Perbedaan Senyawa dan Campuran

Posted on

ContohSoal.co.id – Apa perbedaan senyawa dan campuran ? mari sebelum kita membahas lebih jauh tentang senyawa dan campuran ada baiknya kita pelajari terlebih dahulu materi sebelumnya mengenai campuran dan pemisahan campuran. Materi pada kali ini akan kita bahas mengenai perbedaan senyawa dan campuran beserta contoh dan pengertiannya lengkap. Untuk itu mari kita simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Materi didefinisikan sebagai sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa. Dengan demikian, semua yang menyusun alam semesta pasti merupakan materi, karena tidak ada penyusun alam semesta yang tidak mempunyai massa dan tidak menempati ruang. Misalnya meja, kursi, buku, dan bahkan tubuh kita juga termasuk materi.

Berdasarkan banyak jenis penyusunnya, materi diklasifikasikan menjadi dua, yaitu zat tunggal atau zat murni dan campuran. Selanjutnya zat tunggal dapat diklasifikasikan lagi menjadi unsur dan senyawa. Campuran sendiri masih dapat dibedakan menjadi larutan (campuran yang homogen) dan campuran heterogen atau campuran kasar.

Jadi, secara garis besar materi dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu unsur, senyawa, dan campuran. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang perbedaan antara senyawa dan campuran yang meliputi perbedaan sifat, komponen penyusun, proses pembentukan, perbandingan massa dan teknik pemisahannya. Namun sebelum itu, kita bahas pengertian dan contoh senyawa dan campuran berikut ini.

perbedaan-senyawa-dan-campuran

Pengertian Senyawa

Apakah yang dimaksud dengan senyawa? Untuk memahami pengertiannya perhatikan kegiatan sebagai berikut: Apabila gula ditaruh dalan sendok dan dibakar di atas api maka akan berubah menjadi warna hitam dan berasa pahit, sifat ini sangat berbeda terhadap gula yang berasa manis dan putih.

Gula merupakan senyawa sedangkan gula yang dibakar berubah hitam merupakan unsur karbon, sebab gula tersusun dari hidrogen, oksigen dan karbon (C12H22O11). Jadi senyawa merupakan zat murni yang terbentuk dari dua atau lebih unsur melalui reaksi kimia, senyawa dapat juga diuraikan menjadi unsur-unsur pembentuknya, disamping itu sifat-sifat unsur berbeda dengan sifat-sifat senyawa.

Senyawa adalah zat baru yang terbentuk dari gabungan beberapa unsur melalui reaksi kimia bereaksi dengan satu sama lain.

Misalnya air (H2O) merupakan gabungan antara hidrogen dan oksigen (yang berupa gas) dan bersifat membantu pembakaran (mudah terbakar) sedangkan air merupakan zat yang meredam pembakaran. Air dapat dipisahkan menjadi unsur oksigen dan hidrogen dengan cara elektrolisis.

Baca Juga :  Rumus Kimia Alkohol

Pengertian Campuran

Setiap makluk hidup selalu bernafas dan menghirup udara dan mengeluarkan karbon dioksida (CO2), di dalam udara yang dihirup makluk hidup bercampur berbagai gas. Contohnya hidrogen, oksigen, karbondioksida, nitrogen dan lainnya, demikian juga minuman dalam kaleng (soft drink), anak timbangan (kuningan), dan adonan bahan bangunan atau adonan kue juga merupakan campuran. Apakah yang di maksud dengan campuran?

Untuk memahami pengertian campuran, perhatikan kegiatan sebagai berikut: Jika satu sendok garam di campur dengan air di dalam gelas maka air akan terasa asin. Partikel-partikel garam tetap ada di dalam air tetapi partikel-partikel garam tidak dapat di lihat meskipun dengan mikroskop.

Sebab garam larut dalam air. Campuran yang demikian dinamakan campuran homogen atau larutan. Campuran homogen tidak selalu dalam wujud cair tetapi ada juga yang berbentuk gas atau padat misalnya logam.

Walaupun sifatnya serba sama (homogen), larutan bukanlah merupakan senyawa, sebab pada larutan, sifat-sifat zat penyusunnya masih dapat dikenali, misalnya rasa air garam sama dengan rasa garam yaitu asin Bagaimana jika kopi yang bukan instan dicampur dengan air? Jika diendapkan beberapa saat apakah hasilnya sama dengan larutan garam dalam air?

Jika satu sendok kopi dilarutkan dalam air dan di diamkan beberapa saat maka serbuk kopi akan mengendap dan bagian atas warnanya berbeda dengan yang bawah. Campuran yang demikian dinamakan campuran heterogen (serbaneka) sebab masih dapat dibedakan antara zat terlarut dalam cairan dengan pelarutnya.

Dari penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan definisi dari campuran, yaitu sebagai berikut.

Campuran adalah gabungan suatu bentuk yang terdiri atas dua jenis zat atau lebih dan masih memiliki sifat-sifat zat asalnya dimana tidak ada reaksi kimia berlangsung.

Contoh Senyawa

Berikut ini adalah beberapa contoh senyawa yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk tabel.

Contoh Senyawa dan Manfaatnya

Senyawa
Rumus Kimia
Manfaat
Natrium klorida
NaCl
garam dapur
Natrium hidroksida
NaOH
pengering
Sukrosa
C12H22O11
pemanis
Asam sulfat
H2SO4
Elektrolit
Urea
CO(NH2)2
pupuk
Asam klorida
HCl
pembersih lantai
Magnesium Hidroksida
Mg(OH)2
obat penawar asam
Aspirin
C9H8O4
pengurang rasa sakit
Soda kue
NaHCO3
Membuat roti
Karbon dioksida
CO2
penyegar minuman
Kalsium karbonat
CaCO3
Bahan bangunan
Asam Askorbat
C6H8O6
vitamin C
amoniak
NH3
pendingin
sam Asetat
CH3COOH
cuka makanan
Air
H2O
minuman

Contoh Campuran

Berikut ini adalah beberapa contoh campuran yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk tabel.

Baca Juga :  Dampak dan Manfaat Dari Sinar Radioaktif

Contoh Campuran dan Fungsinya

Nama Campuran
Zat Penyusun
Fungsi
Air kopi
Air dan kopi
Minuman
Air gula
Air dan gula
Minuman
Udara
O2, CO2, N2 dan H2O
Pernafasan
Sirop
Air, gula, dan pewarna
Minuman
Perunggu
Tembaga, zeng, timah
Medali
Kuningan
Tembaga, zeng
Ornamen
Stainless stell
Besi, krom, nikel
Alat dapur, alat kesehatan
Emas putih
Emas, perak, tembaga
Perhiasan
Tenol
Timah, timbal
Penyambung kabel saat menyoder

Perbedaan Senyawa dan Campuran

Setelah kalian mengetahui pengertian dan contoh senyawa dan campuran, dapatkah kalian membandingkan sifat antara keduanya? Tahukah kalian ciri-ciri pokok antara senyawa dan campuran? Mari kita amati tabel berikut ini.

Perbedaan antara Senyawa dan Campuran

Keadaan
Senyawa
Campuran
Penyusun
Disusun oleh beberapa unsur saja
Disusun oleh beberapa unsur atau beberapa senyawa
Sifatnya
Sifat komponen penyusun senyawa berbeda dengan aslinya
Sifat komponen penyusun campuran sesuai dengan sifat masing-masing
Proses pembentukan
Terbentuk melalui reaksi kimia
Terbentuk melalui perubahan fisika bukan melalui reaksi kimia
Perbandingan massa
Perbandingan massa unsur-unsur penyusunnya tetap dan tertentu
Perbandingan massa zat penyusunnya tidak tentu
Cara pemisahan
Melalui proses kimia komponen penyusun senyawa dapat dipisahkan
Melalui proses fisika komponen penyusun campuran dapat dipisahkan

Ringkasan Perbedaan Senyawa dan Campuran

  • Dalam senyawa, ada ikatan kimia antara unsur-unsur, sementara tidak ada reaksi kimia atau ikatan antara unsur-unsur dalam campuran.
  • Jumlah unsur dari senyawa akan tetap, sedangkan jumlah unsur dari campuran adalah variabel.
  • Partikel pada senyawa tidak dapat mempertahankan sifatnya masing-masing, akan tetapi pada partikel campuran mempertahankan sifatnya.
  • Untuk memisahkan komponen senyawa akan membutuhkan input energi yang besar, sedangkan komponen campuran dapat dipisahkan dengan mudah.
  • Senyawa dibuat melalui proses reaksi kimia, sedangkan campuran dibuat melalui cara mekanis dan tidak sulit.

Demikianlah penjelasan perbedaan senyawa dan campuran beserta contoh dan pengertiannya pada kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat menambah pengetahuan kita semua.

Artikel lainnya :