1 Meter Berapa Cm

Posted on

1 Meter Berapa Cm – Materi pembahasan kali ini akan kami sampaikan tentang 1 Meter Berapa Cm – Pengertian, Tabel, Tangga konversi dan Contoh Soal. Namun dipertemuan sebelumnya ContohSoal.co.id juga telah membahas meteri tentang 1 Kalor Berapa joule. Untuk melengkapi isi dari materi pembahasan kita kali ini maka, bisa sobat semua ulasan selengkapnya uraiannya di bawah ini.

Pengertian Meter

1 Meter Berapa Cm
1 Meter Berapa Cm

Apa yang dimaksud dengan meter adalah unit dasar untuk pengukuran panjang dalam sistem Unit Internasional (SI). Unit ini didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh dalam perjalanan cahaya dalam ruang hampa (kosong) selama 1/299.792.458 detik.

Kemudian simbol yang digunakan untuk menyatakan suatu satuan mater ialah menggunakan huruf M. Selain itu dalam bahasa inggrisnya dalam penulisan ini ialah satuan metre dalam ejaan Amerikanya.

Pengertian Cm

Centimeter adalah satuan internasional yang menunjukkan panjang, seperseratus meter, sepersepuluh desimeter dan sepuluh milimeter 1 meter.

Selain itu satuan ini juga merupakan salah satu satuan unit yang termasuk kedalam sistem internasional, dan juga sistem cgs.

Ini dapat dilihat pada skala konversi yang panjang. Kami biasanya menemukan bahwa sentimeter dua tingkat di bawah meter. Ini berarti bahwa 1 meter harus dikonversi menjadi jumlah sentimeter untuk dikalikan.

Namun hal yang Perlu dicatat bahwa konversi dalam skala pengukuran selalu dikalikan jika arahnya mengarah ke bawah.

Asal – Usul Meter

Awalnya, meter ditunjuk oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Perancis (Académie des sciences) sebagai 1 / 10.000.000 jarak sepanjang permukaan tanah dari Kutub Utara ke Khatulistiwa melintasi meridian Paris pada 1791, dan pada April 1795 menggunakan meteran sebagai jarak resmi untuk panjangnya.

Kantor Internasional untuk Poids and Measurement (BIPM) menentukan jarak 1 m antara dua garis strain platinum-iridium, yang disimpan di Sevres, Prancis, sekitar tahun 1889.

Konferensi Umum ke-11 untuk Berat dan Dimensi (Conférence Générale des Poids-et-Mesures(CGPM) menggantikan definisi penghitung dengan 1-650-763-73-yang kemudian dikalikan dengan kepanjangan yang dimilki sebuah gelombang spektrum dari sebuah cahaya atom yang berwarna merah-oranye di -86 krypton atom yang letaknya berada di tempat kosong.

Baca Juga :  Standar Deviasi

Karena itu, kecepatan cahaya dalam ruang hampa sama di mana-mana. Definisi ini lebih universal atau lengkap daripada mengukur keliling atau panjang batang logam tertentu.

Jika batang logam hilang atau hancur, panjang standar meter dapat diulang di laboratorium mana pun. Selain itu, secara teoritis dapat diukur lebih akurat daripada pengukuran lainnya.

Tabel Konversi Meter ke Cm

MeterKonversiCentimeter
1 Meter100Cm
2 Meter200Cm
3 Meter300Cm
4 Meter400Cm
7 Meter700Cm
10 Meter1000Cm
11 Meter1100Cm
12 Meter1200Cm

Rumus Meter

Rumus  Meter x 100 = ….cm

Tangga Konversi Meter ke Cm

Perhatikan gambar berikut:

Tangga Konversi Satuan Massa

1 Meter Berapa cm

Dengan berdasarkan keterangan dari gambar yang ada di atas, yang mana posisi kedua unit ini terletak, dalam skala untuk satuan panjang

Namun posisi meter lebih tinggi dua tingkat dari pada sentimeter, dan semua itu berlaku di setiap konversi apapun.Jika unit dikonversi ke posisi yang lebih tinggi, metode ini dikalikan. Dan sebaliknya jika unit yang akan dikonversi berada di posisi terendah di mana ia harus didistribusikan.

Hal ini pula berlaku untuk konversi dari bilangan meter ke cm. Maka bisa diketahui hasil dari perolehan mengenai setiap 1 meter mewakili 100 centimeter.

Konversi Meter ke cm

Karena klarifikasi masing-masing unit telah dibahas, kami sekarang memasukkan perhitungan yang sebenarnya.

Seperti yang kita ketahui, posisi sebenarnya dari dua unit berada pada skala untuk unit yang panjang.

Tetapi posisi meteran dua tingkat lebih tinggi. Dalam setiap tindakan atau konversi, ketika unit yang akan dikonversi berada di posisi yang lebih tinggi, metode ini dikalikan. Ini juga berlaku untuk konversi dari meter ke cm.

Sekarang, perhitungannya akan dijelaskan serupa dengan yang berikut ini. Karena dari meter ke sentimeter jaraknya dua skala, jadi konversi dikalikan dengan angka 100.

Jadi, ketika Anda ingin menemukan jawabannya dalam 1 meter untuk berapa cm, Anda kalikan dengan angka 100. Sehingga diketahui bahwa setiap 1 meter mewakili 100 sentimeter.

Contoh lain akan diberikan di bawah ini. Jika Anda ingin mengonversi 8 meter ke sentimeter, Anda hanya perlu mengalikannya dengan 100. Angka 8 dikalikan dengan 100 adalah 800.

Baca Juga :  Bilangan Prima

Dengan cara ini, dengan cara yang sama, 8 meter jika Anda mengubahnya menjadi sentimeter adalah 800 cm. untuk angka desimal. Misalnya, angka 0,25 meter akan dikonversi menjadi sentimeter.

Jadi kalikan saja angka 0,25 dengan angka 100. Hasil 0,25 dikalikan dengan 100 adalah 25. Jadi nilai 0,25 meter setara dengan atau sama dengan 25 sentimeter.

Melalui atau dengan cara ini, setiap nomor meter yang akan dikonversi menjadi sentimeter harus dikalikan dengan angka 100.

Ini karena setiap level yang lebih rendah dikalikan dengan angka 10. Jika angka yang dimaksud adalah angka desimal, maka perlu presisi lebih lanjut.

Memahami dasar-dasar konversi adalah salah satu dasar pengukuran, jadi penyelesaian masalah dasar akan mempengaruhi pengukuran nanti. Karena 1 meter dari sentimeter yang sama dengan konversi basis dijelaskan dan contoh diberikan, sekarang mudah untuk mengkonversi ke nomor lain. Bagaimana? Apakah tidak jelas untuk cm ke meter?

Contoh Soal Meter ke Cm

Contoh Soal 1

Sebuah penggaris mempunyai panjang 10 meter. Maka tentukanlah apabila bilangan meter tersebut dikonversi ke cm?Pembahasannya:

  • Diketahui: 1 meter = 100cm
  • Rumus: meter x 100 = ….cm
  • Maka: 10m x 100 = 1000cm

Maka, hasilnya ialah 1000cm

Contoh Soal 2

Pada sebatang tongkat yang panjang mencapai1,5 meter, Nah pertnyaannya ialah, Jadi berapa cm kah ukuran panjang dari tongkat itu?jawab :

  • Menggunakan Rumus=meter x 100 =… cm
  • 1,5 x 100 = 150

Maka panjang tombak tersebut ialah 150cm

Contooh Soal 3

Pada sebuah tiang bendera di halaman sekolah dengan ketinggian 6 meter, Maka berapa centimeter kah tiang tersebutjawaban :

  • Rumus ; meter x 100 =…cm
  • 6 x 100 = 600

jadi tinggi tiang bendera tersebut ialah 600cm

Apa yang dimaksud dengan cm?

Pengertian meter adalah unit dasar untuk pengukuran panjang dalam sistem Unit Internasional (SI). Unit ini didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh dalam perjalanan cahaya dalam ruang hampa (kosong) selama 1/299.792.458 detik.

Sebutkan Rumus konversikan dari Meter ke cm?

Contoh Diketahui: 1 meter = 100cm
Rumus: meter x 100 = ….cm
Maka: 10m x 100 = 1000cm

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai 1meter berapa cm. semoga artikel ini bisa bermnfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya: