Integrasi Adalah

Posted on

Integrasi Adalah – Setelah sebelumnya kabarkan.com telah menerangkan materi tentang Contoh Slogan Maka pada perjumpaan kali ini akan kembali kabarkan.com sampaikan materi tentang Integrasi Adalah, Pengertian, Faktor, Syarat, Jenis, Contoh. Nah untuk lebih jelas nya maka, mari kita simak ulasan nya di bawah ini.

Pengertian Integrasi

Integrasi Adalah
Integrasi Adalah

Integrasi adalah sebuah sistem yang mengalami sebuah penggabungan sehingga menjadi suatu kesatuan yang utuh.

Menurut P Soedarno, integrasi berawal dari kata sifat ‘Integer’ yang mempunyai arti bulat padu, tidak gempil, tidak retak, tidak bercacat, dan utuh.

Menurut Emiliana Sadilah, secara etimologi integrasi berasal dari kata latin yang memiliki arti ialah memberikan empat unsur dalam satu keseluruhan.

Setelah di bentuk kata kerja akan menjadi kata benda bernama integritas yang mempunyai arti kebulatan dan keutuhan.

Selanjut nya integritas ini di bentuk menggunakan kata sifat integer yang berarti secara utuh.

Oleh sebab itu istilah dari integrasi dapat di artikan sebagai membuat pada unsur – unsur tertentu dalam menjadi satu kesatuan yang secara bulat dan utuh.

Lawan kata integrasi ialah Disintegrasi. Disintegrasi dapat dengan mudah di pahami karena keadaan tidak bisa bersatu pada saat menghilang kan keutuhan dan persatuan serta dapat menyebab kan perpecahan.

Pengertian Integrasi Menurut Para Ahli

Paul B. Harton

Menurut Paul B. Harton integrasi merupakan sebuah proses pengembangan di dalam anggota masyarakat, semua kelompok etnis dan ras bisa menggunakan nya secara serentak dalam menjalani kehidupan ekonomi dan budaya.

Hendropuspito

Menurut Hendropuspito integrasi merupakan pernyataan yang diatur secara terancana dari bagian – bagian yang tersusun secara berbeda dan dijadikan menjadi satu kesatuan yang serasi.

Kata integritas sangat berkaitan dalam terbentuk nya suatu bangsa, karena suatu bangsa terdiri dari berbagai unsur yaitu ras, suku, kepercayaan, tradisi, dan lain nya yang berbagai aneka ragam.

Widjaja

Widjaja mempunyai pendapat sendiri bahwa integrasi ialah merupakan keserasian satuan – satuan yang terdapat di dalam sebuah system, dan bukan sebagai penyeragaman, tetapi merupakan dari satuan – satuan yang sedemikian rupa atau tidak merugikan masing – masing satuan.

Faktor-Faktor Assosiatif dalam Proses Integrasi

Integrasi Adalah
Integrasi Adalah

Faktor Kerjasama

Kerjasama timbul karena adanya orientasi seseorang atau perorangan terhadap satu kelompok nya dan kelompok lain nya.

Kerjasama biasa nya akan semakin kuat karena pada saat ada bahaya yang mengancam baik dari dalam ataupun dari luar komunitas.

Faktor Adaptasi

Adapun pengertian dari pada adaptasi atau disebut juga dengan penyesuaian diri adalah sebuah reaksi terhadap sejumlah tuntutan yang terjadi terhadap diri nya sendiri.

Baca Juga :  Contoh Surat Pribadi

Hal ini karena disebabkan kelangsungan hidup manusia didalam bermasyarakat, maka tingkah laku seseorang merupakan sebuah penyesuaian diri terhadap lingkungan, lebih dari itu merupakan penyesuaian terhadap tuntutan dan tekanan sosial terhadap orang lain.

Faktor Asimilasi

Asimilasi dapat ditandai karena usaha-usaha dalam mengurangi perbedaan antara satu orang atau kelompok.

Untuk dapat mengurangi perbedaan, asimiliasi dapat di lakukan dengan menggunakan cara dalam mempererat kesatuan dalam melakukan sebuah tindakan, sikap, dan perasaan, seperti memperhatikan kepentingan serta melakukan tujuan untuk bersama.

Faktor Akomodasi

Akomodasi dapat mudah di pahami dalam suatu proses menjalin hubungan sosial yang mengarah terhadap adaptasi sehingga antar individu maupun kelompok dapat terjalin hubungan yang saling menyesuaikan berguna untuk mengatasi ketegangan – ketegangan.

Atau bisa juga mempunyai arti yang lain, ialah merupakan sebuah proses akomodsi dalam merujuk pada usaha – usaha manusia untuk dapat meredakan pertentangan, dalam melakukan usaha-usaha manusia untuk mencapai kesetabilan.

Faktor Terbentuknya Integrasi

Dalam integrasi yang kuat akan terbentuk dan tercipta karena adanya faktor – faktor yang mempengaruhi. Dibawah ini adalah faktor – faktor yang dapat mempengaruhi terbentuknya integrasi :

  • Adanya rasa saling menghormati. tenggang rasa, dan toleransi.
  • Adanya pernikahan yang terjadi antara suku yang satu dengan suku yang lain.
  • Semakin pesat nya alat transportasi antar daerah dan dalam menjalin komunikasi.
  • Meningkat kan rasa solidaritas sosial yang di pengaruhi karna adanya intensif atas kerja sama yang telah dilakukan antar kelompok dalam masyarakat menghadapi kejadian bersama – sama.
  • Fungsi pemerintahan yang sangat berjalan semakin baik dan bijaksana terutamadapat menyentuh kedalam masyarakat bawah.

Selain itu faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuk nya suatu integrasi.

Dibawah ini faktor – faktor penghalang atau penghambat terjadi nya integrasi :

  • Masyarakat Indonesia yang banyak dan beraneka ragam yang terdiri dari berbagai suku bangsa dan bermacam – macam kebudayaan daerah nya masing – masing, bahasa daerah, agama yang dianut, ras dan lain nya.
  • Wilayah negara yang begitu sangat luas, terdiri dari ribuan pulau yang dikelilingi oleh pegunungan dan lautan luas.
  • Resiko yang besar terhadap ancaman, gangguan, hambatan, bahkan tantangan yang dapat menghancur kan persatuan dan kesatuan bangsa, dan serta keutuhan berbangsa, baik dari dalam negeri ataupun dari luar negeri.
  • Besarnya ketimpangan dan tidak merata nya pembangunan dan hasil – hasil pembangunan yang dapat menimbul kan rasa ketidak puasan.
  • Mempunyai sikap yang menonjol terhadap kelebihan – kelebihan dari budaya dan menganggap rendah budaya suku bangsa yang lain atau yang sering disebut sebagai sistem etnosentrime.

Syarat Berhasil Integrasi

  • Jika kita dapat memperkuat sistem integrasi sosial kita saat berada di dalam diri kita masing – masing yang seharus nya dapat mengendali kan perbedaan dan terjadinya konflik yang ada dalam kekuatan suatu bangsa bukan malah sebalik nya.
  • Pada semua komunitas tentunya terdapat salah seorang yang dapat saling merasakan atau dapat bisa saling memenuhi dari setiap keperluan antara satu sama lain.
Baca Juga :  Kedudukan Pancasila

Jenis-Jenis Integrasi

Integrasi dapat terbentuk dalam suatu prose yang memerlukan waktu cukup panjang dan waktu yang cukup sangat lama.

Di bawah ini adalah jenis – jenis integrasi :

Integrasi Nasional

Integrasi nasional ialah merupakan suatu proses adaptasi antar unsur -unsur yang berbeda dalam menjalani kehidupan di masyarakat secara nasional sehingga dapat menghasil kan suatu pola kehidupan yang serasi dan dapat memberikan fungsi tersendiri bagi masyarakat.

Integrasi Bangsa

Integrasi bangsa ialah suatu golongan yang banyak beranekaragam dan sangat berbeda – beda,mereka tidak bisa di rumuskan secara eksak.

Karena mereka mempunyai faktor – faktor yang objektif tertentu dapat membedakan nya dengan bangsa yang lain.

Integrasi Sosial

Penyesuaian dalam mengatasi unsur – unsur yang sangat berbeda terutama dalam menjalani kehidupan sosial sehingga dapat menghasil kan pola kehidupan yang nyaman bagi masyarakat luas.

Integrasi Kebudayaan

Integrasi budaya ialah suatu proses penyesuaian antar unsur – unsur kebudayaan yang saling berbeda sehingga mencapai suatu keserasian dalam menjalani kehidupan masyarakat.

Integrasi Masyarakat

Integrasi dalam masyarakat merupakan sebuah proses perpaduan atau penyatuan antar unsur – unsur dalam masyarakat yang dapat meliputi peranan nasional, pranata sosial, dan kedudukan sosial.

Contoh Integrasi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Di bawah ini ada beberapa contoh integrasi yang perlu sobat ketahui yang diantaranya ialah sebagai berikut :

Sikap Gotong Royong Antar Masyarakat

Contoh dari sikap gotong royong antar masyarakat ialah seperti melakukan kerja bakti, dapat membantu masyarakat yang akan melaksanakan hajatan, dan lain sebagainya.

Menta’ati Guru Disekolah

Menaati guru sama halnya dengan menaati orang tua. Alasannya adalah guru merupakan orang tua Anda ketika di sekolah. Dengan taat terhadap guru maka akan tercipta suasana tenang dan harmonis dalam kegiatan pembelajaran.

Menta’ati Peraturan Disekolah

Tujuan dalam menta’ati peraturan yang ada di sekolah adalah agar dapat terwujud nya sikap saling menghargai.

Dengan cara menghargai nama baik sekolah, maka akan terwujud rasa cinta terhadap sekolah. dan rasa cinta ini merupakan bentuk dari integrasi.

Menta’ati Peraturan Undang-Undang

Dalam menta’ati peraturang undang-undang yang sudah berlaku dapat dikatakan sebagai salah satu sikap integrasi.

Karena undang-undang merupakan dasar peraturan yang berlaku dan wajib di taati oleh setiap warga negara di manapun.

Menghargai Waktu

Seseorang yang mampu menghargai waktu lebih akan dapat menyesuai kan diri dalam menjalani kehidupan bermasyarakat sehingga akan semakin mudah tercipta nya sikap integrasi.

Demikianlah materi pembahasan kita kali ini mengenai integrasi, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :