Alat Musik Ritmis

Posted on

Alat Musik Ritmis – Pada perjumpaan kali ini kembali kabarkan.com akan memberikan sebuah materi pembahasan mengenai Alat Musik Ritmis Beserta Pengertian, Permainan, Fungsi dan Contoh Alat. Nah untuk lebih detailnya, yuk kita simak bersama ulasan selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Alat Musik Ritmis?

Alat Musik Ritmis
Alat Musik Ritmis

Apa itu alat musik/ instrumen ritmis? yakni merupakan instrumen yang tidak dapat menghasilkan sejumlah nada tertentu.

Alat musik ini hanya digunakan sebagai iringan alunan irama, yang berguna untuk mengatur tempo lagu dari suatu musik.

Adapun untuk Nada yang dihasilkan bukan nada yang tetap, hal ini sesuai dengan sebutan yang dimilikinya.

Dimana pada umumnya alat musik/Instrumen ini hanya merupakan sebuah instrumen yang kerap digunakan untuk mengiringi lagu, bahkan ada sejumlah pendapat yang menyatakan bahwa jenis alat ini memang tidak mempunyai suara/nada.

Sebab pada dasarnya alat Ini biasanya hanya digunakan untuk mengatur beberapa irama lagu.

Nah terdapat sejumlah cara untuk memainkan jenis alat musik ini yakni dengan cara memukulnya atau dengan mengocoknya.

Dimana pada umumnya dari setiap jenis alat musik mempunyai kegunaan yang sama, akan tetapi tentunya dengan memiliki berbagai nada dan cara memaikan yang masing – masing saling berbeda.

Fungsi Alat Musik Ritmis

Adapun untuk fungsi dari pada alat musik ritmis sendiri, ialah sebagai berikut :

1. Koreografi

Tanpa kita sadari bahwa sebenarnya alat musik ini mempunyai banyak kegunaan. Yang mana salah satu kegunaannya ialah sebuah alat koreografi.

Yang mana pada saat akan digunakan untuk menciptakan sebuah koreografi yang sempurna dibuat untuk sebuah musik dan lagu. Maka jenis alat ini akan memaikan peranannya dengan sangat baik.

2. Mengiringi Lagu yang Memiliki Melodi

Dimana pada umumnya alat musik ini memainkan peran penting dalam mengiringi sebuah alunan lagu dan bahkan hampir kerap dipakai dalam sebuah film musik dramatis.

Kemudian sejumlah alat musik tradisional juga kerap dipakai sebagai instrumen atau musik yang berfungsi guna mengiringi musik.

Selanjutnya, dengan menggunakan jenis alat musik/instrumen sehingga suara yang akan dihasilkan akan terdengar dengan sangat jelas dan cukup keras dan itu membuatnya menjadi sangat mudah untuk dikenali.

3. Harmonisasi yang Indah

Dalam hal ini tentunya sudah diketahui oleh banyak orang yang mana bahwa jenis alat musik ini menjadi sebuah instrumen yang menawarkan sebuah harmonisasi yang sangat baik dalam musik.

Dan biasanya apabila tidak ada jenis alat ini ketika sedang memaikan sebuah musik, maka tentunya tidak akan tercipta sebuah alunas suara musik yang sempurna.

4. Patokan Masuk Kedalam Sebuah Lagu Tertentu

Pada umumnya dalam penciptaan lagu sendiri dibagi menjadi beberapa bagian, yang mana yang harus ada di dalamnya ialah seperti intro, bait, karang, dan berbagai bagian lainnya.

Namun pada saat saling dipisahkan, maka hal tersebut harus dapat menghasilkan beberapa nada harmonis, tetapi umumnya dapat dipisahkan dengan menerapkan jenis alat musik ritmis ini.

Sebab biasanya alat ini kerap dijadikan sebagai patokan dari masuknya sebuah nada.

5. Mengatur Jalannya Irama

Pada sebuah Musik harus mempunyai ritme /irama yang baik pada saat akan disajikan, sehingga nantinya dapat menghasilkan musik yang bagus dan enak untuk didengarkan.

Namun hal tersebut dapat dibedakan dengan berdasarkan genrenya. Nah dengan menggunakan alat ritme ini Anda dapat mengatur ritme yang sangat nyaman untuk mendengarkan sebagai salah satu pengaturan untuk menciptakan arasemen musik yang terbaik.

Baca Juga :  Intrusi Magma

6. Mengatur Tempo

Tempo dalam musik sudah menjadi hal yang sangat penting. Sebab hal ini sangat berguna untuk menyesuaikan kecepatan dan kelambatan musik yang sedang diputar.

Pengaturan ini akan menjadi sangat mudah dengan menggunakan jenis alat musik ritmis.

7. Pengarah irama lagu

Pada umumnya alat /Instrumen ritmis ini memainkan peran yang santa penting dalam menyesuaikan sebuah irama di dalam lagu sehingga dapat dibuat dan dinikmati secara bebas.

Untuk mengarahkan sebuah nada di dalam lagu itu sangat mudah untuk dilakukan.

Maka oleh sebab itu setiap jenis alat musik harus mempunyai sebuah intonasi suara yang disesuaikan dengan alat musiknya.

Mendengarkan melodi di setiap lagu itu mudah, jadi semua instrumen harus memiliki intonasi suara yang disarankan dalam instrumen berirama.

Jenis dan Contoh Alat Musik Ritmis

1. Kendhang

Alat Musik Ritmis
Alat Musik Ritmis

Alat diatas adalah alat musik yang pembentukan terbuat dari bahan kayu yang kemudian dibagian tengahnya dikasih lubang dan lubang tersebut akan terlihat seperti sebuah rongga yang kemudian rongga tersebut akan ditutup dengan kulit sapi.

Alat ini biasa disebut dengan kendang. Dimana jenis alat musik ini merupakan salah satu alat tradisional khas indonesia sehingga kita harus mengetahuinya.

2. Tifa

Alat Musik Ritmis
Alat Musik Ritmis

Jenis Instrumen /alat musik ini merupakan salah satu jenis alam musik tradisional dari Maluku dan Papua.

Nah dalam proses pembuatannya pun jenis alat ini tidak berbeda jauh dengan drum yang terdapat di jawa, namun yang membuatnya berbeda adalah dari sisi bentuknya yang sedikit memanjang dan memiliki struktur yang sangat tipis.

Cara Memainkan

Apabila anda ingin memainkan jenis alat musik ini, yang mana biasanya harus disesuaikan dengan jenis Tifa yang akan digunakan.

Ada sebagian orang yang memainkan alat musik ini dengan cara dipukul dengan menggunakan tangan kosong dan bahkan ada juga sebagian orang yang memainkannya menggunakan alat yang khusus.

Namun pada dasarnya jenis alat ini hanya bisa menghasilkan satu nada saja, maka pada saat alat ini dimaikan dengandikombinasikan beberapa jenis alat musik lainnya, maka ia akan mengambil peranan sebagai pengatur tempo/ suara utama.

Akan tetapi apabila alat ini dimaikan bersamaa dengan dengan beberapa jenis alat tifa lainnya, maka terlebih dahulu harus disesuaikan.

Sebab pada dasarnya meskipun sama-sama disebut alat tifa, namun ia masing-masing tifa menghasilkan suara yang berbeda.

3. Tamborin

Alat Musik Ritmis
Alat Musik Ritmis

Jenis alat ini merupakan salah satu alat musik tradisional, dimana jenis alat ini dapat menghasilkan dua suara meski hanya dengan satu alat saja yang keluar seacara bersamaan.

Yang mana pada suara bunyi yang pertama dihasilkan dari adanya tabrakan antara logam yang datang dari satu sisi karena bunyi kedua adalah bunyi bip dari membran.

Kebanyakan orang mengatakan ketika musik ini pertama kali berasal dari Eropa dan bahkan dari berbagai bagian dunia lainnya.

Cara Memainkan
Alat Musik Ritmis
Alat Musik Ritmis

Di bawah ini terdapat beberapa cara untuk memaikan alat musik jenis tamborin ini, yang diantaranya adalah.

  • Cara yang pertama adalah Pegang tamborin dengan tangan kanan Anda, lalu goyangkan ke kiri dan ke kanan atau bisa dengan memukulnya dengan alat khusus.
  • Kemudian Pegang tamborin dengan menggunakan tangan kiri atau kanan, kemudian sentuh pada bagian ujung kulit tamborin tersebut dengan menggunakan ujung jari Anda atau telapak tangan kiri atau kanan Anda.
  • Kemudaian anda mengkombinasikan keduanya.

4. Rebana

Alat Musik Ritmis
Alat Musik Ritmis

Selanjutnya yang mana jenis Alat ini ialah merupakan salah satu jenis alat musik yang merupakan diwariskan dari budaya Melayu.

Yang mana alat ini memiliki sebuah permukaan yang bundar hampir menyerupai seperti drum, akan tetapi memiliki bentuk yang jauh lebih tipis dan lebih rata. Cara bermainnya adalah dengan dipukul menggunakan tangan secara langsung.

5. Kastanyet

Alat Musik Ritmis
Alat Musik Ritmis

Instrumen ini memiliki bentuk yang sederhana, tetapi pada dasarnya alat ini mempunyai banyak kegunaan.

Cara bermain adalah dengan mendorong atau memukul sisi dengan tangan Anda. Anda dapat melihat bahwa bentuknya menyerupai cangkang kerang, sehingga banyak orang tidak memahami alat ini dan menjadikannya mainan.

Baca Juga :  Pengertian Kompetensi Guru

6. Konga

Alat Musik Ritmis
Alat Musik Ritmis

Untuk yang berikutnya ini ialah merupakan sebuah instrumen dari luar Indonesia dengan melodi khusus yang dinikmati.

Alat musik ini berasal dari Afrika, beberapa daerah sering akrab dengan Tumbadora.

Instrumen ini sering berubah bahan dan bentuk seiring waktu karena sering digunakan untuk kegiatan tradisional.

Cara Memainkan

Instrumen ini menyerupai kendang, hanya saja bentuknya sedikit berbeda. Karena itu, permainan seperti konga ini dimainkan dengan kedua tangan tanpa alat.

7. Marakas

Alat Musik Ritmis
Alat Musik Ritmis

Alat intrumen yang satu ini ialah merupakan sebuah alat musik yang sudah sangat terkenal yang jarang digunakan saat bermain, seperti beberapa instrumen lain yang biasa digunakan sebagai iringan musik saja.

Biasanya Anak kecil yang sering memainkan alat ini, bahkan ada sebagian orang memasukkan butiran beras, dan berbagai jenis bijian yang berukuran kecil agar dapat menghasilkan sebuah suara yang merdu ketika alat tersebut dikocok atau di ayunkan.

Cara Memainkan

Memainkan instrumen ritme ini terbilang cukup mudah yakni hanya dengan mengguncangnya saja sehingga akan menghasil sebuah suara yangmerdu.

Nah di bawah ini merupakan teknik khusus tentang bagaimana cara memaikan alat ini supaya dapat menghasilkan suara yang merdu.

  • Pilih dua marica sesuai kebutuhan. Harap dicatat bahwa bahan dan dimensi memengaruhi volume dan kualitas suara yang dikeluarkan.
  • Letakan merica pada tangan kiri Anda dan yang satunya lagi di tangan kanan. Posisi Anda harus vertikal atau dengan kepala di atasnya.
  • Kemudian anda Mainkan! goyangkan pergelangan tangan Anda kearah bawah dengan cepat seolah-olah kita sedang memukul sesuatu dengan marica ini.
  • Kemudian Lakukan yang sebaliknya. Bahkan, gerakan seperti ini sudah mulai membuat melodi.
  • Kemudian percepatlah pergerakan marica ke atas dan ke bawah dengan kepala masih tegak lurus ke tanah.
  • Selain itu, dapat juga dikombinasikan dengan gerakan melingkar kecil atau perlahan-lahan mengubah ritme gerakan dari aslinya menjadi cepat dan kemudian perlahan lagi.

8. Simbal

Alat Musik Ritmis
Alat Musik Ritmis

Memiliki bentuk bulat menyerupai seperti cakram, dimana jenis alat ini memiliki beberapa urutan yang masing -masing memiliki diameter yang berbeda dengan adanya perbedaan dimeter tersebut sehingga pada saat alat ini dimaikan ia menghasilkan suara yang lebih keras.

Cara Memainkan

Adapun cara yang dapat dilakukan untuk memainkan salah satu instrumen irama modern ini ialah cukup dengan memukul kedua cakram dengan menggunakan alat khusus yang disebut stick.

Secara umum, instrumen ini sering terlihat di band musik. Simbal ini termasuk dalam instrumen tempo rock atau pop.

9. Triangle

Alat Musik Ritmis
Alat Musik Ritmis

Banyak orang berpikir bahwa segitiga ini bukan merupakan sebuah alat musik/ instrumen, tetapi penggunaannya terbilang sangat ritmis dan bahkan banyak orang menyukainya alat yang satu ini.

Cara Memainkan

Tentu saja, banyak cara untuk memainkan alat yang berbentuk segitiga ini tergantung pada jenis musik dan keahlian yang dimiliki oleh orang ingin yang memainkannya.

Seperti misalnya, samba, rock, dan musik tradisional dimainkan dengan cara yang berbeda dan menarik. Segitiga biasanya dimainkan dengan memukul ke luar.

Namun, karena ritme musik memerlukan beberapa perubahan tempo, ritme harus bergerak dalam segitiga. Ini dapat menghasilkan suara yang lebih keras dan lebih cepat.

Ingatlah untuk tidak menyentuh segitiga saat itu bergetar sebab hal tersebut akan seketika dapat menghentikan getaran, dan akhirnya membuat suara yang dijhasilkan dari alat ini ketika dipukul menjadi menghilang.

Pada negara Louisianan, USA America serikat, dimana alat Instrumen berirama ini disebut Titfer, dan cara memainkannya adalah dengan memukul. Jadi Anda dapat mengatakan bahwa segitiga ini menggantikan drum.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan, semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk sobat semua.

Baca Juga :