Hutan Gugur

Posted on

Hutan Gugur – Pada materi yang sudah dibahas sebelumnya kabarkan.com telah memaparkan materi mengenai Jenis Hujan. Tentunya kali ini kabarkan.com akan menerangkan tentang Hutan Gugur secara luas, dimana dimulai dari Pengertian, Bioma, Ekosistem, Ciri dan Gambar. Berikut ini ulasannya.

Hutan Gugur
Hutan Gugur

Pengertian

Hutan gugur juga memiliki nama lain, yaitu hutan musiman tropis atau bahkan disebut hutan muson. Hutan ini adalah salah satu bioma dalam bentuk hutan yang ditemukan di daerah yang memiliki iklim tropis dan bersifat subtropis.

Hutan ini memiliki iklim hangat sepanjang tahun. Ada fitur yang dimiliki oleh hutan musim ini, yaitu memiliki musim kemarau atau musim kemarau yang panjang selama berbulan-bulan.

Hutan Gugur
Hutan Gugur

Meski kawasan hutan ini sebenarnya dihujani oleh curah hujan hingga beberapa milimeter, namun musim kemarau panjang akan terus mengalahkan keberadaan hujan.

Dan musim kemarau panjang ini adalah mengapa pohon-pohon di hutan ini telah menjatuhkan daunnya. Ini karena pohon akan mengalami kekurangan air, sehingga mereka tidak dapat melakukan fotosintesis dengan baik. Dan daun-daun yang jatuh ini akan secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi kehidupan makhluk di dalamnya

Bioma Hutan Gugur

Bioma hutan gugur pada dasarnya tidak ada di Indonesia karena Indonesia tidak memiliki musim gugur. Namun dalam mempelajari geografi kita masih membahas hutan gugur yang merupakan salah satu bioma dunia. Hutan ini terkait erat dengan sekelompok tanaman yang kehilangan daun ketika musim gugur tiba.

Bioma sulung sering ditemukan di belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Bioma memiliki pohon yang tumbuh dengan baik di musim panas. ini karena efek radiasi matahari dan curah hujan yang cukup tinggi menyebabkan kelembaban tanah yang tinggi di sekitar hutan ini.

Ketika musim dingin tiba, radiasi cahaya pada pemahaman tentang matahari mulai berkurang dan bahkan menghilang. Ini menurunkan suhu. Efek yang berasal dari pengurangan radiasi matahari dan penurunan suhu udara adalah bahwa sulit bagi tanaman untuk mendapatkan air dan akhirnya kehilangan daun untuk bertahan hidup.

Tanaman yang dapat bertahan hidup dalam biomassa hutan ini umumnya tanaman berdaun lebar. Secara umum, jumlah tanaman ini tidak banyak. Karena jenis-jenis tanaman yang memiliki pohon besar dan gugur membutuhkan bertahun-tahun untuk terus tumbuh dan berkembang.

Perbedaan antara biomassa hutan deciduous dan biomes lainnya terkait dengan keberadaan biomassa hutan deciduous dan khatulistiwa. Secara umum keberadaan hutan ini jauh dari khatulistiwa baik di belahan bumi selatan dan di bagian utara bumi.

Ini karena sudut radiasi matahari yang menerangi bumi bervariasi dengan luas penerimaan di bumi. Variasi suhu global menyerang bagian bumi yang ditemukan di bagian utara dan selatan bumi.

Kelembaban tanah dalam bioma hutan ini memiliki nutrisi tanah yang kaya mineral yang cukup baik. Organisme tanaman dalam biomassa hutan ini bergantung pada kandungan mineral hara dalam tanah.

Baca Juga :  Fungsi Tulang Belakang dan Sumsum Tulang Belakang

Akibatnya, vegetasi yang mendominasi biomassa hutan ini ialah vegetasi yang mampu bertahan hidup di daerah yang memiliki 4 musim setiap tahunnya. Keragaman bioma hutan sulung lebih baik daripada bioma lainnya.

Bioma hutan gugur ditemukan pada suhu dari 30 derajat Celcius hingga 40 derajat Celcius dan berlaku untuk lintang selatan dan utara. Bioma hutan ini ditemukan di Amerika Serikat, Inggris dan Australia. Bioma hutan sulung memiliki karakteristik pohon yang tinggi, berdaun dan luas, daun berbentuk kap, tetapi masih dapat ditembus matahari karena daunnya yang tipis.

Pada musim gugur sebelum musim dingin, sinar matahari yang menyinari biomassa hutan ini dapat dikurangi. Ini karena suhunya rendah dan airnya cukup dingin. Fenomena ini menyebabkan daun biomassa hutan daun berubah warna menjadi merah kecoklatan. Tumbuhan dalam bioma hutan ini adalah pohon ek dan limau.

Kemudian tanaman menuangkan daunnya karena penyerapan air di pohon berkurang. Daun dan buah sulung dapat menjadi senyawa organik dan diserap oleh tanah. Kejadian kimia ini menjadi sumber makanan baru bagi tanaman.

Ketika musim dingin tiba, bioma hutan ini tidak memiliki daun dan buah di pohon. Fauna yang ditemukan di biomassa hutan gugur memasuki hibernasi atau tidur dalam waktu lama di musim dingin. Fauna yang ditemukan dalam biomassa hutan ini idalah panda, serangga, burung, rusa, tupai, anjing, musang dan rusa.

Pada musim semi musim panas, suhu permukaan meningkat, salju di permukaan akan meleleh, pohon-pohon di bioma hutan ini melepaskan daunnya lagi, tanaman lain dan semak-semak mulai muncul di tanah, hewan yang berhibernasi mulai bangun lagi.

Ekosistem Bioma Hutan Gugur

Ekosistem hutan gugur ialah suatu kesatuan makhluk hidup dan lingkungan yang utuh serta saling mempengaruhi. Setiap komunitas dalam mahluk hidup bersama-sama berkembang dengan lingkungan secara fisik sebagai suatu sistem. Maksudnya lingkungan adalah tempat beradaptasinya mahluk hidup dan serta mahluk hidup akan melakukan sebaliknya kepada lingkungan untuk keperluan hidup.

Hutan Gugur
Flora

Hutan ini juga memiliki empat musim yang berbeda, musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin. Setiap musim akan menghasilkan warna yang berbeda. Musim semi akan mekar kehijauan, panas akan berubah menjadi kuning dan merah, musim gugur akan mulai turun dan dingin akan menjadi putih tertutup salju.

Hutan Gugur
Fauna

Suhu di hutan ini tidak banyak turun dari hari ke malam. Faktornya adalah bahwa 60-80% dari hutan basah dan membantu menetralkan suhu agar tetap konstan. Selimut udara pelembab mengisolasi hutan agar tahan terhadap panas di malam hari. Pada siang hari, isolator ini mencegah terlalu panasnya hutan. Jadi, jika Anda ingin melakukan perjalanan ke hutan ini, Anda tidak perlu khawatir tentang perubahan cuaca ekstrem.

Flora dan fauna di hutan gugur beradaptasi dengan iklim yang berhibernasi di musim dingin dan hidup di Bumi dalam tiga musim berikutnya. Hewan itu telah beradaptasi dengan tanah dan tanaman di sana. Pohon menyediakan tempat berlindung bagi hewan, makanan, dan sumber air. Beberapa hewan disamarkan agar sesuai dengan warna tanah. Contoh hewan di hutan ini, meliputi: rusa, tupai, salamander, ular, katak, serangga, berang-berang dan burung pelatuk.

Baca Juga :  Metamorfosis Belalang

Ciri Bioma Hutan Gugur

Pada pandangan pertama, kita melihat bahwa hutan ini tidak berbeda dengan hutan lain ketika tidak musim gugur. Namun ternyata hutan ini memiliki fakta informasi yang tidak dimiliki oleh hutan lain. Maka dari itu untuk membedakan hutan ini dengan hutan lain dapat kita lihat dari karakteristik yang dimiliki oleh hutan ini. Berikut ini adalah karakteristik yang dimiliki oleh hutan ini, yaitu sebagai berikut:

  • Hutan gugur memiliki curah hujan dari sekitar 750 mm hingga 1.000 mm per tahun.
  • Ini memiliki suhu yang sangat rendah ketika musim dingin tiba mencapai -30 ° C.
  • Ini memiliki suhu yang sangat panas ketika musim panas mencapai 30 ° C, sehingga dapat dikatakan bahwa suhu di hutan ini sangat ekstrem.
  • Sebagian besar memiliki empat musim, yaitu musim semi, musim gugur, musim panas dan musim dingin. Tetapi ada beberapa daerah yang tidak memiliki empat musim tetapi memiliki hutan gugur ini.
  • Tanaman di hutan akan menjatuhkan daun ketika musim dingin tiba. Tetapi untuk hutan di daerah beriklim tropis, pohon akan menumpahkan daunnya saat musim panas tiba.
  • Keragaman berbagai jenis tanaman yang ada di hutan tidak berlebihan
  • Pohon-pohon yang hidup di hutan ini tingginya sedang tetapi memiliki daun yang tidak terlalu besar.
  • Pohon-pohon yang tumbuh di hutan ini umumnya hanya beberapa spesies dan juga tidak terlalu lebat. Ini karena unsur sinar matahari (baca: lapisan matahari) yang dibutuhkan oleh pohon hanya terjadi di musim panas atau musim semi.
  • Memiliki tanah yang subur. Ini karena pohon-pohon telah menyebarkan daunnya di tanah. Daun akan membusuk dan memberikan nutrisi ke tanah.
  • Hutan ini memiliki dua lapisan tanah, yaitu afisol dan utisol

Ini adalah beberapa ciri serta karakteristik yang dimiliki oleh hutan. Fitur-fitur yang disebutkan di atas akan cukup untuk membantu kami mengetahui seperti apa hutan yang berganti daun itu. Karakteristik ini juga akan membedakan hutan ini dari hutan lain.

Jelaskan pengertian hutan gugur ?

Hutan gugur juga memiliki nama lain, yaitu hutan musiman tropis atau bahkan disebut hutan muson. Hutan gugur ini adalah salah satu bioma dalam bentuk hutan

Apa itu bioma hutan gugur ?

Bioma hutan gugur memiliki pohon yang tumbuh dengan baik di musim panas.

Jelaskan ekosistem bioma hutan gugur ?

Ekosistem hutan gugur ialah suatu kesatuan makhluk hidup dan lingkungan yang utuh serta saling mempengaruhi.

Baca Juga: