Efek Rumah Kaca

Posted on

Efek Rumah Kaca – Materi pembahasan kali ini ialah tentang efek rumah kaca, yang kan ContohSoal.co.id paparkan secara lengkap mulai dari pengertian, proses, manfaat, dan cara mengatasinya. Namun dipertemuan sebelumnya ContohSoal.co.id juga telah membahas materi tentang Lapisan Bumi Baiklah untuk lebih jelasnya mari simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Rumah Kaca

Efek Rumah Kaca

Istilah dari efek ialah yang dihasilkan oleh rumah kaca untuk menggambarkan kondisi bumi dimana sinar matahari terperangkap di atmosfer bumi.

Pada umumnya, sinar matahari yang masuk ke dalam bumi berfungsi untuk menyinari bumi dan membuat bumi menjadi lebih hangat.

Namun pada malam hari, permukaan bumi akan menjadi dingin hal tersebut disebabkan oleh sinar matahari kembali dipantulkan ke luar angkasa oleh bumi.

Kemudian dengan hal tesebut mengakibatkan suhu panas pada bumi yang seharusnya dipantulkan ke luar angkassa terjebak di atmosfer bumi dan tidak dapat kembali ke luar angkasa.

Dalam hal tersebut mengakibatkan kondisi bumi di malam hari semakin hangat, bahkan setiap tahunnya semakin menghangat. Kondisi inilah yang disebut dengan efek rumah kaca.

Pada dasarnya, efek rumah kaca ialah merupakan sebuah kondisi naiknya suhu bumi yang disebabkan oleh perubahan komposisi yang ada pada atmosfer.

Hal ini mengakibatkan sinar matahari yang ada di bumi tidak dapat dipantulkan ke matahari secara sempurna karena tidak bisa keluar dari atmosfer. Akibat dari kejadian ini ternyata dapat berdampak sangat buruk, salah satunya ialah rusaknya atmosfer.

Proses Terjadinya Efek Rumah Kaca

Bagaimana sih proses terjadinya efek dari rumah kaca? Mengapa efeknya sangat berbahaya bagi kondisi bumi. Terjadinya rumah yakni dengan adanya sinar matahari yang dipantulkan oleh benda-benda yang ada di bumi.

Dari pantulan pada Sinar matahari ini mempunyai dampak yang bisa merusak lapisan ozon. Kemudian kegunaan utamanya pada lapisan ozon ialah guna menghambat sinar matahari yang berada di atmosfer.

Jika lapisan ozon yang berada di atmosfer ini mulai berkurang, dampaknya suhu bumi akan mengalami kenaikan terus menerus. Saat suhu bumi ini naik, maka suhu ini akan berubah menjadi dingin.

Alhasil, kondisi bumi menjadi tambah buruk dimana akan semakin banyak jumlah karbondioksida yang ada di bumi. Akhirnya suhu di bumi akan semakin hangat sebab tidak dapat menahan pantulan sinar matahari yang seharusnya dikembalikan ke luar angkasa.

agar dapat mencegah terjadinya kerusakan terhadap lapisan ozon , maka sebagai manusia sudah sepatutnya kita mengurangi pemakaian alat yang dapat menghasilkan karbondioksida atau CO2.

Namun bukan hanya disebabkan oleh  efek rumh kaca saja, tapi pada alat yang dapat menghasilkan CO2 juga berpengaruh terhadap rusaknya lapisan ozon.

Baca Juga :  Satuan Liter

Namun dari sebagian sinarnya akan diserap oleh permukaan bumi dengan warna yang agak gelap karena mengandung gas rumah kaca yang berada di atmosfer.

Penyebab Munculnya Efek Rumah Kaca

Penyebab Efek rumh kaca ini ialah gas-gas rumh kaca. Dibawah ini yakni meriupakan gas yang ada di atmosfer beserta persentasi kontribusinya pada efek rumahh kacanya:

  • Uap air (H2O), 36-70%
  • Karbon dioksida (CO2), 9-26%
  • Methana (CH4), 4-9%
  • Ozon (O3), 3-7%
  • Nitrous Oxide (N2O)
  • CFC dan HFC

Sebenarnya, gas yang diatas diperlukan di dalam bumi  juga agar bumi ini tidak terlalu dingin, akan tetapi sejak revolusi industri, gas seperti karbon dioksida, methana, dan gas berbahaya lainnya semakin akan menjadi bertambah di atmosfer sehingga konsentrasinya makin meningkat akibat ulah manusia.

Apabila pada suatu konsentrasi gas rumahh kaca terjadi peningkatan di atmosfer, maka efek rumah kaca akan semakin besar. Berikut ini ialah penyebab makin tingginya konsentrasi gas-gas rumah kaca di atmosfer diantarnya :

  • Penebangan dan Pembakaran Hutan Pohon sangat berguna karena dapat mengubah gas karbon dioksida menjadi oksigen yang dapat bermanfaat untuk kita, akan tetapi manusia ini juga suka melakukan penebangan hutan dan membakarnya untuk dijadikan tempat bercocok tanam.
  • Penggunaan Bahan Bakar Fosil yakni seperti minyak bumi dan batu bara yang terlalu berlebihan juga bukan hanya berdampak buruk pada kualitas udara
  • Pencemaran Laut yakni lautan yang dapat menyerap karbon dioksida dalam jumlah yang besar, akan tetapi akibat pencemaran laut oleh limbah industri dan sampah, laut akan menjadi tercemar sehingga banyak ekosistem di dalamnya yang hampir musnah, yang menyebabkan laut tidak dapat menyerap karbon dioksida lagi.
  • Industri Pertanian yaitu dalam pertanian dalam skala besar (industri) menggunakan pupuk yang dangat banyak.
  • Limbah Industri dan Tambang Industri seperti pada pabrik semen, pabrik pupuk, dan penambangan batu baru serta minyak bumi memproduksi gas rumah kaca seperti karbon dioksida.
  • Limbah Rumah Tangga yaitu jika dibiarkan berlarut-larut akan menghasilkan gas methana dan karbon dioksida yang dihasilkan dari bakteri-bakteri pengurai sampah.
  • Industri Peternakan yakni seperti pada peternakan sapi menghasilkan gas methana dan karbon dioksida yang sangat besar ke atmosfer. Gas ini dapat dihasilkan dari kentut sapi dan kotoran sapi yang merupakan suatu produk dari bakteri pengurai selulosi di perut sapi.

Akibat Efek Rumah Kaca

Apa saja akibat yang ditimbulkan dari fenomena pada rumahh kaca? salah satu akibat yang sangat luar biasa dari efek rumh kaca ialah terjadinya pemanasan global atau warming.

Pada saat terjadinya Global warming dapat mengakibatkan gunung es yang berada di kutub utara dan selatan mencair. Kemudian saat gunung es ini mencair maka akan terjadi naiknya permukaan laut. Naiknya permukaan laut juga bisa menyebabkan munculnya cuaca ekstrim yang berubah.

Baca Juga :  Medan Magnet

Agar dapat lebih jelas, maka simak akibat efek rumh kaca berikut ini.

  • Perubahan Iklim yang Ekstrim
  • Meningkatnya Suhu Global
  • Meningkatnya Permukaan Air Laut
  • Gangguan Ekologis

Sebenarnya pada Efek rumahh kaca tidak selalu buruk dan justru sangat dibutuhkan sebab apabila tidak ada nantinya bisa mengakibatkan bumi menjadi sangat dingin atau bisa keseluruhan akan tertutupi es.

Akan tetapi apabila gas yang bisa membuat efek rumh kaca telah berlebihan di atmosfer, maka akan mengakibatkan terjadi pemanasan global.

Cara Mengatasi Efek Rumah Kaca

Untuk mengatasi efek rumah kaca sebenarnya diawali dari kesadaran masyarakat di seluruh dunia. Apabila persoalan ini hanya dilakukan oleh segelintir orang yang sadar akan bahaya efek rumh kaca, sepertinya tidak akan berhasil.

Adapun cara mengatasi ini bisa dimulai dengan melakukan reboisasi, hemat listrik, pengolahan limbah industri, menjaga lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan, pengolahan sampah, hingga meminimalisir penggunaan kendaraan bermotor.

Dengan menghasilkan gas oksigen dalam jumlah banyak, maka efek rumh kaca bisa teratasi dan suhu di bumi kembali stabil. Semoga dengan adanya informasi seputar efek rumh kaca dapat menyadarkan manusia bahwa bumi ini sudah tidak lagi sehat.

Sudah sepantasnya sebagai manusia kita menjaganya, bukan semakin merusaknya. Namun, manusia semakin tamak dan serakah, sehingga tidak lagi mementingkan keselamatan bumi dan lebih memikirkan uang.

Konkritnya bagaimana? Apa yang kita sendiri bisa lakukan?

  • hemat bahan bakar fosil. Ada banyak yang kita bisa lakukan dengan ini. Memakai sepeda pancal untuk bepergian jarak dekat. Membeli kendaraan bermotor yang didesain irit bahan bakar. Mendorong penggantian batu bara sebagai penggerak turbin listrik, dll.
  • mengupayakan lingkungan yang sehijau mungkin. Seperti di atas, selain indah, tanaman yang subur di lingkungan kamu bisa membuat kualitas hidupmu lebih baik, selain mengurangi efek rumh kaca.
  • Tidak memakai sebuah produk yang berpotensi dapat memperburuk efek rumh kaca. Sudah sejak lama, penggunaan freon jenis tertentu di larang. Namun pada negara kita ini, ternyata masih banyak diperjualkan secara bebas. Jadi mulai sekarang, coba kurangi penggunaan AC, atau jika terpaksa, ya plilihlah AC dari jenis terbaru yang lebih ramah lingkungan. Jangan asal beli yang murah saja.

Demikianlah materi pembahasan kali ini tentang efek rumah kaca, semoga artikel kali inidpat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :