Karangan Eksposisi

Posted on

ContohSoal.co.id – Apa itu karangan eksposisi?? nah sebelum kita masuk kepokok materi, pada pertemuan sebelumnya sudah kita bahas mengenai contoh teks eksposisi. Pada materi kali ini akan membahas mengenai contoh karangan eksposisi, tentang pendidikan, kesehatan, ilustrasi dan ekonomi, untuk lebih lengkapnya simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Karangan Eksposisi

Contoh Karangan Eksposisi
Contoh Karangan Eksposisi

Karangan eksposisi adalah sebuah tulisan yang terdiri dari paragraf-paragraf eksposisi yang bertujuan untuk memaparkan, memberi keterangan, atau memberikan informasi yang sejelas-jelasnya kepada para pembacanya dengan gaya penulisan yang akurat dan padat.

Ciri-Ciri Karangan Eksposisi

  • Memberikan dan menerangkan informasi supaya pembaca dapat tahu dan paham
  • Memberikan sesuatu kepada pembaca sesuai dengan fakta
  • Memberikan analisis secara objektif terhadap fakta
  • Menggambarkan proses dari peristiwa yang terjadi
  • Mempunyai sifat netral dan tidak ada unsur mempengaruhi atau memaksa kehendak pembaca.

Contoh Karangan Eksposisi

simak berikut ini:

Contoh Karangan Eksposisi Tentang Lingkungan

Contoh Karangan Eksposisi
Contoh Karangan Eksposisi

Tesis :

Diera milenial seperti sekarang ini, membuang sampah tidak pada tempatnya (khususnya di sungai) seolah menjadi hal yang lumrah. Banyak di jumpai pada pusat-pusat kota orang yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Hal ini dapat dilihat dari jumlahnya saluran sungai yang terhalang oleh sampah sampah yang setiap saat dapat mengakibatkan bencana banjir.

Argumentasi :

Hasil dari para pakar pengamat menyimpulkan  yang mana pada setiap tahunnya jumlah manusia yang melakukan aktifitas membuang sampah di sungai terus bertambah. Manusia juga belum pernah kapok dengan seringkali terjadinya banjir yang menimpa mereka sebab tingkah mereka sendiri. Bencana itu banyak juga menelan korban jiwa. Tidak sedikit korban yang mengalami cidera pada tubuhnya tapi juga ada sebagian korban yang tewas akibat bencana tersebut, namun hal ini tak membuat mereka sadara untuk membuang sampah pada tempatnya.

Penegasan Ulang :

Semestinya, ketika bencana tersebut berhimbas pada mereka yang disebabkan oleh ulah mereka sendiri, mereka mempunyai kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya serta tak akan membuangnya ke sungai supaya tidak merugikan lingkungan dan banyak orang.

Contoh Karangan Eksposisi Singkat

Contoh Karangan Eksposisi
Contoh Karangan Eksposisi

Orang yang mudah lupa karena ia tidak melatih otaknya untuk mengingat. Biasanya orang jika melihat wajah mereka mudah mengenali, namun jika menghafal nama merka pasti lupa. Mengaapa denmikian?

Baca Juga :  Kalimat Adalah

Karena pada hakikatnya manusia muda mengingta karena pengalamannya melihat, semua pasti merasakan hal yang sama.

Bukan hanya argumen dsaja, daya ingat mengenai mata atau alat indra pengiatan lebih terekam daripada suatu hal yang dihafalkan, karena jika di hafal akan mudah lupa, namun jika dipahami akan selalu teringat.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Contoh Karangan Eksposisi
Contoh Karangan Eksposisi

1. Tesis :

Siri merah adalah jenis tanaman yang dijadikan obat tradisional oleh masyarakat. Tanaman ini bisa dibudidayaka untuk persediaan tanaman obat. Pada jenis tanaman obat ini dalam dunia kesehatan mempunyai peranan yang sangat dibutuhkan.

2. Argumetasi :

Ada beberapa seorang peneliti mengungkapkan tanaman ini sering menjadi obat diabetes, maag, kanker, dan obat ketombe. Ada juga manfaat lain yaitu menyembuhkan keputihan di area kewanitaan. Banyak yang menggunakan tanaman ini dengan cara mengambil daunnya,lalu diolah lewat perebusan. Tanaman ini dapat berhasiat sebab ada unsur senyawa katif yang terkandung di dalam, seperti minyak atsiri, polivenl, euganor dan lainnya.

Penegasan Ulang :

Maka dari itu bisa dipahami bahwa siri merah bisa dipakai menyambuhkan beberapa penyakit dengan tradisional.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Argumentasi Pendidikan
Argumentasi Pendidikan

Tesis:

Beberapa waktu kemarin sistem pendidikan di negara Indonesia sudah berubah yang begitu signifikan. Perbuhan yang terjadi berkaitan dengan kurikulum yang dipakai sebagai sistem pendidikan di Indonesia. Kurikulum 2016 yang lama digunakan diganti dengan kurikulum 2013 meskipun masih banyak sekolah yang belum memakai kurikulum 2016.

Argumentasi:

Kementrian pendidikan dan budaya telah memaparkan bahwa kurikulum 2016 diutamakan untuk sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah yang standard internasional

Ada beberapa syarat untuk melaksanakan kurikulum 2013 salah satunya adalah harus dapat terjangkau oleh distribusi buku. Kementrian pendidikan dan budaya mengatakan bahwa kurikulum 2013 fokus ke pembanguan sikap, karakter, pengetahuan, dan juga keterampilan atas dasar kepada pendekaatn ilmiah.

Pada keterangan di Kurikulum 2013 juga dinyatakan mengenai untuk fokus kepada hubungan pembelajaran dengan rasa syukur terhadap Tuhan lewat pengamatan, percobaan, dan pecipataan sebuah karya.

Isi dari Kurikulum 2013 yakni untuk menuntut siswa agar dapat aktif pada proses belajar, maka yang diharapkan supaya membentuk generali berkualitas. Masih banyak masyarakat yang menolak diterapkan kurikulum 2013. Mereka berpikir perubahan kurikulum mendadak dan memaksakan.

Penegasan Ulang:

Meskipun akan membuat mata pelajaran yang akan diajarkan jadi sederhana, tapi tingkat pemahaman dan pengetahan yang dimiliki para siswa jadi berkurang karena materi tidak dipelajari dengan lengkap, tetapi dipisah yang bisa saja para siswa menjadi bingung.

Baca Juga :  Konjungsi Antarkalimat

Contoh Karangan Eksposisi Ilustrasi 

“Sebuah pohon tidaklah besar dengan sendirinya. Sebelum menjadi pohon yang tinggi nan menjulang, pohon tersebut lebih dulu menjadi sebuah biji yang ditanam di dalam tanah. Biji tersebut kemudian melalui proses yang sangat panjang sebelum menjadi sebuah pohon yang menjulang tinggi, seperti : rajin untuk disiram dan diberi pupuk.

Ilustrasi ini sangat cocok untuk menggambarkan sebuah proses pendidikan yang semestinya. Karena makna dari ilustrasi ini yang mana setiap pendidikan harus berorientasi pada proses seperti halnya ilustrasi pohon diatas. Pendidikan yang berorientasi proses memang sangat memakan waktu yang begitu lama, namun hasil yang akan didapat akan jauh lebih baik dibandingkan hasil yang didapat dari proses pendidikan yang instan.

Dengan cara seperti itu jadi para pendidik harus mampu menjadikan proses sebagai orientasi utamanya dalam mendidik peserta didik mereka.”

Contoh Teks Eksposisi tentang Ekonomi

Contoh Karangan Eksposisi
Contoh Karangan Eksposisi

Mungkin kita sudah tidak asing lagi mengenai idelogi yang di anut oleh Cinha merupakan ideologi komunis yang sudah berlangsung sangat lama bahkan masih eksis sampai sekarang. Ditengah-tengah pengaruh liberalisasi, China masih saja berdiri kokoh bahkan semakin menojolkan diri bersama ideologinya. Yang menjadi perhatian yang sanagt menarik untuk dikaji yaitu ekonomi China yang kini menjadi motor penggerak ekonomi baru Asia.

Pada pemerintahan China boleh saja Komunis, akan tetapi tidak dengan sistem ekonominya. China menganut sistem ekonomi Capitalism without democracy. Dengan adanya sistem China mendapat julukan sebagai One state two sistem. China kini terus menggenjot perekonomian dibidang manufaktur dan industri. Laju ekonomi China mencapai rata-rata 10% pertahunnya. Angka yang sangat fantastis jika dibandingkan negara yang memang pada awalnya menganut sistem liberal-kapitalis seperti Amerika serikat.

Sumber daya masyarakat China yang melimpah mampu membawa China pada perekonomian yang sagat diperhitungkan dimata Internasional. Hampir 50% produksi barang mentah maupun jadi dunia dihasilkan dari China. Tentu saja hal tersebut menimbulkan ketegangan negara tetangga terlebih lagi bagi negara yang merasa tersaingi dengan reformasi ekonomi China.

Demikianlah materi Karangan Eksposisi : Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri dan Contohnya Singkat kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat menambah ilmu pengetahuan kita semua.

Artikel Lainnya: