Contoh Teks Eksplanasi

Posted on

Contoh Teks Eksplanasi – Apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi? penasaran bukan!! nah baiklah sebelum kita masuk pada tahap pembahasan, pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas mengenai teks eksemplum. Materi kali ini akan kita bahas mengenai contoh teks eksplanasi budaya, fenomena alam, sosial beserta ciri-ciri, kaidah keabsahan dan strukturnya, Untuk lebih lengkapnya simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian Teks Eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi
Contoh Teks Eksplanasi

Apa itu eksplanasi – Berdasarkan etimologi istilah kata eksplanasi itu awalnya di dapat dari bahasa asing yakni dalam bahasa Inggrisnya Eksplanation. Lantasa apa Arti eksplanation ? yakni merupakan suatu penjelasan .

Sedangkan definisi dari teks eksplanasi sendiri secara istilah adalah merupakan sebuah susunan paragraf yang di dalamnya berisikan sebuah informasi mengenai suatu rangkaian fase“mengapa” dan “bagaimana” yang mencakup terhadap sejumlah peristiwa.

Kemudian sejumlah peristiwa yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam pembuatan/penyusunan teks ekplanasi yakni biasanya menjelaskan tentang suatu peristiwa alam, sosial, budaya, dan juga ilmu pengetahuan.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

  • Memuat informasi yang sesuai dengan fakta atau nyata
  • Pada informasi melekat sebuah Fakta bahwa teks eksplanasi ini bersifat ilmiah
  • Strukturnya ada tiga macam yaitu dimulai dari pernyataan umum, sebab-akibat, hingga intrepretasi.
  • menggunakan sequnce markers, seperti pertama, kedua, ketiga ataupun dengan pertama, berikutnya, dan berakhir.

Struktur Teks Eksplanasi

Eksplanasi
Eksplanasi

Terdiri dari pernyataan umum

  • Pernyataan umum yaitu memuat penjelasan mengenai suatu topik dan proses yang terbentuk dari proses terjadinya suatu peristiwa.

Sebab dan akibat

  • Pada penjelasan ini mengenai tahapan suatu peristiwa . Sebab akibat ini disusun secara bertahap yakni berurutan daria awal hingga akhir peristiwa.

Interpretasi

  • Bagian ini adalah bagaian yang memberikan pernyataan terkait topok yang diuraikan dalam teks atau bisa disebut sebagai kesimpulan dari teks ekplanasi.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

  • Terdapat istilah ilmiah.
  • Pembahasannya dalam teks ekplanasi sifatnya hal yang umum. Dan  tidak mengikutsertakan partisipan tentang manusia.
  • Penulisan mengenai fakta yang disusun sesuai dengan berdasarkan peristiwa yang terjadi.
  • Teks yang digunakan dalam eksplanasi adalah kalimat pasif
  • Di dalam nya terdapat konjungsi kausal dan waktu
  • Pemakaian kata kerja lebih sering relasional dan material

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Budaya

Eksplanasi
Eksplanasi
  • Indonesia memiliki beraneka ragam kebudayaan. Salah satu produk kebudayaan yang terkenal adalah wayang. Wayang bisa dijadikan pertunjukkan yang dibawakan oleh seorang dalang. Kemudian permainan dan jenis wayang juga sangat beragam, hal ini bergantung terhadap tempat dan daerahnya. Namun keberadaan wayang bukan hanya didaerah jawa saja melainkan pagelaran wayang mulai meramba hingga kedaerah sumatar namun tentunya dengan metode yang berbeda.
  • Wayang golek termasuk Versi wayangan, Yang (dimainkan oleh manusia), atau wayang boneka. Dimana wayang ini kerap di mainkan dalam sebuah kisah Mahabrata dan merupakan permainan pagelaran dari daerah jawa. Kemudian pada pembentukan wayang ini pertama kali bermula pada saat ajaran Hindu mulai memasuki kedalam Indonesia. Agar kehadiran agama hindu bisa disambut baik oleh masyarakat, maka Hindu melakukan suatu penyesuaian terhadap kebudayaan yang ada didaerah tersebut sehingga akhirnya ia memilih wayang yang akan dijadikannya sebagai sebuah media agar dapat menghubungkan antara Hindu dengan seluruh sosial masyarakat. Kemudian pada saat agama Islam masuk ke Indonesia, Dibuatlah wayang yang menggunakan kulit sapi. Hal menjadi wujud dari penyesuaian agama Islam dengan masyarakat pada saat itu.
  • Akulturasi dan perkembangan wayang tidak berhenti di situ. Ketita tahun 1960 tumbuhlah gerakan misionaris katholik dan menyebarkan agama katholik di Indonesia. Dibuatlah wayang yang bernama wayang Wahyu yang diangkat atau  bersumber dari kitab agama tersebut. Pada saat ini pamentasan wayang sudah mulai marak bahkan hampir banyak kita saksikan diseluruh indonesia ini sebagai besar orang yang membuat suatu hiburan pati selalu disertai dengan pamentasan wayang , rasanya bagi mereka tak lengkap rasanya jika dalam setiap acara tidak menyelenggarakan pegelaran wayang.
  • Wayang selalu mempunyai Filosofi yang bermakna kebaikan dan mengajak untuk berbuat baik. Selain itu pada semua bagian yang terdapat pada wayang , yang mana didalamnya terkkandung berbagai makna. Dimana makna yang terkandung adalah berupa sebuah pengharapan bahwa dengan adanya pertunjukkan wayang tersebut, semua pesan yang ada di dalamnya yang berupakan suatu kebaikan bisa diterima dan terkena kedalam hati dan fikiran masyarakat.
  • Selain itu mengingatkan juga terhadap mereka bahwa hasil budaya musti dijaga dan agar mereka semua dapat melestarikan agra nantinya akan dapat digunakan kembali sebagai suatu media belajar ajar dalam sekolah .

Contoh Teks Eksplanasi Sosial

Eksplanasi
Eksplanasi
  • Tumbuh nya banyak Pengangguran menjadi sebuah isu pada bangsa Indonesia ini yang mana hingga kini masih dalam proses pencarian solusi yang lebih baik dan efektif. Pada tiap kali perubahan pemimpin bangsa, begitu banyak jalan keluar yang dilangsungkan misalnya dalam mengupayakan mengenai penyedian suatu pelatihan keterampilan terhadap semua penduduk
  • Ada sejumlah faktor yang bisa mengakibatkan meningkatnya pengangguran misalnya saja mengenai peningkatan ekonomi Indonesia yang tak sesuai dengan kapasitas para pelamar kerja yang meningkat setiap tahun, kemampuan SDM yang belum memadai, jumlah PHK yang tinggi, dan sebagainya. Peristiw tersebut bisa langsung kita saksikan mulai dari terjadinya peningkatan terhadap kemiskinan dan juga kriminalitas serta tyerjadi penurunan terhadap tingkat kesehatan.
  • Kemudian berbagai perosalan ini juga mulai berdatangan yang mana ini dikarenakan oleh meningkatnya para pengangguran. Sehingga oleh karena itu terhadap pihak pemerintah musti sesegera mungkin untuk melakukan perbaikan dan berupaya untuk dapat mencari jalan keluar supaya bisa menekan angka dari beberbagai dampak yang dijelaskan diatas. Maka Jalan keluar yang bisa lakukan yakni dengan memperbaiki kualitas pendidikan dan meningkatkan kesadaran orang tua agar dapat mengarahkan anak-anaknya serta mendukung minat dan bakatnya. Melalui cara ini diharapkan pengangguran dapat berkurang.
Baca Juga :  Kalimat Definisi dan Deskripsi

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam

mengulas mengenai Metamorfosis adalah suatu peristiwa pada sautau hewan yang mengalami perubahan hingga bmencapai fase dewasa. Dimana peristiwa fenomena ini berlangsung hampir hampira dari sebagian besar serangga, aeperti misanya amfibi, crustacea, mollusca, echinodermata, dan lain sebagainya. Namun fenomena perubahana bentuk ini tak melibatkan terhadap perubahan bentuk secara ekstrim atau perubahan yang terjadi pada habitat.

Kemudian ada dua jenis metamorfosis, yang diantaranya ialah metamorfosis sempurna dan tidak sempurna. Pada fase yang sempurna atau holometabola biasanya berlangung terhadap serangga misalnya seperti kupu-kupu.

Dimana pada jenis hewan dimulai dari tahapan setelah ia menetas dari telur, kemudian mulailah membentuk menjadi ulat atau larva. Kemudian selama tahapan perubahannya menjadi ulat , yang mana ia menghabiskan masa hidupnya untuk makan daun, setelah itu ia kembali merubah menjalani fase yang berikutnya yakni berubah menjadi pupa atau kepompong.

Pupa ialah merupakan semacam selimut yang menutupi seluruh permukaan tubuh ulat dalam kurun waktu beberapa hari.

Kemudian jika peristiwa perubahan pada kepompong terebut telah sempurna, mualilah ia akan menjadi kupu-kupu dan kemudian keluar sari dalam pupa dengan meregangkan kedua sayap sehingga ia dapat terbang.

Dalam fase perubahan bentuk ini dimana ulat menjadi kupu-kupu merupakan salah satu fenomena metamorfosis sempurna sebab berlangsungnya fase perubahan ini dengan yang terjadinya kehancuran pada bagian tubuh larva sehingga yang tersisah hanyalah beberapa sel.

Kemudian dari sel- sel itu akan dilanjutkan kembali adanya suatu pertumbuh hingga membentuk lagi menjadi kupu-kupu hingga sampai ia akan muncul dan keluar dari dalam pupa.

Peristiwa Metamorfosis tidak cuma dialamai oleh kupu-kupu saja. melaikan seperti lalat rumah dan kepik yang juga mengalami peristiwa ini dengan melalui fase pupa hingga melalui tahapan yang sempurna.

Lantas apa itu Metamorfosis tidak sempurna yakni merupakan suatu serangkkaian proses dalam sebuah perubahan terhadap bentuk hewan yang tidak melalui sebuah fase pupa.

Dimana adanya suatu proses metamorfosis ini, pada hewan adadikategorinya tidak banyak mengalami perubahan.

Sebab secara umum biasanya perubahan hanya akan berlangsung terhadap ukuran, proses pertumbuhan dari organ tertentu seperti misalnya pada sayap, dan juga adanya pergantian kulit yang biasa dikenal dengan sebutan instar.

Adapun kelompok Hewan yang dikatagorikan kedalam hewan yang dapat mengalami serangkaian proses metamorfosis tidak sempurna diantarnya ialah seperti, belalang dan kecoa.

Dimana pada belalang mulai dari menetas dari telur – selanjutnya membentuk larva / nimfa, kemudian mengalmi pertumbuhan hingga menjadi belalang dewasa yang dikenal dengan sebutan imago.

Kemuian adanya proses perubahan belalang dari nimfa ke imago bukan berarti mengubah habitat atau jenis makanannya. Namun Ia masih akan tetap selalu tinggal di pepohonan, dan memakan jenis dedaunan, selain itu ia juga bernafas dengan melalui trakea.

Kemudian bukan hanya serangga saja, dimana proses metamorfosis juga dapat berlangsung pada amfibi.

Misalnya seperti hewan Katak yang mana ia masih termasuk hewan amfibi, dengan melalui proses metamorfosis yang mengubah bentuk dari telur hingga katak dewasa.

Dimana pada katak betina dewasa, meletakan telur-telurnya di air dan kemudian meninggalnya.

Selanjutnya setelah berlalu selama sepuluh hari,maka telur itu akan mulai menetas dan menjadi berudu.

Dimana bentuk dari berudu-berudu tersebut menyerupai seperti ikan kecil yang habitat berada bawah permukaan air.

Maka apabila sudah memasuki 2 hari setelah menetas, maka pada berudu tersebut akan tumbuh insang yang berguna sebagai alatpernapasan selama ia berada didalam air. Dimana fase ini akan berlangsung selama 3 minggu.

Apabila sudah memasuki 3 minggu dari perubahannya, maka insang tersebut akan mulai tertutup oleh kulit dengan sendirinya.

Kemudian ketika berumur 8 minggu, pada bagian kaki berudu tersebut di belakangnya akan mulai tumbuh, diiringi dengan pertubuhan pada kaki bagian depannya. Nah setelah kedua bagian kaki depan dan juga belakang berudu itu tumbuh, maka akan nampak terlihat bentuk berudu tersebut akan menyerupai seperti katak berekor.

Sering waktu pada ekor tersebut akan mulai memendek sehingga ekor tidak lagi dapat difungsikan sebagai penggerak di bawah air.

Kemudian selanjutnya sistem pernafasan katak akan melalui paru-paru dan ia mulai bisa bertahan hidup meskipun berada di luar perairan. Nah setelah ia mulai dapat bertahan hidup didaratan maka Metamorfosis ini akan berakhir.

Baca Juga :  Lempar Lembing

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Banjir

Pernyataan Umum:

Banjir ialah merupakan suatu peristiwa yang berlangsung pada saat aliran air mengalmi tingkat yang berlebihan sehingga dapat merendam seluruh permukaan daratan yang ada disekitarnya.

Kejadian banjir ini tidak bisa diprediksi sebab kedatangannya secara mendadak dan terus mengalir deras sehingga membuat semua yang ada disekitarnya akan hanyut terbawa olehnya.

Kemudian peristiwa banjir ini dapat menyebabkan berbagai persoalan mulai dari masalah ekonomi, sosial, bahkan hingga merusak seluruh sarana dan prasarana yang ada.

Urutan Sebab-Akibat:

Seperti yang kita ketahui bahwa faktor penyebab dari adanya banjir ini bisa disebabkan oleh adanya curah hujan yang sanbgat tinggi yang terjadi di suatu daerah sehingga membuat air sungai tidak dapat menampung volume air seperti biasanya.

Kemudian dapat juga disebabkan karena sebagian dari masyarakatnya membuang sampah sembarangan sehingga akhirnya menyebabkan terjadinya banjir sebab sistem aliran air sungai dihalangi oleh genangan.

Kemudian Hutan yang gundul juga dapat menjadi salah satu pemicu dari terjadinya banjir hal ini disebabkan karena maraknya penebangan liar.

Dimana seperti yang kita ketahui, akar pohon memiliki fungsi sebagai penyerap air, maka apabila sejumlah pepohonan yang terdapat pada hutan ditebang, maka hal tersebut akan membuat air menjadi tidak akan dapat diserap sehingga ia akan menjadi sebuah genangan air di daratan.

Apbila kita perhatikan pada ibukota besar misalnya seperti Jakarta, dimana disana kita ketahui banyak tempat pemukiman warga yang berada di pinggiran sungai.

Dimana dengan meningkatnya para pemukim membuat rumah di bantaran sungai sehingga menjadi salah faktor penyebab terjadinya banjir.

Sebab akibat dari pembangunan rumah tersebut membuat tanah menjadi sangat rentan longsor dan akhirnya akan menutupi panggiran sungai.

Selain itu, yang menjadi faktor penyebab selanjutnya terjadi banjir ialah karena disebabkan adanya kebocoran atau bendungan yang jebol yang mana hal ini dapat terjadi karena minimnya kesadaran masyarakat dalam menjaga dan merawat lingkungan sisekitar.

Selain itu mengapa bendungan mengalami jebol hal ini bisa juga disebabkan karena faktor hujan yang deras sehingga membuat debit air semakin meningkat.

Simpulan/Penutup (interpretasi):

Dii bawah ini terdapat beberapa dampakan yang bisa disebabkan oleh adanya banjir , berikut penjelasannya.

  • Yang pertama Dampak primer: yakni adanya kerusakan secara fisik seperti misalnya mobil, bangunan, jembatan, jalan raya.
  • Yang kedua Dampak sekunder: yakni suatu dampak yang dapat mempengaruhi persediaan air, penyakit, pertanian dan sejumlah ketersedian pangan, keumudian transportasi serta pepohonan.
  • Yang ketiga Dampak tersier/jangka panjang: Yakni suatu dampak yang dapat mempengaruhi ekonomi, penurunan terhadap para wisatawan, terjadinya kelangkaan terhadap makanan, harus mengeluarkan banyak biaya pembangunan kembali.

Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya

Eksplanasi
Eksplanasi

Pernyataan Umum:
Gerhana matahari merupakan fenomena alam yang sangat jarang terjadi sehingga adanya fenomena ini menjadi sesuatu hal yang sangat menarik sehingganya hampir semua kalangan banyak yang mengamati secara langsung ketika adanya fenomena tersebut.

Berlangsungnya fenomena alam Gerhana matahari sudah terjadi selama ratusan tahun. Dan terjadinya Fenomena ini disebakan oleh posisi bulan berada tepat diantara matahari dan bumi dalam satu garis lurus sehingga cahaya matahari akan tertutup oleh bulan selama beberapa detik.

Bagian Penjelasan:
Agar dapat melihat matahari secara langsung yakni dengan menggunakan sebuah alat teropong khusus atau media yang melindungi mata. Apabila melihat Fenomena ini dengan hanya menggunakan mata telanjang hal ini tentu akan membahayakan keselamatan mata bahkan bisa menimbulkan kebutaan. Kerusakan pada mata tersebut karena  retina rusak oleh masuknya suatu radiasi tinggi yang ada pada sinar matahari. Bentuk pada radiasi ini tak bisa terlihat oleh mata dengan panjang gelombang tertentu. Mata manusia tidak dapat bertahan dengan radiasi tersebut.

Penutup:
Agar dapat menikmati gerhana matahari banyak cara bisa dilakukan. Bukan hanya memakai teropong saja, Akan tetapi ada cara yang paling ekonomis yakni menggunakan film. Film ini akan membantu melindungi mata meskipun tidak maksimal.

Apa Yang Dimaksud Dengan Teks Eksplanasi?

Berdasarkan etimologi istilah kata eksplanasi itu awalnya di dapat dari bahasa asing yakni dalam bahasa Inggrisnya Eksplanation. Lantasa apa Arti eksplanation ? yakni merupakan suatu penjelasan . Sedangkan definisi dari teks eksplanasi sendiri secara istilah adalah merupakan sebuah susunan paragraf yang di dalamnya berisikan sebuah informasi mengenai suatu rangkaian fase“mengapa” dan “bagaimana” yang mencakup terhadap sejumlah peristiwa.

Sebutkan Ciri -Ciri Teks Eksplanasi?

-Memuat informasi yang sesuai dengan fakta atau nyata
-Pada informasi melekat sebuah Fakta bahwa teks eksplanasi ini bersifat ilmiah
-Strukturnya ada tiga macam yaitu dimulai dari pernyataan umum, sebab-akibat, hingga intrepretasi.
-menggunakan sequnce markers, seperti pertama, kedua, ketiga ataupun dengan pertama, berikutnya, dan berakhir.

Jelaskan Struktur Teks Eksplanasi?

-Terdiri dari pernyataan umum
-Sebab dan akibat
-Interpretasi

Demikianlah Materi pembahasan kali ini, semoga artikel ini dapat berguna serta dapat menambah pengetahuan kita semua.

Artikel Lainnya: