Asam Sitrat

Posted on

Asam Sitrat – Materi pembahasan kali yakni tentang asam sitrat yang akan ContohSoal.co.id jabarkan secara detai mulai dari pengertian, rumus, kegunaan dan bahayanya. Namun dipertemuan sebelumnya ContohSoal.co.id juga telah menerangkan materi tentang Hujan Asam Baiklah langsung aja untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Pengertian Asam Sitrat

Asam sitrat

Apa yang dimaksud dengan Asam sitrat? ialah merupkan sebuah asam organik lemah yang ditemukan pada buah dan daun tumbuhan genus Citrus atau jeruk jerukan .

Biasnya dalam penggunaan senyawa ini diperuntukan menjadi bahan pengawet yang baik serta alami, selain digunakan sebagai penambah rasa asam pada makanan.

Dengan berdasarkan ilmu pengetahuan biokimia, asam sitrat ini juga kerap dikenal sebagai senyawa antara siklus asam sittrat yang terjadi dalam mitokondria. Zat ini juga bisa digunakan menjadi zat pembersih yang ramah lingkungan dan antioksidan.

Namun, walaupun asam ini hanya terdapat pada berbagai jenis buah dan sayur, namun ditemukan juga pada konsentrasi tinggi, yang dapat mencapai 8% bobot kering,contohnya pada jeruk lemon dan jeruk limau

Dengan menurut ilmu kimia, asam ini mempunyai sifat layaknya seperti Asam Karboksilat lainnya. Yang mana apabila dipanaskan di atas 175 °C, maka asam siitrat akan terurai dengan melepaskan karbon dioksidadan air.

Rumus Kimia Untuk Asam Sitrat

C6H8O7AtauCH2(COOH)•COH(COOH)•CH2(COOH

Dengan bobot rumus 192,13 u

Nama lain dari asam sitrat: asam 2-hidroksi-1,2,3-propana trikarboksilat

Manfaat Asam Sitrat

  • pengawet makanan, yang mana pada asam mampu menjadi sebuah pengawet makanan dan minuman yang aman dikonsumsi bagi manusia.
  • penambah rasa, didalam produksi makanan, asam sitrat juga digunakan untuk penmbah rasa, contoh mudahny ialah permen . selain itu, asam sittrat pun berfungsi mengkatalisasi hidrolisa sukrosa ke dalam bentuk gula selama penyimpanan
  • membantu proses pengalengan, Senyawa ini juga bisadigunakan untuk membantu dalam proses pengalengan makanan dan minuman , nyacontoh pengalengan buah-buahan yang memiliki keasaman rendah.
  • menggumpalkan susu, contohnya pada makanan yang kita jumpai ialah keju
  • bahan kosmetik, selanjutnya mengenai kegunaan dari asam ini ialah untuk mengatur keseimbangan (ph) asam
  • bahan perawatan rambut, asam siitrat pada hal ini digunkan unttuk membunuh bakteri yang ada di kulit kepala
Baca Juga :  Massa Jenis

Kegunaan Asam Sitrat

Dalam kehidupan sehari-hari zat asam ini hampir kerap digunakan, terutama pada proses industri sebagai berikut :

  • Industri Kimiawi

Dalam industri kimiawi asam siitrat digunakan sebagai bahan tambahan dalam antifoam agent, pelembut pakaian, campuran warna tekstil, campuran detergent (sabun cuci).

Dalam hal ini disebabkan oleh adanya sifat sittrat yang merupakan sebuah pengendali pH dalam cairan pembersih rumah tangga. Adapun Kelebihan lainnya yakni, assam ini mempunyai kemampuan dalam mengikat ion-ion logam, menjadikannya berguna sebagai bahan sabun dan detergent.

Maka dengan keistimewaannya tersebut, sehingga asam siitrat dinggap dapat memungkinkan sabun untuk membentuk busa dan berfungsi dengan baik tanpa penambahan zat penghilang kesadahan.

  • Industri Farmasi

Dalam industri farmasi (10% dari total produksi), digunakan sebagai bahan pengawet dalam penyimpanan darah atau sebagai sumber zat besi dalam bentuk feri-siitrat.

  • Industri Makanan

Dalam Kehidupan manusia hampir 60% asam sittrat kerap dijadikan dan difungsikan sebagai bahan makanan dan minuman, antara lain digunakan sebagai pemberi rasa asam, antioksidan dan pengemulsi. Rasa sari buah, es krim, marmalde diperkuat dan diawetkan dengan menggunakan asam sitrat.

Bahaya Asam Sitrat

Namun apabila sobat ContohSoal.co.id semua mengkonsumsi assam ini dengan cara yang berlebihan maka akan dapat mengakibatkan terjadinya korosi pada Gigi.

Yang dimana pada minuman-minuman ringan dari asam tersebut mempunyai konsentrasi yang sangat tinggi dan pH awal minuman yang rendah akan berdifusi ke dalam email gigi melalui kisi-kisi kristal.

Dan kemudian apabila pH pada mulut hingga mencapai dibawah titik kritis yakni 5,5 maka akan terjadi hilangnya ion dari gigi ke lingkungan dalam mulut yang disebut demineralisasi. 

Penunian yang berulang-ulang pada pH dalam waktu yang berdekatan akan mengakibatkan demineralisasi permukaan gigi yang rawan sehingga merupakan tahap awal terjadinya karies atau korosi pada gigi.

Meskipun assam sitrat aman digunakan dalam makanan, namun berhati-hatilah dengan kadarnya di dalam setiap makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Nah Demikianlah materi pembahasan kali ini tentang asam sitrat, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Baca Juga :  Perbedaan Senyawa dan Campuran

Artikel Lainnya :