Contoh Karya Ilmiah

Posted on

Contoh Karya Ilmiah – Materi kali ini kita akan membahas Mengenai Contoh Karya ilmiah Sederhana Beserta Pengertian, Tujuan ,Ciri dan Cara membuat karya ilmiah. Namun dipertemuan sebelumnya kami juga telah menyampaikan materi tentang Contoh Karangan Argumentasi . Nah untuk lebih jelasnya simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengrtian karya ilmiah

Contoh Karya ilmiah
Contoh Karya ilmiah

Apa yang dimaksud dengan Karya ilmiah atau biasa dikenal juga dengan sebutan karya tulis ilmiah atau dalam bahasa inggris (Scientific paper). yakni merupakan sebuah laporan yang tertulis dan dibuat berdasarkan hasil olah pikiran, dan juga dari sebuah hasil penelitian atau pengamatan dari seseorang dalam permasalahan tertentu.

Dalam pembuatannyapun berdasarkan dengan kaidah dan aturan yang sudah diberlakukan.

Selai itu dari pembentukan karangan ini juga biasaya lebih dikenal dengan sebutan tulisan akademis (academis writing).

Dimana hal ini disebabkan oleh karena sebuah karya ilmiah banyak dibentuk biasanya dari kalangan perguruan tinggi, yakni oleh seorang dosen atau mahasiswa.

Sebab biasanya didalam suatu perguruan tinggi, mahasiswa akan dilatih agar masing-masing individu dapat menyususn sebuah karya ilmiah , misalnya seperti makalah skripsi dan lain sebagainya.

Dimana biasanya tugas yang serahkan untuk semua didikannya ialah sebuah penyusunan skripsi, sebagai bahan sebuah laoran dalam melakukan suatu penelitian dalam skala kecil.

Akan tetapi makalah yang ditugaskan untuk mahasiswa, lebih tertuju kepada kesimpulan dan pemikiran mahasiswa.

Untuk sebuah masalah pada hal yang telah dipelajari /yang telah dikuasai mahasiswa sebelumnya.

Ciri-ciri dari karya ilmiah

Berikut ini ada keterangannya;

  • Bahasa yang pakai pada karya ilmiah ialah bahasa baku yang tercermin dari pilihan kata/istilah, dan kalimat-kalimat yang efektif dengan struktur yang baku.
  • Pada sautu hasil karya ilmiah pengarang harus memiliki sikap objektif, Kemudian gaya bahasa yang digunakan bersifat impersonal, dan juga berbentuk pasif, tanpa memakai kata ganti dari orang pertama atau kedua.
  • Struktur sajian karya ilmiah begitu ketat, Umumnya terdiri dari bagian pendahuluan, bagian inti (pokok pembahasan), dan bagian penutup.
  • Sesuai jeninya komponen dari karya ilimiah bervariasi.

Sikap Ilmiah

Sikap Ingin Tahu

Apabila berhadapan dengan suatu hal yang baru dikenalnya, maka ia berupaya untuk dapat mengetahuinya; gemar bertanya mengenai obyek; Keseringan memakai alat yang dapat membantu indera agar dapat melakukan suatu penelitian dari sebuah perkara.

Sikap Kritis

Tidak cepat mengambil atau menerima kesimpulan tanpa ada bukti yang kuat, kebiasaan menggunakan sejumlah bukti pada saat akan menarik sebuah kesimpulan; Tidak merasa paling benar yang harus diikuti oleh orang lain; mau mengubah pendapatnya berdasarkan bukti-bukti yang kuat.

Sikap obyektif

Menatap sesuatu apapun adanya obyek tertentu, dengan menjauhkan bias pribadi dan tidak dikuasai oleh pikirannya sendiri.

Sikap ingin menemukan

Karya ilmiah harus bisa memasukan sejumlah saran yang tepat agar melakukan suatu percobaan terbaru; Kemudian selalu membiasam memakai hasil dari berbagai uji coba dengan dengan meakai cara yang terbaik dan juga konstruktif; Kemudian bisa dijadikan sebagai bahan konsultasi yang baru dari hasil sebuah penelitian yang sdudah dilakukannya.

Sikap menghargai karya orang lain

Tak akan pernah melakukan suatu pengakuan dari sebuah karya yang dibuat oleh orang lain sebagai hasil dari sebuah karyanya, bisa terima kebenaran ilmiah bahkan jika memang hasil dari penemua orang/dari bangsa lain.

Sikap tekun

Tidak cepat bosan melakukan penyelidikan, siap mencoba eksprimen yang hasilnya yang mungkin tidak sesuai’ namun tetap masih selalu berupaya akan dalam menjalankan berbagai aktifitas demi memperoleh hasil yang baik; mengenai sejumlah pengetahuan hendak dipelajarinya.

Sikap terbuka

Harus bersedia meneriman argumen orang lain sekalipun berbeda dengan apa yang diketahuinya.buka menerima kritikan dan respon negatif terhadap pendapatnya.

Macam-macam Karya Ilmiah

Artikel Ilmiah Popular

Berbeda dengan artikel ilmiah, artikel popular tidak terkait dengan aturan penulisan ilmiah. Sebab, ditulis lebih bersifat umum, untuk konsumsi publik.

Mengapa Disebut ilmiah populer sebab tujuan dari penyusunannya bukan hanya sekedar untuk keperluan akademik saja melainkan agar dapat dijangkau terhadap semua khalayak. Maka oleh sebab itu sejumlah aturan dalam penulisan ilmiahnya pun tidak terlalu ketat.

Artikel Ilmiah

Kemudian dalam penyusunan Artikel ilmiah ini, dapat tertulis dengan bersifat khusus atau dapat juga sesuai dengan hasil dari diadakannya sebuah penelitian Misalnya seperti skripsi, tesis, yang harus dilandasi dengan adanya sebuah penelitian lainnya supat dapat berbentuk lebih praktis.

Artikel ilmiah dimuat pada jurnal-jurnal ilmiah. yang menjadi ciri khusus artikel ilmiah ialah pada penyajiannya yang singkat padat  tetapi tidak megurangi nilai keilmiahannya.

Baca Juga :  Kontravensi

Adapun artikel ilmiah ini bukan sembarangan artikel, dan karena itu, jurnal-jurnal ilmiah mensyaratkan aturan sangat ketat sebelum sebuah artikel dapat dimuat.

Pada setiap komponen artikel ilmiah ada pehitungan bobot maka oleh sebab itu, jurnal ilmiah harus diatur oleh seorang yang memang ahli dalam bidangnya.

Kemudian dari sejumlah jurnal ilmiah tersebut telah terakredetasi yang mana dalam penyusunannya harus tetap terjaga isi dari artikelnya.

Adapun bagi para ilmuwan, jika artikel ilmiahnya dikekeluarkan dalam sebuah jurnal yang berskala internasional, berarti itu merupakan suatu tanda bahwa keahliannya memang benar-benar‘diakui’.

Disertasi

Kemudian tertinggi dari sebuah pencapaian dalam sebuah akademik ialah yang menyandang gelar predikat Doktor.

Dimana Gelar predikat Doktor (Ph.D) sedangkan mahasiswa bergelar (S3) dan hal tersebut apbila di anggap sudah menyelasaikan dialog secara langsung terhadap Dewan Penguji yang diantaranya ialah profesor atau Doktor dalam bidangnya tersendiri.

Adapun pengertian dari  disertasi adalah hasil tulisan/karya tulis (ilmiah) yang berdasarkan hasil penemuan (keilmuan) orisinil dimana penulis mengemukan dalil yang dibuktikan berdasarkan data dan fakta valid dengan analisis terinci.

Adapun disertasi atau Ph.D/gelar Doktor Thesis ditulis berdasarkan metodolologi penelitian yang mengandung filosofi keilmuan yang tinggi.

Mahahisiswa (S3) harus dapat menyelesaikan masalahnya, berkemampuan berpikikir abstrak serta menyelesaikan masalah praktis.

Adapun disertasi harus memuat penemuan-penemuan baru/orisinil, pandangan yang terbaru, dengan menggunakan tehnik /metode baru mengenai sesuatu yang dijadikan sebagai sebuah cerminan dalam pengembangan ilmu yang ulasa bertaraf tinggi.

Tesis

Tesis adalah jenis karya ilmiah yang kualitas ilmiahnya lebih dalam dan tajam dari pada skripsi.

Ditulis untuk menyelesaikan pendidikan pascasarjan disini artinya mahasiswa dituntut dapat melakukan suatu pengujian suatu hipotesis dalam menemukan ‘ilmu baru’.

Skripsi

Apa yang dimaksud dengan Skripsi ?yakni merupakan sebuah hasil dari suatu karya tulis (secara ilmiah) dari seorang mahasiswa supaya dapat memenuhi syarat dalam memperoleh gelar sarjana (S1) atau merupakan salah satu syarat dari wisuda.

Dalam penulisan skripsi hal itu berdasarkan hasil dari sebuah pendapat (teori) dari orang lain.

Kemudian memperoleh sebuah dukungan berupa data dan juga fakta empiris-objektif, baik berdasarkan hasil dari penelitian secara langsung; Berdasarkan penelitian dilapangan atau hasil dari sebuah lab, dan juga studi kepustakaan.

Dalam pembuatan skripsi, mahasiswa dituntut untuk kecermatan metodologis hingga menggaransi ke arah sumbangan material berupa penemuan baru.

Kertas Kerja

Kertas kerja pada prinsipnya sama dengan makalah. Kertas kerja kerjakan melalui analisis yang dalam dan tajam.

Kertas kerja ditulis untuk bahas pada saat seminar /lokakarya, yang biasanya dihadiri oleh ilmuwan.

Pada ‘penjelasan ilmiah’ itu kertas kerja digunakan sebagai acuan untuk tujuan tertentu.

Makalah

Lazimnya, makalah dibuat melalui kedua cara berpikir tersebut. Tetapi, tak mengapa pada saat diuraikan dengan basis pemikiran deduktif atau induktif dan bukan sekedar berdasarkan sebuah opini semata.

Adapaun pengertian dari makalah dalam tradisi akademik adalah karya ilmuwan atau mahasiswa yang sifatnya paling ‘soft’ dari jenis karya ilmiah lainnya atau adakalanya lebih tinggi.

Contohnya, jenis makalah yang kerjakan oleh ilmuwan dibanding skripsi mahasiswa.

Tujuan Karya Ilmiah

  • Memiliki tujuan sebagai suatu wahana untuk melatih fikiran dan kemudian dari hasil penelitian tersebut berbentuk sebuah tulisan ilmiah yang sistematis dan metodologis.
  • Dapat membangkitkan sudut pandang/etos ilmiah di kalangan banyak mahasiswa.
  • Karya tulis (ilmiah) yang telah selesai dapat digunakan sebagai sebuah media dalam memperoleh ilmu baik di dalam sekolah maupun ditengah masyarakat,
  • Dapat membuktikan wawasan dan potensi ilmiah yang dimiliki oleh mahasiswa dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah dalam bentuk karya ilmiah setelah yang bersangkutan memperoleh pengetahuan
  • Menguji kemampuan untuk melakukan penelitian.

Manfaat Karya Ilmiah

Manfaat penyusunan karya ilmiah bagi penulis adalah berikut:

  • Dapat membatu agar terlati agar dapat meningkatkan keahlian dalam membaca agar lebih baik;
  • Dapat bermanfaat untuk mengkombinasikan hasil dari sebuah bacaan yang diperoleh dari sejumlah sumber;
  • Mengenalkan dengan kegiatan kepustakaan;
  • Mendapatkan kepuasan yang luas
  • Sebagai bahan acuan/penelitian pendahuluan untuk penelitian selanjutnya

Cara Menulis Karya Ilmiah

Pada kempatan kali ini kita akan melanjutkan pembahasan tentang cara membuat karya tulis. Berikut penjelasannya.

Mengetahui bagian-bagian karya ilmiah

Sebelum kita memulai manyusun sebuah karya ilmiah, kita harus mengetahui mengenai beberapa bagian yang terdapat dalam karya ilmiah terlebih dahulu. Nah sejumlah bagian inti dari sebuah karya ilmiah yang musti dicantumkan di dalamnya ialah seperti berikut.

  • Bab pertama – Pada bab ini karya ilmiah berisi tentang pendahuluan ( latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat peneliltian).
  • Bab kedua – Pada bab ini karya ilmiah membahas tentang tinjauan pustaka dan menjelaskan tentang teori dan konsep masalah yang akan dibahas.
  • Bab ketiga – Pada Bagian bab ini makalah berisi tentang metode penulisan dan penelitian yang digunakan oleh penulis
  • Bab keempat – Pada Bagian bab ini masih juga membahas tentang metode penulisan dan penelitian. Akan tetapi bab ini juga berisi tentang manfaat, kelebihan dan akibat dari karya yang dituliskan penulis.
  • Bab kelima- Pada Bagian bab ini adalah bagian terakhir dalam suatu karya ilmiah yang berisikan tentang kesimpulan dari permasalahan.

Menentukan Tema (Topik Permasalahan)

Kemudian apabila kalian sudah mengetahui secara detail dari beberapa bagian dari karya ilmiah, maka langkah berikutnya ialah menetapkan sebuah tema. Karena tema dalam karya tulis (ilmiah) itu ibarat ruh pada manusia.

Baca Juga :  Frasa : Pengertian dan Contohnya

Namun pada saat sobat tengah menetapkan sebuah tema, sedikit saya sarankan agar sobat bisa memilih tema yang sesuai dengan perkara yang sudah kalian kuasai.

Sehingga dengan hal itu akan sedikit dapat membantu dalam proses penyusunan sebuah karya ilmiah.

Selain dapat membantu proses penyusunan, hal tersebut juga akan akan dapat mempercepat anda dalam melakukan penulisannya, sebab kalian sudah tidak perlu mencari refrensi mengenai topik yang akan disampaikan.

Menyusun Judul

Kemudian sesudah kalian menetapkan sebuah tema untuk sebuah karya ilmiah yang akan disusun, maka langkah selanjutnya yang bisa kalian lakukan ialah melakukan penyusunan dalam menentukan judul yang menarik.

Yang mana dalam ini dapat menggambarkan isi dari karya tulis tersebut. Dalam penulisannyapun tidak musti panjang dan pendek, kemudian untuk memilih judul yang baik biasanya hanya memakai 8-15 kata.

Seperti yang kita ketahui bahwa judul ialah merupakan bagian pertama yang biasanya akan terlebuh dahulu dilihat oleh pembacanya.

Jika kalian mempunyai judul yang sangat menarik, tentuntya akan menarik para pembacanya untuk membaca karya tulis kalian, meskipun karya tulis yang kalian susun sebenarnya tidak begitu bagus.

Kemudian apabila dalam menentukan judul yang tidak menarik makan sudah pasti bisa dipastikan bahwa yang akan membaca karya tulis kalian akan sangat sedikit, walaupun isinya sangatlah bagus.

Menyusun Kerangka Karangan

Dalam hal ini yang dapat kalian lakukan selanjutnya ialah penyusunan kerangka karangan, sehingga dengan adanya kerangka tersebut akan mempermudah kalina dalam menetapkan topik pembahasan dan akan memberi kemudahan sehingga akhirnya akan mempercepat kalian dalam menyusun sebuah karya ilmiah

Selain untuk memudahkan penulisan karya ilmiah anda, kerangka karangan juga akan membuat karya ilmiah yang anda buat menjadi lebih teratur.

Dan cara ini juga biasa diterapkan oleh seorang penulis karangan, entah itu novel atau pun karya ilmiah.

Pada umumnya penulis yang menulis sebuah karangan karya ilmiah dengan menggunkan kerangka maka karangannya akan rapi dan teratur.

Menyusun Bagian Akhir

Adapun yang terakhir adalah menuliskan pada bagian akhir karya ilmiah, yang terdiri atas daftar pustaka dan lampiran-lampiran dari berbagai sumber. Lampiran ialah sebuah dokumen yang mendukung terkait dengan kegiatan penelitian. Dan untuk daftar pustaka akan kita bahas dalam kesempatan dan artikel yang lain saja yah.

Contoh Karya Ilmiah Tentang Manfaat Olahraga

Contoh Karya Ilmiah Olahraga

BAB I

Pendahuluan

A. Latar belakang Masalah

Olahraga merupakan pilihan kebanyakan masyarakat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita.

Akan tetapi sebagian orang merasa malas atau enggan melakukan kegiatan ini. Dengan berbagai macam alasan, gak ada waktu lah dan lain-lain.

Dan seorang yang jarang berolahraga atau bergerak bisa dengan mudah terserang berbagai macam jenis penyakit.

Maka dengan demikian, harus dilakukan peneliltian tentang manfaat olahraga agar orang yang tidak pernah berolahraga mau mencoba kegiatan ini.

B. Rumusan Masalah

Cara menjaga tubuh dengan olahraga.

C. Tujuan Penelitian

Memahamkan sebagian orang tentang manfaat olahraga.

BAB II

Pembahasan

A. Manfaat Olahraga bagi tubuh manusia

Dari sebagian orang mungkin beranggapan olahraga adalah sebuah pekerjaan yang sangat berat.

Dikarenakan mereka dipaksa untuk bergerak yang akan membuat mereka cepat lelah dan mengeluarkan keringat yang cukup banyak.

Namun saat mereka mengetahui manfaat dari olahraga, mereka tidak akan mengeluh dan semangat saat melakukan kegiatan ini.

  • Olahraga yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang.
  • Olahraga juga dapat meningkatkan fungsi otak.
  • Jika anda merasa sters saya sarankan untuk berolahraga, karena salah satu manfaat olahraga adalah mengurangi stress.
  • Olahraga dapat menurunkan berat badan dan menurunkan kolesterol.
  • Meningkatkan kinerja jantung.

BAB III

Penutup

A. Kesimpulan

Masing – masing individu wajib menjaga kesehatan tubuh. Adapun salah satu cara yang paling mudah untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan berolahraga.

Meskipun kegiatan ini terlihat seperti mudah, akan tetapi manfaat yang dirasakan dari kegiatan itu tidaklah sedikit.

Maka, dengan adanya tulisan ini kami mengharapkan bisa menambah antusias kalian terhadap kegiatan olahraga ini.

Apa yang dimaksud dengan Karya ilmiah?

Karya ilmiah atau biasa dikenal juga dengan sebutan karya tulis ilmiah atau dalam bahasa inggris (Scientific paper). yakni merupakan sebuah laporan yang tertulis dan dibuat berdasarkan hasil olah pikiran, dan juga dari sebuah hasil penelitian atau pengamatan dari seseorang dalam permasalahan tertentu.

Sebutkan Manfaat Dari Karya Ilmiah?

-Dapat membatu agar terlati agar dapat meningkatkan keahlian dalam membaca agar lebih baik;
-Dapat bermanfaat untuk mengkombinasikan hasil dari sebuah bacaan yang diperoleh dari sejumlah sumber;
-Mengenalkan dengan kegiatan kepustakaan;
-Mendapatkan kepuasan yang luas
-Sebagai bahan acuan/penelitian pendahuluan untuk penelitian selanjutnya

Demikianlah  penjelasan singkat contoh karya ilmiah yang baik dan benar. Mulai dari contoh karya tulis tangan, contoh karya tulis kreatif, contoh karya tulis ilmiah yang baik dan benar, contoh karta tulis ilmiah yang menarik

Artikel Lainnya ;