Anatomi Kulit

Posted on

Anatomi Kulit – Pada pertemuan kali ini akan kembali kabarkan.com paparkan materi pembahasan tentang anatomi kulit secara detail mulai dari struktur, sungsi, gambar dan penjelasannya. Namun diperjumpaan sebelumnya juga dimana kabarkan.com telah menyampaikan materi pembahasan tentang Struktur Kulit. Nah untuk lebih jelasanya sobat bisa simak ulasan selengkapnya sebagai berikut ini.

Pengertian Kulit 

Anatomi Kulit
Anatomi Kulit

Apa yang dimaksud dengan Kulit? yakni merupakan bagian yang berupa seperti”selimut” yang terletak menutupi permukaan tubuh dan mempunyai keutamaan dalam melindungi tubuh secara langsung dari berbagai macam gangguan dan rangsangan dari luar.

Fungsi Kulit

  • Sebagai Pelindung tubuh dari berbagai ancaman

Maka kulit bagian terluar yang ada pada tubuh akan terlindungi, dari segala macam ancaman misalnya saja seperti mikroorganisme yang dapat membahayakan, lalu biasan cahaya matahari, serta dapat terlindung dari interaksi zat kimia secara langsung.

  • Sebagai Indra Peraba

Pada bagian ujung kulit ada sebuah saraf yang langsung terhubung terhadp bagian yang lainnya, maka apabila terjadi sebuah reaksi rangsangan, dengan demikian anda akan bisa langsung mendeteksinya dengan perantara tubuh.

Misalnya seperti adanya sebuah interaksi terhadap sentuhan, lalu panas, dan juga dingin,dan sebagainya.

  • Sebagai Alat Eksresi

Dimana seperti yang kerap terjadi pada saat kita mengeluarkan sebuah cairan keringat, dimana keringat ialah sisa pembakaran yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh.

Sehingga dengan begitu Kulit melepasknya dengan melalui pori-pori yang terdapat pada bagian kulit kita.

  • Sebagai Pengatur Suhu Tubuh

Dimana seprti yang kita ketahui bahwa kulit melindungi suhu tubuh agar tak terpengaruh oleh suhu lingkungan.

Maknanya agar suhu tubuh kita tetap terjaga meskipun tengah terjadi perubahan terhadap suhu yang terdapat di sekelilingnya.

  • Sebagai Penyimpan Lemak

Dimana biasanya tempat penyimpanan ini terdapat pada bagian bawah lapisan dermis.

Dimana Lemak akan dikemas kedalam sebuah wujud seperti suatu tetesan, yang mana nantinya lemak tersebut akan dipakai jika memang sangat diperlukan.

  • Sebagai Tempat Pembuatan Vitamin D

Kemudiadian kulit juga menyimpanan banyak provitamin D yang mana di dapatkan dari makanan yang kita konsumsi, dengan didukung oleh sinar ultraviolet dari matahari, sehingga pada vitamin D itu kemudian diubah menjadi vitamin D.

Anatomi Kulit

Anatomi Kulit
Anatomi Kulit

Di bawah ini terdapat beberapa anatomi lengkap beserta lapisan dan fungsinya. simak ulasannya sebagai berikut ini.

Baca Juga :  Kromatid

Epidermis

Anatomi Kulit
Anatomi Kulit

Apa yang dimaksud dengan Epidermis ? yakni merupakan salah satu bagian lapisan kulit yang paling pertama yang terletak di bagian terluar, dan pada bagian ini dapat secara langsung dilihat dengan hanya menggunakan mata telanjang.

Hampir dari sebagian besarnya kulit epidermis disusun oleh sebuah lapisan yang disebut dengan keratinosit, dan merupakan yang menghasilkan keratin.

Untuk pembagian dari Epidermis tersebut yakni dapat dibedakan menjadi 5 lapisan, yakni:

  • Apa itu Stratum basal: Yakni merupakan sebuah tempat dalam berlangsungnya produksi keratinosit yang paling utama
  • Apa itu Stratum spinosum: Yakni merupakan sebuah keratinosit yang mana penyusunnya masih saling berkaitan dan tersambung dengan interseluler yang dikenal juga dengan desmosom
  • Apa yang dimaksud dengan Stratum granulosum: Yakni merupakan sebuah wadah atau tempat berbagai sel-sel kulit dapat memperoleh lemak dan bermacam molekul lainnya
  • Apa yang diamksud dengan Stratum lucidum: Dimana pada bagian ini sangat berfungsi sebagai menghasilkan keratin yang sangat banyak
  • Apa yang diamksud dengan Stratum korneum: Yakni merupakan suatu lapisan epidermis yang letaknya berada di urutan teratas, yang juga tempat memproduksi keratin

Dan pada umumnya Keratinosit untuk menjalankan yang diawali dari stratum basale menuju ke korneum memerlukan waktu 30 hingga 40 hari untuk proses perjalanannya.

Kemudian terdapat 3 lapisan sel non-keratinosit yang merupakan penghuni epidermis, yakni:

  • Yang pertama ialah Melanosit: yakni merupakan salah satu sel yang sangat berperan dalam mengolah melanin atau sebuah (pigmen pemberi warna kulit). maka apabila dengan banyak melanin yang diproduksi, maka akan membuat warna kulit semakin menjadi lebih gelap.
  • Yang kedua ialah langerhans: Yakni merupakan sebuah sel yang berperan dalam menghubungkan serta sebuah sistem pertahanan kulit
  • Yang ketiga ialah merkel: Yakni merupakan sebuah sel yang berfungsi sebagai reseptor kulit

Dermis

Dermis
Dermis

Apa yang dimaksud dengan Dermis? yakni merupakan sebuah lapisan kulit yang kedua sesudah epidermis.

Dimana pada lapisan Dermis ini sangat berperan untuk memberikan perlindungan terhadap tubuh. 

Kemudian pada bagian strukturnya sangat tebal jika dibandingkan dengan dermis, walaupun lapisan hanya tersusun atas dua lapisan saja yakni papiler superfisial dan juga retikuler.

Nah pada lapisan retikuler jika dibandingankan dengan superfisial sangat jauh perbedaanya bahkan dapat dikatakan lebih tebal dan mempunyai sekelompok serat kolagen.

Baca Juga :  Dinding Sel

Dibawah ini terdapat beberapa struktur sel yang bisa dijumpai di dermis, yakni:

  • Apa yang dimaksud dengan Fibroblas: Yakni merupakan sel yang berperan penting dalam mengolah serta menghasilkan kolagen dan elastin
  • Apa yang dimaksud denga mast: Yakni merupakan sebuah sel yang di dalamnya terkandung sebuah histamin granul yang didaptkan dari sistem kekebalan tubuh
  • Apa yang dimaksud dengan Pelengkap kulit: Yakni merupakan sebuah wadah atau tempat untuk mengumpulnya folikel rambut, lalu kelenjar sebasea atau (kelenjar minyak), kemudian kelenjar keringat. dan selanjutnya menumbuhnya kuku yang pada awalnya juga dimulai di sini.

Subkutan (hipodermis)

Apa yang dimaksud dengan Lapisan hipodermis? yakni erupakan suatu lapisan kulit yang tletaknya berada di bagian paling dalam, yang biasanya dikenal dengan sebutan lapisan subkutan /subkutis.

dimana pada Lapisan subkutan ini di dalamnyanya banyak terkandung lemak yang yangberfungsi untuk menjaga tubuh dan juga membantu nya agar dapat menyesuaikan diri dengan suhu yang berada diluar.

Dan pada lapiasan ini juga berperan penting dalam mengikat kulit ke otot dan setiap macam jaringan yang terdapat di bawahnya.

Akan tetapi sobat sekalian tak perlu risau dengan banyaknya lemak yang ada di dalam lapisan ini sebab lemak disini sengat berbeda dengan lemak viseral yang dihasilkan akibat gaya hidup yang buruk.

Apa yang dimaksud dengan Kulit ?

yakni merupakan bagian yang berupa seperti”selimut” yang terletak menutupi permukaan tubuh dan mempunyai keutamaan dalam melindungi tubuh secara langsung dari berbagai macam gangguan dan rangsangan luar.

Apa fungsi Stratum basal di dalam epidermis?

Yakni Sebagai sebuah tempat berlangsungnya produksi keratinosit yang paling utama

Apa itu Sel langerhans?

Yakni merupakan sebuah sel yang berperan dalam menghubungkan serta sebuah sistem pertahanan kulit

Apa yang dimaksud dengan Stratum spinosum ?

Yakni merupakan sebuah keratinosit yang mana penyusunnya masih saling berkaitan dan tersambung dengan interseluler yang dikenal juga dengan desmosom

Apa fungsi Fibroblas di dalam lapisan dermis?

Yakni sel yang berperan penting dalam mengolah serta menghasilkan kolagen dan elastin

Demikianlah materi pembahasan mengenai Anatomi Kulit kali ini, semoga tulisan kali ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Baca Juga Artikel Lainnya :