Contoh Paragraf Analogi

Posted on

Contoh Paragraf Analogi – Setelah sebelumnya kabarkan.com telah memaparkan materi pembahasan mengenai Kalimat Utama dan Penjelas Maka pada perjumpaan kali ini akan kembali, kabarkan.com sampaikan materi tentang Contoh Paragraf Analogi – Pengertian Beserta Contoh Kalimatnya. Nah untuk lebih jelasnya bisa sobat simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Paragraf Analogi

Contoh Paragraf Analogi
Contoh Paragraf Analogi

Paragraf analogi ialah merupakan salah satu dari paragraf yang memiliki penalaran induktif.

Selain itu paragraf analogi ialah merupakan salah satu jenis paragraf yang membandingkan antara dua hal yang memiliki kesamaan atau memiliki kemiripan antara yang satu dengan yang lainnya yang akan disimpulkan di akhir paragraf.

Pada Paragraf analogi memiliki pola yakni sebagai berikut :

  • Khusus
  • Khusus
  • Umum

Bagian awal dari paragraf ini adalah memaparkan dari dua hal yang menjadi topik pembicaraan.

Tujuan Paragraf Analogi

Adapun tujuan dari sebuah paragraf analogi yakni untuk menerangkan mengenai adanya persamaan antara dua hal yang berbeda.

Atau dapat juga dijadikan sebagai suatu perumpamaan supaya pembaca dapat lebih mudah memahami maksud dari penulis.

Ciri-Ciri Paragraf Analogi

  • Memuat suatu perbandingan antara dua hal yang mempunyai kemiripan.
  • Dapat dikembangkan dari pola khusus ke umum.
  • Mengenai kterangan secara khususnya biasanya benrbentuk kemiripan-kemiripan atas kedua hal yang dibandingkan tersebut.
  • Pada Kalimat penyusun utamanya merupakan sebuah kesimpulan yang ada di akhir paragraf.
  • Memakai kata analogi misalnya seperti, seolah, bagaikan, laksana, layaknya, dan berbagai kata lainnya yang masih mempunyai arti sejenis.

Macam-Macam Analogi

1. Analogi Deklaratif

Apa itu Analogi deklaratif atau biasa dikenal juga dengan sebutan analogi penjelas. Yakni merupakan suatu cara yang digunakan untuk menerangkan suatu hal yang masih samar, dengan memakai suatu perumpamaan atas sesuatu yang dianggap lebih familiar dan lebih mudah untuk dimengerti.

Baca Juga :  Gambar Vektor

2. Analogi Argumentatif

Apa yang dimaksud dengan Analogi argumentatif, atau biasa dikenal dengan sebutan analogi Induktif? yakni merupakan sebuah analogi yang didalamnya memuat sebuah penekanan pada ciri dan kemiripan atas dua buah hal, kemudian menarik kesimpulan umum dengan berdasarkan kemripan tersebut.

Contoh Paragraf Analogi

Contoh Paragraf Analogi
Contoh Paragraf Analogi

Di bawah ini terdapat beberapa contoh yang bisa kalian jadikan sebagai acuan, simak berikut ulasannya :

Contoh Paragraf Analogi Tentang Kehidupan dan Roda

Hidup di dalam dunia ini di dapat diilustrasikan seperti sebuah roda yang berputar pada porosnya secara terus menerus.

Dimana ada saatnya kita berada di diatas dan terkadang kita juga berada di bawah.

Pada ketika kita sedang berada di atas, maka kita dpat leluasa dan dengan mudahnya memperoleh semua hal yang kita impikan.

Begitupun juga sebaliknya ketika roda mulai berputar, kita dapat berada di bawah, dimana kita akan dihadapkan pada suatu kesulitan hidup yang ada.

Untuk kalian anda yang mungkin saat ini sedang berada di atas, maka janganlah sekali-kali kalian bersikap sombong dan ingatlah bahwa apa yang tengah kalian rasakan, hanyalah bersifat sementara.

Namun untuk anda yang sedang saat ini tengah berada di bawah, maka janganlah kalian berputus asa dan percayalah bahwa anda pasti akan kembali berada di atas pada suatu hari nanti, sebab roda kehidupan masih akan terus berputar.

Maka oleh sebab itu, janganlah kalian mudah merasa puas dan putus asa dengan apa yang tengah kalian rasakan.

Contoh Paragraf Analogi Tentang Sifat

Rian adalah merupakan seroang anak yang sangat penakut, sifat rian yang seperti inilah yang kerapkali membuatnya seriang menjadi bahan buli dari teman-temannya.

Bagaikan seekor kerbau yang dicucuk hidungnya, yang mana dia selalu saja mengikuti apa perkataan orang lain. Maka oleh sebab itulah rian tidak bisa berkembang dan selalu saja diam sama halnya dengan kerbau yang di cucuk hidungnya.

Contoh Paragraf Analogi Tentang Budaya Sosial

Seorang Anak bayi yang baru terlahir dan masih suci. Dimana Baik dan buruk pada anak tersebut semua sangat bergantung dengan bagaimana cara orang tua mendidiknya, sebab anak tersebut dapat dipengaruhi oleh orang-orang terdekat dan juga lingkungan.

Begitupun dengan kertas yang masih kosng berwarna putih yang belum bernoda, akan menjadi seperti apa kertas tersebut semua bergantung dari apa yang akan nanti digoreskan pada lembaran kertas putih tersebut.

Contoh Paragraf Analogi Tentang Cinta

Merawat dan menjaga tumbuhan memang bukan perkara yang mudah sebab memerlukan perhatian khusus.

Apabila tanaman tersebut di tanam dengan sepenuh hati, seperti misalnya disiram setiap hari, diberi pupuk, maka tentunya pada tanaman tersebut akan tumbuh dengan sangat subur.

Begitupun juga sama halnya dengan sebuah cinta, pada saat dipupuk dengan ketulusan, dengan segenap perhatian, dan dengan penuh kesabaran, maka tentu cinta itu akan terus tumbuh dan bersemi dengan indah dihati.

Contoh Paragraf Analogi Tentang Persahabatan

Pada sebatang lidi memang cukup rentan dan sangat mudah untuk dipatahkan.

Namun apabila dari setiap batang lidi-lidi tersebut bersatu yakni dikumpulkan menjadi satu maka sudah pasti akan sedikit sangat sulit siapapu untuk mematahkannya.

Dalam hal seperti ini juga berlaku untuk manusia. Apabila manusia salaing berjuang sendiri, maka tentunya mereka pasti sangat mudah untuk dipatahkan hal ini disebabkan oleh tidak adanya kekuatan lain yang mendukungnya.

Namun apabila manusia saling berjuang dengan kompak secara bersama-sama, tentunya kekuatan itu akan berkumpul menjadi kesatuan yang sangat kokoh dan tidak mudah untuk dipatahkan.
Sebutkan Ciri-ciri Paragraf Analogi?

– Memuat suatu perbandingan antara dua hal yang mempunyai kemiripan.
– Dapat dikembangkan dari pola khusus ke umum.
– Mengenai keterangan secara khususnya biasanya benrbentuk kemiripan-kemiripan atas kedua hal yang dibandingkan tersebut.
– Pada Kalimat penyusun utamanya merupakan sebuah kesimpulan yang ada di akhir paragraf.
– Memakai kata analogi misalnya seperti, seolah, bagaikan, laksana, layaknya, dan berbagai kata lainnya yang masih mempunyai arti sejenis.

Apa itu Analogi deklaratif ?

Analogi deklaratif atau yang biasa dikenal juga dengan sebutan analogi penjelas. Yakni merupakan suatu cara yang digunakan untuk menerangkan suatu hal yang masih samar, dengan memakai suatu perumpamaan atas sesuatu yang dianggap lebih familiar dan lebih mudah untuk dimengerti.

Apa yang dimaksud dengan Analogi argumentatif ?

Analogi argumentatif, atau yang biasa dikenal dengan sebutan analogi Induktif? yakni merupakan sebuah analogi yang didalamnya memuat sebuah penekanan pada ciri dan kemiripan atas dua buah hal, kemudian menarik kesimpulan umum dengan berdasarkan kemripan tersebut.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai contoh paragraf anlogi, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Baca Juga :