Kalimat Utama dan Penjelas

Posted on

Kalimat Utama dan Penjelas – Setelah sebelumnya kabarkan.com telah memaparkan materi tentang Contoh Teks Eksposisi Maka pada perjumpaan kali ini akan kembali kabarkan.com sampaikan materi pembahasan mengenai Kalimat Utama dan Penjelas – Pengertian, Ciri dan Contoh. Nah untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Pengertian Kalimat Utama

Kalimat Utama dan Penjelas
Kalimat Utama dan Penjelas

Apa yang dimaksud dengan kalimat Penjelas ? yakni merupakan suatu jeis kalimat yang mempunyai sifat khusus dan mempunyai fungsi untuk meperluas suatu gagasan utama pada suatu paragraf.

Dalam hal bertujuan untuk mendukung sepenuhnya pada kalimat utama tersebut, dimana pada kalimat penjelas pada dasarnya berupa contoh, data, rangkaian penjelasan dari kalimat utama.

Maka untuk itu, apabila semakin banyak suatu kalimat penjelas pada suatu paragraf, maka besar kemungkinannya akan semakin menadi kuat gagasan tersebut, sehingga akan membenttuk suatu paragraf yang baik.

Ciri-Ciri Kalimat Utama

Kalimat Utama dan Penjelas
Kalimat Utama dan Penjelas

Di bawah ini terdapat beberapa ciri-ciri yang ada pada kalimat utama dari suatu paragraf, yang diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Kerap digunakan sebagai pendukung pada sautu gagasan pokok/kalimat utama
  • Pada kalimatnya tidak otonom
  • Mendeskripsikan mengenai suatu topik
  • Masih membutuhkan sautu penghubung seperti (bahkan, misalnya, contohnya) yang bertujuan gunamencapai koherensi (hubungan antar kalimat)
  • Pada kalimat penjelas mempunyai sifat yang khusus.
  • Pada kalimat penjelas ini mempunyai keterkaitan dengan kalimat sebelumnya.
  • Secara umum mempunyai konjungsi atau suatu kata penghubung dari antar kalimatnya.
  • Tidak dapat tegak dan berdiri sendiri sebab arti/maknanya akan kabur apabila dipisah dengan kalimat lainnya.
  • Secara umum bentuk kalimat penjelas membentuk sebuah data, fakta, contoh, opini, dan lainnya.

Pengertian Kalimat Penjelas

Apa yang dimaksud dengan Kalimat penjelas ? yakni merupaka suatu kalimat yang mempunyai fungsi/ biasa digunakan sebagai kalimat yang memberikan dukungan penuh atau sebagai kalimat penguat dari suatu gagasan pokok yang terdapat pada kalimat utama.

Selain itu pada kalimat penjelas juga mempunyai sifat yang khusus. Artinya , kalimat ini dapat terbentuk dengan adanya pengembangan dari suatu kalimat yang umum.

yang mana biasanya di dalam suatu tulisan atau paragraf, pada kalimat penjelas pada umumnya membentuk suatu data-data, contoh, fakta, ataupun opini yang merupakan sebagai pendukung kalimat utama.

Baca Juga :  Passing Grade UPI

Ciri-Ciri Kalimat Penjelas

Pada Kalimat penjelas pada suatu peragraf bisa diidentifikasikan seprti yang ada di bawah ini:

  • Pada kalimat penjelas mempunyai sifat yang khusus.
  • Mempunyai keterkaitan dengan kalimat sebelumnya.
  • Secara umum mempunyai kata penghubungdi antar kalimatnya.
  • Tidak tegak dengan sendirinya sebab akan merubah makna atau artinya tidak akan sesuai apabila saling dipisah dan digabungkan dengan kalimat lainnya.
  • Pada kalimat penjelas secara umum membentuk suatu data, fakta, contoh, opini dan lainnya.

Contoh Kalimat Utama dan Penjelas

Di bawah ini terdapat sejumlah contoh pada kalimat penjelas yang ada di dalam suatu paragraf, yakni seperti berikut:

Contoh 1

Berolahraga dapat membentuk dan membuat tubuh akan menjadi sehat. Selain itu dengan rutin berolahraga tubuh kita akan selalu aktif melakukan pergerakan sehingga dapat melancarkan proses metabolisme yang berlangsung di dalam tubuh.

Dalam hal ini akan berdampak baik, sebab tubuh akan memperoleh asupan energi yang sangat banyak guna mengangkat beban tubuh kita dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Maka oleh sebab itu, dengan rajin berolahraga dapat membuat kita menjadi prima dan sehat.

Kalimat Utama:
1. Berolahraga membnetuk dan mebuat tubuh akan menjadi sehat.
2. Maka oleh sebab itu olahraga bisa membuat tubuh semakin sehat.

Kalimat Penjelas:
1. Dengan rajin berolahraga, maka tubuh kita akan semakin aktif melakukan pergerakan sehingga dapat melancarkan berlangsungnya proses metabolisme di dalam tubuh.
2. Dala hal ini, aka berdamapak baik sebab tubuh akan memperoleh asupan energi yang sangat banyak guna mengangkat beban tubuh dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Contoh 2

Kandungan lemak yang terdapat di dalam buah alpukat begitu sangat banyak.

Selain itu, lemak yang terkandung di dalam apukat tersebut sangatlah baik sehingga sangat amann untuk dikonsumsi sebab bukan seperti lemak jahat yang terkandung dari berbagai jenis makanan lainnya.

Sehingga dalam hal ini membuat buah alpukat dapat dikonsumsi dan dijadikan sebagai menyuplai energi cadangan yang cukup baik.

Selain itu kendungan lemaknya yang cukup tinggi, dan pada buah alpukat begitu kaya akan serat sehingga memerlukan waktu yang cukup lama agar dapat tercerna oleh lambung kita.

Baca Juga :  Contoh Teks Eksplanasi

Maka adanya hal tersebut akan membuat kita saelalu merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama.

Maka oleh sebab itu, buah alpukat ialah merupakan salah satu jenis buah yang dianggap cukup baik dan sehat dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai salah satu makanan untuk seseorang yang sedang menjalankan diet.

Kalimat Utama:
Maka oleh sebab itu, buah alpukat ialah merupakan salah satu jenis buah yang dianggap cukup baik dan sehat dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai salah satu makanan untuk seseorang yang sedang menjalankan diet.

Kalimat Penjelas:
1. Buah Alpukan mempunyai kandungan lemak yang cukup tingi.
2. Namun , lemak yang terkandung di dalam apukat tersebut sangatlah baik sehingga sangat amann untuk dikonsumsi sebab bukan seperti lemak jahat yang terkandung dari berbagai jenis makanan lainnya.
3. Sehingga dalam hal ini membuat buah alpukat dapat dikonsumsi dan dijadikan sebagai menyuplai energi cadangan yang cukup baik.
4. Selain itu kendungan lemaknya yang cukup tinggi, dan pada buah alpukat begitu kaya akan serat sehingga memerlukan waktu yang cukup lama agar dapat tercerna oleh lambung kita.

Apa yang dimaksud dengan kalimat Utama?

yakni merupakan suatu jeis kalimat yang mempunyai sifat khusus dan mempunyai fungsi untuk meperluas suatu gagasan utama pada suatu paragraf.

Sebutkan Ciri-Ciri Pada kalimat uatama?

– Kerap digunakan sebagai pendukung pada sautu gagasan pokok/kalimat utama
– Pada kalimatnya tidak otonom
– Mendeskripsikan mengenai suatu topik
– Masih membutuhkan sautu penghubung seperti (bahkan, misalnya, contohnya) yang bertujuan gunamencapai koherensi (hubungan antar kalimat)
– Pada kalimat penjelas mempunyai sifat yang khusus.
– Pada kalimat penjelas ini mempunyai keterkaitan dengan kalimat sebelumnya.

Kalimat Penjelasa Adalah?

yakni merupakan suatu kalimat yang mempunyai fungsi/ biasa digunakan sebagai kalimat yang memberikan dukungan penuh atau sebagai kalimat penguat dari suatu gagasan pokok yang terdapat pada kalimat utama.

Demikianlah materi pembahasan kita kali ini mengenai Kalimat Utama dan Penjelas, semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Baca Juga :