Sinapsis

Posted on

Sinapsis – hai semua kembali lagi kepada kami, sebelumnya contohsoal.id sudah menyampaikan materi mengenai hewan omnivora. dan kali contohsoal.id akan paparkansinapsis secara jelas mulai dari Pengertian, Proses, Jenis, Struktur dan Gambar. agar lebih jelas makaakan kami uraikan sebagai berikut:

sinapsis
sinaps

Pengertian Sinapsis

Sinapsis ialah merupakan kordinasi dalam tubuh,yang bertujuan mentransfer fungsi organ saraf pada tubuh. Sehingga dapat mengendalikan keseimbangan pada tubuh. Fungsi ini dicapai oleh neuron (sel), sebagai penghubung sinyal listrik untuk komunikasi atau berinteraksi. inilah yang kita kenal dengan sebutan sinapsis.

Proses sinapsis

Sinaps mendekati parasinaps lalu melepaskan isinya berupa neuro transmitter atau zat kimia, melalui celah sinaps mendekati postsinaps. Lalu di uraikan oleh kolinastrase atau enzim dan neuro transmitter (aetikolin) untuk masuk ke bongkol sinaps dalam bentuk zat cairan senyawa.

sinapsis

Jenis sinapsis

Sinapsis terbagi dua, yaitu listrik dan kimia. berikut uraiannya di bawah ini:

Sinapsis Listrik

sinapsis
listrik

Sinapsis listrik ialah sel postsinaptik dan presinaptik terhubung oleh saluran yang disebut gup junction. Saluran ini menghantarkan arus listrik yang menyebabkan perubahan teganagan pada sel presinaptik untuk mengindukasi perubahan pada sel postsinaptik. Sinaps listrik mempunyai keuntungan yang bisa mentransfer sinyal pada kecepatan dari satu sel ke sel berikutnya.

Potensi aksi muncul ketika muatan negatif dan ion positif terdistribusi di akson secara tidak terartur. Beberapa ion dapat keluar dan masuk masuk melalaui akson ke ion. Ini terjadi ketika beberapa saluran ion yang dekat dengan soma (sel-sel tubuh) disebabkan potensial aksi.

Dengan membuka saluran ini, natrium bermuatan positif dapat menembus akson dan mengembalikan potensi di posisi tersebut. Hal ini dapat menngakibatkan pembukaan saluran yang berdekatan dan segera menyebabkan pembalikan potensi membran. Fenomena elektrokimia singkat ini dilakukan oleh akson yang, pada limit switch, turun dari neuron dan ditransmisikan oleh sinapsis neuron.

Sinapsis Kimia

kimia
kimia

Sinapsis kimia ialah aktivasi listrik yang dapat melakukan aktivasi saluran kalsium (dikonversi) untuk mengikat reseptor terletak pada plasma. Pesan sekunder atau jalur respon listrik yang baik untuk menghambat atau merangsang neuron pascasinaps. sinaps kimia dapat di bagi beberapa bagian yaitu:

  • Adrenergik Melepaskan norepinefrin (Adrenergik)
  • Misalnya vertebrata neuromuscular junction (Kolinergik)
  • Penghambatan (Gabaergic) dan
  • Rangsangan (Glutamatergic)
Baca Juga :  Fungsi Sentrosom

Jenis sinapsis

Interaksi antar neuron dapat memiliki dua efek:

Penghambatan sinapsis

Aktivasi atau aktivasi tipe sinaps ini dapat menghambat timbulnya potensi aksi yang berkaitan dengan hiperpolarisasi sel-sel pascasinaps, sehingga membuatnya lebih sulit untuk mentransfer informasi tentang neuron pascasinaps ke orang lain. orang yang terlibat.

Sinapsis menarik

Jenis sinaps adalah transmisi informasi dengan efek stimulasi dan membantu neuron postinaptik untuk mendeteksi kemungkinan bahwa aksi dan transmisi pesan berlanjut selama pembuatan depolarisasi membran.

Struktur Sinapsis

Berikut penjelasan struktur pada sinaps:

sinapsis
gambar 1

Distimulasi yang dapati secara elektrik ini, sebagai cara bagi sel-sel ini untuk berkomunikasi dengan sel-sel lain. Sinyal listrik diarahkan ke sel lain melalui akson.

Bayangkan berbisik di telinga seseorang. Bahkan jika Anda sangat dekat dengan orang yang menyampaikan pesan, mungkin tidak perlu menyentuh arus informasi secara fisik. Demikian juga, neuron tidak secara fisik terkait dengan sel-sel yang merangsang mereka. Sebaliknya, mereka berkomunikasi satu sama lain dengan melepaskan neurotransmiter atau pembawa pesan kimia. Neurotransmitter ini dilepaskan dari ujung akson dan menyebar dalam ruang kecil ke sel target. Oleh karena itu, sinapsis yang merupakan nama bidang komunikasi ini terdiri dari:

  • Reseptor pada sel target yang berikatan dengan neurotransmiter
  • Terminal akson neuron
  • Ruang antara dua sel, yang disebut celah sinaps

Sekian materi kali ini yang dapat di kami sampaikan, semoga materi yang senantiasa kabarkan.com paparkan dapat memberikan pemahaman dan bermanfaat bagi sobat semua.

Sebutkan struktur sinaps ?

Reseptor pada sel target yang berikatan dengan neurotransmiter
Terminal akson neuron
Ruang antara dua sel, yang disebut celah sinaps

Apa itu yang di sebut dengan penghambatan sinaps ?

Aktivasi atau aktivasi tipe sinapsis ini dapat menghambat timbulnya potensi aksi yang berkaitan dengan hiperpolarisasi sel-sel pascasinaps, sehingga membuatnya lebih sulit untuk mentransfer informasi tentang neuron pascasinaps ke orang lain. orang yang terlibat.