Fungsi Tulang Atas

Posted on

Tulang adalah bagian penting dari kerangka tubuh manusia yang memberikan struktur, melindungi organ-organ vital, dan memungkinkan gerakan tubuh. Salah satu bagian tulang yang penting adalah tulang atas, yang terdiri dari tulang bahu (clavicle) dan tulang lengan atas (humerus). Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang fungsi tulang atas dan pentingnya peranannya dalam menjaga kesehatan tubuh.

Pengertian Tulang Atas

Fungsi Tulang Atas
Fungsi Tulang Atas

Apa yang dimaksud dengan tulang atas atau biasa juga dikenal dengan sebutan humerus? yakni merupakan suatu sistem gerak yang dilakukan oleh bagian badan atas manusia.

Dengan berdasarkan fungsinya dimana Tangan kita mempunyai peranan yang sangat penting serta mempunyai banyak kegunaan.

Kemudian dengan berdasarkan kegunaannya juga yang merupakan sistem alat gerak bagi manusia, dimana di dalam susunanya fungsi tulang lengan atas ini menjadi salah satau bagian dari tulang anggota gerak yang atas dan merupakan bagian yang paling besar dan juga panjang.

Kemudian pada bagian humerus ini saling terhubung dengan tulang belikat, lalu pada bagian bagian bawahnya salaing terhubung dengan tulang pengumpil maupun tulang hasta.

Struktur Tulang Atas

Tulang atas terdiri dari dua bagian utama, yaitu tulang bahu (clavicle) dan tulang lengan atas (humerus). Tulang bahu, atau clavicle, adalah tulang ramping yang berada di bagian depan dada, menghubungkan tulang dada dengan tulang lengan atas. Tulang ini penting karena membantu menopang bahu dan lengan serta memungkinkan gerakan lengan dengan leluasa.

Tulang lengan atas, atau humerus, adalah tulang panjang yang menghubungkan bahu dengan siku. Tulang humerus memiliki kepala yang bulat di bagian atasnya yang berfungsi untuk menghubungkan tulang dengan bahu. Di bagian bawah, tulang humerus berhubungan dengan tulang radius dan ulna di siku.

Selain itu, tulang atas juga melibatkan beberapa sendi penting, seperti sendi bahu (shoulder joint) dan sendi siku (elbow joint). Sendi-sendi ini memungkinkan gerakan yang kompleks pada lengan, seperti mengangkat, mengayun, dan memutar lengan.

Secara keseluruhan, struktur tulang atas sangat penting dalam memberikan dukungan dan memungkinkan gerakan lengan yang beragam.

  • Pada humerus dibagian atas
  • Pada bagian badan humerus atau (corpus humerus),
  • Pada Humerus di bagian bawah .
Fungsi Tulang Atas
Fungsi Tulang Atas

Kemudian pada Tulang yang agak sempit yang letaknya berada tepat di bawah tuberositas dikenal juga dengan sebutan leher cirurgikum.

Fungsi Tulang Atas
Fungsi Tulang Atas

Pada bagian atas batang dari tulang lengan atas ini mempunyai bentuk yang bulat, yang mana apabila semakin menuju ke bawah maka akan semakain menjadi pipih.

Baca Juga :  Bentuk Molekul

Dan pada bagian ini juga Terdapat sebuah tuberkel yang letaknya tepat di bagian tengahnya, yang biasa dikenal dengan sebutan tuberisitas deltoideus yang berperan penting dalam penerimaan insersi atau hubungan otot deltoid.

Kemudian pada bagian ini juga ada sebuah celah yang letaknya berada di sebelah bawah tuberositas deltoideus, pada celah ini biasa disebut dengan radialis/spiralis yang berperan dalam membenatu melancarkan jalannya saraf muskulo spiralis atau saraf radialis.

Otot Tulang Atas

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa di dalam tubuh manusia mempunyai begitu banyak otot yang melekat dan juga pada tulang lengan atas .

Dimana pada Otot-otot ini mempunyai fungsi dan tugas serta tanggung jawabnya masing-masing .

Maka dalam hal ini juga dimana otot pada tulang lengan atsa mempunyai peranan yang sangat penting dalam membatu serta mendukung terhadap setiap gerakan yang dilakukan pada pada bahu dan siku.

Fungsi Tulang Atas
Fungsi Tulang Atas

Dan pada bagian atas ini juga menempel suatu otot secara khusus, yakni otot rotator cuff yang mana pada ini dapat bertindak dengan secara abduksi maupun rotasi pada bahu.

Kemudia adapula diantaranya otot pronator teres, lalu fleksor, serta ekstensor yang mana pada otot-otot ini menempel pada humerus di bagian dalam lengan bawah.

Di bawah terdapat sejumlah otot yang menempel atau melekat pada bagian tulang atas yakni sebagai berikut:

1. Epicondylus Lateralis

  • Pertama Otot Extensor Carpi Ulnaris
  • Kedua Otot Extensor Digitorum
  • Ketiga Otot Supinator
  • Keempat Otot Extensor Carpi Radialis Brevis
  • Kelima Otot Extensor Digiti Minimi

2. Epicondylus Medialis

  • Pertama Otot Flexor Digitorum Superficialis
  • Kedua Otot Flexor Carpi Radialis
  • Ketiga Otot Flexor Carpi Ulnaris
  • Keempat Otot Palmaris Longus
  • Kelima Otot Pronator Teres

3. Sulcus Intertubercularis

  • Pertama Otot Pectoralis Major
  • Kedua Otot Latissimus Dorsi
  • Ketiga Otot Teres Major

4. Tuberculum Mayus dan Minus (Otot Rotator Cuff)

  • Pertama Otot Supraspinatus
  • Kedua Otot Teres Minor
  • Ketiga Otot Infraspinatus
  • Keempat Otot Subscapularis

Sendi Tulang Atas

Pada bagian sendi yang di bahu terdapat dua bursa yakni bursa biasa dikenal dengan subscapularis dengan bursa subacromialis.

Baca Juga :  Daur Hidup Fasciola Hepatica

Kemudian pada subscapularis ialah merupakan sebuah bursa dapat memisahkan antara fossa subscapularis dari tendon otot subscapularis.

Akan tetapi , pada subacromialis merupakan sebuah bursa yang menajadi penyekat terhadap otot deltoideus dan supraspinatus.

Namu selain itu terdapat pula sebuah persendian dengan tulang hasta pada bagian siku lengan tersebut.

Maka denga adanya persendian ini sehingga sangat mungkin melakukan suatu gerakan secara ekstensi dan fleksi yang berlangsung pada bagian troklea humerus.

Akan tetapi, adapula suatu fossa olecrani dan fossa coronoidea yang mana pada keduanya merupakan bentuk dari cekungan yang terletak pada bagian ujung bawah humerus.

Fungsi Tulang Atas

Di bawah ini terdapat beberapa fungsi dari tulang atas yang perlu sobat ketahui secara keseluruhannya, berikut penjelasannya:

1. Sebagai Tulang Anggota Gerak Atas
2. Menggerakkan bagian siku dan bahu
3. Tempat Melekatnya Otot Utama
4. Penopang Kekuatan Lengan
5. Penghubung Sendi Putar
6. Penghubung Tulang Lengan Bawah dan Gelang Bahu
7. Melakukan Gerak Ekstensi dan Fleksi Lengan
8. Melaksanakan Abduksi dan Rotasi pada Bahu

Cedera Tulang Atas

Pada tulang atas ini merupakan subuah tulang yang dapat dikatakan sebagai tulang yang cukup tebal dan juga kuat, bukan berati pada tulang ini juga tidak akan mengalami suatu cedera.

Adapun cedera yang biasa terjadi yakni bisa di sebabkan dengan adanya benturan yang sangat keras atau bisa karena terjatuh.

Maka dengan adanya cedera segala Aktivitas gerak akan mengalami gangguan secara fungsinya.

Maka apabila terjadi suatu cedera harus segera diwaspadai sebab jika hal terseut terjadi maka akan berakibat cedera pada jaringan yang ada disekitarnya.

Hal yang dapat dilakukan apabila pada bagian tulang ini mengalmi cedera, yakni sebagai berikut:

  • Langkah pertama sobat bisa menaruh lengan bawah kemudian tempatkan ke dada bersamaan dengan telapak tangan lalu hadapkan ke dalam.
  • Bisa juga dengan mengenakan bidai hingga sampai kekesiku.
  • Lakukan pengikatan di bagian atas hingga kebagian yang patah.
  • Lalkukan penggendongan pada lengan bawah.
  • Namun apabila kesuluruhan tangan juga mengalami patah sehingga membuat tangan tidak bisa dilipat, maka kenakan bidai hingga pada lengan bawah.
  • Dan bisa juga dengan cara tidak perlu melakukan penggendongan lengan, dan biarkan saja agar tangan tetap menggantung.
  • Kemudian bisa juga dengan penangan intesif di rumah sakit .

Baca Juga Artikel Lainnya :

Demikianalah materi pembahasan kali ini mengenai Fungsi Tulang Atas, semoga pembahasan kita pada pertemuan kali ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.