Kata Kerja Material

Posted on

Kata Kerja Material – salam sejahtera bagi pembaca semua. Sebelumnya kabarkan.com telah menjelaskan materi mengenai Kongres pemuda 1. Tentunya kabarkan.com kali ini akan membahas dan menjelaskan mengenai Kata Kerja Material secara jelas baik dari Pengertian, Jenis dan Contoh. Tanpa menunggu lama berikut pemaparannya:

Kata Kerja Material
Kata Kerja Material

Pengertian Kata Kerja Material atau Relasional

Kata kerja material ialah kata-kata yang menunjukkan apakah subjek berkinerja, atau kata kerja menunjukkan aktivitas yang dapat dikenali dengan jelas.
Misalnya:

  • Potong: mama memotong sayuran untuk memasak
  • Pegang:nHei, dia terus memegang tanganku
  • Meluncur: luncurkan bola dengan perlahan
  • Pembukaan: Harun jelas sedang dalam perjalanan ke sekolah
  • Baca: Harun suka membaca buku
  • Berjalan: Sore hari saya melintasi taman
  • Lihat: Saya meliat dia sangat cantik
  • Menulis: menulis puisi, itu menyenangkan
  • Makanan: Makanan enak bersama kali ini
  • Berenang: angsa berenang di sungai
  • Bank Indonesia telah mulai mengeluarkan uang kertas baru.
  • Pemerintah Indonesia telah mengambil mata uang Belanda dari peredaran dan telah menjadikan Nanpo Kaihatsu Ginko Bank mata uangnya sendiri.

Struktur kalimat dari bahan kata kerja ialah subjek (aktor) + kata kerja + objek (objek)
Misalnya kalimat ;

  • Semua wanita menyusui ASI.
  • Sang ibu membuat taruhan.
  • Teknisi elektronik yang memperbaiki mesin cuci dapat digunakan kembali.
  • Harun menulis cerita baru setelah shalat malam.

Pertanyaan apa itu kalimat dari Kata kerja, ialah kata yang melukiskan suatu proses, situasi yang tidak sesuai dengan alam atau perubahan. Prediksi sering digunakan dalam kata kerja.

Ciri – Ciri Kata Kerja Material atau Relasional

Jenis kata ialah penunjukan yang memenuhi kriteria dan prosedur untuk menentukan kriteria morfologis.

  1. Koleksi kata
    Semua ciri kata di bawah, apakah itu kalimat atau kata-kata yang tidak mengandung lampiran, memiliki kesamaan struktural yang dapat diselesaikan dengan serangkaian kata dengan + tambahan.
  2. Bentuk morfologis
    Semua kata yang mengandung mem, mem, berm, di -, – dan – i atau kombinasi keduanya dapat secara literal. Selain itu, beberapa kata kerja tidak mengandung bentuk-bentuk ini, tetapi mereka mengandung kata kerja tradisional.
    misalnya; tidur, bangun, mandi, makan, pulang, pulang, pulang, duduk, berpartisipasi, naik ke atas, berpartisipasi, lupa dan mengingat.
Baca Juga :  Administrasi Perkantoran

Misalnya:

  • Dia pergi dengan cepat.
  • Bocah itu berteriak keras.
  • Bocah itu tidur nyenyak.

Semua jenis kata yang dapat dikembangkan dengan serangkaian kata Dengan kata sifat adalah kata kerja.

Jenis Kata Kerja Material atau Relasional

Ada berbagai jenis kata kerja yang sering digunakan bahkan ketika Anda berbicara. Tulis, perbaiki, atau ilustrasikan sebagai contoh kata kerja. Karena ada begitu banyak kata kerja, kata kerja dibagi menjadi dua jenis, kata kerja relasional dan kata kerja material.

Apakah kata kerja material ? Kata-kata yang menunjukkan apakah subjek melakukan sesuatu, atau kata kerja yang menunjukkan aktivitas fisik yang terlihat jelas. seperti yang saya sebutkan di atas.

Kata kerja relasional itu?Kata kerja yang menekankan lebih atau lebih kata kerja yang berguna sebagai hubungan antara subjek dan pelengkap. Frasa dengan kalimat interpretasi relasional harus saling melengkapi, jika tidak membingungkan.

Misalnya; Karena itu, kapan dan dan

Struktur kalimat dari kata kerja hubungan adalah Subjek + Kata Kunci Hubungan + Lengkap
Misalnya kalimat:

  • Kakak anak wanita/laki-laki yang tertua

Kakak itu sebagai objek adalah kata kunci dari hubungan dan anak yang lebih tua adalah pelengkap yang harus ada.

Contoh Kata Kerja Material atau Relasional

Seperti halnya dengan kata benda , untuk menentukan apakah sebuah kata adalah kata kerja atau tidak , kita mengikuti dua Contoh-contoh kata kerja berhubungan dengan kalimat

  • Domba, kata kerja relasional.
    Domba ialah bagian dari vertebrata. Penjelasan: Objek = bagian “dan pelengkap =” vertebrata “Kata-kata ini harus mengandung kata-kata pelengkap, jika kata tersebut membingungkan karena kata pelengkap dalam kalimat juga dikenal sebagai (objek + deskripsi).
  • Tuan Grace ialah pemimpin suatu suku di Papua.”
    Penjelasan: Subjek = “Mr. Grace”, kata kunci hubungan = “a” dan kata-kata tambahan = “pemimpin suku di Papua”. Kata-kata ini harus mengandung kalimat pelengkap, jika tidak akan membingungkan. Karena kata pelengkap dalam kalimat juga dimainkan sebagai (deskripsi + objek).
  • Selamet menjadi siswa yang mendapatkan predikat pertama.
    dapatkan dan kata tambahan = “pertama di kelas”. Kata-kata ini harus mengandung kalimat pelengkap, jika tidak akan membingungkan. Karena kata pelengkap dalam kalimat juga dimainkan sebagai (deskripsi + objek).
  • Ayah memiliki empat hektar lahan pertanian.
    Penjelasan: Objek = induk, hubungan kata kunci = “memiliki” dan kata-kata tambahan = “hingga empat hektar.” Kata-kata ini harus mengandung kalimat pelengkap, jika tidak akan membingungkan. Karena pelengkap doa (deskripsi + objek) termasuk dalam kalimat.
  • Valentino Rossi menempati urutan kedua dalam klasifikasi MotoGP internasional
    Penjelasan: Objek = “Valentino Rossi”, hubungan kata kunci = “sibuk” dan kata-kata tambahan = “peringkat 2 di peringkat internasional MotoG”. Kata-kata ini harus mengandung kalimat pelengkap, jika tidak akan membingungkan. Karena pelengkap doa (deskripsi + objek) termasuk dalam kalimat.
  • Jokowi merupakan salah satu petinggi terbaik di negara merah putih.
    Penjelasan: Subjek = “Berikan”, kata kerja relasional = “mengandung” dan kata-kata tambahan = “petinggi terbaik di negara merah dan putih”. Kata-kata ini harus mengandung kalimat pelengkap, jika tidak akan membingungkan. Karena kata pelengkap dalam kalimat juga dimainkan sebagai (deskripsi + objek).
  • Ayah adalah kepala keluarga.
    Penjelasan: Objek = induk, hubungan kata kunci = “adalah” dan kata tambahan = “kepala rumah tangga”. Kata-kata ini harus mengandung kalimat pelengkap, jika tidak akan membingungkan. Karena pelengkap (deskripsi + objek) termasuk dalam kalimat.
Baca Juga :  Contoh Surat Keterangan Kerja

Sekarang, dengan beberapa contoh sebelumnya, kita dapat melihat bahwa kata kerja relasional ialah kata-kata yang menghubungkan topik dengan kata-kata tambahan untuk membuat kata-kata lebih mudah dimengerti. Berikut ialah contoh dari kata kerja dan deskripsi relasional ini. Saya harap saya dapat membantu Anda lebih memahami pelajaran yang telah saya pelajari. Terima kasih sudah membaca, sampai bertemu di artikel selanjutnya.

Jelaskan penegertian Kata kerja Material ?

Kata material ialah kata-kata yang menunjukkan apakah subjek berkinerja, atau kata kerja menunjukkan aktivitas yang dapat dikenali dengan jelas.

Ada berapakah ciri kata kerja rasional dan berikan penjelasannya ?

1. Koleksi kata.
2. Bentuk morfologis

Berikanlah satu contoh yang termasuk kalimat yang menggunakan kata kerja, minimal dua ?

– Valentino Rossi menempati urutan kedua dalam klasifikasi MotoGP internasional.
– Jokowi iaalah salah satu petinggi terbaik di negara merah putih.