Komunikasi Adalah

Posted on

Komunikasi Adalah – Pada Materi Sebelumnya kita telah membahas mengenai Pengertian HRD, Namun pada kali ini kita akan membahas mengenai pengertian komunikasi menurut para ahli, Untuk lebih Lengkapnya ,Simak penjelasannya Dibawah ini

Pengertian Secara Umum

Pengertian Komunikasi
Pengertian Komunikasi

Komunikasi Adalah Suatu Proses Seseorang/Beberapa Orang, Kelompok, Masyarakat Dan Organisasi Yang Menciptakan Dan Menggunakan Sebuah Informasi, Agar Dapat Terhubung Dengan Lingkungan Orang Lain. Pengertian Secara Umum Komunikasi Dapat Dilakukan Dengan Lisan Atau Verbal, Yang Bisa Mudah Dimengerti Oleh Kedua Belah Pihak.

Sejarah Komunikasi

Sejarah Komunikasi Atau Communicaton Yang Berasal Dari Bahasa Latin Communis Yang Berarti Sama, Communico, Communicare Atau Communication Yang Berarti Membuat Sama ( Make To Coomon ). Komunikasi Dapat Terjadi Apabila Ada Kesamaan Antara Penyampaian Pesan Dan Orang Yang Menerima Pesan, Itulah Kesederhananya . Oleh Karena Itu Komunikasi Sendiri Tergantung Pada Kemampuan Kita Untuk Dapat Bagaimana Memahaminya Satu Dengan Yang Lainnya.

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Definisi komunikasi

Adapun Forsdale (1981) yaitu seorang ahli pendidikan, khususnya pada bidang ilmu komunikasi Definisi Komunikasi menurutnya menjelaskan dalam sebuah kalimat bahwa “komunikasi adalah proses oleh sistem yang didirikan, dipelihara dan diubah melalui sinyal-sinyal yang beroperasi bersama-Menurut aturan “. Komunikasi adalah sebuah proses dimana suatu sistem yang dibentuk, dipelihara, dan dimodifikasi dengan tujuan bahwa sinyal tersebut dikirimkan dan diterima dilakukan sesuai dengan aturan.

Analisis

Komunikasi adalah metode yang digunakan sehari-hari dalam stimulus / pesan yang terbentuk melalui proses yang melibatkan dua orang atau lebih. Satu dan lainnya mempunyai peran dalam menciptakan pesan, mengubah isi dan makna, merespon pesan / stimulus, dan mempertahankannya di ruang publik. Yang bertujuan dari “penerima” (komunikan) dan dapat menerima sinyal atau pesan yang sudah dikirim oleh “sumber” (komunikator).

  • Menurut Rogers & D. Lawrence Kincaid ( Komunikasi ) Adalah Sebuah Proses Dimana Dua Orang Atau Lebih Membentuk Atau Melakukan Pertukaran Informasi Dengan Satu Sama Lainnya Yang Pada Gilirannya Akan Tiba Pada Saling Pengertian Yang Mendalam
  • Menurut Harorl D. Lasswell ( Komunikasi ) Ialah Pada Dasarnya Merupakan Suatu Proses Yang Menjelaskan Siapa, Mengatakan Apa, Dengan Saluran Apa, Kepada Siapa ? Dengan Akibat Apa Atau Hasil Apa.
  • Menurut Shannon & Weaver ( Komunikasi ) Ialah Bentuk Komunikasi/Interaksi  Manusia Saling Pengaruh Mempengaruhi Satu Dengan Yang Lainnya, Dengan Sengaja Ataupun Tidak Sengaja. Tidak Terbatas Pada Bentuk/Wujud Dalam Komunikasi Yang Menggunakan Bahasa Verbal, Tetapi Juga Dalam Hal Eksprensi Wajah/Muka, Lukisan, Seni, Dan Teknologi
  • Menurut Raymond S. Ross ( Komunikasi ) Ialah Suatu Proses Menyortir, Memilih Dan Mengirimkan/Mentranfer Symbol-Simbol Yang Sedemikian Rupa Sehingga Bisa Membantu Dalam Pendengar Membangkitkan Makna Atau Respons Dari Pikirannya Yang Serupa Dengan Yang Dimaksudkan Komunikator.
  • Menurut Everett M. Rogers ( Komunikasi ) Ialah Proses Dimana Suatu Ide Dialihkan Dari Sumber Kepada Suatu Penerima Atau Lebih Dengan Maksud Untuk Mengubah Tingkah Laku Mereka.
  • Menurut Bernard Berelson & Gary A. Steiner ( Komunikasi ) Ialah Transmisi Informasi, Gagasan, Emosi, Ketrampilan Dan Sebagainya Dengan Menggunakan Symbol-Simbol Atau Kata-Kata, Gambar, Figure, Grafik Dan Sebagainya. Komunikasi  Disebut Juga Dengan Tindakan Atau Proses Transmisi.
  • Menurut John R. Wenburg Dan William W Wilmot ( Komunikasi ) Ialah Suatu Usaha Untuk Memperoleh Makna.
  • Menurut Prof. Dr. Alo Liliweri ( Komunikasi ) Adalah Pemahaman Pengalihan Suatu Pesan Dari Satu Sumber Kepada Penerimanya.
  • Menurut Carl I. Hovland ( Komunikasi ) Adalah Proses Yang Dapat Memungkinkan Seseorang ( Komunikator ) Menyatakan Rangsangan Untuk Mengubah Perilaku Orang Lain.
  • Menurut William I. Gordon ( Komunikasi ) Adalah Ringkasan Yang Didefinisikan Sebagai Suatu Transaksi Dinamis Yang Melibatkan Gagasan Dan Perasaan.
  • Menurut Stewart L. Tubbs & Sylvia Moss ( Komunikasi ) Adalah Sebuah Proses Yang Bermakna Antara Dua Orang Atau Lebih.
  • Menurut M. Djenamar, SH ( Pengertian Komunikasi ) Ialah Suatu Seni Untuk Menyampaikan Sebuah Informasi, Ide-Ide, Seseorang Kepada Orang Lain.
  • Menurut William Albig ( Komunikasi ) Ialah Proses Pengoperan Lambing Yang Berarti Diantara Indivindu-Induvindu.
  • Menurut Judy C Pearson & Paul E Melson ( Komunikasi ) Adalah Berbagai Makna Yang Mudah Dipahami.
  • Menurut Anwar Arifin ( Pakar Komunikasi ) Ialah Merupakan Suatu Konsep Yang Banyak Makna. Makna Komunikasi Ini Bisa Dibedakan Berdasarkan Komunikasi Sebagai Proses Sosial Komunikasi Pada Makna Ini Ada Dalam Konteks Ilmu Sosial. Dengan Menggunakan Teknik Pendekatan Komunikasi Yang Secara Umum Menfokuskan Pada Kegiatan Manusia Dan Kaitan Pesan Dengan Perilaku. Itulah Cara Para Pakar Ilmu Sosial Melakukan Riset.
  • Menurut Murphy & Mendelson ( Komunikasi ) Ialah Merupakan Suatu Komunikasi Untuk Membangun Dan Mempertahankan Hubungan Interpersonal.
  • Menurut Aristoteles ( Pengertian Komunikasi ) Ialah Suatu Alat Dimana Masyarakat Dapat Berpartisipasi Dalam Demokrasi.
  • Menurut Anderson ( Komunikasi ) Ialah Merupakan Proses Yang Dinamis Dan Secara Konstan Berubah Sesuai Dengan Situasi Yang Berlaku.
  • Menurut Hoben ( Pengertian Komunikasi ) Ialah Suatu Pertukaran Pikiran/Gagasan Secara Verbal.
  • Menurut Barnlund ( Komunikasi ) Ialah Yang Timbul Atas Dorongan Kebutuhan Yang Dapat Mengurangi Rasa Ketidakpastian, Bertindak Secara Efektif, Mempertahankan Atau Memperkuat Ego.
  • Menurut Lexigrapher ( Komunikasi ) Ialah Upaya Yang Bertujuan Berbagi Untuk Mencapai Kebersamaan.
  • Menurut Redi Panuju ( Komunikasi ) Ialah Aliran Yang Menghubungkan Dan Kinerja Antar Bagian Dalam Organisai Sehingga Menghasilkan Suatu Sinergi.
  • Menurut William J. Seller ( Komunikasi ) Ialah Proses Yang Mana Symbol Nonverbal Dan Verbal Dikirimkan, Diterima Serta Diberi Arti.
  • Menurut Colin Cherry ( Komunikasi ) Ialah Penggunaan Lambing-Lambang ( Symbols ) Untuk Mencapai Kesamaan Makna Atau Berbagi Informasi Tentang Satu Objek Atau Kejadian. Informasi Dapat Disampaikan Dan Diterima Secara Akurat, Receiver Akan Memiliki Informasi Yang Sama Seperti Yang Dimiliki Sender, Oleh Karena Itu Tindak Komunikasi Telah Terjadi.
  • Menurut Gerald R.Miller Komunikasi terjadi ketika sumber pesan kepada penerima dengan maksud sadar untuk mempengaruhi perilaku mereka.
  • David K. Berlo, 1965 Ilmu pengantar komunikasi Komunikasi sebagai instrumen dari interaksi sosial berguna untuk mengetahui dan memprediksi setiap orang lain, juga untuk mengetahui keberadaan diri sendiri dalam memciptakan keseimbangan dengan masyarakat. (pengantar Ilmu komunikasi, 1998, hal 3, Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc.)
  • Steven, Menurutnya Komunikasi Juga dapat terjadi kapan saja dan di mana saja suatu organisme memberi reaksi terhadap suatu objek atau stimuli. Apakah itu berasal dari seseorang atau lingkungan sekitarnya. (pengantar Ilmu komunikasi, 1998, hal 19, Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc.)
  • lexicographer (ahli kamus bahasa) menurutnya komunikasi adalah suatu upaya yang bertujuan berbagi untuk mencapai kebersamaan. Terdapat pesan yang saling dipertukarkan adalah tujuan yang diinginkan oleh dua orang saat saling berkomunikasi dalam mencapai pemahaman yang sama.
  • Webster’s New Collegiate Dictionary (WNCD), komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi diantara individu melalui sistem lambang-lambang, tanda-tanda atau tingkah laku (edisi tahun 1977).
  • Komunikasi adalah suatu proses mencoba sesuatu dari yang semula dimiliki oleh seseorang (monopoli seseorang) untuk menjadikan dimiliki oleh dua orang atau lebih. Gode, 1959
  • Komunikasi adalah suatu proses yang dapat menghubungkan satu bagian pada bagian lainnya di dalam kehidupan. Ruesch, 1957
  • Komunikasi adalah semua prosedur yang mana melalui pikiran seseorang agar dapat mempengaruhi pikiran orang lainnya. Weaver, 1949
  • Achmad S. Ruky, Sukses sebagai manajer Profesional tanpa gelar MM atau MBA – Komunikasi adalah proses pemindahan dan pertukaran pesan yang dapat berbentuk fakta, gagasan, perasaan, data atau informasi dari seseorang kpd org lain, utk mempengaruhi dan/atau mengubah informasi dan tingkah laku orang yang menerima pesan.
  • Wuryanano, Super Mind for Successful Life, Komunikasi adalah melibatkan keseluruhan pribadi anda, cara berbicara, sikap anda, tingkah laku anda, dan segala sesuatu yag terpancar dari pribadi anda.
Baca Juga :  Karangan Eksposisi

Fungsi Komunikasi Secara Umum

Fungsi Komunikasi Secara Umum
Fungsi Komunikasi Secara Umum

Fungsi komunikasi dapat dinikmati manusia, baik itu secara individu maupun secara organisasi. Berikut ini adalah beberapa fungsi komunikasi secara umum:

1. Sebagai Alat Kendali

Fungsi komunikasi yang pertama adalah sebagai alat kendali atau kontrol. Dalam hal ini alat kendali berarti dengan komunikasi maka perilaku individu dapat dikontrol dengan penyampaian aturan yang harus dipatuhi.

2. Sebagai Alat Motivasi

Komunikasi baik dan persuasif tentunya dapat meningkatkan motivasi individu dalam melakukan sesuatu. Mengirim sebuah informasi yang pastinya bisa terjangkau dalam kehidupan akan membangun motivasi seseorang.

3. Sebagai Ungkapan Emosional

Berbagai perasaan yang ada di dalam diri seseorang dapat diungkapkan kepada orang lain dengan cara berkomunikasi. Emosi ini bisa persaan senang, marah, kecewa, gembira, dan lain-lain.

4. Sebagai Alat Komunikasi

Dengan alat komunikasi tetu kita bisa mengirim informasi yang diperlukan oleh orang lain atau kelompok sehingga dengan informasi itu maka proses pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan baik.

Macam-Macam Komunikasi

Macam-Macam Komunikasi
Macam-Macam Komunikasi

Ada beberapa macam komunikasi yang bisa kita temukan sehari-hari. Berikut ini adalah jenis-jenis komunikasi:

1. Komunikasi Berdasarkan Cara Penyampaiannya

  • Komunikasi Verbal (Lisan)

Pengertian komunikasi lisan adalah komunikasi yang terjalin secara langsung tanpa adanya jarak yang berarti.bentuk  komunikasi lisan misalnya; meeting dengan klien, wawancara kerja, atau dua orang yang sedang berbicara.

  • Komunikasi Tertulis

Saat ini komunikasi dengan tertulis biasanya dilakukan melalu aplikasi atau media teknologi. Misalnya; mengirim pesan melalui email, chatting melalui aplikasi WhatssApp/ BBM/ Facebook Messenger.

3. Komunikasi Berdasarkan Maksud

Komunikasi dapat juga dibedakan berdasarkan maksud dari komunikator. Kemauan dari komunikator merupakan faktor utama dalam proses penyampaian pesan.

Beberapa jenis komunikasi berdasarkan maksud diantaranya adalah:

  • Pidato
  • Pemberian saran atau kritik
  • Memberikan perintah
  • Memberikan ceramah
  • Wawancara

4. Komunikasi Berdasarkan Ruang Lingkup

,Komunikasi dapat juga dibedakan menurut ruang lingkupnya, diantaranya adalah:

  • Komunikasi Internal

Interaksi Ini suatu jenis yang berada dalam batas ruang lingkup organisasi dimana interaksi hanya terjadi antar individu pada sebauah organisasi itu saja.

  • Komunikasi Eksternal

Jenis komunikasi ini yang banyak dikerjakan oleh sebuah organisasi kepada Umum, misalnya jumpa pers, pameran dan publikasi, program TV dan Radio, bakti sosial.

5. Komunikasi Berdasarkan Aliran Informasi

Pada komunikasi ada sejumlah arah dalam penyampaiannya, diantaranya adalah:

  • Komunikasi satu arah; ialah suatu jenis komunikasi yang datang dari satu pihak, misalnya guru dan murid.
  • Komunikasi dua arah; ialah sebuah jenis komunikasi yang mempunyai dua arah yang dimana kedua individu itu saling memberikan pesan dan feedback satu dengan yang lain.
  • Komunikasi ke atas; ialah jenis komunikasi yang berawal dari bawah ke atas, contohnya informasi yang di sampaikan bawahan kepada atasan
  • .
    Komunikasi ke samping; yaitu komunikasi yang tercipta karena adanya kesamaan kedudukan, atau komunikasi antara dua individu yang posisinya sejajar.

Tujuan Komunikasi Pada Umumnya

Tujuan Komunikasi Pada Umumnya
Tujuan Komunikasi Pada Umumnya

Semua aktivitas komunikasi dilakukan dengan tujuan tertentu. Tujuan komunikasi secara umum diantaranya adalah:

1. Agar Komunikator Dimengerti Komunikan

Tujuan komunikasi ialah agar untuk memastikan bahwa sebuah informasi atau pesan dari komunikator dapat dimengerti oleh orang lain (komunikan). Karena itu komunikator harus menyampaikan pesan utama sejelas mungkin kepada komunikan.

2. Agar Mengenal Orang Lain

Dengan adanya interaksi dan komunikasi maka setiap orang dapat saling mengenali dan memahami satu sama lain. Kemampuan mendengar/ membaca/ mengartikan pesan orang lain dengan baik merupakan hal penting dalam aktivitas komunikasi.

3. Agar Pendapat Diterima Orang Lain

Komunikasi seringkali digunakan untuk menunjukan sebuah gagasan atau ide seseorang pada orang lain. Tujuannya adalah agar ide dan gagasan tersebut diterima.

4. Menggerakkan Orang Lain

Komunikasi yang baik dapat membentuk kesamaan pendapat dengan orang lain. Selanjutnya, kesamaan persepsi tersebut digunakan untuk menggerakkan orang lain sesuai dengan keinginan kita.

Demikianlah Materi pembahasan mengenai Pengertian Komunikasi Menurut Para ahli Beserta Macam,Fungsi dan tujuannya, Semoga Artikel ini dapat Bermanfaat Bagi yang membacanya

Artikel Lainnya;