Contoh Kerangka Berfikir

Posted on

Contoh Kerangka Berfikir – Kerangka berfikir adalah model atau gambar dalam bentuk konsep yang menjelaskan hubungan antara satu variabel dan variabel lainnya.

Kali ini kabarkan.com akan meberikan pelajaran mengenai Contoh Kerangka Berfikir. Dimana pelajaran ini akan dikupas secara jelas, dengan berdasarkan Pengertian, Jenis, Cara Membuat dan Langkahnya dan Contoh.

Pengertian

Kerangka fikir adalah model (gambar) dalam bentuk konsep hubungan antara variabel dan berbagai faktor lainnya.

Contoh Kerangka Berfikir

Arti dari definisi di atas bahwa struktur pemikiran adalah gambaran dari konsep bagaimana suatu variabel memiliki hubungan dengan variabel lain. Bagaimana faktor-faktor dalam penelitian dapat saling berhubungan.

Kerangka fikir juga merupakan dasar bagi peneliti guna dapat menentukan hasil hipotesis.
Bagaimana cara kerangka fikir menentukan hipotesis?

Dalam ide yang bagus, hubungan antara variabel yang akan dieksplorasi akan dijelaskan. Jadi jika ada 2 variabel pada penelitian, contohnya variabel independen dan dependen. oleh karena itu kerangka pemikiran menjelaskan bagaimana hubungan antara kedua variabel tersebut disertai oleh teori-teori yang mendukungnya.

Pendapat Ahli Tentang Kerangka Berfikir

Eecho

Struktur pemikiran berbeda dari kumpulan informasi atau pemahaman sederhana. Lebih jauh, struktur pemikiran adalah pemahaman yang mendasari pemahaman orang lain, pemahaman yang menjadi dasar dan menjadi dasar dari setiap pemikiran selanjutnya.

Uma Sekarang

Kerangka pemikiran dapat diartikan sebagai model konseptual tentang bagaimana teori berhubungan dengan berbagai faktor yang telah diidentifikasi sebagai masalah penting.

Scribd

Struktur pemikiran adalah pemahaman yang mendasari pemahaman lain, pemahaman dasar dan menjadi dasar bagi pemikiran selanjutnya.

Membuat suasana hati bukanlah hal yang mudah, harus ada pemikiran yang mendalam, tidak untuk menyimpulkan hanya berdasarkan fakta yang dirasakan, atau hanya dari memotong informasi.

Tidak hanya itu, ada juga kebutuhan untuk berpikir cerdas dan brilian dalam semua informasi yang dimilikinya, serta berusaha menarik kesimpulan yang memberi kepercayaan.

Fitur Kerangka Berfikir

  • Analisis filosofis dari teori-teori ilmiah diarahkan pada cara berpikir ilmiah yang mendasari pengetahuan ini harus secara eksplisit dinyatakan semua praanggapan, prinsip atau postulat yang mendasari itu.
  • Teori yang digunakan untuk berdebat harus sepenuhnya dikuasai dan mengikuti teori terbaru.

Jenis-Jenis Kerangka Berfikir

Kerangka Kerja Konseptual

Kerangka konseptual adalah kerangka di mana ia menjelaskan konsep-konsep yang terkandung dalam hipotesis teoritis, yang kemudian digunakan untuk mengakhiri elemen-elemen yang terkandung dalam objek yang akan diperiksa dan menunjukkan hubungan antara konsep-konsep ini.

Baca Juga :  Kerajaan Kediri

Kerangka Teoritis

Kerangka Teoritis adalah jenis kerangka kerja yang menekankan teori yang digunakan sebagai dasar dan digunakan untuk menjelaskan fenomena yang diteliti.

Kerangka Operasional

Kerangka kerja operasional adalah kerangka kerja yang menjelaskan variabel-variabel yang diperoleh dari konsep-konsep yang telah dipilih dan juga menunjukkan hubungan antara variabel-variabel data ini.

Ini juga menjelaskan hal-hal apa yang dapat digunakan sebagai indikator yang digunakan untuk mengukur variabel terkait.

Cara Membuat Kerangka Berfikir dan Langkah-Langkahnya

Sebelum masuk untuk melihat bagaimana contoh kerangka berpikir. Jadi akan lebih baik jika kita terlebih dahulu mengerti cara membuat struktur berpikir. Karena alasan ini, pertama-tama perhatikan gambar berikut.

Contoh Kerangka Berfikir
Gambar Contoh Kerangka Berfikir

Setelah gambar di atas, Anda dapat melihat bahwa langkah-langkah untuk membangun kerangka berpikir adalah:

Merumuskan Model Penelitian

Model adalah konstruksi struktur pemikiran atau konstruksi struktur teoretis yang divisualisasikan dalam bentuk diagram dan beberapa persamaan matematika.

Esensinya menegaskan hipotesis penelitian. Sebagai konstruksi kerangka pemikiran, model akan menunjukkan: (a) jumlah variabel yang diteliti, (b) prediksi pada model hubungan antar variabel, (c) dekomposisi hubungan antara variabel dan (d) perkiraan jumlah parameter.

Memberikan Argumen Teoritis Tentang Hubungan Antara Variabel yang Diteliti

Argumen teoretis dalam kerangka pemikiran adalah upaya untuk mendapatkan jawaban atas rumusan masalah. Dalam praktiknya, membuat diskusi teoretis membutuhkan studi teoretis atau hasil penelitian yang relevan.

Ini dilakukan sebagai panduan atau arahan untuk melakukan penelitian. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa karena argumen teoretis adalah upaya untuk mendapatkan jawaban atas rumusan masalah, maka hasil dari argumen teoretis ini adalah jawaban sementara terhadap rumusan masalah penelitian.

Jadi pada akhirnya produk dari struktur pemikiran adalah tanggapan sementara terhadap rumusan masalah (hipotesis).

Berikan Penjelasan Tentang Teori yang Ada Dalam Kerangka Pemikiran

Pada langkah pertama, kami menentukan variabel secara detail. Dari variabel-variabel ini mereka juga menentukan teori-teori yang mendukung variabel-variabel ini.

Berdasarkan ini pada tahap ke 3, peneliti diharuskan untuk menyampaikan teori dalam kerangka pemikiran.Berikan penjelasan deduktif tentang hubungan antara variabel pencarian. Tahapan berpikir deduktif mencakup tiga hal, yaitu:

Tahapan inferensi (penalaran), yaitu, pemikiran yang menegaskan hal-hal yang berlaku pada teori, juga berlaku pada hal-hal khusus.

Tahap konsepsi, yaitu fase konstruksi konsepsi (mencari konsep atau variabel dari proposisi yang ada, yang telah dinyatakan benar).

Tahap pertimbangan atau penilaian (judgment), yaitu tahap penjabaran disposisi (dukungan atau penentuan masalah karena konsep atau variabel dependen).

Baca Juga :  Pengertian Banjir

Baca Buku dan Hasil Penelitian

Ini adalah langkah umum dalam mempelajari apa pun. Dengan cara yang sama dalam penelitian kita harus memuat diri kita dengan berbagai pengetahuan yang relevan dengan penelitian kita. Jadi langkah selanjutnya setelah menentukan variabel adalah membaca buku yang relevan dengan penelitian (variabel).

Kita dapat memperoleh bacaan-bacaan ini dari buku teks, buku online, ensiklopedia, jurnal dan hasil penelitian seperti tesis, tesis dan tesis gelar.

Tentukan Variabel Detail

Langkah pertama yang perlu peneliti ambil untuk membuat struktur pemikiran adalah menentukan variabel secara terperinci. Maka untuk mendapatkan teori apa saja yang akan dicari mendukung pembentukan suasana hati yang jelas. Peneliti harus terlebih dahulu menentukan variabel.

Caranya adalah dengan memperhatikan judul yang Anda buat, di judul tentukan variabel yang dikandungnya. Hanya ada satu variabel atau lebih dari satu. Tuliskan semua variabel yang Anda temukan.

Dari sana peneliti akan menemukan jumlah variabel dan nama variabel. Dari variabel-variabel ini mereka menjadi titik awal dalam teori pembangunan.

Contoh Kerangka Berfikir

Media Pembelajaran Menggunakan Quipper School

Kerangka berpikir

Penggunaan media pembelajaran dengan Quipper School di SMP Negeri 19 Bandar Lampung bertujuan untuk membantu para guru dan siswa untuk dapat melakukan pembelajaran di mana saja, kapan saja.

Aplikasi ini, termasuk dalam e-learning, membantu siswa untuk dengan mudah mengakses materi, pertanyaan dan bahkan kuis berdasarkan waktu yang ditentukan oleh guru. Di bawah ini adalah aliran kerangka pemikiran dari teori yang ditetapkan oleh seorang peneliti.

Sekolah yang lebih tenang dapat didefinisikan sebagai media di mana ia menyediakan konten pembelajaran untuk mendukung proses pengajaran dan kegiatan belajar.

Dari skema di atas, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dan hambatan yang akan dihadapi siswa dalam menggunakan alat pembelajaran ini.

Tentu saja, penggunaan alat pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui menu yang sudah tersedia. Media pembelajaran ini adalah cara untuk dapat melihat hasil belajar siswa.

Di mana setiap guru diharuskan untuk menggunakan sarana belajar ini dalam setiap proses belajar-mengajar dan memberi tahu siswa tentang manfaat menggunakan media.

Selain teori buku, sekolah yang lebih tenang juga menyediakan bahan dari berbagai tingkatan seperti sekolah menengah dan sekolah menengah.

Demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan materi pelajaran ini. Semoga dengan apa yang telah kami sampaikan dalam artikel ini, dapat memberikan pemahaman serta bermanfaat untuk sobat semua.

Baca Juga: