Lompat Jauh

Posted on

Lompat Jauh – Pada artikel sebelumnya kabarkan.com telah menjelaskan mengenai materi Otot Polos secara jelas tentunya. Maka kali ini kabarkan.com akan membahas materi mengenai Lompat Jauh secara jelas, dimulai dari Lapangan, Sejarah, Peraturan, Tujuan dan Teknik. Berikutlah ulasannya.

Lompat Jauh
Lompat Jauh

Pengertian Lompat Jauh

Merupakan olahraga yang membutuhkan kecepatan, kelincahan, dan kekuatan atlet untuk melompat sejauh mungkin dari titik awal atau garis lompat, dan kemudian melayang di udara dan mendarat sejauh mungkin di pasir.

Pelompat biasanya akan mengambil satu langkah hingga 30 yard dari garis lompatan dan kemudian mempercepat langkahnya ke kecepatan maksimum sebelum ia mendorong (melompat) satu kaki sedekat mungkin ke tepi garis lompat.

Atlet Lompat Jauh
Atlet Lompat Jauh

Jika peserta melompati batas lompatan. Kemudian lompatan dibatalkan atau tidak valid. Sementara itu, jika peserta melompat di belakang garis lompat, diperbolehkan bahwa ia hanya kehilangan jarak yang berharga.

Atlet lompatan karena itu harus berlari secepat mungkin dan kemudian melompat sedekat mungkin ke tepi garis lompat, sehingga jumlah lompatan maksimum.

Sejarah Lompat Jauh

Dikatakan bahwa menurut catatan sejarah, olahraga ini sudah ada di Olimpiade Yunani kuno 776 SM. Berlangsung. Dalam lomba, seorang Springer dari Sparta mencetak rekor terjauh dengan jarak 7,05 meter.

Pada waktu itu, olahraga lompatan, selain lari dan olahraga lainnya ialah olahraga yang pada awalnya dioperasikan dengan teknik pelatihan perang. Bagi para prajurit, lompatatan di sebelah lari, latihan utama, latihan wajib, karena bagaimanapun, mereka dalam perang di depan rintangan yang curam. Lompatan digunakan untuk menyeberangi sungai atau ngarai.

Sejarah Lompat Jauh
Sejarah Lompat Jauh

Lompat jauh ini ialah salah satu cabang atletik. Kata atletik itu sendiri berasal dari bahasa Yunani, athlos, yang artinya ras. Kata atlet yang berasal dari kata atletik dapat diartikan sebagai seseorang yang berpartisipasi dalam kompetisi.

Jika para prajurit ini tidak dalam masa perang, mereka harus melanjutkan pendidikan mereka. Untuk mengusir kebosanan, sebuah kompetisi olahraga diadakan di mana para prajurit bersaing melawan tubuh mereka dalam kompetisi.

Prajurit ini menjadi atlet untuk pertama kalinya. Dalam perkembangannya, banyak orang yang bukan prajurit melatih tubuh mereka dalam olahraga tertentu untuk menjadi atlet dan mengikuti atlet karena sangat populer di masyarakat.

Baca Juga :  Contoh Surat Dispensasi

Lompat jauh dalam perkembangannya masih menjadi salah satu cabang atletik, yang bersaing hingga Olimpiade modern. Namun tentu saja ada banyak perubahan bentuk dari lompatan lama ke modern.

Pada tahun 1896, pada Pertandingan Olimpiade modern pertama, bentuk bidang olahraga ini, bersama dengan prosedur untuk permainan lompat jauh, bisa sesuai atau kurang lebih dengan bentuk lompat jauh saat ini. Pada tahun 1914, bahkan ada rekomendasi dari Harry Eaton Steward untuk membuat desain dan konsep lapangan khusus dan aturan penilaian untuk wanita sehingga wanita akhirnya bisa dimasukkan dalam pertandingan ini.

Tentu saja, pada saat itu, bidang olahraga ini dilengkapi dengan berbagai perangkat canggih seperti timer, kamera, pengukur kecepatan angin, speedometer digital, dan lompatan jarak, dll., Untuk memfasilitasi evaluasi olahraga ini untuk meminimalkan kesalahan.

Peraturan Lompat Jauh

Pelompat dinyatakan gagal dalam pertandingan jika ia melanggar satu atau lebih dari 3 aturan, beriku dibawah init:

Pada saat jinjit, kakinya melebihi titik awal, sehingga lompatan itu dinyatakan tidak valid. Aturan ini tidak memungkinkan jari kaki melebihi titik awal saat melompat.

Atlet Lompat Jauh
Atlet Lompat Jauh

Ketika pelompat mengapung di udara, ia menggunakan gaya jungkir balik. Gaya ini sangat mungkin dan meningkatkan lompatan jauh. Namun, ini dinyatakan sebagai diskualifikasi.

Pelompat menyentuh tepi tubuh atau bagian luar tubuh saat mendarat. Jadi jumper tidak mendarat di arena yang ditentukan.

Tujuan Lompat Jauh

Atlet Lompat Jauh
Atlet Lompat Jauh

Maksud dan tujuan ialah untuk mencapai jarak melompat sejauh yang Anda bisa ke tempat pendaratan atau melompat. Tentang jarak lompatan nanti akan diukur pada papan pengukur ke batas berikutnya, yaitu lokasi titik pendaratan yang dihasilkan oleh bagian tubuh.

Teknik Lompat Jauh

Teknik dapat di bagi dalam beberapa hai, yaitu:

Teknik Lompat Jauh
Teknik Lompat Jauh

Pendaratan

Pendaratan yang benar dilakukan dengan kedua kaki, sehingga tubuh tidak hanya rentan terhadap cedera, tetapi juga setelah pendaratan memiliki keseimbangan yang baik, sehingga ia tidak mudah jatuh ke belakang.

Posisi Saat di Udara

Ketika tubuh berada di udara, penting bagi jumper untuk sepenuhnya sadar dan tidak kehilangan kendali atas tubuhnya. Seorang pemula biasanya kehilangan saat kesadaran ketika tubuh telah melompat, sehingga dia hanya melayang dan menunggu untuk jatuh. Padahal, ketika tubuh berada di udara, ini ialah momen penting untuk menentukan titik jatuh dan gaya yang harus dilakukan.

Baca Juga :  Contoh Filtrasi

Lompatan

Pelompat biasanya menggunakan salah satu kaki terkuat. Untuk mengantisipasi ini, pelompat harus terbiasa menggunakan kaki untuk melompat. Karena itu, kaki jumper harus sama kuatnya, sehingga ia tidak ragu saat berlari dengan kecepatan tinggi dan melakukan lompatan.

Awalan

Seperti disebutkan di bagian sebelumnya, pelari dapat menggunakan kickstand untuk memulai lari. Kecepatan lari awal ini umumnya lambat dan perlahan menjadi cepat ketika pelompat mendekati titik awal untuk melompat. Awalan ini adalah tekad untuk memperkirakan jarak di mana ia harus tahu kapan harus berlari dengan kecepatan penuh dan kapan harus melompat.

Lapangan

Untuk lapangan dapat dibagi menjadi tiga, antara lain:

Lapangan Lompat Jauh
Lapangan Lompat Jauh

Bak Pasir

Bak pasir ini ialah kolam persegi panjang dengan ukuran 9 x 2,75 meter. Bak diisi sampai penuh dengan pasir, dan peralatan tertentu dipasang untuk meratakan pasir setelah digunakan oleh pelompat untuk mendarat sehingga setiap pelompat selalu mendarat di pasir dengan permukaan datar agar mudah dan akurat mencapai ukuran jarak lompat.

Papan Tolakan

Papan tolakan ini terbuat dari kayu atau bahan lain yang ditanam di depan bak pasir. Jarak antara tepi depan papan dan tepi bak ialah 1 meter. Ukuran plat ini adalah panjang 1,22 meter, lebar 20 cm dan tebal 10 cm. Papan ini berwarna putih, sehingga mudah dilihat.

Lintasan

Lintasan untuk lari ini memiliki panjang standar 40 meter di depan papan tolakan. Lebar lintasan hanya sekitar 1,22 hingga 1,25 meter dan tepinya ditandai dalam bentuk warna putih, sehingga pelari tidak melebihi jarak lari.

Demikianlah ulasan materi mengenai ini, sampai bertemudiulasan materi selanjutnya.

Jelaskan Pengertian Lompat Jauh ?

Lompat jauh ialah olahraga yang membutuhkan kecepatan, kelincahan, dan kekuatan atlet untuk melompat sejauh mungkin dari titik awal atau garis lompat, dan kemudian melayang di udara dan mendarat sejauh mungkin di pasir.

Jelaskan sejarah awal dimulanya ?

Dikatakan bahwa menurut catatan sejarah, olahraga lompat jauh sudah ada di Olimpiade Yunani kuno 776 SM.

Sebutkan ada beberapa teknik dalam olahraga ini ?

Awalan, Lompatan, Posisi Saat Diudara dan Pendaratan

Baca Juga: