Adaptasi Adalah

Posted on

Adaptasi – Itu adalah kemampuan makhluk hidup untuk beradaptasi dengan lingkungan mereka, dengan tujuan untuk bertahan hidup.

Kali ini kabarkan.com akan meberikan pelajaran mengenai Adaptasi. Dimana pelajaran ini akan dikupas secara jelas, dengan berdasarkan Tumbuhan, Makhluk Hidup, Tujuan, Pengertian dan Contoh.

Pengertian

Karakteristik yang membedakan makhluk hidup dari makhluk hidup adalah kemampuan mereka untuk beradaptasi. Kondisi lingkungan menentukan jenis makhluk hidup di tempat itu.

Misalnya burung yang memiliki sayap dapat dengan mudah terbang dan memindahkan tempat, ikan yang hidup di air dapat bernafas karena menggunakan insang, pohon kaktus bisa hidup pada suhu yang ekstrem dikarenakan mempunyai daun yang berbentuk duri.

Adaptasi Adalah

Yang dimaksud adaptasi secara umum adalah kemampuan makhluk hidup untuk mengatasi tekanan dan faktor pembatas lingkungan agar dapat bertahan hidup. Cara di mana setiap makhluk hidup dapat beradaptasi bervariasi sesuai dengan kapasitas individu.

Misalnya, tanaman beradaptasi untuk mengubah daun dan hewan beradaptasi dengan perubahan perilaku. Makhluk hidup yang telah mengalami proses adaptasi terhadap suatu habitat akan merasa sulit untuk hidup di habitat lain dengan kondisi yang berbeda.

Pendapat ahli tentang adaptasi

Pendapat Lamarch

Meruopakan perubahan yang dibuat oleh makhluk hidup untuk beradaptasi dengan lingkungannya.

Dia menjelaskan bahwa tingkat perkembangan organ sebanding dengan penggunaannya. Perubahan organ-organ ini bersifat abadi dan dapat diturunkan jika ada pernikahan.

Pendapat Rohadi

Ini adalah kemampuan makhluk hidup untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Adaptasi dapat berupa pengaturan bentuk tubuh, pengaturan perilaku dan pengaturan fungsi tubuh.

Penyesuaian ini dapat dilakukan melalui genetika atau dari habitat. Makhluk hidup dapat mencari habitat yang cocok untuk gaya hidup mereka dan mengubah organ mereka.

Pendapat Wallace

proses adaptasi yang telah berlangsung selama beberapa generasi disebut evolusi. Menurutnya, semua proses evolusi tidak selalu sama dengan proses adaptasi.

Tujuan Dari Adaptasi

Adapun Tujuandari adaptasi adalah:

  • Untuk bisa mendapatkan makanan.
  • Untuk bertahan hidup.
  • Untuk melindungi Anda dari musuh dan pemangsa lainnya.

Macam-Macam Adaptasi Makhluk Hidup dan Tumbuhan

Berikut ini macam-macam dari adaptasi Berdasarkan Morfologi, yaitu:

Berdasarkan Pada Tumbuhan

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman adalah tempat pertumbuhan, termasuk lingkungan dan tanah. Tanaman beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang menghambat perkembangannya.

Cactus mengatur bentuk tubuh dengan mengubah daunnya menjadi lebih tipis seperti duri dan menyimpan banyak air di batangnya. Ini dilakukan untuk mengurangi penguapan karena kondisi lingkungan yang ekstrem di padang pasir.

Tanaman juga dapat menghasilkan bahan kimia yang dapat menghambat pertumbuhan jenis tanaman lain di sekitarnya. Zat kimia ini disebut zat allelopathic.

Pines menghasilkan zat allelopathic untuk menghambat pertumbuhan tanaman lain. Contoh lain adalah tanaman yang penyerbukannya dibantu serangga akan mengeluarkan aroma untuk menarik serangga.

Jati akan menjatuhkan daun pada waktu-waktu tertentu untuk mengurangi penguapan yang berlebihan pada daun. Ini terjadi karena daun jati lebar dan lebar, sehingga mudah mengalami penguapan jika tidak terganggu. Proses ini termasuk dalam pengaturan perilaku.

Baca Juga :  Contoh wawancara

Ciri-Ciri dari adaptasi dari tumbuhan:

  • Tanaman hidrofitik dan higrofik
    Tanaman hidrofitik dan higrofik mengadaptasi morfologi mereka sebagai berikut:
    1. Daunnya lebar dan tipis.
    2. Ini memiliki lapisan lilin tipis.
    3. Ia memiliki banyak stomata.
    4. Mutasi yang sering terjadi
  • Tanaman Xerophytes
    Terestrial adalah tanaman yang hidup di daerah kering atau lingkungan (kekurangan air), misalnya: kaktus. Adaptasi morfologis adalah sebagai berikut:
    1. Kulit tebal daun luar, memiliki lapisan lilin tebal, memiliki stomata kecil untuk mengurangi penguapan
    2. Lelang menyimpan cadangan air.
    3. Akar panjang menyerap air.
    4. Daunnya yang berbulu, bentuknya yang kecil kadang berubah menjadi duri dan sisik.
  • Tumbuhan Lembab dan Air
    1. Hidrofit adalah tanaman yang hidup di lingkungan yang lembab, misalnya: tanaman paku.
    2. Hidrofit air adalah tanaman yang hidup di air, misalnya: alga dan teratai.

Berdasarkan Pada Manusia

Adaptasi kepada manusia lebih mudah dilakukan karena manusia memiliki pikiran untuk menyesuaikan kebutuhan mereka untuk mempertahankan hidup mereka.

Misalnya, adaptasi perilaku manusia di lingkungan yang dingin terdiri dari mengenakan pakaian hangat atau mendekati api untuk menghindari hipotermia.

Rambut halus pada tubuh manusia berfungsi menjaga suhu tubuh agar tidak turun drastis. Ini adalah bentuk adaptasi morfologis pada manusia.

Manusia di pegunungan cenderung memiliki lebih banyak darah merah daripada manusia di pantai. Tingkat oksigen di pegunungan lebih rendah daripada di pantai.

Ini memaksa sistem sirkulasi untuk menghasilkan lebih banyak sel darah merah yang akan mengikat oksigen dan mengedarkannya ke seluruh tubuh. Regulasi ini disebut regulasi fisiologis.

Sebagai contoh, orang Eskimo yang tinggal di Arktik (Arktik) dingin memiliki tubuh pendek dan berotot. Bentuk ini memiliki hubungan antara permukaan tubuh dan volume tubuh yang kecil.

Dengan nilai rasio yang dikurangi ini, kehilangan panas dari tubuh dapat dikurangi. Sebaliknya, Masai di daerah hangat di Afrika memiliki tubuh tinggi dan kurus sehingga panas tubuh dapat dengan mudah dilepaskan dari tubuh.

Berdasarkan Pada Hewan

Adaptasi morfologis pada hewan dapat dilihat pada berbagai instrumen untuk mulut serangga dan pada paruh dan kaki burung yang berbeda. Lingkungan ekstrem memaksa hewan-hewan yang tinggal di tempat ini untuk beradaptasi.

Misalnya, gurun memiliki suhu tinggi dan jarang ditemukan di musim semi. Unta gurun memiliki bentuk tubuh yang dapat menyimpan air. Benjolan unta dapat berfungsi sebagai timbunan lemak sehingga bisa bertahan lama tanpa air minum.
Contoh: Burung

Adaptasi morfologis paruh burung dan cakar Berbagai jenis paruh burung berdasarkan jenis makanan:

  • Paruh burung kolibri, paruhnya kecil, runcing, panjang dan disesuaikan untuk menyedot madu
  • Paruh burung beo, bentuk paruh burung beo itu pendek dan kuat, sesuai dengan makanannya dalam bentuk sereal.
  • Paruh bebek, bentuk paruh bebek disesuaikan dengan jenis makanan lainnya. Bentuk sisir berguna untuk menyaring makanan dari air dan lumpur. Contoh: ikan dan katak
  • Paruh pelican, pangkalan paruh sebagai sisir, fungsinya adalah menyaring makanan dalam bentuk ganggang dan udang atau ikan kecil.

Macam-Macam Adaptasi Berdasarkan Makhluk Hidupnya

Berikut ini macam-macam dari adaptasi Berdasarkan Fisiologi, yaitu:

Baca Juga :  Pengendalian Sosial

Berdasarkan Pada Hewan

  • Hewan-hewan teredo navalis, yang merupakan sebangsa kulit kerang, menghasilkan enzim tertentu yang membuat kayu (kerusakan) membusuk untuk hidup di air laut.
  • Ikan air asin mengeluarkan lebih banyak urin pekat daripada ikan air tawar.
  • Herbivora memiliki enzim khusus, selulosa, yang berguna untuk mencerna makanan nabati.

Berdasarkan Pada Manusia

  • Sebagai contoh, seseorang yang tinggal di dataran rendah jika ia pindah ke dataran tinggi akan ada perubahan dalam pembentukan lebih banyak butiran darah. Ini karena di dataran tinggi kekurangan oksigen, sementara sel darah merah berguna untuk mengikat oksigen, sehingga pembentukan sel darah merah harus lebih banyak sehingga oksigen yang diperlukan cukup.
  • Contoh Lain, orang yang tinggal di daerah yang tercemar oleh limbah rumah tangga alami, tubuh mereka mengembangkan kekebalan untuk buang air besar infeksi muntah. Mereka mandi dan berkumur dengan air tercemar dan bahkan minum air tercemar. Tapi mereka tidak sakit.

Adaptasi Berdasarkan Tingkah Laku atau Sifatnya

Berdasarkan Pada Tumbuhan

Tanaman yang hidup di daerah gersang beradaptasi dengan menyebarkan daun di musim kemarau.

Berdasarkan Pada Manusia

Orang-orang belajar tentang bahaya dan mencoba menghindari bahaya ini dengan perilaku mereka. Adaptasi dengan kemauan ada di mana-mana, di kota-kota, di desa-desa dan pada orang primitif di hutan.

Contoh, untuk menghindari bahaya kelaparan, orang beradaptasi dengan persediaan makanan. Ketika mereka memanen padi, mereka makan nasi. Secara bertahap pasokan beras jatuh selama musim paceklik, mereka makan singkong.
Contoh lain, komunitas nelayan yang tinggal di pantai, akan membangun rumah mereka dalam bentuk yang tahan terhadap angin dan / atau gelombang tinggi.

Berdasarkan Pada Hewan

  • Kuda laut melindungi telur mereka di kantong khusus hewan jantan.
  • Ular itu berpura-pura mati untuk mencegah musuh.
  • Bunglon mudah mengubah warna kulit mereka untuk menipu musuh.
  • Paus muncul ke permukaan secara berkala untuk mengambil oksigen dalam proses pernapasan.

Contoh Dari Adaptasi

Berikut inilah conntoh-contoh lain dari adaptasi adalah:

Contoh Berdasarkan Tingkah Laku atau Sifat :

  1. Kumbang dan tupai akan berpura-pura mati menghadapi bahaya.
  2. Hewan cumi-cumi akan mengeluarkan tinta berwarna dari tubuh mereka ketika mereka dalam bahaya.
  3. Hewan lipan meringkuk jika disentuh.
  4. Bunglon dapat mengubah warna tubuh mereka (mimikri) sesuai dengan lingkungannya.

Contoh Berdasarkan Morfologi

  1. Hewan herbivora menggunakan enzim selulase digunakan sebagai proses membantu pencernaan tanaman yang mereka makan.
  2. Di dalam tubuh ikan ada garis rusuk yang berfungsi untuk menentukan jumlah tekanan air.
  3. Manusia berkeringat untuk membantu mengatur suhu tubuh dan menghilangkan sampah.
  4. Cacing teredo jenis ini membuahkan hasil enzim selulase sebagai membantu untuk mencerna kayu yang dimakannya.

Contoh Berdasarkan Fisiologi

  1. Gigi hewan dimodelkan sesuai dengan jenis makanan.
  2. Hewan di kutub utara memiliki kulit dan bulu yang tebal sehingga tubuh mereka dapat menahan dingin.
  3. Tumbuhan air memiliki daun lebih lebar untuk membantu proses penguapan menjadi lebih cepat.

Demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan materi pelajaran ini. Semoga dengan apa yang telah kami sampaikan dalam artikel ini, dapat memberikan pemahaman serta bermanfaat untuk sobat semua.

Baca Juga: