Planet Mars

Posted on

Planet Mars – Materi makalah pembahasan kali ini mengenai planet mars beserta Pengertian, Ciri, Struktur, Sejarah, Karateristik dan Faktanya, tapi sebelum kami bahas lebih dalam lagi, namun dipertemuan sebelumnya kami telah membahas mengenai Ciri-ciri Planet. Baiklah langsung aja mari kita simak bersama ulasan di bawah ini.

Pengertian Planet Mars

Kata “mars” diambil dari nama dewa perang pada mitologi Romawi dan dianggap sebagai dewa Ares pada mitologi Yunani. Sedangkan Mesir Kuno menyebutnya sebagai Her Desher yang berarti “yang merah”. Hal ini sesuai dengan julukan planet Mars sebagai “planet merah” karena tampak dari jauh bewarna kemerah-merahan.
Mars ialah merupakan planet bebatuan dengan atmosfer yang tipis.Yang mana pada permukaannya terdapat sebuah  kawah, gunung berapi, lembah, gurun dan tudung es.  Di Mars terdapat Olympus Mons yang merupakan gunung tertinggi di Tata Surya dan juga terdapat Valles Marineris, lembah terbesar di Tata Surya. Cekungan borealis yang meliputi 40% permukaan Mars yakni terdapat pada belahan utara
 
Dalam bahasa Arab planet mars disebut juga dengan sebutan Marikh, sedangkan dalam bahasa Sanskerta disebut Anggoro. Dilihat dengan mata telanjang (tanpa teropong) maupun dengan teropong, Mars akan nampak bewarna merah. Orang jawa biasanya menyebut planet Mars sebagai Lintang Joko Belek (“Belek” adalah sejenis penyakit mata bewarna merah dan terus mengeluarkan lendir).
 
Info Geogarafi
Mars mempunyai dua buah satelit yang ditemukan pada tahun 1877 oleh seorang ahli astronomi Amerika, Asaph Hall. Ia menamainya Deiomos (terror) dan Phobos (rasa takut). Kedua satelit tersebut bentuknya tidak teratur dan sangat kecil.
 
Deiomos, satelit luar berukuran sekitar 9 sampai 11 km. Phobos, satelit dalam berukuran sekitar 16 sampai 22 km. Foto-foto memperlihatkannya sebagai benda-benda gelap dan penuh karang, berlubang-lubang dengan kawah dan menyerupai asteroid.
 
Mars berukuran jauh lebih kecil daripada Bumi. Rata-rata diameternya 6.780 km, lebih sedikit dari 1/2 garis tengah bumi. Volumenya hanya sekitar 1/7 dari volume Bumi. Jumlah cahaya dan panas yang diterima Mars dari matahari pada tiap-tiap permukaannya, adalah kurang dari 1/2 yang diterima Bumi.
 
Jarak rata-rata Mars dari matahari adalah sekitar 228.000.000 km. Mars menyelesaikan orbitnya mengelilingi matahari dalam 687 hari, berjalan sepanjang lintasannya pada kecepatan rata-rata 24 jam per detik. Planet mars mempunyai perpanjangan hari yakni 24 jam 37 menit 23 detik.

Ciri-Ciri Planet Mars

planet mars
planet mars
Planet Mars tidak diselimuti awan sehingga dapat dilihat dan ditemukan sejumlah noda. Setelah beredar kembali pada kedudukan semula terlihatlah bagian permukaan Mars yang beraneka warna. Dari noda-noda itu pula dapat diketahui bahwa rotasi Mars adalah 24 jam 37 menit 23 detik.  Adapun para astronom peneliti Mars, yaitu sebagai berikut.
Giovanni Schiaparelli (1835-1910)
Giovanni adalah astronom Italia. Pada tahun1877, ia memetakan Mars secara teliti. Ia menemukan bidang-bidang hitam pada permukaan Mars dengan garis-garis hitam yang disebutnya canalo (kanal = terusan). Canalo ini jumlahnya banyak, panjangnya beratus-ratus kilometer, dan lebarnya 2-3 kilometer. Hal tersebut dibenarkan oleh Lowel (astronom Amerika) yang membangun observatorium peneropong bintang “Lowel Observatory” untuk menyelidiki Mars.
 
Menurut Lowel, di Mars terdapat terusan-terusan Mars (Martian Canals) yang mengalirkan air pada musim semi dari utara ke selatan dan di musim gugur dari selatan ke utara. Setelah diadakan pengamatan dengan teropong yang baik, semula yang terlihat seperti garis-garis panjang, ternyata hanya titik-titik yang sangat banyak. Dengan teropong kecil, titik-titik itu berimpit menjadi garis. Jadi, Giovanni Schiaparelli telah membuat kesalahan dalam melihat dan membuat penafsiran.

Coblentz dan Lampland (1922)

Ia mengadakan pengukuran dan pembagian temperatur di permukaan Mars (M. Ratim. 1982).
Temperatur Planet Mars
Temperatur di tengah-tengah permukaan Mars, yaitu:
 
Tanggal 25 Juli 1924 adalah 21oC
 
Akhir bulan Juli 1924 adalah -9oC
 
Tanggal 25 Agustus 1924 adalah +15oC
 
Temperatur pagi hari pada sisi timur turun dari 21oC pada tanggal 1 Agustus sampai 77oC
 
Tanggal 12 September 1924, temperatur malam di sisi barat adalah 0oC
Temperatur di Kutub Utara Mars dan sekitarnya, di musim dingin adalah -100oC, sehingga menyebabkan perubahan temperatur harian dan tahunannya sangat besar
Temperatur di dekat khatulistiwa Mars, pada musim panas, yaitu:
 
Temperatur pukul 12.00 (siang) adalah 25oC
 
Temperatur pukul 17.00 adalah 0oC
 
Temperatur pukul 24.00 adalah 60oC
 
Temperatur pukul 07.00 (pagi) adalah -30oC.

Karakteristik Planet Mars Secara Umum

Diameter 6.794 km
Jarak rata-rata dari Matahari 227,9 juta km
Kala rotasi 24 jam 37 menit
Kala revolusi 687 hari
Rata-rata suhu -65 derajat celcius
Jumlah satelit 2
Cincin tidak ada
Tersusun atas karbondioksida yang sangat tipis
 
Planet Mars dilihat dengan teleskop yang kuat, tampak 2 buah satelit yang mengiringinya, yaitu Deimos dan Phobos. Jarak Mars dengan matahari adalah 228 juta km (1,5 SA). Garis tengah Mars adalah 6.800 km (lebih pendek dari garis tengah bumi, yaitu 12.800 km). Rotasi Mars selama 24 jam 37 menit 23 detik. Revolusinya (peredaran Mars mengelilingi matahari) satu kali beredar, yaitu 1,88 tahun (hampir 23 bulan atau 687 hari).
 
Satelit Phobos terlihat seperti terbit di barat dan terbenam di timur, sebab revolusi Phobos (peredaran mengelilingi Mars) lebih lambat dibandingkan revolusi Mars mengelilingi matahari. Tanah Mars tandus, terdiri dari batu-batuan serta bukit pasir merah jingga.
 
Lembah raksasa di Mars lebih besar dan dalam dibandingkan dengan Lembah Grand Canyon of Colorado di Amerika Serikat. Olympus Mons, sebagai gunung berapi terbesar di Mars (2 1/2 kali lebih tinggi dari Mount Everest di bumi). Sementara Mount Everest, puncak tertinggi di bumi tingginya adalah 8.800 meter di atas permukaan laut.

Struktur Planet Mars

Struktur planet Mars dibedakan menjadi dua macam yaitu struktur dalam dan struktur luar. Berikut ini penjelasan lengkapnya.
Struktur Dalam Planet Mars

Struktur Luar Planet Mars

Jarak palnet Mars dengan Matahari lebih jauh jika dibandingkan dengan jarak Bumi dengan Matahari. Atmosfir yang ada pada Planet ini berbeda dengan dibumi. Dimana di Mars ditemukan kandungan kecil metana. Kandungan metana ini dapat menandai kehidupan di Mars

Permukaan Planet Mars

Planet Mars memiliki permukaan yang terdiri dari lembah, gunung-gunung, sungai kering, dan lapisan es. Mars memiliki banyak kawah dan gunung berapi, ngarai-ngarai besar dan dalam, dan alur-alur permukaan yang pernah dialiri air.

Iklim dan Atmosfer Planet Mars

Atmosfir yang dimiliki pada planet ini lebih tipis dari yang ada dibumi dengan jumlah tekanan yakni sekitar 1/150 atmosfer Bumi. Atmosfer Mars tersusun dari 95,3% karbondioksida, 2,7% Nitrogen, dan 1,6% Argon, dan gas-gas lainnya seperti karbonmonoksida, oksigen, dan sedikit uap air.

Sejarah Geologi Planet Mars

Terbagi menjadi beberapa masa, namun di bawah ini adalah tiga masa utama:
  • Masa Noachis (atau disebut juga dari Noachis Terra): Pembentukan permukaan tertua Mars, antara 4,5 miliar hingga 3,5 miliar tahun yang lalu.Pada sebuah permukaan yg terdapat pada masa Noachis yang mana telah dipenuhi kawah tubrukan yang sangat besar. 
  • Masa Hesperia (atau disebut juga Hesperia Planum):3,5 miliar tahun yang lalu hingga 2,93,3 miliar tahun yang lalu. Masa ini ditandai dengan pembentukan dataran lava.
  • Masa Amazonis (sering disebut juga Amazonis Planitia):2,93,3 miliar tahun yang lalu sampai sekarang. Olympus Mons terbentuk pada periode ini, dan begitu pula aliran lava lain.

Pergerakan Planet Mars

Mars mengorbit matahari dengan periode 687 hari dengan jarak rata-rata 227.000.000 km. Orbit planet Mars ini berbantuk agak lonjong. Eksentrisnya 0,093. Ketika pada saat mengorbit Matahari, yang mana planet ini berotasi pada sumbunya diperkirakan sekitar 24 jam 36 menit 23 detik.
 Sumbu rotasinya tegak lurus terhadap bidang orbitnya, namun membentuk sudut 25  terhadap gari yang tegak lurus bidang ini. Sumbu kemiringan rotasi mengakibatkan terjadinya perubahan musim seperti yang terjadi dibumi.

Fakta Menarik tentang Planet Mars

Berikut ini merupakan beberapa fakta yang mengejutkan mengenai planet Mars ini, silahkan kalian simak baik-baik uraiannya.
  • Mars Adalah Planet Keempat Terdekat Dari Matahari
Pada jarak sekitar 141 juta mil planet mars mengorbit matahari (sekitar 1,5 AU) dan memerlukan waktu 686,93 hari untuk mengorbit matahari.
  • Mars Adalah Planet Terbesar Ketujuh
Dengan diameter separuh dari yang ada dibumi  (sekitar 4212 mil) dan mempunyai sepersepuluh massa bumi. Dengan Sekitar sepertiga dari bumi permukaan gravitasi yang ada pada planet ini
  • Mars Adalah Sebuah Planet Terestrial Dengan Permukaan Padat
Agar dapat membedakan dengan planet gas seperti Jupiter atau Saturnus  maka menggunakan Istilah terestrial . Planet terestrial seperti Merkurius, Venus, dan Bumi memiliki permukaan yang terbentuk oleh vulkanisme, pergerakan lempeng, dan efek atmosfer seperti badai debu.
Demikianlah materi pembahasan mengenai planet mars kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat menambah ilmu pengetahuan kita semua.

Artikel ContohSoal.co.id Lainnya: