Mata Air

Posted on

Mata Air – Air yang berasal dari mata air (spring water) biasanya adalah air yang layak untuk dikonsumsi karena mengalami pemurnian alami (self-purification). Selain itu, spring water tersebut umumnya digunakan oleh berbagai perusahaan berbasis air untuk mendapatkan pasokan air yang layak untuk dikonsumsi.

Kali ini kabarkan.com akan meberikan pelajaran mengenai Mata Air. Dimana pelajaran ini akan dikupas secara jelas, dengan berdasarkan Pengertian, Jenis, Sumber dan Contoh.

Pengertian

Menurut Tolman dalam bukunya “Air Tanah” mata air adalah konsentrasi pelepasan air tanah yang muncul di permukaan tanah sebagai arus yang berasal dari aliran air tanah.

Mata Air

Spring water dapat terbentuk karena aliran bawah tanah air tanah oleh bentuk topografi lokal dan air yang keluar dari bebatuan. Menurut proses pembentukan, pelepasan air tanah biasanya ditemukan di kaki bukit, di lereng, di bukit dan di dataran.

Sumber-sumber ini sering dipelajari oleh berbagai disiplin ilmu, seperti geologi, hidrogeologi, geografi, geofisika, hidrologi hutan dan sebagainya. Berbagai studi tentang topik ini juga telah dilakukan di Indonesia dan luar negeri.

Jenis-Jenis Mata Air

Klasifikasi sumber dibedakan dengan kekuatan debit air dari tanah. Klasifikasi ini dibagi menjadi kekuatan non-gravitasi dan gravitasi.

Spring water yang berasal dari gravitasi dapat dibagi menjadi:

  • Spring water artesis terjadi karena air di akuifer tertekan muncul di atas permukaan karena kerugian dalam lapisan batuan kedap air.
  • Spring water turbulensi adalah saluran alami dalam formasi kulit bumi, seperti gua lava atau sendi.
  • Spring water depresi yang terbentuk ketika permukaan air tanah (air tanah) dipotong dari topografi.
  • Spring water kontak terjadi ketika lapisan yang tidak tembus cahaya berada di atas lapisan yang tidak tembus air sehingga air keluar dari tanah.

Spring water yang berasal dari energi non-gravitasi meliputi:

  • Spring water vulkanik.
  • Spring water panas.
  • Spring water hangat.
  • Spring water celah.
Baca Juga :  Fungsi Membran Plasma

Pengelolaan Mata Air

Dalam pengelolaan sumber-sumber itu, ia sering membuat bangunan Penangkap Air (PMA) untuk melindungi sumber-sumber dari sumber polusi dan biasanya memiliki tangki. Secara umum, bangunan PMA dibangun di dekat posisi pembuangan dan berada pada ketinggian yang sesuai sehingga air dapat didistribusikan dengan benar. Pengelolaan dan pengendalian kerusakan ekosistem sumber, termasuk kegiatan:

  • perizinan
  • Pengawasan dan pemantauan.
  • Pelestarian.
  • Persediaan potensial.
  • Pendayagunaan.

Sumber Manfaat Mata Air

Sumber jelas memiliki manfaat yang sangat berbeda, terlepas dari apakah mereka dapat dirasakan secara langsung atau tidak langsung oleh manusia. Air yang berasal dari tanah tentu saja adalah air jernih yang biasanya layak diminum sehingga kualitasnya sangat bagus.

Berbagai keuntungan mata air meliputi:

  • Sumber air minum.
  • Sumber air untuk fasilitas ibadah.
  • Sumber air untuk industri.
  • Sumber air domestik (air untuk kebutuhan keluarga).
  • Sumber air irigasi.

Contoh Sumber Mata Air Di Indonesia

Berikut inilah sumber spring water yang berada di Indonesia, yaitu:

Sumber Mata Air Cimincul

Spring water ini, yang memiliki perairan sangat jernih, terletak di Subang, Jawa Barat. Di posisi ini ada banyak aksesori yang bisa kita gunakan untuk mengambil foto-foto eksotis. Keindahan resor wisata ini tidak kalah dengan Umbul Ponggok, yang terletak di pusat Jawa.

Sumber Mata Air Guyangan

Spring water ini ada di Pulau Dewata, tepatnya di Nusa Penida. Pemandangan di resor wisata ini sangat indah karena keberadaan perairan yang jernih tertutupi oleh atmosfer tebing yang mengesankan. Banyak orang tidak mengetahui objek wisata ini sehingga dapat menjadi salah satu tujuan wisata yang harus dikunjungi.

Sumber Mata Air Cibulan

Ada banyak legenda menarik di belakang musim semi ini! Jika Anda berlibur di Terme di Cibulan, Anda bisa berenang sambil ditemani ikan para dewa. Menurut penduduk setempat, ikan para dewa di kolam adalah prajurit yang memberontak pada masa pemerintahan Raja Siliwangi.

Para prajurit dikutuk oleh Raja Siliwangi untuk menjadi seekor ikan. Sangat menarik untuk dicatat bahwa jumlah ikan yang ditemukan di kolam ini selalu sama dari awal sampai sekarang, Anda tahu! Ini karena tidak ada yang berani mengambil dewa ikan yang ditemukan di kolam ini. Penduduk setempat percaya bahwa ikan para dewa akan membawa nasib buruk jika terganggu, apalagi diambil.

Baca Juga :  Fungsi Serviks

Sumber Mata Air Jenon

Saat Anda berlibur di Malang, mampir ke Sumber Jenon, ayo pergi! Musim semi ini tidak hanya memiliki pemandangan alam yang indah, lho! konon, air di sumber Jenon memiliki manfaat untuk mengobati berbagai penyakit kulit.

Tidak hanya itu, mata air ini juga ada ikan sengkaring, yang diyakini penduduk setempat berusia ratusan tahun. Satu-satunya jumlah ikan sengkaring adalah bahwa ia tidak pernah berubah, bahkan jika telah tertarik beberapa kali.

Demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan materi pelajaran ini. Semoga dengan apa yang telah kami sampaikan dalam artikel ini, dapat memberikan pemahaman serta bermanfaat untuk sobat semua.

Baca Juga: