Pramuka Siaga

Posted on

Pramuka Siaga – Materi Makalah yang akan kami sampaikan kali ini ialah tentang pramuka siaga, yang akan kami rilis secara lengkap mulai Materi, Makalah, Permainan dan Rangkuman. Namun di dalam pembahasan yang kami rangkum sebelumnya, yang mana kami juga telah menyampaikan pembahasan tentang Senam Irama. Nah untuk melengkapi isi dari tema pembahasan kita kali ini maka, mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Pramuka Siaga

Pramuka Siaga
Pramuka Siaga

Istilah kata siaga adalah sebuah sebutan untuk pramuka berusia 7 hingga 10 tahun.

Alasannya disebut pramuka siaga karena disebabkan oleh kiasan untuk pada masa usaha bangsa Indonesia, yaitu ketika orang Indonesia sedang mempersiapkan dalam menghadapi masa kemerdekaan, hal tersebut juga ditandai dengan berdirinya Boedi Oetomo pada 1908 sebagai tonggak pertama dalam upaya bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan.

Kemudian setiap satuan yang paling kecil dari pramuka dikenal dengan barung, sedangkan untuk satuan dari beberapa burung disebut Perindukan.

Dimana dari setiap barung memiliki team/anggota mencapai 5-10 anggota orang Siaga dan dipimpin oleh seorang pemimpin barung yang ditentukan oleh anggota burung sendiri.

Setiap pemimpin Barung nantinya akan menunjuk salah satu dari mereka, yang akan menjadi pemimpin Barung utama, Sulung. Perindu terdiri dari beberapa barung yang dipimpin oleh Sulung.

Dalam Pramuka Siaga terdapat tiga tingkat, yaitu:

  • Mula
  • Bantu
  • Tata

Kemudian dari setiap anggota Barung yang telah menyelesaikan SKU (Persyaratan Keterampilan Umum) memiliki hak untuk mengenakan TKU (Tanda Keterampilan Umum) sesuai dengan tingkat yang dikenakan pada lengan kiri di bawah tanda barung hijau.

TKU untuk Siaga berbentuk daun atau disebut Mancung yang merupakan bunga kelapa segar yang tumbuh

Permainan Pramuka Siaga

Dierdapat beberapa penjelasan mengenai permainan dan besrta dengan fungsinya yang perlu sobat ketahui, yang diantaranya ialah sebagai berikut:

Permainan Rebut dan Rampas

Nama game/permainan ini ialah merebut dan merampas. Dalam permainan ini Anda harus menyiapkan peralatan, tongkat atau tongkat sapu yang dibagikan kepada setiap anggota tim.

Tujuan dari permainan penculikan dan penjarahan ini adalah untuk melatih kelincahan dan kohesi masing-masing tim.

Permainan teknis dimulai dengan semua penerima, lalu untuk membentuk lingkaran, jarak antara orang-orang sekitar 1 meter. Setiap penerima memegang tongkat sampai dia bisa berdiri di lantai.

Apabila telah mendapatkan kode “Ya”, maka tongkat harus dilepas dari pegangan dan penerima menangkapnya sesegera mungkin di sebelah kanannya. Peserta dapat menerima diskualifikasi jika tongkat jatuh terlebih dahulu.

Permainan Pramuka Praktis Petani dan Pencuri

Kemudian Game selanjutnya yang juga tidak kalah menarik adalah Petani dan Pencuri. Anda perlu menyiapkan alat yang tidak sulit didapat, hanya karet gelang, sekantong kacang atau selembar kain dan apel.

Game ini dimainkan untuk latihan kecepatan. Penerima awalnya membentuk ronde dan salah satu penerima menjadi pencuri harus minggir atau meninggalkan ruangan. Ketika pencuri keluar, harus ada penerima yang ditunjuk sebagai petani.

Baca Juga :  Enterprise Resource Planning Adalah

Apabila para peserta telah siap, maka dapat dimulailah game ini. Tempatkan objek di tengah lingkaran.

lalu sang pencuri datang dan bergegas mumatri lingkaran guna mendaatkan benda tersebut.

Kemudian Yang musti dilakukan oleh pencuri adalah mencoba keluar dari putaran, melalui saluran yang dia lalui sebelumnya, dan pencuri itu dianggap berhasil dan bertahan jika dia bisa keluar tanpa tertangkap. Jika pencuri ditangkap, petani menjadi pencuri, maka petani baru dipilih.

Permainan Pramuka Outdoor Loncat Berantai

Game loncat ini dilakukan untuk melatih kekuatan, kecepatan, dan kohesi tim. Secara teknis, setiap penerima dalam tim membentuk garis vertikal ke depan, dengan jarak antara orang-orang di depannya, yaitu lengan. jadi semua penerima melipat.

Hasil akhir adalah 15 meter dari garis start atau dari depan penerima. Ketika permainan telah dimulai, penerima terakhir harus melompat pada teman-temannya sampai semuanya berakhir.

Ketika semuanya berhasil dilewati, kemudian pada sang penerima membungkuk lagi, jadi penerima selanjutnya juga melakukan hal yang sama.

Kemudian Lompatan berlanjut ke rantai sampai seseorang mencapai garis finish terlebih dahulu, dan ini adalah pemenangnya.

Seragam Pramuka Siaga

Pramuka Siaga
Pramuka Siaga

Mengenai seragam siaga bisa dibedakan menjadi dua jenis, yang diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Seragam Pramuka Siaga Putra

  • Tanda hiasan kepala memiliki bentuk seperti jajargenjang berwarna hijau yang dipasang di topi pramuka depan.
  • Tanda Panduan Dunia (WOSM) memiliki bentuk bujur sangkar dengan dasar ungu. Dipasang di dada kanan (di atas plat data)
  • Tanda peresmian di pangkalan coklat gelap ditempatkan di dada kiri, di bawah lipatan kemeja
  • Pelat dasar/papan warna memiliki warna coklat muda diposisikan di dada di sebelah kanan di atas lipatan baju dan di bawah tanda panduan dunia.
  • Kemudian dari pada Tanda lokasi Kwarcab yang berisi nama cabang tempat tinggal anggota ruang pramuka. Dipasang di lengan kanan atas kemeja.
  • Tanda gugus depan yang berisi nomor sarung ditempatkan tepat di bawah tanda posisi kwarcab di lengan kanan, juga nomor gudep.
  • Kemudian pada lencana daerah yang mengandung lambang balai distrik tempat anggota pengintai tinggal berpasangan di bawah tanda gudep di lengan kanan
  • Kemudian pada tenda kecapakan khusus memiliki bentuk seperti segitiga terbalik yang dipasang di lengan kanan, kanan, kiri, dan di bawah lencana regional. Jumlah TKK yang dipasang hingga 5, jika ada keuntungan yang melekat pada syal TKK
  • Kemudian pada tanda jabatan yang memimpin sebagai kepala atau wakil kepala, dipasang di dada kanan, di bawah lipatan kemeja
  • Tanda segitiga pada nama bagian dipasang di lengan kiri atas
  • Atribut Tanda Tangan Keterampilan Umum (TKU) Mulai, bantu, dan atur, dipasang di lengan kiri, di bawah tanda barang.

2. Seragam Pramuka Siaga Putri

  • Tanda hiasan kepala melingkar dengan berwarna dasar hijau. Dipasang di topi pengintai depan.
  • Tanda Panduan Dunia (WOSM) dalam bentuk lingkaran dengan dasar ungu. Dipasang di dada kanan (di atas plat data)
  • Tanda peresmian di pangkalan coklat gelap ditempatkan di dada kiri, di bawah lipatan kemeja
  • Kemudian nametake atau papan nama yang berwarna dasar coklat muda diposisikan di dada di sebelah kanan di atas lipatan baju dan di bawah tanda panduan dunia.
  • Kemudian simbol lokasi Kwarcab yang berisi nama cabang tempat tinggal anggota ruang pramuka. Dipasang di lengan kanan atas kemeja.
  • Kemudian simbol gugus depan yang berisi nomor ditempatkan tepat di bawah tanda posisi kurcaci di lengan kanan, juga nomor gudep.
  • Lencana atau lencana daerah yang mengandung lambang balai distrik tempat anggota pengintai tinggal berpasangan di bawah tanda gudep di lengan kanan
  • Kemudian keterampilan khusus yang memiliki bentuk seperti segitiga yang mnegarah secara terbalik dipasang di lengan kanan, kanan, kiri, dan di bawah lencana regional. Jumlah TKK yang dipasang hingga 5, jika ada keuntungan yang melekat pada syal TKK
  • Kemudian pada simbol jabatan yang memimpin sebagai kepala atau wakil kepala, dipasang di dada kanan, di bawah lipatan kemeja
  • Kemudian simbol barung yang memiliki bentuk segitiga untuk nama dipasang di lengan kiri atas
  • Kemudian untuk kelengkapan Tanda Tangan Keterampilan Umum (TKU) Mulai, bantu, dan atur, dipasang di lengan kiri, di bawah tanda barang.
Baca Juga :  1 Ton Berapa Kg (Kilogram)

Materi Pramuka Siaga

Pada umumnya setiap materi yang dserahkan terhadap semua anggota pramuka bertujuan untuk mempromosikan perkembangan mental/spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisik.

1. Bahan pengembangan spiritual

Adapun Bahan yang dapat digunakan untuk mengembangkan spiritual ialah merupakan penerapan prinsip-prinsip dasar metode kepanduan dan mempunyai kegunaan untuk lebih mempertebal iman, kesalehan dan bersyukur atas kebesaran Allah Yang Mahakuasa.

2. Bahan pengembangan emosional

Kemudian untuk materi yang dirancang dalam pengembangan emosional dari Scout Alert yang mana menawarkan terhadap semua para anggota kesempatan agar dapat mengenali, mengerti, dan mengekspresikan berbagai nilai Kepramukaan.

Scouting Scouts akan belajar mengendalikan rasa malu, rasa tidak aman dan juga adanya sifat pemberontakan.

3. Materi pembangunan sosial

Kemudian mengenai Materi yang disusun untuk pembangunan sosial bisa sangat memungkinkan terhadap semua para anggota supaya bisa lebih memahami saling ketergantungan dan interaksi dengan orang lain.

Namun bukan itu saja, melainkan materi ini juga bisa membantu mengajarkan cara membimbing dan bekerja sama dengan anggota lain.

4. Materi pengembangan intelektual

Kemudian untuk Materi pengembangan intelektual akan dapat mendorong terhadap semua para anggotanya agar dapat mengembangkan, belajar tentang pengetahuan dan teknologi dan berpikir kreatif.

Dimana hal ini bertujuan supaya semua para anggota bisa lebih mengenali, merespons dan menerapkan sejumlah ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu berpikir kritis dan kreatif.

5. Bahan pengembangan fisik

Kemudian untuk Materi dalam upaya pengembangan fisik akan menerangkan terhadap semua anggota tentang bagaimana cara untuk menjaga kesehatan mereka sendiri dan juga bisa merawat anggota tubuh serta bagaimana kita bisa mencintai badan sendiri.

Yang mana ini ialah merupakan sebuah bentuk rasa terima kasih kepada Allah SWT.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan kali ini, semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk sahabat semua.

Baca Juga :