Administrasi Keuangan

Posted on

Administrasi Keuangan – Setelah sebelumnya kabarkan.com telah menjelaskan materi tentang Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan. Maka dalam perjumpaan kali akan kembali kabarkan.com paparkan makalah administrasi keuangan secara legkap dengan disertai Pengertian, Fungsi, Petugas dan Materi. Nah untuk lebih jelasanya simak ulasan selengkapnya di bawah ini

Pengertian Administrasi Keuangan

Administrasi Keuangan
Administrasi Keuangan

Apa itu administrasi keuangan? yakni merupakan suatu upaya dalam mengelola atau mengatur yang meliputi segala kegiatasn yang berkaitan dalam hal keuangan supaya bisa menggapa apa yang menadi tujuan dari suatu perusahaan atau organisasi.

Namun terdapat sejumlah para ahli yang mengungkapkan mengenai definisi administrasi keuangan bisa dibedakan menjadi dua jenis, yang diantaranya ialah :

1. Dalam Arti Sempit

Definisi administrasi keuangan dalam bidang yang sempit ialah meliputi semua kegiatas yang masih erat kaitannya dengan proses pencatatan dari adanya pemasukan dan juga pengeluaran yang dilakuakan untuk suatu pembiayaan dari sejumlah kegiatan yang dilakukan oleh organisasi, yang mana dalam hal ini berbentuk tata usaha atau tata pembukuan keuangan.

2. Dalam Arti Luas

Sedangkan definisi dari administrasi keuangan yang bisa digambarkan dalam artian yang luas ialah mengenai suatu kebijakan dalam rangka pengadaan dan penggunaan keuangan di dalam sebuah organisasi yang bertujuan untuk mewujudkan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh organisasi tersebut, yang mana dalam hal ini berbentuk suatu pengelolaan keuangan mencakup suatu perencanaan, sistem pengaturan, pertanggungjawaban, dan juga pengawasan keuangan.

Kemudian menurut pendapat dari The Liang Gie, ysng mengungkspksn bahwa definisi dari administrasi keuangan ialah merupakan sebuah proses dalam suatu perencanaan, penyediaan, dan penggunaan uang di dalam suatu perusahaan/ organisasi.

Dengan istilah lainnya, bahwa administrasi keuangan ialah suatu aktifitas atau kegiatan dalam mengatur atau penataan keuangan, yang meliputi rangkaian penyusunan dari sejumlah anggaran yang dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan atau belanja, lalu dalam penentuan sumber dana, cara penggunaan, hingga pembukuan.

Sederhananya, bahwa dalam menjalankan administrasi keuangan yang baik akan sangat berdampak positif terhadap produktifitas dan juga terhadap lingkungan disekitar kerja dalam sebuah perusahaan.

Maka dengan demikian, penataan keuangan di dlaam suatu perusahaan akan lebih tersusun dengan baik sehingga dapat menghasilkan output yang sangat baik terhadap perusahaan itu sendiri.

Fungsi Administrasi Keuangan

Dengan berdasarkan sejumlah keteranga yang telah disampaikan diatas hal ini mengacu pada arti administrasi keuangan, maka selanjutnya perlu disebutkan pula mengenai fungsi administrasi keuangan yang akan digambarkan secara umum yakni seperti dibawah ini:

Baca Juga :  Pengertian Hukum

1. Fungsi Investasi

Fungsi investasi yang dimaskud ialah, dimana hal ini menyinggung segala aktivitas dari pengelolaan dana ke dalam aktiva-aktiva yang digunakan guna mewujudkan sebuah tujuan dari sebuah organisasi.

Kemudian mengenai Investasi dapat diperoleh dari sejumlah modal organisasi atau bisa juga dari luar.

Nah bentuk dari Invetasi bisa dibedakan menjadi dua kelompok, yakni:

  • Investasi jangka pendek, Dalam hal ini mencakup kas, piutang, persediaan, dan lain sebagainya.
  • Investasi jangka panjang, kemudian dalam hal ini meliputi tanah, gedung, peralatan produksi, kendaraan, dan lain sebagainya.

2. Fungsi Mencari Dana

Kemudian berikutnya mengenai fungsi pencarian dana atau modal yang mana dalam hal dilakukan untuk upaya pebiayaan akan segala kegitan yang berlangsung di dalam sebuah organisasi.

Namun disamping itu pula sangat berfungsi untuk menetukan berbagai pilihan sumber dana yang tepat untuktiap-tiap jenis kebutuhan.

Maknanya, di dalam sebuah perusahaan harus bisa menentukan apakah dana yang diambil yang di dapat dari pinjaman jangka pendek, pinjaman jangka panjang, atau justru dari modal yang dimiliki oleh perusahaan itu sendiri.

3. Fungsi Pembelanjaan

Dalam perkara Ini meliputi segala kegiatan yang masih berhubungan dengan pemakaian sejumlah dana yang diperuntukan untuk pembiayaan segala macam aktifitas, baik itu dana pribadi ataupun dana yang diperoleh dari luar.

Dengan istilah lain, fungsi pembelian di sini masih berhubungan dengan proses produksi maupun pendukung proses produksi.

4. Fungsi Pembagian Laba

Dalam hal ini ialah merupakah sebuah aktifitas dalam pembuatan dan penentuan aturan dalam suatu pembagian dari keuntungan yang didapat dari hasil usaha.

Nah fungsi pembagian laba ini juga bisa dikatagorikan ke dalam fungsi pencarian dana. Dalam istilah lain, yang mana perusahaan melakukan suatu upaya untuk meningkatkan atau mengembangkan usaha-usaha perusahaan dari dana perusahaan itu sendiri.

Manfaat Administrasi Keuangan

Nah berikutnya apabila kalian sudah mengerti dan memahami mengenai definisi administrasi keuangan beserta fungsinya, maka selanjutnya kalian juga harus mengetahui mengenai apa saja manfaat dari administrasi keuangan tersebut.

Yang digambarkan secara umum, yang mana dalam hal ini terdapat tiga manfaat dari administrasi keuangan, yang diantaranya adalah:

  • Pembukuan dimana dalam hal ini harus mencatat semua aktifitas baik dalam penerimaan maupun dalam pengeluaran suatu organisasi sehingga akan semakain menjadi lebih teratur.
  • Kemudian manfaat lainnya ketika menggunakan dana organisasi maka pengeluaran dan pemasukan akan menjadi lebih terkendali, dan juga akan lebih terkoordinasi sehingga akan sangat bermanfaat.
  • Selanjutnya manfaat lainnya dengan administrasi keuangan yang mana akan berpotensi adanya sebuah kekeliruan dalam pembuatan laporan keuangan dan bisa diminimalisir.

Komponen Administrasi Keuangan

Melanggkah kepenjelasan selanjutnya mengenai suatu pelaksanaan, administrasi keuangan yang mana dalam perkara ini terdiri atas sejumlah komponen, yang diantaranya adalah :

  • Perencanaan Keuangan, yakni mencakup segalag aktifitas dari setiap adanya perencanaan baik dalam pemasukan maupun pengeluaran keuangan yang akan berlangsung dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.
  • Penganggaran Keuangan, yakni mencakup semua aktifitas yang berkaitan dengan pemasukan, pengeluaran, dan sejumlah aktifitas lainnya yang telah direncanakan dan disusun secara detail berdasarkan sejumlah anggaran yang tertera.
  • Pengelolaan Keuangan, yakni merupakan suatu pemakaian dana yang sudah diinimalisirdengan sedemikian rupa mewujudkan dalam memaksimalkan kinerja perusahaan/ organisasi.
  • Pencarian Keuangan, yakni meliputi segala perkara/hal yang berkaitan dengan upaya dalam pengadaan dana supaya segala aktifitas perusahaan bisa berjalan dengan sebagai manamestinya.
  • Penyimpanan Keuangan, yakni merupakan sebuah kegiatan dalam pengumpulan dana bagi perusahaan dan kemudian menyimpannya di tempat yang aman.
  • Pengendalian Keuangan, yakni segala hal yang berkaitan dengan suatu penilaian dan segala perbaikan dari sistem/ kinerja di dalam suatu bagian keuangan pada suatu perusahaan.
  • Pemeriksaan Keuangan, yakni merupakan segalah perkara yang berhubungan dengan audit internal kepada sejumah bagian keuangan perusahaan dalam rangka untuk mengantisipasi/pencegahan adanya suatu penyimpangan.
Baca Juga :  Lembaga Politik

Petugas Administrasi Adalah

Dalam kelangsung dari pelaksanaan administrasi keuangan yang mana keterlibatan petugas dalam halini terdiri dari beberapa petugas, yakni sebagai berikut:

1. Administrasi Kantor (Sekretaris)

Sejunmlah para petugas dan tanggungjawab administrasi kantor yang akan dijelaskan sebagai berikut:

  • Memiliki peran dan tanggung jawab dalam segala aktifitas yang berkaitan dengan keuangan antara pimpinan perusahaan dengan pihak bank, contohnya seperti ketika kita menyimpanan uang di Bank.
  • Kemudian ketika Melakukan suatu pembayaran rekeking pajak atau sumbangan dana yang diatas namakan oleh pimpinan perusahaan.
  • Mengatur kas kecil dengan cara mencatat dan menyediakan sejumlah dana yang diperuntukan untuk segala keperluan rutinitas yang nilainya kecil.

2. Bendahara (Kasir)

Kemudian melangkah pada sesi tanggung jawab bendahara/kasir ialah dalam penerimaan segala bentuk permohonan atas segala pengajuan dana kas kecil dan juga laporan pembukuan kas kecil yang diterima dari administrator kantor. Kemudian, mengisi sejumlah dana kas kecil yang berupa uang tunai atau cek.

3. Manajer Keuangan

Kemudian mengenai tugas dan tanggungjawab dari seorang manajer keuangan ialah menerima dan melakukan suatu pengecekan terhadap sejulah laporan kas kecil, dan memberikan wewenang /persetujuan dari permohonan pengisian dana kas kecil.

Apa Yang Dimaksud Dengan Administrasi Keuangan?

yakni merupakan suatu upaya dalam pengelolaan atau mengatur yang meliputi segala kegiatasn yang berkaitan dalam hal keuangan supaya bisa menggapa apa yang menadi tujuan dari suatu perusahaan atau organisasi.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengani Administrasi Keuangan – Pengertian, Fungsi, Petugas dan Materi, semoga serangkaian pembahasan yang telah disampaikan diatas bisa bermanfaat untuk sobat semua.

Baca Juga :