Montase

Posted on

Montase – Pada pertemuan kali ini akan kembali kabarkan.com sampaikan materi pembahasan tentang Montase dengan besertakan Pengertian, Jenis, Cara, Contoh dan Sifat. Namun diperjumpaan sebelumnya juga telah menerangkan materi pembahasan tentang Fungsi Membran Plasma Nah untuk lebih jelasnya, mari kita simak bersama ulasan berikut ini.

Pengertian Seni Montase

Montase
Montase

Menurut kamus besar bahasa Indonesia montase merupakan sebuah komposisi pada gambar – gambar yang dapat di ciptakan dari percampuran unsur dari beberapa sumber.

Pada masa perkembangan nya montase yang semula terbatas hanya pada karya dua dimensi sekarang sudah berkembang menjadi karya tiga dimensi.

Seni montasee yang memiliki bentuk yang sama dengan seni kriya, patung, dan lukis. Sehingga seni montase kurang terkenal dikalangan umum.

Karya mntase berasal dari perpaduan beberapa gambar yang sudah jadi dengan gambar lain yang baru jadi.

Referensi sederhana dari seni montaase adalah gambar yang diambil dari majalah, koran yang kemudian dapat di tempel pada ganjal gambar.

Karya montase merupakan potongan dari gambar yang sudah jadi dan langsung di satukan menjadi sebuah karya ilustrasi, sehingga mendapat kan hasil karya seni montasse yang menyerupai karya lukisan untuk karya mntase dua dimensi, sedang kan Karya seni monttase tiga dimensi dapat membentuk seting.

Montasee ialah karya seni tempel yang menyatukan gambar-gambar dari berbagai sumber menjadi satu susunan karya seni yang baru.

Sumber yang di maksud dapat di gunakan menggunakan majalah bekas, koran, buku yang sudah dipakai,brosur, dan lain nya.

Karya montase dapat di hasilkan dari gambar yang akan dieksposisi kan dengan gambar jadi lain nya.

Contoh pada gambar binatang di majalah di potong dan direkat kan ke dalam permukaan media pada gambar dan di kombinasikan dengan gambar binatang lain dari dalam sebuah buku.

Gambar rumah dari buklet akan menjadi gambar baru pada media gambar yang sama.

Seni tempel pada monttase merupakan karya pada seni yang berasal dari gambar yang sudah jadi dan di rangkai akan menjadi satu sehingga dapat tercipta dalam pencampuran unsur dari berbagai macam sumber.

Pada masa lampau, karya perakitan hanya mengubah seni dua dimensi. Montaase telah mengembang kan dan menghasil kan karya dari seni tiga dimensi.

Kenyataan nya para pekerja secara umum yang kurang di kenal dalam anggota masyarakat karena karya – karya mereka yang hampir sama sebanding dengan seni patung, dan seni lukisan.

Fungsi Seni Montase

Di bawah ini terdapat beberapa penjelasan dari pada fungsi montase yang diantaranya ialah sebagai berikut :

Baca Juga :  Contoh Paragraf Deduktif

Fungsi Praktis

Seni montaase ini lebih berfungsi kepada benda yang digunakan dalam sehari – hari, karya tersebut dapat bisa di gunakan sebagai bahan dekorasi rumah yang sangat menakjubkan.

Fungsi Ekspresi

Yaitu fungsi dengan menggunakan berbagai bahan tekstur yang dapat membantu melejit kan sistem pada ekspresi.

Fungsi Psikologis

Yaitu dengan cara menuangkan ide dan emosional denga cara menggambung kan rasa puas dan kesenangan sehingga dapat mengurangi beban psikologis.

Fungsi Edukatif

Seni montasse pada fungsi edukatif dapat membantu untuk mengembang kan kreativitas dan daya pikir, daya serap, emosional dan estetika.

Fungsi Sosial

Seni montasse pada fungsi sosial dapat menyedia kan pada lapangan pekerjaan dengan banyak nya karya yang di miliki, sehingga dapat di harapkan dan dapat mencipta kan lapangan pekerjaan dengan modal kreativitas.

Jenis – Jenis Montase

Berkaitan pada jenis pelat yang ada ialah pelat negatif dan pelat positif yang di pergunakan untuk dapat mentransfer gambar, maka montase dalam pekerjaan nya terdiri dari, seperi dibawah ini :

Montase Negatif

Montse yang bekerja dan di kerjakan secara negatif ialah dengan memasang atau menempel kan film – film negatif di atas astralon.

Montase Positif

Montase yang bekerja yang di lakukan secara positif ialah dengan memasang dan menempel kan nya dalam film – film positif di atas astralon.

Persiapan yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan montse seperti dibawah ini :

  • Ukuran barang yang cukup cetakan.
  • Ukuran maksimum pada luas cetak dari montase.
  • Ukuran maksimum kertas yang akan digunakan.
  • Ukuran jepitan pada pelat (griper).
  • Teknik penjilidan yang akan di lakukan :

-Jahit bagian kawat atau saddle stitch

-Pengeleman atau per act-binding

Peralatan-peralatan yang perlu dipersiapkan untuk montase :

  • Meja montasse atau light table
  • Loupe atau kaca pembesar
  • Pisau cutter dan gunting
  • Meja gambar atau ruling up table
  • Penggaris baja atau steinless stell inch & cm
  • Set jangka
  • Set rapido
  • Penggaris segitiga
  • Selotype bening dan merah
  • Kuas dan photo opaque

Cara Membuat Montase

1.Sediakan Semua Alat dan Bahan

Adapun alat dan bahan yang perlu dipersiapkan, seperti berikut :

  • Gunting.
  • Lem perekat.
  • Buku gambar atau kertas HVS untuk dapat menempel pada gambar.
  • Crayon dan pensil warna.
  • Semua gambar yang telah jadi dari berbagai sumber yang akan di gabungkan menjadi satu.

2.Menentukan Tema dan Konsep Gambar Montase

Tentukan tema yang ingin kamu aplikasi kan pada karya monttase. Pertimbang kan pengaturan pada gambar dengan cara menyesuai kan penempatan dan ukuran pada setiap gambar.

Kreativitas dan imajinasi kamu akan menjadi faktor utama untuk dapat menghasil kan sebuah susunan baru yang lebih menarik.

3. Potong Gambar – Gambar Dari Sumber Referensi Yang Ada

Selanjutnya setelah kamu dapat menentu kan tema atau desain gambar, gunakan gunting untuk dapat memilih dan memotong gambar yang menarik dan lebih cocok dari berbagai sumber yang telah kamu miliki.

Perhatikan dan konsentrasi saat pemotongan gambar karena itu bisa dapat mempengaruh pada kualitas gambar. Potong dan kumpul kan semua objek gambar yang ingin kamu masuk kan.

4. Tempelkan Gambar – Gambar

Kemudian untuk dalam pembuatan montase setelah semua gambar telah di pilih yang kemudian di tempel kan pada gambar satu per satu dalam posisi yang telah kalian desain di media gambar yang akan kalian pergunakan.

Baca Juga :  Denotasi Adalah

5. Tambahkan Warna Atau Arsiran

Kamu akan mencipta kan nilai keindahan, dengan menambah kan warna atau corak dengan mengguna kan krayon.

Warna yang dapat di gunakan dan dapat di sarankan saling melengkapi, jadi pasti kan warna tidak terlalu menjadi dominan di banding gambar – gambar yang akan menjadi objek karya montaase.

6. Lihat Hasil Karya

Terakhir, karya seni montase kamu dalam membentuk suatu gambar baru dan dapat menghasil kan cerita yang baru sesuai dengan tema yang kalian ciptakan.

Contoh Karya Seni Montase

Di bawah ini terdapat beberapa contoh dari pada seni monttase yang dapat sobat sekalian jadikan bahan acuan, simak ulasannya di bawah ini.

Gambar Seni Montase Wisata 

Ada banyak kreasi seni yang dapat dihasil kan pada karya seni monttase. Karena dalam pembuatan nya sangat mudah dan untuk menemukan bahan – bahan nya bisa di bilang sangat mudah.

Di bawah ini merupakan contoh dari hasil karya seni monttase yang bertema wisata.

Montase
Montase

 Gambar Montase Pemandangan Alam

Gambar pemandangan termasuk ke dalam salah satu jenis gambar yang banyak di sukai anak-anak.

Biasa nya anak – anak senang sekali menggambarkan penggunungan, dan pemandangan.

Di bawah ini contoh montasse pada gambar pemandangan :

Montase
Montase

Gambar Montase Hewan

Gambar hewan sering sekali dapat kita jumpai, majalah, koran, baik di sampul buku tulis, dan sebagai nya. Dengan demikian,kita dapat mengunakan nya dengan cara membuat karya seni montasse seperti di bawah ini.

Montase
Montase

 Gambar Montase Kartun

Kartun merupakan sebuah genre yang sangat disukai dengan anak – anak. Maka tak heran bila dalam film – film kartun laris di serbu dengan anak-anak, contoh helo kitty, doraemon, upin-ipin, dan lain nya.

Dengan begitu animasi kartun dapat digunakan sarana belajar bagi anak diusia dini.

Contoh karya seni montasse berbentuk aneka kartun pilihan, seperti dibawah ini :

Montase
Montase

Gambar Montase Kebersihan 

Untuk dapat memberi kan pendidikan dan pengajaran terhadap anak bukan hanya dengan menasihati.

Ada banyak sekali cara untuk dapat memberi kan asupan pembelajaran yang mudah dapat di serap oleh anak dan juga menyenang kan dalam mengerjakan.

Contoh : menggambar dan mewarnai, contoh tersebut ialah cara pengajaran pada legendaris secara turun temurun sudah di lakukan sejak zaman dahulu kala karena kegiatan tersebut akan membuat anak senang.

Bukan hanya itu sesekali di ajarkan kerajinan dalam montase ini, agar anak bisa lebih kreatif dan imajinatif.

Dibawah ini adalah contoh hasil karya seni montasse dengan tema kebersihan lingkungan.

Montase
Montase

Gambar Montase Masjid

Montasse pada gambar masjid ialah merupakan gambaran yang mengisah kan tentang raji nya orang muslim dalam melaksana kan ibadah terhadap sang pencipta.

Demikianlah pembahasan mengenai montase kali ini, semoga artikel ini ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :