Metafase

Posted on

Metafase РSetelah sebelumnya ContohSoal.co.id telah membahas materi tentang Akar Monokotil Maka dipertemuan kali ini akan ContohSoal.co.id jabarkan materi tentang matafase lengkap beserta pengertian, profase, gambar, proses pembelahan mitosis. Nah untuk lebih jelasnya mari simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Metafase

Metafase

Apa yang dimaksud dengan Metafase? ialah merupakan salah satu tahapan mitosis dan meiosis, yang merupakan dua jenis pembelahan sel. Selama mitosis, sel-sel yang dihasilkan yang secara genetik identik dengan induknya, atau klon.

Selama mitosis, sel-sel yang dihasilkan yang secara genetik identik dengan induknya, atau klon. Hal ini digunakan untuk reproduksi aseksual, pertumbuhan organisme multi-selular dan untuk memperbaiki dan mengganti jaringan yang rusak.

Meiosis adalah pembelahan sel yang digunakan untuk memproduksi sel-sel untuk reproduksi seksual. Terjadinya Mitosis hampir di semua sel, sedangkan meiosis hanya terjadi pada organ seksual dari suatu organisme, misalnya testis dan ovarium mamalia atau indung telur dan sari dari tanaman berbunga.

Ciri-Ciri Telefose

Ciri penting dari metafase yakni terjadinya pembagian kromatid di daerah ekuator. Adapun ciri-ciri metafase lainnya adalah sebagai berikut.

Kromatid terletak di bidang ekuator, menggantung pada benang spindel melalui sentromer. Selanjutnya akan tampak adanya dua kromatid pada tahapan metafase yang dihasilkan dari penggandaan profase (satu kromatid mengandung satu sel kromosom, yang sedang mengalami pembagian menjadi dua, tiap-tiap sel anak akan mendapatkan satu kromatid. Sentromer juga dapat disebut kinetokor.

Benang-benang spindel tampak semakin jelas. Dari semua selnya mempunyai siklus sel yang dimulai ketika mereka telah diproduksi melalui pembelahan sel dan berakhir ketika mereka membelah untuk menghasilkan sel-sel yang identik.

Mitosis adalah periode pembelahan sel dan sisanya dari siklus sel interfase. Interfase sering disebut sebagai fase istirahat, tetapi saat aktivitas selular banyak.

Pembelahan Mitosis

Pembelahan mitosis ialah merupakan suatu proses pembelahan yang terjadi pada inti sel yang kemudian menghasilkan sel sel baru dengan jenis kromosom yang sama dengan sel lama.

Baca Juga :  Fungsi Kerongkongan Pada Manusia

Dengan secara genetik, dalam proses pembelahan mitosis ini akan menghasilkan dua buah sel baru yang cenderung identik. Yang mana dari tiap-tiap sel baru tersebut akan mewarisi sifat yang sama dengan induknya.

Kemudian dalam konteks kehidupan tentunya kita akan dengan mudah untuk menemukan contoh pembelahan mitosis di sekitar, sebab pada proses pembelahan mitosis ini akan terjadi disetiap sel yang terdapat pada tubuh makhluk hidup.

Jadi dapa disederhanakan bahwa pembelahan sel secara mitosis dibagi ke dalam lima tahap pembelahan sel yakni, profase (prophase), prometafase (prometaphase), metafase (metaphase), anafase (anaphase), serta telofase (telophase). \

Untuk sitokinesis yang bertumpang tindih dengan fase akhir dari tahapan pembelahan sel secara mitosis, sebagai akhir dari fase mitotik.

  • Profase

Dalam fase ini dimana serat pada kromatin akan terkumpul lebih rapat, inti selnya akan menghilang, setiap kromosom yang terduplikasi terlihat sebagai dua kromatid sama yang terhubung papa bagian sentromernya dan sepanjang lengannya.

Gelondong mitotik juga mulai terbentuk, yang terdiri atas sentrosom serta mikrotubulus yang menjulur dari sentrosom. Kemudiann pada sentrosom tersebut bergerak saling menjauh menjauh, yang didorong oleh mikrotubulus yang memanjang diantaranya.

  • Prometafase

Terdapat beberapa tahapan dalam prometafase yakni :

  • a. Selaput nukleusnya terfragmentasi,
  • b. Pada Mikrotubulus yang memanjang dari masing-masing sentrosom sekarang dapat memasuki wilayah nucleus,
  • c. Selanjutnya pada kromosomnya semakin terkondensasi,
  • d.Dari tiap-tiap kedua kromatid pada setiap kromosom mempunyai kinetokor, yakni struktur protein terspesialisasi yang terletak pada sentromer,
  • e. Terdapat beberapa mikrotubulus yang melekat dikinetokor akan menarik kromosom maju-mundur,
  • f. Kemudian pada Mikrotubulus nonkinetokor akan berinteraksi dengan sejenisnya yang berasal dari kutub gelondong yang bersebrangan.

Matafase

Apa yang dimaksud dengan Metafase? ialah merupakan tahap pembelahan mitosis yang paling lama, berlangsung sekitar 20 menit. Dalam tahap ini ditandai dengan kromosomakan bergerak menuju ekuator sel atau yang sering dikenal dengan lempeng metafase. Pada tahap ini, membran akan benar-benar menghilang serta benang-benang gelondong akan mencapai sentromer kromosom.

  • Anafase

Berkebalikan dengan metafase, tahap anafase ini merupakan tahap mitosis yang paling pendek, hanya berlangsung selama beberapa menit.

Baca Juga :  Taksonomi dan Tingkatannya

Kemudian dalam tahapan anafase ini, dimana kromatid-kromatid yang bersaudara akan memisahkan diri dari sentromernya sehingga disebut kromosom. Setiap kromosom akan ditarik kearah kutub oleh benang-benang mitosis atau yang sering disebut serabut kinetokor.

Pada tahap ini sel akan memanjang saat mikrotubulus nonkinetokor memanjang, dan pada akhir anafase, kedua ujung sel akan memiliki koleksi kromosom yang sama dan lengkap.

  • Telofase

Pada tahap ini, dua nukleus anakan akan terbentuk di dalam sel, kromosom akan mulai terlepas. Telofase sendiri sering ditandai dengan dimulainya sitokinesis.

Pada sel hewan, sitokinesis dimulai dengan terbentuknya pembelahan atau lekukan di bagian tengah yang membagi sel menjadi dua.

Sedangkan pada sel tumbuhan, sitokinesis ditandai dengan serangkaian vesikula yang terbentuk di bagian ekuator sel, yang terus terjadi sampai sel terbagi dua.

 

 

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai metafase, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :