Pengertian Database

Posted on

Pengertian Database – Database atau basis data adalah kumpulan data tentang informasi yang disimpan dan diatur secara sistematis di komputer dan yang dapat diperiksa, diproses, atau dimanipulasi menggunakan program komputer untuk mendapatkan informasi dari basis data itu.

Kemudiian pada Perangkat lunak yang dipakai untuk mengatur dan mengakses basis data disebut sebagai sistem manajemen.

Istilah itu sendiri berdasarkan pada pengumpulan data yang masih terkait di mana tujuan database akan dipakai untuk mengelola data secara lebih efektif.

Pengertian Database Menurut Para Ahli

Pengertian Database
Pengertian Database

Beberapa pakar teknologi informasi telah menerangkan mengenai definisi suatu basis data, yakni :

1. Jogiyanto

Menurut pendapat yang dikemukakan oleh Jogiyanto, database ialah merupakan suatu kumpulan informasi dan data yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya, yang mana menyimpan data dalam repositori di luar komputer dan yang membutuhkan perangkat lunak untuk bekerja dengannya.

2. Abdul Kadir

Berdasarkan pendapat Abdul Kadir, yang mana ia mengungkapkan basis data atau database ialah merupakan suatu organisasi catatan yang dihubungkan bersama untuk memudahkan pencarian informasi.

3. S. Atte

Berdasarkan pendapat yang dikemukakan S. Atte, yang mana database atau basis data ialah merupakan sekumpulan data yang saling terkait yang ada dalam suatu organisasi atau perusahaan dengan kegunaan yang berbeda.

4. Fabbri dan Schwab

Menurut Fabbri dan Schwab, definisi database atau basis adalah sistem file terintegrasi yang dikembangkan khusus untuk meminimalkan pengulangan atau redundansi data.

5. Toni Fabbri

Berdasarkan pendapat Toni Fabbri, yang mana ia mengungkapkan database atau basis data ialah merupakan suatu file dan sistem data yang terintegrasi di mana file dan data memiliki kunci utama untuk pengulangan data.

6. Gordon C. Everest

Berdasarkan pendapat Gordon C. Everest, pengertian dari pada basis data iaah merupakan sekumpulan data yang mekanis, dibagi, ditentukan secara formal dan dikendalikan. Kontrol puas dalam suatu organisasi.

7. C.J. Date

Berdasarkan pendapat C.J. Date definisi database ialah merupakan sekumpulan data operasional / informasi yang sengaja diarsipkan dan juga digunakan oleh sistem aplikasi organisasi.

Fungsi Database

Pengertian Database
Pengertian Database

Selanjutnya setelah kita memahami mengenai definisi basis data, jelas kita juga perlu tahu apa yang dilakukan basis data atau fungsi dari basis data tersebut. Beberapa fungsi database tercantum di bawah ini:

  • Kelompokkan data dan informasi untuk memudahkan pemahaman
  • Untuk Cegah duplikat data atau ketidakkonsistenan dalam data
  • Menyederhanakan pengarsipan, mengakses, memperbarui, dan menghapus data.
  • Pertahankan kualitas data dan informasi yang diakses sesuai dengan input.
  • Membantu ketika menyimpan sejumlah data besar
  • Ini membantu meningkatkan kinerja aplikasi yang memerlukan penyimpanan data
Baca Juga :  Manajemen Produksi Adalah

Tujuan Basis Data

Tujuan utama dari database adalah untuk menyederhanakan pemulihan data yang hendak dicari. Selain itu, ada beberapa target basis data sebagai berikut:

  • Mempercepat atau menyederhanakan penyimpanan, modifikasi atau pengeditan data dan dapat menampilkannya.
  • Karena efisiensi ruang penyimpanan dengan database, kita dapat menghindari terjadinya kemiripan data saat menggunakan kode tertentu, sehingga ruang penyimpanan menjadi lebih efisien..

1. Keakuratan

Hubungan pengkodean antara data dengan menerapkan aturan batasan data dalam database berguna untuk mendeteksi ketidakakuratan penyimpanan.

2. Keamanan

Database sering digunakan dalam banyak sistem aplikasi untuk menciptakan keamanan melalui validasi tertentu.

Kami juga dapat menentukan siapa yang dapat mengelola database. Tentu saja, dengan mengeksekusi sejumlah pengkodean.

3. Dapat dipakai secara bersama sama

Basis data bisa dipakai secaraonline dengan bersamaan. Ini akan membuat penggunaan sumber daya manusia lebih efisien atau lebih cepat.

Manfaat Database

Di bawah ini terdapat beberapa keuntungan yang dapat dicapai dengan bekerja menggunakan sistem database:

1. Tidak Terjadi Redudansi Basis Data

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, database dapat membantu meminimalkan redundansi data. Yang mana Redundansi itu sendiri ialah terjadinya duplikat data dalam file yang berbeda.

2. Integritas Data Terjaga

Basis data menjamin tingkat integritas data yang tinggi, di mana basis data menjamin akurasi, aksesibilitas, konsistensi, dan juga kualitas data yang tinggi.

3. Independensi Data Terjaga

Basis data mempertahankan independensi data ketika orang lain tidak dapat mengeditnya meskipun data dapat diakses.

4. Kemudahan Berbagi Data

Penggunaan perangkat lunak basis data dapat dimanfaatkan untuk berbagi data atau informasi dengan pengguna lain.

5. Menjaga Keamanan Data

Basis data memastikan keamanan informasi dan data, di mana memungkinkan anda untuk memasukkan kode akses untuk data tertentu yang tidak dapat dibagi.

6. Kemudahan Akses Data

Kemudian penggunaan database ini, dapat memberikan kemudahan dalam mengakses dan mengambil data karena semua data tertata dengan baik.

Tipe-Tipe Database

Perangkat lunak khusus diperlukan untuk menyimpan dan mengambil data dan informasi dari databasse.

Perangkat lunak ini sering disebut sebagai sistem manajemen dasar
Data (DBMS)

Di bawah ini merupakan tipe database:

  • Basis data analitik; yakni merupakan basis data guna menyimpan informasi dan data dari basis data operasional dan eksternal
  • Database operasional; Ini adalah database yang menyimpan data terperinci yang diperlukan untuk mendukung operasi keseluruhan organisasi
  • Database distribusi; yakni merupakan Kelompok kerja dan departemen basis data lokal di berbagai kantor dan tempat kerja lainnya.
  • Gudang data; gudang data yang menyimpan berbagai data dari tahun-tahun sebelumnya hingga pada saat ini.
  • Basis data pengguna akhir; yakni merupakan, database penggunaan akhir yang terdiri atas sejumlah file data yang ditingkatkan oleh pengguna akhir di workstation mereka.
  • Database waktu nyata; yakni merupakan sebuah sistem pemrosesan yang dirancang untuk beban kerja suatu negara yang dapat berubah, berisi data kontinu dan tidak berpengaruh pada cuaca.
  • Database berorientasi dokumen; Ini adalah salah satu perangkat lunak komputer yang dibuat untuk suatu aplikasi dan didasarkan pada dokumen.
  • Dalam database arsip; Ini adalah basis data yang tergantung pada memori untuk menyimpan informasi / data di komputer
  • Dalam database penyimpanan; yakni merupakan database yang bergantung pada memori untuk menyimpan informasi / data di komputer
  • Database navigasi; Dalam navigasi basis data, kueri menemukan objek untuk mereka yang mengikuti referensi ke objek tertentu
  • Database Hypermedia di web; Merupakan kelompok halaman multimedia yang dihubungkan bersama di situs web dan terdiri dari beranda dan tautan hypertext dengan konten multimedia (gambar, teks, grafik audio, dll.).
  • Basis data eksternal; Database yang menawarkan akses eksternal dan data pribadi online
  • Database relasional; Ini adalah standar pemrosesan bisnis dan basis data yang paling umum digunakan saat ini.
Baca Juga :  Pidato Persuasif

Jenis-Jenis Software Database

Kemudian selanjutnya anda juga perlu tentang basis data dan manfaat memakai perangkat lunak basis data, Anda dapat menggunakan jenis perangkat lunak basis data terbaik berikut ini:

1. Microsoft Access

Salah satu perangkat lunak database ini menjadi sejumlah perangkat yang memang kerap digunakan. Akses Microsoft sangat cocok untuk sebagian besar komputer hubungan.

Apabila Anda melakukan bisnis home industri, Anda dapat memilih sistem basis data ini karena sangat mudah digunakan dan format data untuk kemudahan membaca sangat umum.

2. Oracle

Salah satu perangkat lunak basis data adalah mampu menyimpan data yang berukuran maksimum hingga Tera Bytes. Oracle paling sering digunakan di perusahaan, terutama di perusahaan berkembang karena tersedia secara gratis.

3. Ms SQL Server

Software database ini merupakan manajemen basis data yang umum digunakan pada Microsoft dengan bahasa pemograman yang digunakan adalah Transact-SQL. Tipe data yang digunakan cukup banyak sehingga sangat efektif untuk mendukung kinerja Anda.

4. MySQL

Salah satu perangkat lunak basis data yang tersedia bagi umum dan kompatibel dengan sistem operasi Windows dan Linux.

Keuntungan yang dapat Anda gunakan dengan program MySQL adalah dapat digunakan untuk banyak pengguna. Keuntungan lain dari MySQL adalah bahwa kueri data gratis, cepat, dan berlisensi resmi tersedia.

5. Firebird

Dapat dikatakan bahwa perangkat lunak database ini memiliki fungsi sistem standar dan sangat ringan, dimana fungsi ANS SQL-99 dan SQL-2003. Kompatibel untuk digunakan dengan sistem operasi Windows, Linux atau Unix.

6. Postgre SQL

Menyediakan sistem basis data sumber terbuka dengan lisensi GPL / Publik Umum. Perangkat lunak ini menggunakan bahasa pemrograman C ++, C, SQL, PHP dan lainnya.

Saat digunakan untuk pekerjaan pribadi, penggunaan perangkat lunak ini sangat disarankan.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan terkait pembahasan mengenai pengertian database, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk sobat semua.

Baca Juga :