bahasa Arab.

Di mana kita tahu bahwa isi Alquran, yang merupakan kitab suci Islam, ditulis dalam bahasa Arab dari representasi sejumlah ayat di dalamnya.

Cara Menggunakan Hamasah

Jika Anda sepenuhnya menyadari arti dari frasa Hamasah ini, mari dengarkan bagaimana frasa / kata ini digunakan untuk percakapan sehari-hari.

Secara umum, penggunaan kata / kalimat ini sangat mudah, karena kami menambahkan beberapa kata / kalimat lain dan meletakkannya di depan atau di belakang kata hamasah.

Baca Juga :  Frasa Nomina

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah contoh tabel untuk menggunakan kata hamasah:

Tabel Cara Kenggunakan Kata Hamasah Serta Artinya

Tabel Cara Kenggunakan Kata Hamasah Serta Artinya

Jawaban Dari Hamasah (حَمَاسَة)

Nah, bagi Anda yang masih bingung bagaimana harus merespons ketika ada orang yang mengucapkan kata hamasah?

Misalnya, jika Anda menerima ungkapan motivasi dari seseorang dalam bentuk semangat semangat, Anda akan menjawab pernyataan itu dengan kata “terima kasih”.

Jika Anda hanya menjawab kata-kata ini dengan ungkapan “terima kasih”, rasanya masih kurang afdhol. Tetapi akan benar jika jawaban yang Anda berikan adalah dalam bahasa Arab.

Lalu apa jawaban yang benar untuk menjawab kata-kata “Hamasah”?
Berikut adalah beberapa contoh untuk menjawab pernyataan Hamasah ini:

Jawaban Dari Hamasah

Penggunaan kata Hamasah (حَمَاسَة)

Kata hamasah sering digunakan pada berbagai kesempatan, tetapi pada dasarnya masih ada motivasi untuk memotivasi, hanya saja penerbitnya berbeda. Berikut ini adalah penggunaan kata “Hamasah” dalam kalimat dan artinya!

  • Bismillah hamasah (Arab; بسم الله حماسة) – Bismillah spirit!
  • Hamasah lillah (Bahasa Arab: حماسة لله) – bersorak untuk Allah!
  • Hamasah fillah (Bahasa Arab: حماسة في الله) – gairah di jalan atau karena Allah!
  • Hamasah lillah billah fillah Arab: –اسة لله بالله في الله) – bersoraklah kepada Allah dan atas nama Allah!
  • Hamasah akhi (Arab; حماسة أخي) – Roh Sudaraku (pria)!
  • Hamasah ukhti (Arab; حماسة أختي) – Semangat Sudarakaku (perempuan)!
  • Tafadhol Hamasah (Arab; تفضل ، حماسة) – Harap senang!
  • Hamasah ikhwah fillah (Arab; حماسة اخوة في الله) – Spirit of the Brothers! Karena Allah!
  • Jauhkan hamasah wa istiqomah (Arab; حماسة واستقامة) – Jaga pikiran dan istiqomah lah!
  • Hamasah wa la tahzan (Arab; حماسة ولا تحزن) – Bergembiralah dan jangan sedih!
  • Hijrah hamasah istiqomah qudwah (Arab; هجرة حماسة استقامة قدوة) – Hijrah, gairah, istiqomah, jadilah contoh!

Demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan materi pelajaran ini. Semoga dengan apa yang telah kami sampaikan dalam artikel ini, dapat memberikan pemahaman serta bermanfaat untuk sobat semua. AAMIIN.

Baca Juga :