Difusi

Posted on

Difusi – Setelah sebelumnya ContohSoal.co.id membahas materi tentang Massa Jenis. Maka materi pembahasan kali ini tentang difusi beserta pengertian, jenis, proses dan contohnya. Untuk lebih jelasnya sobat bisa ulasan yang sudah ContohSoal.co.id rangkum dibawah ini.

Pengertian Difusi

Difusi

Difusi ialah merupakan kejadian atau peristiwa berpindahnya suatu zat dalam pelarut dari bagian berkonsentrasi tinggi ke bagian yang berkonsentrasi rendah.

Perbedaan konsentrasi yang ada pada dua larutan dinamakan gradien konsentrasi. Difusi akan terus terjadi hingga semua partikel tersebar luas secara merata atau mencapai keadaan kesetimbangan di mana perpindahan molekul tetap terjadi walaupun tidak ada perbedaan konsentrasi.

Contoh yang sederhana ialah pemberian gula pada cairan teh tawar. Lambat laun cairan menjadi manis. Contoh lain ialah uap air dari cerek yang berdifusi dalam udara.

Difusi yang paling sering terjadi ialah difusi molekuler. Pada difusi ini bisa terbentuk oleh sebab perpindahan dari sebuah lapisan (layer) molekul yang diam dari solid atau fluida.

Proses Difusi

 

Faktor Yang Mempengaruhi

Ada beberapa faktor yang memengaruhi kecepatan difusi, yakni:

  • Ukuran partikel. Semakin kecil ukuran partikel, maka akan semakin cepat partikel yang  bergerak, sehingga difusi semakin tinggi.
  • Ketebalan membran. Semakin tebal membran, maka akan semakin lambat kecepatan difusi.
  • Luas suatu area. Semakin besar luas area,maka akan semakin cepat difusinya.
  • Jarak. Semakin besar jarak antara dua konsentrasi,maka akan semakin lambat kecepatan difusinya.
  • Suhu. Semakin tinggi suhu, makan partikel akan mendapatkan energi untuk bergerak dengan lebih cepat.

Jenis Difusi

Difusi dibedakan menjadi dua jenis, yakni:

  • Difusi Biasa

Difusi ini terjadi pada molekul atau partikel yang tidak berpolar dan terjadi pada sel yang akan mengambil nutrisi.

  • Difusi Khusus

Difusi ini terjadi pada sel yang ingin mengambil nutrisi dan partikel yang mempunyai ion hydrolhilic. ..

Proses difusi

Adapun terjadinya proses difusi ini yakni pada saat adanya sebuah pergerakan atau perpindahan partikel suatu zat baik itu zat padat, cair maupun gas dari suatu tempat yang berkonsentrasi tinggi ke yang berkonsentrasi rendah yang mana pastinya melewati suatu membra.

Baca Juga :  Lemak

Proses itu sendiri bisa disebut sebagai proses transportasi yang tentunya tidak akan memerlukan energi sama sekali maka dari itu disebut juga transportasi pasif.

Mengapa bisa demikian? Tentu saja hal tersebut disebabkan oleh kekuatan dorong yang berasal dari energi yang bersumber dari gerak acak partikel yang berdifusi.

Adapun syarat suatu partikel bisa melewati membrane yakni dengan partikel tersebut merupakan partikel dengan bentuk yang kecil, sederhana serta bisa larut didalam air ataupun lemak.

Contoh Difusi

Agar dapat memperjelas mengenai difusi ini, pada ContohSoal.co.id akan memberikan contoh difusi, Simak berikut ini.

  • Ketika menaburkan garam pada makanan, maka proses difusi yang terjadi pada garam dan makanan yaitu ketika garam lebur dan merata .
  • Pada saat menyemprotkan parfum pada sebuah ruangan, maka aromanya akan langsung menyebar pada seluruh ruangan, karena parfum memiliki partikel yang berdifusi pada udara.
  • Ketika memberikan tambahan gula pada cairan teh tawar, lambat laun cairan teh tersebut akan menjadi manis, hal ini merupakan proses difusi yang terjadi ketika gula melebur dan merata dengan cairan teh.
  • Konduksi panas, energi suatu benda yang panas bergerak dari suhu yang tinggi ke suhu yang rendah, sehingga membuat benda lain yang akan menyentuhnya menjadi panas.

 

 

Nah Itulah tadi pengertian, jenis,proses serta beberapa contoh tentang difusi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan dapat menambah wawasan sobat semua.

Artikel Lainnya: