Konjungsi Subordinatif

Posted on

Kanjungsi subordinatif – Materi pembahasan kali ini yakni tentang konjungsi subordinatif yang akan kabarkan.com paparkan dengan lengkap, mulai dari pengertian, jenis dan contoh kalimatnya. Namun dipertemuan sebelumnya juga kabarkan.com telah menerangkan materi tentang Konjungsi Temporal Baiklah untuk lebih jelasnya , yuk kita simak aja ulasan dibawah ini.

Pengertian Konjungsi Subordinatif

Konjungsi Subordinatif

Apa yang dimaksud dengan Konjungsi subordinatif? ialah merupakan sebuah kata yang menghubungkan induk kalimat dengan anak kalimat. Ini artinya bahwa klausa yang dihubungkan tidak setara atau tidak memiliki kedudukan yang sama.

Dalam istilah lain, terdapat klausa yang lebih tinggi dan yang lebih rendah. Sehingga konjungsi subordinatif ini menghubungkan keduanya.

Jenis-Jenis Konjungsi Subordinatif

Konjungsi subordinatif atau penghubung terbagi atas 13 jenis, yakni:

  1. Konjungsi subordinatif atributif: yakni merupakan sebuah konjungsi yang menghubungkan kata atau klausa utama dengan klausa penjelas. Adapun kata yang termasuk konjungsi ini ialah  yang.
  2. Konjungsi subordinatif tujuan: yakni merupakan sebuah konjungsi yang menerangkan sebuahadanya hubungan tujuan diantara dua klausa atau kalimat. Untuk sebuah kata yang tergolong konjungsi ini ialahagar, supaya, dan biar.
  3. Konjungsi subordinatif syarat: ialah merupakan suatu konjungsi yang menghubungkandua klausa atau kalimat tidak sederajat yang menerangkan adanya hubungan syarat diantara keduanya. Seangkan padakata yang merupakan dari konjungsi ini ialahjika, jikalau, asal(kan), bila, dan manakala.
  4. Konjungsi subordinatif waktu: yaknimerupakan suatu konjungsi yang menghubungkan duakalusa atau kalimat tidak sederajat yang menerangkan adanya hubungan waktu diantara keduanya. Menurut konjungsi subordinatif waktu sendiri dibagi lagi menjadi 4 jenis, yaitu:
    • Konjungsi subordinatf waktu permulaan yang terdiri atas sejak dan sedari.
    • Konjungsi subordinatif waktu bersamaan yang terdiri atas serta, (se)waktu, tatkala, ketika, selama, sambil, sementara, selagi, dan seraya.
    • Konjungsi subordinatfwaktuberurutan yakniterdiri atassebelum, begitu, sesudah, susai, sehabis, setelah, dan selesai.
    • Konjungsi subordinatif-waktu-batasyang terdiri atas katasampai dan hingga.
  5. Konjungsi subordinatf pengandaian: adalah konjungsi yang menghubungkan dua klausa atau kalimat yang menerangkan adanya hubungan pengandaian. Sedangkan yang tergolong dengan kata-kata ini yakniandaikan, seandainya, umpamanya, dan sekiranya.
  6. Konjungsi subordinatf konsesif: Apa itu konsesif ialah merupakan sebuah konjungsi yang menyatakan adanya keadaan atau kondisi yang berlawanan diantara dua klausa atau kalimat. Kemudian yang tergolong dengan kata ini ialahbiar(pun), walau(pun), sekalipun, sungguhpun, dan kendati(pun).
  7. Konjungsi subordinatf pembandingan: yaknimerupakan sebuah konjungsi yang menyatakan adanya kesamaan diantara dua klausa atau kalimat. Yang manaKata-kata yang termasuk konjungsi ini yakni seakan-akan, seolah-olah, sebagaimana, seperti, sebagai, laksana, ibarat, dan alih-alih.
  8. Konjungsi subordinatf sebab:ialah merupakan suatu kata yang menerangkanadanya hubungan diantara dua klausa atau kalimat. Golongan dariKata-kata ialah sebab, karena, oleh sebab, dan oleh karena.
  9. Konjungsi subordinatf hasil: ialahmerupakan sebuah kata yang menyatakan bahwa salah satu unsur klausa atau kalimat adalah hasil dari klausa atau kalimat sebelumnya. Sedangkan pada kata yang termasuk konjungsi  ini antara lain sehingga, sampai(-sampai), dan maka(nya).
  10. Konjungsi subordinatf alat:ialah merupakan sebuahkonjungsi yang menyatakan bahwa salah satu klausa atau kalimat merupakan alat dari kegiatan atau aktivitas yang dijelaskan dalam klausa atau kalimat sebelumnya. Sedangan yang tergolong dariKata-kata ini yaknidengan (menggunakan) dan tanpa (menggunakan).
  11. Konjungsi subordinatf cara: yaknimerupakan suatu konjungsi yangmenyatakan bahwa suatu klausa atau kalimat merupakan suatu cara dari sebuah kegiatan yang dijelaskan dalam klausa atau kalimat sebelumnya. Namun untuk dolonganKata-kata ini yakni sama sama halnya dengan yang ada di dalam subordinatif alat, ialahdengan dan tanpa.
  12. Konjungsi subordinatf komplementasi: ialahmerupakan sebuah konjungsi yang menerangkan bahwa suatu klausa atau kalimat merupakan pelengkap dari klausa atau kalimat sebelumnya. Adapun bentuk dari konjungsi ini adalah bahwa.
  13. Konjungsi subordinatif perbandingan: yaknimerupakan konjungsi yang menyatakan adanya hubungan adanya kesamaan atau perbedaan diantara dua klausa atau kalimat. Untuk golongan dari kata-kata ini yaknisama… dengan, lebih… dari(pada)

Contoh Konjungsi Subordinatif

Dibawah ini terdapat beberapa contoh untuk sobat dapat memahami seperti apa itu konjungsi subordinatif, simak berikut ini:

  • Akulah yang mseti bertanggung jawab atas permasalahan tersebut.
  • Program kerja bakti itu dilakukan agar lingkungan desa lebih terjaga kebersihannya.
  • Aku akan berkunjung ke kotamu jika aku sudah punya ongkos.
  • Aku sudah menyukainya sejak kami berkuliah di fakultas yang sama.
  • sekiranya aku tidak gegabah dalam mengambil keputusan, pasti aku tidak akan menyesal seperti ini.
  • Ami tetap semangat mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas meskipun kondisi fisiknya memprihatinkan.
  • Mengapa engkau mengabaikanku begitu saja seakan-akan aku tidak pernah terlihat di matanya.
  • Andi tidak bisa bersekolah hari ini karena harus menjalani perawatan di rumah sakit.
  • Gorenglah daging ayam itu sampai dagingnya berwarna kecoklatan.
  • Mengapa Ibu selalu mengupas kulit apel dengan menggunakan sendok sedangkan terdapat sebuah pisau sendiri.
  • Andini membayar semua uang perkuliahannya dengan gaji yang dia dapat selama bekerja paruh waktu.
  • Aku kini mengetahui bahwa sejak kecil Budi sering kejang-kejang.
Baca Juga :  Bank Konvensional

 

 

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai konjungsi subornatif, semoga bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :