Arti Barakallah

Posted on

Arti Barakallah – Assalamualaikum warohmatullahi wabarokaatu Segala puji syukur kehadirat ALLAH yang merajai kehidupan dan kematian tak ada satupun terlewatkan dari penawasanya, Solawat Beserta salam kepada junjunan kita NABI Besar Nabi akhir zaman MUHAMMAD S,W,A

Kali ini kabarkan.com akan memberikan pelajaran mengenai Barakallah. Dimana pelajaran ini akan dikupas secara jelas, Tulisan Arab, Latin, Arti dan Balasannya.

Barakallah – Tulisan Arab, Latin, Arti dan Balasannya

Barakallah

Arti dari Barakallah

Baarakallaah (بَارَكَ اللَّهُ) adalah frasa yang berasal dari bahasa Arab yang terdiri dari dua kata: “baaraka” dan “Allah”. Arti “Baaraka” adalah berkah, sedangkan “Allah” berarti tetap menjadi Allah (tidak berubah).

Barakallah (aksara Arab; بَارَكَ اللَّهُ) berarti berkah dari Allah atau berkah dari Allah.

Kita dapat melihat huruf Ba ‘dalam aksara Arab di atas, Ba’ dalam kalimat harus ditulis / dibaca baarokallah. Karena sangat umum, itu tidak masalah sehingga ditulis dalam bahasa Latin, tetapi aksara Arab harus benar.

Lalu apa yang dimaksud dengan Barokah? Beberapa ahli menjelaskan bahwa ini berarti bahwa Barakah / Barokah (باركة) berarti Ziyadatul Khair (meningkatkan kebaikan).

Makna yang terkandung dalam kata Barakallah adalah “semoga mendapat berkah dari Allah”, beberapa menafsirkannya “semoga dalam berkah Tuhan”.

Karena pada dasarnya kalimat Barakallah adalah doa yang didoakan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala bagi seseorang dengan harapan bahwa orang tersebut akan diberikan banyak rahmat dan bimbingan dari Allah SWT dalam segala hal dalam hidupnya.

Penggunaan Kata Barakallah

Sudah menjadi hal yang sangat umum bahwa kita hanya mendengar orang-orang mengatakan “Barakallah” meskipun tujuannya adalah untuk berdoa “Semoga Allah memberkatimu”.

Tetapi jika ini ditafsirkan, kalimatnya tidak lengkap, karena jika shalat ditujukan kepada seseorang, ia harus menerima kata-kata tambahan “fiik / فيك” dan “lak / لَكَ”, yang berarti “baarakallaahu fiik” (bahasa Arab; بارك الله فيك ) seharusnya. “Dan” barakallaahu lak (Arab; بارك الله لك) “

Lalu apa arti Barakallahu Fiik dan Barakallah Lak? Faktanya, kedua kata memiliki arti yang sama: “Semoga Allah memberkatimu”. Perbedaannya terletak pada makna yang;

Baca Juga :  Kalimat Adalah

Barakallahu Fiik berarti; “Semoga Allah memberkati seseorang karena kebajikan yang dimilikinya, atau karena akhlaknya atau sejenisnya.”

Barakallahu Lak berarti; “Berdoalah untuk berkatnya untuk sesuatu yang baru saja terjadi padanya (dalam bentuk kesenangan) atau bahwa Allah telah memberinya.”

Uraian Kalimat Barikallah Fiik:

Barakallah Fiika (بَارَكَ اللَّهُ فِيكَ) berarti “Semoga Allah memberkatimu”. Kalimat ini ditujukan kepada pria.
Barakallahu Fiiki (بَارَكَ اللَّهُ فِيكِ) berarti “Semoga Allah memberkatimu”. Kalimat ini ditujukan untuk wanita.

Namun, pengucapannya tidak terlalu berbeda dan diakhiri dengan fiika atau fiiki, keduanya membaca fiik. Jadi jangan heran jika seseorang mengatakan Fiika / Fiiki, karena ini hanya membuat kalimatnya jelas, yang berarti bahwa dia menargetkan siapa kalimatnya pria atau wanita.

Deskripsi kalimat oleh Barakallah Lak:

Barakallah Laka (بَارَكَ اللَّهُ لَكَ) berarti “Semoga Allah memberkatimu” (untuk pria)
Barakallahu Laki (بَارَكَ اللَّهُ لَكِ) berarti “Semoga Allah memberkatimu” (untuk wanita).

Tetapi pelafalannya masih Barakallahu Lak, jadi jangan heran jika seseorang mengatakan Laka / Pria, karena ini hanya menggambarkan hal yang sama seperti sebelumnya.

Jawaban Barakallah

Setelah mengetahui arti dan penggunaannya, penting bagi kita untuk menjawab kata-kata atau doa Barakallah. Lalu bagaimana Anda bisa menjawab atau menjawab barakallah yang benar? Penjelasan berikut.

Jika kata “Barakallah” diucapkan oleh Akhwat / wanita, maka jawab / jawab dengan “Wafiiki Barakallah”.

Sementara itu, jika saudara / lelaki mengatakan “Barakallah”, maka jawab / jawab dengan “Wafiika barakallah”.

Wafiika / Wafiiki Barakallah berarti “Semoga Allah memberkati Anda juga”.

Kata-kata seperti itu merupakan jawaban atas doa yang dia berikan kepada kita. Kami memahami bersama bahwa barakallah ini adalah doa yang baik, jadi kami didorong untuk membalas kebaikan ini dengan kebaikan.

Arti dari Barakallah Fii Umrik باَرَكَ اللهُ فِى عُمْرِكَ

Jika kalimat atau ucapan tersebut ditujukan untuk pria, Anda dapat menggunakan kata “Umrika” di akhir kalimat sebagai berikut, misalnya:

Arti Barakallah Fii Umrik untuk pria
باَرَكَ اللهُ فِى عُمْرِكَ

Itu berarti: Semoga Allah memberkati usia Anda (pria)

Arti Barakallah Fii Umrik untuk wanita

Bahkan jika kalimat / ucapan itu ditujukan untuk wanita, kata “Umriki” dapat ditambahkan ke akhir kalimat.

Apa perbedaan antara jawaban untuk pria dan wanita hanya dalam kata-kata “Ka dan Ki”, penjelasan berikut:

Barakallah Fii Umriki

باَرَكَ اللهُ فِى عُمْرِكِ

Yaitu, semoga Allah memberkati usia Anda (wanita)
Pentingnya Barakallah Fii Umrik bagi banyak orang
Tetapi jika ada sejumlah orang yang mengucapkan frasa atau kata barakallah fii umrik ketika mereka berada di suatu acara, sudah pasti sangat tidak mungkin jika kita menjawabnya satu per satu, sesuai dengan jumlah orang yang memberi tahu kami kalimat-kalimat ini. .

Baca Juga :  Teori Komunikasi

Dalam hal ini, kita hanya perlu menjawab atau menjawab kata-kata ini:

Wa Fiikum Barakallah

Itu berarti: dan semoga Tuhan memberkati Anda juga
Jawab / Jawab Barakallah Fii Umrik
Nah, untuk Anda semua yang, jika Anda mendapat / menerima penangkapan Barakallah fii umrik dari seseorang, dapatkah Anda menjawab / mendapatkan jawabannya dengan mengatakan? Penjelasan berikut:

Jawab Barakallah Fii Umrik Untuk pria

Wafiika Barakallah

Itu berarti: Dan semoga Allah memberkati Anda (pria) untuk Anda juga.

Jawaban untuk Barakallah Fii Umrik untuk wanita

Wafiiki Barakallah

Itu berarti: Dan semoga Allah memberkati Anda untuk Anda juga (wanita)

Sekarang dalam surat Ba dari kata masyarakat Barakallah harus dibaca sejak lama seperti “Baarakallah”.

Kemudian pada bagian akhir jawaban sobat juga dapat memberikan sedikit variasi atau tambahan kata ukhti yang mengatakan Barakallah fii umrik dan ditujukan untuk wanita, misalnya “Wafiiki Baarakallah ya ukthi”.

Tetapi jika kata / kalimat itu untuk pria / pria, Anda dapat menambahkan kata Akhi pada akhir jawaban Barakallah fii umrik, yang ditujukan untuk pria di atas, seperti “Wa Fiika Barakallah ya Akhi”

Kemudian untuk hadits dari jawaban di atas barakallah fii umrik Anda dapat merujuk argumen sebagai berikut:

Jika seseorang mengatakan “Barakallahu Fiik” (semoga Allah memberkati Anda) teman saya dapat menjawab dengan kata-kata “Wa Fiika Barakallah” (semoga Allah memberkati Anda juga). (Ibn Sunni, hlm. 138, No. 278, lihat Al-Waabilush Shayyib Ibnil Qayyim).

Doa Meminta Diberi Umur Ynag Barokah

Dalam hal ini, ternyata ada banyak lagi selain frasa / kata barakallah fii umrik, termasuk doa yang dapat digunakan untuk berdoa bagi semua saudara kita sehingga mereka selalu menerima berkat usia.

Bukan hanya doa untuk orang lain, tetapi doa ini juga dapat digunakan untuk menyelesaikan kiat kita sendiri dengan tidak hanya berdoa seumur hidup, tetapi berdoa untuk berkah di setiap langkah.

Demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan materi pelajaran ini. Semoga dengan apa yang telah kami sampaikan dalam artikel ini, dapat memberikan pemahaman serta bermanfaat untuk sobat semua. AAMIIN.

Baca Juga :