Contoh Resensi

Posted on

Contoh Resensi – Pada pertemuan sebelumnya dimana kabarkan.com telah menerangkan materi tentang Contoh Cerpen Maka kembali alam perjumpaan kali ini akan kabarkan.com sampaikan secara detail pembahasan materi tentang contoh resensi Novel, Buku, Non Fiksi, Fiksi dan Cerpen. Nah untuk lebih jelasnya bisa sobat simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Resensi

Contoh Resensi
Contoh Resensi

Apa itu resensi? yakni merupakan suatu ulasan dalam penilaian yang sangat ringkas untuk suatu karya, yang mana hal tersebut baik sebuah karya tulis, drama dan juga seni film.

Namun sebagian lagi mengungkapkan bahwa makna resensi ialah merupakan suatu aktifitas menerangkan, membhas, mengkritik, menilai, atau menjelaskan kembali isi dari sebuah karya dengan menerapkan sinopsis, lalu data, dan juga berbagai kritik serta pendapat pada karya tersebut.

Unsur-Unsur Yang Harus Ada Pada Resensi

Dalam menyusun resensi tentunya tidak mudah dan tak sembarangan, pasalnya penyusun harus mengikuti dan juga menyimpan berbagai unsur yang sangat penting dari sebuah buku.

Begtitu banyak contoh resensi buku yang dapat dijadikan pedoman dalam penyusunan resensi buku yang baik dan benar.

Adapun Unsur-unsur yang sangat penting yang musti terdapat di dalam sebuah resensi buku ialah sebagai berikut ini:

Identitas Buku

Dimana di dalam penysunan sebuah resensi mesti mengenal akan identitas dari buku tersebut.

Kemudian pada Identitas buku yang misti dipelajari ialah oleh sebab hal tersebut merupakan suatu informasi dasar yang nantinya harus dijelaskan terhadap yang membaca resensi. Berikut ini ada beberapa identitas dari buku bisa dijadikan acuan :

  • Judul Buku. Yakni merupakan sebuah judul yang biasanya selalu tertera dihalaman sampul bagian depan buku.
  • Nama Pengarang. Yakni merupakan seorang yang menulis atau sumber pengarang dari buku tersebut.
  • Nama Penerbit. Yakni merupakan suatu identitas percetakan yang mengeluarkan buku tersebut agar bisa dipublikasikan.
  • Jumlah Halaman. yakni merupakan suatu jumlah atas seluruh halaman buku tersebut namun tidak berikut dengan sampul.
  • Tahun penerbitan. Yakni merupakan penjelasan mengenai tahun pada saat buku tersebut dicetak dan dipubikasikan.
  • Nomor Edisi Terbit. Yakni merupakan sebuah nomor edisi dari ke berapa jumlah buku yang sudah diterbitkan.

Ikhtisar Buku

Pada unsur dari Ikhtisar biasanya dalam penyusunannya harus dengan berdasarkan dari keperluan buku itu sendiri, sebab dari semua buku yang ada pasti mempunyai sebuah isi dan juga sebuah alur cerita yang tidak sama.

Sehingga oleh sebab itu dari setiap buku mempunyai berbagai bagian khusus yang musti ada di dalam ikhtisar.

Contohnya saja seperti sebuah novel, yang mana dari semua bagian yang harus disematkan di dalam ikhtisar akan tetapi hanya pada suatu peristiwa yang dianggap sangat penting saja.

Berbeda halnya apabila kita hendak menyusun ikhtisar buku non fiksi lalu ilmiah atau lain sebagainya.

Sebab dalam penyusunan buku ilmiah Pencipta resensi bisa secara langsung merangkum dan juga meletakan sinopsisnya, sebab pada buku tersebut tidak mempunyai sebuah jalan cerita atau alur dan sebuah peristiwa penting yang ada di dalamnya.

Pengarang Buku

Pada saat akan menyusun resensi bagi pencipta akan dituntut agar bisa menampilkan nama nama dari sang pengarang buku tersebut yang biasanya diletakan pada bagian depan atau sampul buku.

Namun bukan hanya itu saja, melainkan bagi sang pencipta juga harus bisa mencari asal dan usulnya hal tersebut tentunya akan lebih baik, pasalnya akan memberikan nilai yang lebih pada resensi tersebut. Sehingga nantinya akan membuat para pembaca semakin mudah memahami tentang sudut padang dari pencipta buku pada karyanya.

Baca Juga :  Karangan Eksposisi

Keunggulan Buku

Selanjutnya setelah ikhtisar atau sinopsis sebuah buku, maka berikutnya pecipta atas resensi juga akan dituntut agar mampu mencari kelebihan yang ada pada buku tersebut.

Sebab dalam hal ini akan sangat bisa membantu semua para pembaca dan akhirnya akan menjadi pertimbangan apakah akan membeli atau tidak buku pada tersebut ketika para pembaca sudah memahami apa yang menjadi kelebihan dari buku tersebut dengan melalui resensi.

Namun selain juga dengan menjelaskan mengenai kelebihan yang ada maka akan membuat pencipta atau pengarang resensi semakin menjadi kritis dan imajinatif dalam menyusun maupun menghadapi sebuah karya.

Kelemahan Buku

Kemudia setelah pencipta bisa menjelaskan serta menerangkan mengenai kelebihan yang ada pada buku tersebut.

Maka selanjutnya pencipta/pengarang juga akan dituntut agar dapat mencari apa yang menjadi kelemahan dari buku tersebut.

Dimana dalam hal ini akan sangat bermanfaat sebagai sebuah masukan bagi sang penulis mengenai sebuah hasil karyanya.

Dan hal tersebut juga berguna agar penulis tidak mengulangi kesalahan yang sama pada saat membuat sebuah karya buku selanjutnya.

Contoh Resensi Buku

Di bawah ini terdapat beberapa contoh resensi yang dapat sobat kabarkan.com jadikan sebagai acuan dalam menyusun sebuah resensi yang baik dan benar:

Contoh Resensi Buku Fiksi

Pada buku fiksi mempunyai berbagai macam jenis dan aliran, misalnya seperti novel. Di bawah ini merupakan sebuah contoh resensi buku fiksi yang beraliran roman:

Identitas Buku

  • Judul Buku: Dear Anggar Murjana.
  • Pengarang: Safrizal.
  • Penerbit: Alfatih.
  • Tahun Terbit : September 2019.
  • Jumlah Pada Halaman: 528.

Sinopsis Buku

Dalam Resensi sebuah novel Angga Murjana . Dimana Novel ini bergenre roman yang di dalamnya terdapat sebuah kisah tentang suatu masa putih abu-abu.

Yang mana di dalamnya terdapat sebuah kisah tentang 2 orang yang mempunyai dua kepribadian yang tentunya saling berbeda-beda diibarakan seperti bumi dan langit.

Dimana ada seorang gadis nan lugu yang bernama Dian yang mana selalu merasa takut apabila melakukan kesalahan dan ia pindah ke suatu sekolahan yang mana di dalamnya dipenuh dengan berbagai anak-anak yang sangat urakan yang baru akan bertobat.

Kemudian dengan kondisi ini membuat Dian sangat tidak nyaman, dan terlebih lagi ketika pada hari pertama ia masuk sekolah, dimana pada saat itu dia harus telat masuk ke sekolah.

Akan tetapi ketikan itu dia berhasil lolos dari hukuman sebab telah dibantu seorang cowok bernama Angga, yang merupakan seorang yang senang mebuat onar.

Hingga akhirnya pada keduanya mulai semakin akrab, dimana saat itu Angga merasa bahwa Dian mempunyai suatu pengaruh yang sangat positif bagi dirinya, sehingga membuatnya selalu ingin dekat dengan Dian.

Dan kemudian mereka sering terlihat menghabiskan waktu bersama, Dan lambat waktu tumbuhlah perasaan diantara keduanya namun keduanya belum berani untuk mengutarakan perasaannya masing-masing.

Angga memilih menutupi perasaan tersebut sebab ia belum mempunyai keberanian untuk mengatakan perasaan yang sebenarnya sebab Dian masih terlihat seperti dingin namun sebenarnya juga ia suka.

Kelebihan Buku

Pada susunan dari Novel ini mempunyai sebuah alur cerita yang terbilang epic dimana di dalamnya mengisahkan tentang dua anak muda pada masa putih abu-abu, yang mana dengan cerita ini mampu membuat yang membacanya terbawa masuk ke dalamnya.

Dimana Karakter Angga sungguh sangat sulit untuk ditebak, dibalik ia merupakan tipikal seorang remaja yang urak-urakan namun dia tidak terbiasa untuk menyakiti hati wanita.

Baca Juga :  Perjanjian Tordesillas

Kekurangan Buku

Namun hampir banyak para pengguna diksi yang tidak merasa sesuai dan pas akan novel Angga ini.

Dimana kerapkali yang membaca menemukan sebuah pemilihan diksi yang dianggap tidak sesuai dan merasa pas ketika sedang membacanya.

Dimana para pembaca merasa tidak cocok dengan pemakaian kata saya pada karakter Angga yang sebenarnya merupakan seorang bad guy.

Contoh Resensi Buku Non Fiksi

Pada buku non fiksi ini merupakan jenis buku yang mana di dalamnya membahas mengenai sebuah kisah nyata atau bisa disebut dengan pengalaman pribadi sipenulis.

 Buku

  • Judul buku: God, Together You Can.
  • Pengarang:Safrizal dan Bagus.
  • Penerbit: Bloggers.
  • Tahun Terbit: 2019.
  • Jumlah Halaman: 384 .

Sinopsis Buku

Pada Resensi Buku yang berjudul God, Together You Can Dimana pada buku Ini mengisahkan tentang penulis dengan berbagai tempat yang telah mereka datangi di dalam perjalanannya.

Pada kedua penulis dari buku ini yang telah dijelakan di atas tergabung sebagai anggota dari Blogsite yang sudah go internasional diIndonesia.

Berawal dari berbagai latar belakang yang saling berbeda-beda, namun bisa disatukan dengan adanya sebuah misi merubah masa depan bersama yang searah.

Ketika mereka belum tergabung kedalam anggota Dari Blogsite dari masing-masing penulis sudah mempunyai pekerjaan masing-masing yang merupakan sebuah rutinitas dalam kesehariannya.

Safrizal sebelumnya merupakan seorang wirauasaha depot isi ulang dan restoran di Pahoman, sedangkan bagus merupakan seorang dosen dari salah satu universitas terkemuka.

Kemudian keduanya mulai melakukan kerja sama dan bergabung dengan Blogsite menjadi angkatan pertama didirikannya blogsite tersebut.

Kemudian pada saat itu safrizal ditempatkan sebagai penyusun data di Blogsite.

Bagus ditempatkan sebagai mengatur setiap data yang sudah disusun agar dapat dikrosjek.

Kemudian pada keduanya harus hidup serta berinteraksi dan menjalin komunikasi terhadap satu dengan yang lainnya agar dapat tercapai segala yang menajdi tujuan bersama.

Dalam penyusunan cerita yang ada di dalam buku bukan hanya sekedar sebuah alur cerita yang tak bernyawa, namun merupakan sebuah hasil dari kisah nyata pada keduanya yang hidup di daerah baru dan pengalaman baru.

Dan dari keduan penulis tersebut mempunyai bagian dari sebuah ceritanya sendiri, yang telah diperoleh berdasarkan pengalaman nya masing-masing.

Kelebihan Buku

Alur cerita pada buku ini sangat menarik apabila dibaca dari segi judul sudah menyematkan nama Tuhan “God” sehingga tentunya mempunyai nilai yang positip dan tinggi.

Dimana alur cerita dari dari kedua penulis bisa menginspirasi bagi yang membacanya, di mana mereka membawa sebuah misi demi menggapai masa depat yang indah bersama, yang artinya apa yang akan perolah bukan hanya akan mereka nikmati sendiri, namun nilai dari kemanusiaan di dalamnya yang membuat pembaca akan berasumsi mempunyai nilai dan norma yang positip .

Kekurangan Buku

Pada buku dari cerita ini terdapat istilah asing yang sangat sulit dipahami oleh orang awam, sehingga membuat yang membacanya akan sulit untuk mengerti.

Dimana pada cerita ini ditulis oleh Safrizal sedikit bernarasi, sehingga dalam membacanya akan sedikit merasa kelelahan dengan mengikuti alur dari ceritanya.

Apa yang dimaksud dengan Resensi?

yakni merupakan suatu ulasan dalam penilaian yang sangat ringkas untuk suatu karya, yang mana hal tersebut baik sebuah karya tulis, drama dan juga seni film.

Demikianlah materi pembahasan kali ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :