Echinoidea

Posted on

Echinoidea –  Setelah sebelumnya ContohSoal.co.id telah menerangkan materi tentang Echinodermata MAka dipertemuan kali ini akan ContohSoal.co.id paparkan materi tentang Echinoidea secara lengkap mulai dari pengertian, Alat gerak, ciri dan gambar landak laut. Nah untuk lebih jelasnya mari simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Echinoidea

Echinoidea

Apa yang dimaksud dengan Echinoidea? atau disebut juga (Landak laaut) ialah merupakan suatu hewan laut yang mempunyai bentuk bundar dan memiliki duri pada kulitnya yang dapat digerakkan.

Pada jenis binatang ini dapat terbagi menjadi sekitar 950 spesies dan biasanya dapat ditemukan mulai dari daerah pasang surut sampai di kedalaman 5.000 meter.

Echinoidea atau yang kerap disebut dengan Landak laut pada umumnya habitanya hidup di daerah pantai, di atas batu karang, di dasar laut, dalam lumpur, atau di sumur-sumuran daerah pantai, bahkan ada juga yang hidup di daerah muara sungai dengan membenamkan diri di tanah liat atau di bawah karang.

Karakteristik Echinoidea

Mulut hewan ini terdapat di bagian bawah (oral) yang dilengkapi dengan lima gigi tajam dari zat kapur. Gigi tersebut digunakan untuk menggali lubang pada lapisan pasir atau batuan sebagai tempat tinggalnya atau sarang. Hewan ini biasa memakan tumbuhan laut dan sisa-sisa hewan.

Kemudin mempunya bentuk tubuh yang bulat sebab cangkoknya tersusun atas jajaran lempeng kapur yang tersambung membentuk bola. Pada cangkang terdapat tonjolan (Tuberkulum) yang merupakan tempat persendian duri-duri.

Duri-duri dibentuk dari kristal kalsium karbonat yang berujung melebar dan berhubungan dengan tuberkulum. Kemudian pada Pangkal dibagian duri terikat sebuah otot sehingga membuat duri dapat di gerakkan.

Kemudian Diantara duri terdapat pediselaria yang berguna untuk dapat menangkap makanan dan membersihkan tubuh. Letak madreporit hewan ini di daerah aboral, sedangkan saluran cincinnya melingkari kerongkongan, dan saluran radial berada di dalam cangkang yang berhubungan dengan kaki ambulakral.

Gambar Echinoidea ( Landak Laut)

Landak laut

Ciri-ciri Echinoidea 

Echinoidea atau yang sering disebut Landak laut ialah merupakan suatu hewan laut yang berbentuk bundar dan tertutup duri yang dapat digerakkan di seluruh permukaan tubuhnya. Tubuh dibagi menjadi bahgian oral dan aboral.

Baca Juga :  Sistem Nemathelminthes

Cangkang tersusun oleh zat kapur yang tersusun membentuk pola. Duri-duri di permukaan tubuhnya bersendi pada bagian yang menonjol (tuberkel) sedangkan bagian yang tidak berduri terlihat memiliki kaki tabung (kaki ambulakral) yang digerakkan oleh sistem peredaran air. Landak laut dapat dijumpai di daerah pasang surut hingga kedalaman 5000 meter dengan substrat karang maupun pasir.

  • Mempunyai 5 radula
  • Memakan hewan lain yang telah mati
  • Anus madreporit atau kelamin dipermukaan dorsal
  • Tempat reproduksi secara fertilisasi eksternal
  • Mempunyai alat penghisap disetiap durinya.

Sistem Organ Dalam Tubuh Echinoidea

Sistem OrganKeterangan
Sistem pencernaan makananSistem pencernaan berupa saluran panjang dan melingkar dalam cangkang. Dan pada salurannya dimulai dari mulut, yang terletak di daerah oral, kemudian kerongkongan yang mempunyai saluran yang disebut sifon dan bersilia.

Yang mana pada saluran tersebut dapat menghubungkan kerongkongan dengan usus. Saluran pencernaan yang dikelilingi oleh lima rangka samping yang ada dalam cangkang (terkenal sebagai “lentera aristoteles”) adalah lambung yang di perluas oleh kantong-kantong dan berakhir di rektum.

Kemudian pada Anus terdapat didaerah permukaan aboral, yakni pada pusat tubuh diantara lempeng kapur yang mengandung dua, empat, sampai lima lubang genital.

Beberapa echinoidea memiliki mulut dan anus di bagian pinggir tubuhnya, tetapi ada pula yang mulutnya terletak di tengah.

Sistem pernapasanPernapasan dilakukan oleh 10 insang yang menjorok ke membran peritonium.
Sistem sarafPada jaringan saraf yakni menyerupai sebuah cincin yang melingkari mulut yang selanjutnya bercabang ke saraf radial.
Sistem reproduksiKemudian pada sistem , dimana hewan ini mempunyai empat sampai lima gonad yang terdapat didaerah permukaan aboral.

Dari gonad terdapat saluran ke lubang genital. Sesudah perjadi fertilisasi di air, maka hasil fertilisasi akan tumbuh menjadi larva.

 

 

 

 

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai echinoidea, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :