HRD Adalah : Fungsi, Tugas dan Wewenang Penting Dalam Perusahaan

Posted on

HRD Adalah – Pada pertemuan sebelumnya kita telah membahas materi mengenai Pengertian Stakeholder. Materi kali ini akan membahas mengenai  Pengertian, Fungsi dan Tugas Penting HRD dalam Perusahaan, Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasanya Berikut ini

Pengertian Hrd

Hrd Adalah
Hrd Adalah
HRD adalah singkatan dari Human Resources Development. Dalam ilmu perkantoran, HRD disebut sebagai “Personalia” atau “Kepegawaian”. HRD menurut manajemen perkantoran disebut juga dengan “Human Capitol” atau “Human Resources Management”.
Adapun pengertian lain dari Human Resources Development (Sumber Daya Manusia/SDM) adalah suatu proses untuk menangani berbagai masalah pada kumpulan karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya agar dapat menunjang dari sisi aktifitas suatu organisasi/perusahaan untuk demi tercapainya tujuan yang telah ditentukan. Instansi atau unit yang biasanya mengurusi sdm ialah departemen sumber daya manusia. Manajemen SDM dapat diartikan juga sebagai  suatu prosedur yang berkelanjutan yang bertujuan untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi dan jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukannya.

Tugas Penting HRD dan Tanggung Jawabnya

Tugas penting HRD  salah satunya adalah departemen dengan tanggung jawab yang amat berat. Untuk bisa lebih mengenalnya, maka berikut ini tugas HRD secara lebih rinci yang harus Anda ketahui:

  • Melakukan perekrutan karyawan untuk bisa mengisi posisi yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan.
  • Memberi pelatihan dan juga pengembangan bagi karyawan yang sudah diterima di perusahaan tersebut.
  • Melakukan pengawasan pada kinerja karyawan sehingga bisa diketahui performanya setiap waktu.
  • Memberi rekomendasi dalam hal pengangkatan jabatan hingga pemberian kompensasi pada karyawan yang layak.
  • Melakukan pendistribusian dalam hal penggajian karyawan.
  • Melakukan survey pada seluruh karyawan perusahaan dan grading.
  • Melakukan pengawasan pada perlengkapan keamanan, kesehatan dan juga keselamatan di tempat kerja untuk seluruh karyawan.
  • HRD adalah departemen yang membentuk tim untuk menyelesaikan proyek yang didapatkan perusahaan.
  • Melakukan bimbingan dan juga pemecahan masalah karyawan.
  • Menjaga dan membangun solidaritas antar karyawan di perusahaan.
Baca Juga :  Contoh Analisis

Sesuai dengan singkatan HRD, maka bisa diketahui jika departemen ini memiliki tanggung jawab untuk penanganan dan pengelolaan karyawan di perusahaan, hingga organisasi. Departemen ini bertanggung jawab untuk bisa memastikan bahwa perusahaan bisa mendapatkan pegawai terbaik. Itulah mengapa ketika ada rekrutmen, maka HRD adalah departemen yang mengurus proses seleksinya. Mayoritas orang yang ada di balik tugas ini memiliki pendidikan latar belakang psikologi. Alasannya adalah karena mereka bisa lebih mengetahui karakter calon pegawai saat bertatap muka langsung dan wawancara.

Dari  yang sudah dijelaskan tersebut, maka bisa diketahui jika departemen ini perannya sangat besar di perusahaan. Fungsi HRD meliputi fungsi internal dan juga eksternal. Untuk fungsi internal sendiri yakni sebagai pelatih bagi karyawan di perusahaan. Sedangkan untuk fungsi eksternalnya yakni sebagai konselor di luar kategori yang ada di perusahaan. Namun, hal ini dilihat juga dari tingginya kemampuan serta kemauan yang akan mengikutinya.

Jika Anda ingin menjadi bagian di departemen ini, maka bisa dikatakan jika HRD yang baik yakni yang tidak mudah menyerah pada permasalahan dan hambatan. Selain itu mereka yang memiliki integritas tinggi pada pekerjaan juga akan bisa sukses di departemen ini mengingat Anda tak hanya harus kontrol diri sendiri. Kemampuan dalam berhubungan dengan orang lain pun juga menjadi modal bagus terjun di departemen ini.

Fungsi HRD

Internal

HRD bekerja sebagai pelatih untuk karyawan di perusahaan.

Eksternal

HRD Karyawan yang memeilki konseling di luar kategori perusahaan dapat dilihat dari tingginya tingkat kemampuan dan kemauan dari kemampuan akan mengikuti.

Bisa Di Katakan HRD Yang Baik Adalah

  • Tidak mudah menyerah, seseorang yang sukses dalam pekerjaan karena dia tidak menyerah dan terus berusahadengan semua masalah dan hambatan yang ada.
  • Berterima kasih atas semua yang diperoleh dan selalu menerima apa yang ia lakukakan, karena ada pepatah mengatakan apa yang Anda tanam maka itulah yang akan Anda tuai.
  • Integritas Orang-orang yang berhasil dalam HRD adalah orang yang dapat berbicara dan dapat menerpakan kata dengan perbuatan, bukan hanya itu ia bisa memeriksa sendiri dengan ketentuan yang ada di dalam lingkungan.
  • Kemampuan untuk berhubungan dengan orang lain denngan baik dan dapat bergabung dengan berbagai kelompok dan faksi.
  • Keyakinan dapat meningkatkan hasil yang maksimal.
  • Tepat waktu, dengan Anda disiplin selalu tepat waktu untuk Anda secara tidak sadar merhargai diri sendiri dan orang lain.
  • Berpikiran terbuka dan selalu mengikuti semua perubahan positif di sana.
  • Saling menghargai, menghormati dan peka terhadap suatu perubahan yang ada di lingkungan sekitar kita.
  • Lakukan sebanyak mungkin dan memberikan yang terbaik.
Baca Juga :  Lembaga Politik Adalah

 

Demikianlah Materi pembahasan kali ini, Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita semua.

Arttikel Lainnya ;