Teks Tantangan

Posted on

Teks Tantangan -Setelah sebelumnya kami telah menyampaikan materi tentang Lembaga Politik. Maka pada pertemuan kali ini akan kembali kami sampaikan materi tentang Nah untuk lebih jelasnya simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Teks Tantangan

Teks Tantangan
Teks Tantangan

Apa yang dimaksud dengan Teks Tantangan ? yakni merupakan suatu teks yang di dalamnya terkandung sebuah informasi akan bantahan menanggapi sebuah hal yang tengah kontroversial atau menjadi hal yang diperdebatan di masyarakat dengan dilengkapi oleh berbagai data dan juga argumen yang dapat memberikan kekuatan/memperkuat bantahan tersebut.

Diana pada Teks ini biasa kerap dipakai untuk dijadikan sebagai sanggahan/penyangga ketika sedang berdebat.

Ciri-Ciri Teks Tantangan

Nah di bawah ini terdapat ciri-ciri yang menjadi perbedaan antara teks ini dengan teks eksemplum ataupun jensi teks lainnya, simak penjelasannya:

  • Pada Struktur tersusun atas : Pengantar (Isu), Argumen (Dalam bentuk menetang), dan kemudian Simpulan / Saran.
  • Didalamnya terkandung sejumlah informasi yang berisikan sebuah bantahan mengenai hal yang akan menjadi perdebatan di masyarakat dengan dilengkapi dengan berbagai data dan argumen agar dapat memberikat kekuatan atas bantahannya.
  • Kemudian pada Ciri-ciri kebahasaan: Dimana menggunakan Kalimat kompleks,menggunakan kata hubung, kata rujukan dan juga pilihan kata.

Struktur Teks Tantangan

Nah di bawah ini merupakan 3 keterangan mengenai struktur yang membentuk teks tantangan sehingga dapat menjadi utuh, dari 3 penyususn tersebut yang diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Pengantar (Isu): yakni merupakan salah satu bagian yang terkandung di dalamnya sebuah topik yang akan dibantah.
  • Argumen: merupakan sebuah bagian yang didalamnya memuat rangkaian dari sejumlah alasan atau bukti yang bertujuan untuk memperkuat/mendukung bantahan.
  • Simpulan: merupakan suatu akhiran yang terkandung suatu pernyataan yang menegaskan mengenai bantahan tersebut.

Kaidah Kebahasaan Teks Tantangan

Sebelumnya sudah kita simak bersama dalam keterangan diatas bahwateks ini memiliki 4 kaidah kebahasaan yang harus kalian ketahui sebelum kalian melakukan penyusunan /membuat teks tantangan ini yang diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Kalimat kompleks: yakni artinya penggunaan kalimat yang memiliki lebih dari satu struktur dan juga dengan satu kata kerja.
  • Kata hubung: dimana kata ini sangat berfungsi untuk saling menyambung/ saling menghubungkan antar kata.
  • Kata rujukan: yakni merupakan sebuah kata yang menunjukkan rujukan dan yang merupakan sebuah pemberi informasi.
  • Pilihan kata: Hal ini bertujuan agar gagasan teks dapat disampaikan dengan baik.
Baca Juga :  Aliran Seni Lukis

Cara Menyusun Teks Tantangan

  • Langkap yang bisa kalian lakukan ialah tentukan terlebih dahulu tema dan judul teks.
  • Yang keuda tentukan dan cari sumber informasi yang nantinya akan kalian jadikan sebagai bahan pembicaraan.
  • Yang ketiga melakukan analisis terhadap bahan yang diperoleh dengan cara mengolah data atau informasi sehingga akan membentuk menjadi suatu pernyataan yang berbentuk :
    • Menyusun kalimat yang berbentuk kalimat topik pada semau struktur teks.
    • Mengembangkan kalimat topik dengan kalimat menggunakan kalimat pengembang.
    • Mengatur dan melakukan penyusunan pada paragraf dan harus sesuai dengan struktur.
    • Memuat kalimat yang sesuai dengan unsur kebahasaan.
    • menggabungkan paragraf menjadi teks yang padu.
  • Kemudian setelah memperoleh hasil dari analisis tersebut maka selanjutnya melakukan penyusunan teks yang sesuai dengan urutan struktur sehingga akan membentuk teks tantangan yang utuh.

Contoh Teks Tantangan Tentang Sampah

Teks Tantangan
Teks Tantangan

Judul: Sampah Sungai Ciliwung

Pengantar:

Sebelumnya tidak pernah diperkirakan bahwa dalam jangka waktu 100 tahun saja berbagai sungai yang terdapat di Jakarta telah mengalami suatu penurunan kualitas secara dratis.

Dimana sebelumnya ketika pada abad ke 19, yang mana pada kala itu air sungai di Jakarta masih terlihat sangat bening sehingga banyak warga yang memanfaatkannya untuk berbagai keperluan baik dimanfaatkan untuk mandi, lalu mencuci pakaian, dan bahkan dijadikan sebagai sumber air minum yang mereka konsumsi sehari hari.

Argumen:

Pada era saat ini disebabkan karena semakin besarnya arus urbanisasi ke Jakarta, sehingga dengan keadaan itu membuat salah satu sungai di jakarta terutama di Ciliwung semakin berantakan.

Dimana apabila diperhatikan banyaknya sejumlah tempat pemukiman yang kumuh yang berdiri ditengah kota Jakarta sehingga akhirnya membuat sungai Ciliwung mengalami perubahan fungsi yakni menjadi suatu tempat pembuangan sampah dan juga tinja yang paling terpanjang di dunia.

Simpulan:

Dengan keadaan ini begiti sangat mirisnya keadaan sungai Ciliwung, yang disebabkan karena pola dan tingkah laku manusia yang terkadng suka seenaknya sendiri terutama merkea kerap membuang sampah sembarangan.

Lantas bagaimana upaya kita agar bisa meningkatkan kesadaran pada masing-masing individunya khususnya dalam perkara membuang sampah? Sudah sepentasnya kita melakukannya, maka setelah itu benar-benar bisa dijalankan maka hasilnya kita tunggu saja semoga untuk kedepan sungai Ciliwung dapat terbebas dari sampah.

Contoh Teks Tantangan Larangan Membawa HP ke Sekolah

Judul: Larangan membawa hp ke sekolah

Pengantar:

Pada perkembangan teknologi saat ini dimana salah satu hp (handphone) yang sudah banyak digunakan di setia kalangan ditengah-tengah masyarakat Indonesia bahkan tanpa terkecuali anak-anak pun sudah banyak yang menggunakannya.

Baca Juga :  Contoh Gurindam

Kemudian tak sedikit pula anak tersebut yang berani membawa gadget atau hp tersebut kelingkungan sekolah, padahal aturan yang sudah diberlakukan oleh pihak sekolah sudah sangat ketat yang mana mereka melarang hal itu.

Selain itu pihak sekolah juga sudah memberikan ultimatu terhadap larangan membawa hp sudah dijelaskna beserta dengan alasan yang dan buktinya.

Hampir tidak jarang guru kerap mendapati/memergoki siswa/siwinya yang sedang asik memaikan gadgetnya pada ketika pelajaran sedang berlangsung.

Argumen:

Namun adanya juga pendapat yang dikemukakan oleh sejumlah kalangan, dimana pertama munculnya larangan membawa hp ke sekolah ini menuai banyak reaksi dan dinggap sangat tidak tepat untuk kurikulum 2013 yang sedang dijalani.

Dimana berdasarkan keterangn dari kurikulum tersebut siswa membutuhkan suatu media referensi unutuk mengulas pelajaran yang sedang dipelajari, seperti contohnya akan mengunjungi situs belajar kabarkan.com.

Selain itu Tak jarang juga sejumlah orang tua yang menyuruh anak-anaknya agar senantiasa selalu membawa hp dengan alasan untuk dijadikan sebagai alat komunikasi dan untuk waspada apabila suatu waktu ada hal yang terjadi diluar dugaan.

Simpulan:

Akhirnya untuk dijadikan sebagai solusi, maka terhadap pihak sekolah diminta agar dapat mempertimabngkannya kembali dan memikirkan tentang kebijakan yang mereka buat mengenai larangan dalam membawa hp ke sekolah.

Dimana pihak sekolah diminta agar dapat mempertimbangkan dengan secara detail mengenai dampak positif dan juga negatif atas kebijakan akan larangan tersebut sebab pendidikan merupakan hal yang paling diutamakan.

Apa yang Dimaksud Dengan Teks Tantangan ?

yakni merupakan suatu teks yang di dalamnya terkandung sebuah informasi akan bantahan menanggapi sebuah hal yang tengah kontroversial atau menjadi hal yang diperdebatan di masyarakat dengan dilengkapi oleh berbagai data dan juga argumen yang dapat memberikan kekuatan/memperkuat bantahan tersebut.

Jelaskan Struktur Teks Tantangan?

Pengantar (Isu): yakni merupakan salah satu bagian yang terkandung di dalamnya sebuah topik yang akan dibantah.
Argumen: merupakan sebuah bagian yang didalamnya memuat rangkaian dari sejumlah alasan atau bukti yang bertujuan untuk memperkuat/mendukung bantahan.
Simpulan: merupakan suatu akhiran yang terkandung suatu pernyataan yang menegaskan mengenai bantahan tersebut.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai Teks Tantangan – Contoh, Struktur, Pengertian dan Fungsi, semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk sobat semua.

Baca Juga :