Contoh Sinopsis

Posted on

Contoh Sinopsis – Kembali lagi bersama kami, sebelumnya kabarkan.com telah menjelaskan pembahsan materi tentang Contoh Surat Izin secara jelas. Maka kali ini kabarkan.com akan membahas materi mengenai Contoh Sinopsis – Pengertian, Ciri, Fungsi dan Cara Membuat. Baiklah Langsung saja simak pembahsannya sebagai berikut.

Pengertian Sinopsis

Contoh Sinopsis
Contoh Sinopsis

Sinopsis merupakan suatu ringkasan dari sebuah cerita atau bentuk dari pemendekan suatu naskah yang sangat memperhatikan unsur-unsur instrinsik sepertipenokohan dan tokoh, amanat, gaya bahasa, alur, dan lain nya.

Dalam sebuah sinopsis, ilustri, keindahan gaya bahasa, dan penjelasan dapat di hilangkan akan tetapi tetap mempertahan kan isi dan gagasan umum pada pengarang nya.

Sinopsis pada umum nya dapat digunakan sebagai prolog dalam suatu naskah, baik didalam naskah pendek ataupun panjang untuk suatu pementasan pada film, drama,dan juga teater.

Sinopsis dapat digunakan untuk dapat memahami dan mengetahui secara singkat tentang sebuah naskah yang akan di tampilkan ataupun dibaca.

Dalam sebuah penulisan umum sinopsis dapat dibatasi dengan jumlah halaman, misalnya dari nomor 1 sampai 2 halaman atau seperlima dari naskah yang asli.

Pengertian Sinopsis Pada Novel

Sinopsis pada novel merupakan sebuah ringkasan cerita dalam novel.

Ringkasan pada novel ialah sebuah bentuk pemendekan dari sebuah novel dengan tetap harus diperhati kan unsur – unsur intrinsik dalam novel tersebut. cara membuat sinopsis merupakan suatu cara yang sangat efektif untuk dapat menyajikan karangan pada novel yang panjang dalam bentuk yang sangat singkat.

Dalam sinopsis pada novel, ilustrasi, keindahan gaya bahasa, dan penjelasan – penjelasan harus dihilangkan, tetapi harus tetap mempertahankan isi utama dan gagasan umum pegarangnya.

Sinopsis biasa nya dapat dibatasi oleh jumlah halaman, contohnya 3 atau 4 halaman, seperlima atau sepersepuluh dari panjang karangan yang asli.

  • Langkah – Langkah Membuat Sinopsis Pada Novel
  • Membaca dan memahami naskah asli untuk dapat mengetahui kesan umum pada penulis.
  • Mencatat gagasan inti dengan menggaris bawahi gagasan – gagasan yang sangat penting.
  • Dialog dan monolog tokoh cukup di tuliskan isi atau di cari intinya.
  • Ringkasan / sinopsis novel tidak boleh menyimpang dari jalan cerita dan isi dari keseluruhan yang ada dalam novel.

Ciri – Ciri Sinopsis Pada Novel

Dibawah adalah ciri-ciri sinopsis:

  • Alur, plot atau jalan cerita sebaik nya dapat disusun secara kronologis dan tepat. Alur sinopsis harus sama dengan alur aslinya.
  • Bahasa yang di gunakan harus mengutamakan aspek persuasif.
  • Terdapat ajakan atau motifasi bagi calon pembaca, untuk membaca buku.
  • Menampil kan konflik yang sangat menarik secara singkat agar membuat calon pembaca penasaran.

Fungsi Sinopsis

  • Dapat memberi sebuah gambaran yang sangat ringkas serta sesingkat mungkin tentang isi dalam naskah atau cerita.
  • Memberi gambaran yang cukup jelas secara sederhana mengenai urutan maupun kronologi dalam cerita.
  • Sebagai epilog maupun prolog dari sebuah naskah yang akan segera dipentas kan.
  • Sebagai draft bagi pedoman pada pemain atau pemeran untuk dapat melakukan improvisasi.
Baca Juga :  Pengertian Database

Hal-hal yang harus diperhati kan dalam pembuatan sinopsis, seperti dibawah ini :

  • Untuk dapat mempermudah langkah awal kita dapat tentukan terlebih dahulu teman tentang gagasan utama dari cerita novel tersebut.
  • Alur maupun jalan dalam cerita, tempat dan juga waktu terjadi nya sebuah peristiwa.
  • Penokohan pada pelaku dalam sebuah cerita.

Langkah-Langkah Dalam Membuat Sinopsis

  • Harus membaca naskah terlebih dahulu agar dapat mengetahui kesan apa yang paling penting dari penulis secara umum.
  • Dapat menulis gagasan pokok dan menggaris bawahi gagasan utama yang paling sangat penting.
  • Tuliskan ringkasan yang sesuai dalam gagasan utama yang dapat dtemukan sesuai dengan langkah kedua.
  • Menggunakan kalimat yang sangat jelas, efektif, mudah dipahami, dan juga menarik agar dapat membuat rangkaian cerita singkat yang dapat menggambar kan apa yang akan dicerita kan dalam karangan asli nya.
  • Untuk dapat menulis dialog dan monolog tokoh, cukup secara garis besar nya saja.
  • Sinopsis yang akan dibuat tidak boleh menyimpang dari isi cerita secara keseluruhan.

Ciri-Ciri Sinopsis

  • Alur maupun jalan cerita harus disusun secara berurutan ataupun kronologis dengan tepat. Alur atau plot sinopsis harus sama dengan alur cerita asli nya.
  • Bahasa yang di gunakan sebaiknya menggunakan bahasan jenis persuasif ataupun berupa ajakan dan membujuk agar calon pembaca mau dan tertarik dalam membaca.
  • Adanya sebuah ajakan maupun motivasi untuk para pembaca, dalam membaca buku serta dapat di kemas dengan seindah mungkin supaya semua para pembacanya dapat tertarik untuk membaca buku tersebut.
  • Dapat menampil kan konflik cerita secara singkat dan yang sangat menarik.
  • Menimbul kan rasa penasaran untuk calon pembaca.

Contoh Sinopsis

  • Identitas Novel
  • Judul Novel: Ayat Ayat Cinta
  • ISBN: 979 – 3604 – 02 – 6
  • Penulis: Habiburrahman El Shirazy
  • Penerbit: Republika
  • Terbit: Desember 2004
  • Jumlah Halaman: 419 halaman

Sinopsis Singkat

Film ayat-ayat cinta yang di angkat langsung dari novel karangan Habiburrahman El Shirazy, yang mengisahkan tentang seorang pemuda indonesia yang bernama Fahri, dan berasal dari keluarga sederhana yang sedang menjalani kuliah S2 di universitas Al-Azhar di Mesir.

Film ayat – ayat cinta di perankan oleh kelima pemain utama, ialah Fedi Nuril ( Garasi mengejar sang surya ) berperan sebagai Fahri, Rianti Cartwright ( Pesan dari Surga ) berperan menjadi Aisha, Carissa Puteri menjadi Maria dan Zaskia Adya Mecca berperan sebagai Noura, dan Melania Putria sebagai Nurul.

Fahri dalam film ini di ceritakan sebagai seorang pemuda yang aktif dalam berorganisasi islam dan memiliki iman yang sangat kuat,

Selain kerajinan nya Fahri juga di hadap kan dengan permasalahan dalam hal jodoh, yang orang tua nya meminta untuk segera menikah, akan tetapi Fahri sendiri masih bingung akan persepsi jodoh.

Meskipun banyak sekali kawan – kawan Fahri yang mengucap kan cinta nya lewat via surat terhadap Fahri, namun Fahri masih merasa belum menemukan alternatif Allah untuk dirinya.

Baca Juga :  Rasi Bintang

Fahri bertempat tinggal di lantai satu dalam suatu flat di Mesir bersama dengan tiga orang kawan laki -l aki. Fahri memiliki tetangga di lantai tiga dalam flat nya, seorang wanita Mesir yang bernama Maria.

Laskar pelangi

Sinopsis pada novel Laskar Pelangi tidak dapat bernilai, karena banyak teman yang ingin belajar agar menjadi seorang yang mandiri dan tulus ketika ingin mencapai sebuah tujuan.

Laskar Pelangi ialah model novel yang harus dapat kamu ikuti, selama kamu sedang khawatir tentang keadaan. Seperti pelangi yang akan datang setelah hujan.

Cerita ini terjadi dalam sebuah desa yang bernama Gantung, kabupaten Gantung, Belitong Timur. Dimulai sejak sekolah Muhammadiyah mengancam akan segera dibubar kan oleh menteri pendidikan dan kebudayaan Sumatra Selatan jika murid baru tidak mencapai 10 siswa.

Pada saat itu hanya ada 9 anak yang menghadiri upacara pembukaan, akan tetapi tepat ketika pak harfan, seorang kepala sekolah, akan berpidato akan menutup sekolah, Harun dan ibu nya datang untuk mendaftarkan diri ke sekolah kecil.

Masuk pada awal cerita, mulai dari lokasi tempat duduk, dari pertemuan nya dengan pak harfan, perkenalan mereka sangat luar biasa ketika A Kiong tersenyum ketika di tanya tentang nama guru mereka, yaitu Bu Mus.

Peristiwa bodoh yang di lakukan oleh Borek, dalam acara pemilihan pemimpin kelas yang sangat diprotes oleh Kucai, acara penemuan bakat yang luar biasa dilakukan pada Mahar, dan pengalaman cinta pertama Ikal, yang sangat bertaruh pada kehidupan Lintang dalam mengayuh sepeda sejauh 80 km perjalanan pulang dan pergi dari rumah nya ke sekolah.

Mereka, ialah Laskar Pelangi – nama yang di berikan oleh Ibu Muslimah dalam kesenangan mereka dalam pelangi, juga mempunyai arti nama sekolah dengan berbagai cara.

Misalnya balas dendam yang dilakukan Mahar selalu memojok kan teman-temannya dalam kesenangan nya melakukan ilmu gaib yang mengarah pada kemenangan manis di karnaval pada 17 Agustus, dan jenius yang luar biasa Lintang akan menantang dan mengalahkan Drs.

Zulfikar, adalah seorang guru PN kaya yang memiliki ijazah, juga terkenal dan memenang kan kompetisi kuis.

Laskar Pelangi menavigasi hari – hari dalam bersenang-senang, menangis dan tertawa bersama.

Kisah dari sepuluh kawanan itu berakhir dengan kematian ayah Lintang yang memaksa Einstein untuk dapat meninggal kan sekolah dengan cara yang sangat menyentuh, dan diikuti oleh suatu peristiwa 12 tahun kemudian di mana Ikal yang berperang di pulau Belitong kembali ke tempat asalnya di desa.

Kisah indah ini dapat disimpul kan dengan perasaan yang lucu dan sangat menyentuh dari Andrea Hirata, kita bah kan dapat merasakan antusiasme dalam kekanak – kanakan dari sepuluh anggota Laskar Pelangi.

Demikianlah Materi pembahasan mengenai Contoh Sinopsis kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Artikel Lainnya ;