Fungsi Mitokondria

Posted on

Fungsi Mitokondria – Setelah sebelumnya kabarkan.com telah membahas materi tentang Retikulum Endoplasma Maka dipertemuan kali ini akan kabarkan.com jabarkan dengan lengkap mengenai fungsi mitokondria beserta pengertian, gambar, struktur dan cirinya. Nah Untuk lebih jelas, sobat bisa simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Mitokondria

Fungsi-Mitokondria
Fungsi-Mitokondria

Apa yang dimaksud dengan Mitokondria? yakni merupakan suatu organel sel tunggal yang difungsikan sebagai sebuah tempat terjadinya fungsi respirasi terhadap manusia, hewan & tumbuhan.

Selain fungsi selular lain, misalnya transduksi sinyal selular , homeostasis kalsium , metabolisme asam lemak, biosintesis pirimidina, dan juga seperti yang dapat menghasilkan energi yakni dengan berupa adenosina trifosfat pada lintasan katabolisme.

Kemudian seperti yang sudah kita ketahui bahwa pada Mitokondria mempunyai dua lapisan membran, yakni lapisan membran luar serta bagian dalam.

Pada lapisan membran bagian dalam ada sebuah lipatan-lipatan yang disebut dengan cristae atau krista.

Dan mitokondria juga mempunyai sebuah ‘ruangan’ yang disebut dengan matriks, dimana di dalam terdapat beberapa jumlah mineral yang bisa ditemukan di dalam ‘ruangan’ itu.

Pada umumnya untuk sel yang didalamnya terdapat begitu banyak mitokondria bisa ditemukan di bagian jantung, hati, serta otot.

Di sela-sela kedua membran tersebut terdapat suatu ruang bagi mitokondria yang bisanya dijuluki atau dikenal dengan sebutan ruang intermembran.

Pada ruangan ini sangit sempit serta selektif. Dan bagian luar membran tidak dapat dilalui oleh molekul kecil dan tidak dapat dilalui oleh protein dan molekul yang berukuran besar. 

Ciri-Ciri Mitokondria

  • Terdapat di bagian dalam sel eukariotik.
  • Bentuk umumnya lonjong atau memanjang.
  • Dengan berdiameter sekitar 0,5 µm dan panjang 0,5 hingga1 µm.
  • Merpakan sebuah organel tunggal yang mempunyai dua lapis membran yakni membran luar dan dalam.
  • Memiliki suatu ruangan yang disebut matriks.
  • Mempunyai suatu lipatan-lipatan yang disebut cristae (krista).
  • Kebanyakan sel hanya mempunyai satu sel.
  • Ada pori-pori yang bersifat permabel yng terdapat dibagian luarnya
  • Mempunyai suatu sistem genetika sendiri berupa ribosom, mtDNA, dan rRNA.
Baca Juga :  Daur Hidup Fasciola Hepatica

Struktur Mitokondria

Selain sebagai suatu organel sel, Di dalam mitokondria juga terdapat sebuah struktur-struktur yang dibagi atas 5 bagian.

  • Membran bagian Luar
  • Membran bagian Dalam
  • Krista
  • Ruang antar Membran
  • Matriks

1. Membran Bagian Luar 

Pada membran yang dibagian luar , dimana penysunannya terbentuk dari Fosfolipid dengan mempunyai sifat Semi Permeable & terkandung sebuah Protein Porin.

Pada lapisan ini dapat dilewati (Permeable) dengan Ion-ion, ATP (Adenosina Trifosfat), ADP (Adenosina Difosfat), & Molekul-molekul Nutrisi.

Fungsi Membran Bagian Luar : Pada membran yang berada dibagian membran luar ini terkandung suatu Enzim-enzim yang berperan dalam membantu proses biosintesis pada jaringan tubuh makhluk hidup.

2. Membran Bagian Dalam

Membran bagian dalam ialah merupakan suatu Membran Kompleks namun Permeable yang terbentuk atas suatu molekul kompleks.

Pada bagian dalam Membran : Mempunyai peranan dalam membantu proses pembentukan energi di dalam jaringan tubuh makhluk hidup.

3. Krista

Krista adalah Suatu lipatan yang berada pada membran dalam mitokondria.

Pada Krista ini berfungsi dalam membantu terhadap suatu perluasan struktur membran yang berada didalam sel, pada saat molekul-molekul DNA mitokondria berkembang lebih banyak.

4. Ruang Antar Membran

Apa itu Ruang Antar Membran? yakni merupakan suatu ruang yang terdapat diantara membran luar & membran dalam. Dimana rung tersebut berperan atas fosforilasi oksidatif.

Pada ruang ini mempunyai fungsi yakni sebagai suatu tempat suatu reaksi berlangsung di dalam sebuah sel.

5. Matriks

Matriks berisi molekul-molekul DNA yang mempunyai peranan dalam respirasi sel, sedangkan untuk enzim-enzim (sangat berperan atas siklus reaksi asam sitrat), dimana pada gas-gas yang terlarut (misalnya seperti oksigen & karbon dioksida), & air.

Fungsi Matriks : Menampung suatu bagian penting misalnya seperti halnya materi genetik (DNA), ribosom & ion-ion penting lainnya.

Fungsi-Fungsi Mitokondria

Fungsi Mitokondria yang utama adalah Sebagai Respirasi Sel.

Respirasi Sel adalah Suatu proses kimiawi yang berfungsi untuk melepaskan energi yang tersimpan didalam Glukosa. Energi yang digunakan dalam pemecahan glukosa tersebut, disediakan oleh molekul-molekul ATP.

Baca Juga :  Membran Sel

Dan molekul-molekul ATP ini dapat diperoleh dari organel itu sendiri. Semuan kelangsungan proses respirasi Aerob Sel terdiri atas 3 langkah yakni sebagai berikut :

1. Glikolisis

Makna dari Glikolisis sendiri yakni“pemecah glukosa“, glikolisis merupakan suatu fase yang paling utama dari respirasi sel.

Kemudian 6 atom karbon yang dimiliki oleh glukosa. Dimana pada enzim yang terdapat di dalam Sitosol sangat berperan untuk Mengoksidasi Molekul Glukosa hingga menjadi 2 molekul, yang masing-molekul tersebut mempunyai 3 atom karbon.

Glikolisis dapat menghasilkan 2 molekul ATP, 2 molekul Asam Piruvat serta 2 molekul NADH.

2. Siklus Krebs (Siklus Asam Sitrat)

Apabila pada siklus krebs masih belum dapat berfungsi maka bisa dilakukanlah dengan proses Dekarboksilasi Oksidatif, dimana pada molekul asam piruvat yang telah dihasilkan dari tahapan glikolisis kemudian diubah menjadi Koenzim-A asetil, yang akan digunakan dalam siklus krebs.

Dan selanjutnya pada siklus krebs tersebut akan mengoksidasi asetil-KoA menjadi karbon dioksida, dan dari proses ini juga menghasilkan 3 molekul NADH & 1 molekul FADH₂.

3. Rantai Transpor Elektron

Selajutnya apa itu Rantai Transpor Elektron? yang mana pada rantai ini terdiri dari serangkaian yang membawa elektron yang diperoleh dari hasil dari siklus krebs (NADH & FADH₂).

Sedangkan pada molekul ATP yang diperoleh dari hasil suatu reaksi redoks . Dan pada sel Eukariotik akan dapat menghasilkan sekitar 36 ATP setealah ia telah selesai melakukan respirasi sel.

Mitokondria adalah?

Yakni merupakan suatu organel sel tunggal yang difungsikan sebagai sebuah tempat terjadinya fungsi respirasi terhadap manusia, hewan & tumbuhan

Fungsi Membran bagian dalam adalah?

Di dalam membran luar ini terkandung suatu Enzim-enzim yang berperan dalam membantu proses biosintesis pada jaringan tubuh makhluk hidup

Lipatan Yang terdapat di lapisan membran bagian dalam disebut?

Cristae atau krista

Demikianalah materi pembahasan kali ini mengenai fungsi mitokondria, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :