Lembaga Politik

Posted on

Lembaga Politik – Setelah sebelumnya kami telah menyampaikan materi tentang Jenis Jenis Patung. Maka pada pertemuan kali ini akan kembali kami sampaikan materi tentang Lembaga Politik – Fungsi, Contoh, Gambar dan Pengertian. Nah untuk lebih jelasnya simak aja ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Lembaga Politik

Lembaga Politik
Lembaga Politik

Apa yang dimaksud dengan Lembaga Poltik ? Pengertian lembaga politik secara umum dapat diartikan sebagai salah satu badan khusus yang mempunyai wewenang dalam mengatur pelaksanaan kekuasaan dan juga memiliki hak yang berkitan dengan segala bentuk yang menjadi kepentingan masyarakat umum supaya bisa tercapai suatu keteraturan dan ketertiban yang berlangsung di dalam kehidupan bermasyarakat.

Pengertian Politik Secara Etimologi

Pengertian lembaga ini secara etomologi yang mana istilah kata politik berawal dan di dapat dari bahasa Belanda yang bertiulisakn politiek dan juga dalam bahasa Inggris politics, kemudian dari masing-masingnya istilah tersebut bersumber dari bahasa Yunani (politika – yang dapat diartikan suatu hal yang berkaitan dengan negara) kemudian akar katanya (polites – bisa diartian sebagai warga negara) sedangkan (polis – adalah negara kota).

Selain itu pengertian secara etimologi yang mana istilah kata “politik”  ini masih sangat berkaitan dengan nama dalam suatu instansi polisi atau kebijakan. Namun berbeda dengan kata “politis” yang memiliki arti sebagai beberap hal yang masih berkaitan dengan politik. Sedangkan istilah kata “politisi”  dapat diartikan sebagai sejumlah orang-orang yang bergelut dalam bidang politik.

Kemudian istilah kata Politik awlanya berasal dari istilah bahasa Yunani yang mana “polis” yang mempunyai makna kota atau negara kota. Kemudian turunan dari kata itu ialah:

  • Kata polites = Artinya adalah warga negara.
  • Kata politikos = Artinya kewarganegaraan.
  • Kata politike tehne = Artinya ialah kemahiran politik.
  • Kata politike episteme = Artinya ialah ilmu politik.

Definisi Lembaga Politik Menurut Para Ahli

Prof. Miriam Budhiarjo

  • Berdasarkan pendapatnya mengenai Politik ialah merupakan beragam macam bentuk aktifitas yang berlangsung di dalam suatu sistem politik (negara) yang mana hai ini mencakup berbagai proses dalam menentukan atas sejumlah tujuan dari sistem tersebut dan menjalankan tujuan tersebut.
Baca Juga :  Contoh Kesimpulan Dari Makalah

Surbakti

  • Berdasarkan pendapat yang dikemukakan oleh surbakti mengenai pengertian lembaga politik ialah merupakan pranata yang mengendalikan monopoloi penggunaan paksaan fisik yang terdapat di dalam suatu wilayah tertentu.

Aristoteles

  • Menurut pendapat yang dikemukaknnya Bahwa pengertian dari lembaga politik ialah merupakan sebuah upaya atau cara agar dapat memperoleh sesuatu yang harapkan

Joice Mitchel

  • Menurut pendapat yang dikemukakannya mengenai Pengertian politik ialah merupakan penetapan suatu kebijakan kolektif atau pembentukan keputusan umum untuk seluruh masyarakat.

Robert

  • Berdasarkan pendapat yang dikemukaaknnya mengenai Politik ialah merupakan suatu seni dalam meberikan suatu perintah dan mengatur semua masyarakat.

Ciri-Ciri Lembaga Politik

  • Terdapt sejumlah anggota masyarakat yang memiliki suatu wilayah dan mereka sudah menempati/mendiami wilayah tersebut dalam kurun waktu yang cukup lama. Kemudian mereka juga sudah memiliki norma dan juga nilai sosial yang telah cukup.
  • Terdapat suatu organisasi politik yang dibuat dengan menggunakan sistem tertentu.
  • Dari semua individu dimana meraka merupakan makhluk penduduk yang berada di wilayah tersebut yang telah diberikean wewenang agar dapat menjalankan tugas pemerintahan, denga baik dan sesuai aturan dan tanpa pemaksaan.
  • Kemudian pemerintah juga memiliki hak dan kewajiban , namun hanya berlaku di dalam batas naungan wilayah mereka saja.

Fungsi lembaga politik

Di bawah ini terdapat beberapa penjelasan mengenai fungsi atau kegunaan dari lembaga politik yang dinataranya ialah sebagai berikut.

1. Memaksa Masyarakat Artinya berperan dalam melaksanakan pemaksaan bagi semua masyarakat yang berada di wilayahnya supaya dapat taat dengan norma, sistem, dan juga peraturan yang diberlakukan.

2. Mengarahkan MasyarakatArtinya memberikan suatu arahan terhadap sejumlah masyarakat ketika akan diselenggarakannya pemilihan seorang pemimpin dan wakil rakyat. Namun selain itu itu, mengajak mereka supaya terlibat dan saling berpartisipasi dalam menyukseskan pemilihan politik yang baik.
3. Menengahi Permasalahan Nah dari sejumlah lembaga politik yang berperan sebagai penengah dari adanya sebuah perkara yang terjadi adalah Mahkamah Konstitusi
4. Melindungi Masyarakat Dimana fungsi Lembaga juga sangat berperan penting sebagai wadah yang dapat memberikan sebuah perlindungan terutam terhadap masyarakat.

5. Menyalurkan Aspirasi PolitikLembaga juga dapat berfungsi sebagai salah stau penyalur terhadap sejumlah aspirasi politik dari setiap masyarakat. Akan tetapi proses penyaluran ini dilakukan harus sesuai dengan aturan hukum berlaku.
6. Membuat Kebijakan Umum Kemudian fungsi selanjutnya Lembaga juga berperan penting dalam menetapkan suatu kebijakan untuk umum sehingga dengan adanya kebijakan dapat dijadikan sebagai acuan dan hal tersebut harus dipatuhi terhadap semua warga negara.
7. Menerapkan Kebijakan Lembaga juga memiliki fungsi sebagai pelaksana dalam menetapkan suatu kebijakan.
8. Mengatur Proses Politik Kemudian lembaga juga memiliki fungsi dalam mengatur proses politik, misalnya saja seperti mengatur sejumlah partai politik. Dimana pada semua parpol wajib mengikuti arahan proses yang sebagaimana telah ditentukan oleh lembaga.

Jenis dan Contoh Lembaga Politik di Indonesia

Lembaga Politik
Lembaga Politik

Mungkin sebagian orang telah mengetahui bahwa di dalam lembaga politik terdapat berbagai pihak yang berperan dalam mengatru sejumlah kekuasaan.

Baca Juga :  Lipatan dan Patahan

Lantas siapa saja lembaga tersebut ? Nah, di bawah ini terdapat sejumlah keterangan mengenai jenis dan contoh dari sejumlah lembaga politik yang terdapat di negar Indonesia:

1. Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR)

1. Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR)
Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR)
  • Apa yang dimaksud dengan lembaga politik? Penggertian lembaga ini ialah merupakan salah satu lembaga tinggi negara ang berperan di dalam sistem ketatanegaraan Indonesia.

2. Presiden

Presiden
Presiden
  • Sebutan ini merupakan salah satu jabatan dari seorang pemimpin baik dalam sebauh organisasi, perusahaan, perguruan tinggi, bahkan negara.

3. Wakil Presiden

Wakil Presiden
Wakil Presiden
  • Kemudian Wakil Presiden, yang mana sebutan merupakan salah satu jabatan yang terdapat di dalam pemerintahanan yang posisinya berada satu tingkat di bawah naungan Presiden.

4. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)

  • Sebutan ini merupakan sebuah lembaga tinggi negara yang masih berda di dalam sistem ketatanegaraan Indonesia atau sebagai suatu lembaga perwakilan rakyat.

5. Dewan Pertimbangan Agung (DPA)

  • Kemudian DPA ini merupakan suatu lembaga tinggi negara Indonesia berdasarkan UUD 45 sebelum di-amandemen yang memiliki fungsi /peran sebagai nasehat /memberikan masukan kepada presiden.

6. Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK)

  • Sebutan ini biasa dikenal dengan singkatan BPK yakni merupakan salah satu lembaga tinggi negara yang masih berada di dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang memiliki wewenang dalam melakukan suatu pemeriksaan dan juga pengelolaan serta tugas dalam mengontrol keuangan negara.

7. Mahkamah Agung (MA)

  • Kemudian Ma ini juga Merupakanslaah satu lembaga tinggi negara yang mana peranannya masih dalam sistem ketatanegaraan Indonesia, yakni sebagai penguasa kehakiman yang biasanya kera di sandingkan dengan bersama Mahkamah Konstitusi dan memiliki bebas atau tidak terikat dari berbagai pengaruh cabang-cabang kekuasaan lainnya.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai Lembaga Politik – Fungsi, Contoh, Gambar dan Pengertian, semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Baca Juga :

Baca Juga :