Jenis Pengangguran Adalah

Posted on

Jenis Pengangguran Adalah – kelompok tenaga kerja yang belum terlibat dalam kegiatan menghasilkan uang. Pengangguran tidak terbatas pada orang yang belum bekerja. Bahkan orang yang mencari pekerjaan, dan orang yang sudah bekerja tetapi tidak bekerja, dapat digolongkan sebagai pengangguran.

Kali ini kabarkan.com akan memberikan pelajaran mengenai Jenis Pengangguran Adalah. Dimana pelajaran ini akan dikupas secara jelas, dengan berdasarkan Pengertian, Jenis, Prinsip, Cara Mengatas Dan Contohnya.

Pengertian

Pengangguran Adalah kelompok tenaga kerja yang belum terlibat dalam kegiatan menghasilkan uang. Pengangguran tidak terbatas pada orang yang belum bekerja. Bahkan orang yang mencari pekerjaan, dan orang yang sudah bekerja tetapi tidak bekerja, dapat digolongkan sebagai pengangguran.

Jenis Pengangguran Adalah
  • Pengangguran adalah jumlah pekerja dalam perekonomian yang secara aktif mencari pekerjaan, tetapi belum menerimanya. (Sukirno)
  • Pengangguran adalah situasi ketika seseorang yang termasuk dalam kategori kerja tidak memiliki pekerjaan dan juga tidak aktif mencari pekerjaan.
Jenis Pengangguran Adalah

Jenis – Jenis Pengangguran

Jenis pengangguran dibagi menjadi 2 kelompok: yang pertama adalah jenis pengangguran tergantung pada penyebabnya, dan yang kedua adalah jenis pengangguran tergantung pada lamanya waktu bekerja.

Jenis Pengangguran Bergantung Pada Penyebabnya

Jenis ini dibagi menjadi 4 jenis, yaitu:

1) Pengangguran siklis

Pengangguran ini disebabkan oleh naik turunnya ekonomi di negara ini. Ketika ekonomi mengalami penurunan daya beli masyarakat, itu akan menurun. Akibatnya, perusahaan akan mengurangi produksi, dan banyak perusahaan akan memberhentikan karyawan.

2) Pengangguran struktural

Pengangguran struktural adalah jenis pengangguran yang disebabkan oleh perubahan struktur ekonomi. Misalnya, transisi ekonomi dari sektor perkebunan ke sektor industri. Orang-orang yang ingin bekerja di sektor industri merasa sulit untuk bekerja karena mereka terbiasa bekerja di sektor perkebunan, sehingga mereka harus beradaptasi jika ingin bekerja di sektor industri.

3) Pengangguran friksional

Pengangguran friksional adalah pengangguran yang disebabkan oleh sistem yang tidak dapat menyatukan para pemula dan pencari kerja. apakah karena keterbatasan informasi, waktu atau geografi.

4) Pengangguran teknologi

Pengangguran teknologi disebabkan oleh transisi dari tenaga kerja manusia ke teknologi. Perusahaan biasanya lebih suka menggunakan tenaga mesin daripada tenaga manusia karena lebih cepat, lebih mudah, dan lebih ekonomis.

Jenis pengangguran berdasarkan lama kerja

Jenis pengangguran ini juga dibagi menjadi 4, yaitu:

1) Pengangguran terbuka

Pengangguran terbuka adalah keadaan seseorang yang tidak bekerja sama sekali dan sedang berusaha mencari pekerjaan. Pengangguran terbuka disebabkan oleh kenyataan bahwa lowongan tidak tersedia atau tidak ada korespondensi antara lowongan dan pendidikan.

Baca Juga :  Prediksi Soal UN SMA

2) Pengangguran tidak penuh waktu / setengah pengangguran

Jenis pengangguran ini ditujukan bagi mereka yang memiliki pekerjaan, tetapi waktu kerja hanya sedikit atau tidak sesuai dengan tingkat standar 7-8 per hari, sehingga penghasilannya terkadang tidak mencukupi.

3) Pengangguran tertutup

Pengangguran tertutup adalah pengangguran untuk orang yang memiliki pekerjaan tetapi produktivitasnya rendah. apakah karena ketidakcocokan pendidikan dengan kerajaan atau yang lain. Jenis pengangguran ini menyebabkan produktivitas tenaga kerja rendah.

4) Pengangguran musiman

Pengangguran musiman adalah pengangguran yang tidak dapat bekerja selama pergantian musim, misalnya, orang yang bekerja sebagai petani padi akan bekerja selama musim panen, setelah itu mereka akan tetap menganggur untuk mengantisipasi musim berikutnya. Begitu pula dengan nelayan.

  • Bagaimana cara mengatasi pengangguran struktural

Untuk mengatasi masalah pengangguran ini, metode berikut digunakan:
a. Peningkatan mobilitas modal dan tenaga kerja
b. Segera pindahkan kelebihan pekerja dari lokasi dan sektor berlebih ke sektor dan lokasi yang kurang beruntung.
c. Melakukan pelatihan angkatan kerja untuk mengisi lowongan karena kurangnya keterampilan kerja.
d. segera menciptakan industri padat karya di daerah dengan tingkat pengangguran tinggi.

Cara Mengatasi Pengangguran Friksional

Untuk mengatasi jenis pengangguran ini, Anda dapat melakukan hal berikut:
a. Memperluas peluang kerja dengan menciptakan industri baru, terutama yang padat karya.
b. Deregulasi dan birokratisasi di berbagai industri untuk merangsang investasi.
c. Berkontribusi pada pengembangan sektor informal, seperti industri rumah tangga
d. Mempromosikan program transisi untuk penyerapan tenaga kerja di sektor pertanian dan sektor lainnya.

Cara Mengatasi Pengangguran Musiman

a. Informasi cepat jika ada lowongan di sektor lain
b. Memberikan pelatihan di bidang lain untuk menggunakan waktu di musim tertentu

Bagaimana Cara Menghadapi Pengangguran Siklis

a. Mengarahkan permintaan masyarakat akan barang dan jasa
b. Meningkatkan kekuatan masyarakat.

Contoh pengangguran

Contoh pengangguran struktural dapat diibaratkan dengan perubahan dalam struktur ekonomi, yang telah berubah, pada awalnya sangat mengandalkan di bidang pertanian dan berubah menjadi bidang perindustrian.

Karena perubahan struktural, pekerja yang dulu bekerja sebagai petani atau pekerja pertanian seharusnya bisa bekerja di industri.

Keahlian ini disebut kemampuan untuk mengontrol peralatan pabrik. Tetapi karena sebagian besar petani atau pekerja pertanian tidak memiliki pengalaman yang diperlukan, petani yang tidak memiliki pekerjaan karena tanah pertanian mereka telah dikonversi menjadi pabrik dapat diklasifikasikan sebagai pengangguran struktural.

Karena para petani ini tidak dapat menggunakan mesin pabrik dan tidak berada di daerah di mana ada lowongan yang sesuai dengan kemampuan mereka, tingkat pengangguran di negara ini juga lebih tinggi.

Penyebab Pengangguran Struktural

Penyebab – penyebab Pengangguran Struktural adalah sebagai berikut :

Ketidakcocokan Geografis

Ini terjadi ketika seorang karyawan harus pindah ke negara lain atau negara di mana keterampilannya dapat digunakan dengan baik, tetapi karena alasan tertentu ia harus menolak tawaran pekerjaan.

Baca Juga :  Contoh Analisis

Nah, pekerja itu menolak untuk meninggalkan negara itu karena beberapa alasan. Ini mungkin karena biaya keuangan yang terkait dengan relokasi, atau keberatan meninggalkan keluarga dekat Anda secara permanen

Mengubah Kondisi Pasar

Dinamika atau kondisi pasar tenaga kerja sangat mempengaruhi jenis pengangguran ini. Perubahan kondisi pasar, seperti perubahan teknologi, pada akhirnya mengubah permintaan tenaga kerja.

Pelatihan bisa menjadi masalah besar ketika pekerja mencoba memprediksi pasar tenaga kerja di masa depan. Karena pelatihan keterampilan khusus membutuhkan banyak waktu dan sumber daya, bukan?

Tingkat Pendidikan Rendah

Orang yang terampil dan berpendidikan umumnya lebih sering bekerja di perusahaan. Namun, sayangnya, penduduk tidak trampil menganggur pada tingkat 30% hingga 40%.

Karena itu, pemerintah mengalokasikan anggaran yang signifikan untuk pendidikan. Namun, sebagian dari anggaran yang tersedia tidak digunakan sejauh mungkin dan tidak memiliki dampak signifikan pada kehidupan sehari-hari.

Perubahan Musiman

Salah satu alasan pengangguran struktural adalah perubahan musiman. Misalnya, konstruksi dan pertanian hanya akan berlangsung di musim panas. Dengan demikian, pekerja di kedua sektor dapat menganggur selama musim hujan atau musim dingin, ketika pengangguran struktural terjadi, sehingga mereka tidak dapat bekerja dan menghasilkan suatu produk.

Tidak Bisa Mengikuti Perkembangan Teknologi

Di dunia sekarang ini, banyak perusahaan menciptakan permintaan akan pekerja yang sangat terampil untuk menggunakan teknologi terbaru. Ini disebabkan oleh fakta bahwa pekerja dan perusahaan tidak kalah bersaing dengan perusahaan lain, terutama dengan perusahaan sejenis, dan dapat bekerja lebih cepat menggunakan mesin dan teknologi.

Cara Mengatasi Pengangguran

Untuk mengatasi masalah pengangguran struktural ini, ada beberapa solusi yang bisa kita gunakan sebagai panduan, yaitu:

Tingkatkan Modal Bisnis

Untuk meningkatkan sirkulasi dan perputaran modal dan jumlah karyawan agar dapat mengurangi pengangguran.

Migrasi Ke Area Kerja

Pergerakan individu mencari pekerjaan atau menganggur ke daerah atau daerah di mana ada lowongan atau migrasi yang sesuai dengan kemampuan mereka.

Memulai Bisnis Anda Sendiri (Pengusaha)

Penciptaan proyek industri atau pekerjaan sendiri sesuai dengan pemeriksaan pengangguran untuk mengurangi pengangguran.

Konseling Ekonomi dan Teknologi Di Komunitas

Memberikan konsultasi dan menginformasikan orang-orang tentang pentingnya menguasai teknologi agar dapat beradaptasi dengan zaman dan memiliki pengalaman untuk beradaptasi dengan perubahan dalam struktur ekonomi.

Membuka Sebanyak Mungkin Pekerjaan

Penciptaan lapangan kerja besar untuk mengakomodasi para penganggur dan meningkatkan ekonomi di kawasan dan negara melalui inovasi baru.

Demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan materi pelajaran ini. Semoga dengan apa yang telah kami sampaikan dalam artikel ini, dapat memberikan pemahaman serta bermanfaat untuk sobat semua. AMIN.

Baca Juga: