Contoh Artikel Populer Singkat Ilmiah

Posted on

Contoh Artikel Populer Singkat Ilmiah – Pada pertemuan kali ini akan kabarkan.com sampaikan penjelasan mengenai Contoh Artikel Populer Singkat Ilmiah, Pendidikan dan Kesehatan dengan secara lengkap. Namun diperjumpaan sebelumnya juga yang mana kabarkan.com telah menyampaikan materi tentang Contoh Karangan Narasi. Baiklah untuk lebih jelasnya bisa sobat simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Artikel

Contoh Artikel Populer Singkat Ilmiah
Contoh Artikel Populer Singkat Ilmiah

Apa yang dimaksud dengan Artikel yakni merupakan suatu karangan faktual yang sangat lengkap dengan panjang tertentu yang disusun untuk dibagikan yang meimiliki tujuan untuk menyampaikan suatu gagasan dan berbagai fakta yang bisa mendidik dan juga menghibur.

Selain itu definisi artikel juga bisa meliputi suatu karangan yang dibagikan dengan melalui beberapa media misalnya seperti koran, lalau majalah, buletin atau bahkan hingga media online.

Model Penulisan Artikel

Pada saat akan menyusun atau menulis sebuah artikel ada sejumlah model yang mana dari antara model yang satu dengan yang lainnya yang masing-masing mempunyai ciri khas tersendiri.

Lantas, apa sajakah macam-jenis model penulisan artikel tersebut? Siak ulasannya sebagai berikut ini.

Model Penulisan Populer

Apa yang dimaskud dengan Model penulisan populer ? yakni merupakan sebuah gaya dalam penulisa yang digunakan untuk membuat sebuah artikel yang mana biasanya dalam penyusunan artikel ini menerapkan sebuah tulisann dengan berbagai tema-tema yang sangat ringan dan tidak terkesan rumit sama halnya seperti tema dalam sebuah hiburan.

Selain itu dalam menulis sebuah artikel populer secara umum memakai bahasa yang bebas atau seperti halnya bahasa yang kerap dipakai dalam penyusunan di majalah atau koran.

Model Penulisan Ilmiah

Apa itu Model penulisan ilmiah ? yakni merupakan sebuah penulisan artikel yang mana yang memakai bahasa yang cukup baku dan resmi serta selalu memperhatikan setiap ejaan hingga nampak sesuai.

Selain itu model yang digunakan dalam penulisan ilmiah ini disahkan secara resmi oelh hukum. Maka oleh sebab itu, penggunaan gaya/model dalam memuat suatu tulisan artikel ini sangat diperlukan pembelajaran secara khusus dan biasanya cenderung lebih rumit jika dibanding dengan model penulisan pada jenis artikel yang lainnya.

Model Penulisan Ilmiah Populer

Apa itu Model penulisan ilmiah populer ? yakni merupakan suatu perpaduan antara model ilmiah dan juga populer.

Dimana Model penulisan pada artikel yang semacam ini biasanya tertuju kepada semua orang /umum. Nah sebagai contoh dari artikel ini nanti bisa kalian jumpai di bawah ya.

Syarat-Syarat Artikel

Di bawah ini terdapat sejumlah syarat-syarat dalam pembuatan / penyusunan sebuah artikel, yang diantaranya ialah sebagai berikut.

  • Pada model bahasa yang digunakan dalam penulisan artikelnya harus disesuaikan dengan jenisnya baik itu artikel populer, lalu ilmiah atau bahkan ilmiah populer.
  • Dalam penulisan atau membuat sebuah artikel harus hasil karya sendiri atau orisinal dan bukan hasil dari membajak karya yang dimiliki oleh orang lain.
  • Tema artikel yang ditungkan kedalam sebuah artikel merupakan hasil dari respon terhadap sebuah peristiwa.
  • Pada Ide yang dituangkan di dalam sebuah artikel harus murni hasil dari penulisan sendiri. Namun kalianjuga bisa juga mengambil dari sebuah karya lainnya untuk dijadikan sebagai sumber referensi atau sebuah rujukan baik itu berupa buku, jurnal, koran dan lain sebagainya.
  • Dalam menuangkan suatu ide yang dijadikan sebgai bahan penulisan artikel tidak terikat oleh waktu, lalu gaya bahasa, kemudian bentuk berita, serta dengan menggunakan teknik penulisan yang lain.
  • Kemudian penggunaan gaya penulisan, lalu aktualitas serta panjang maupun pendeknya artikel tersebut juga musti di perhitungkan.

Contoh Artikel Populer Singkat Ilmiah

Contoh Artikel Populer Singkat Ilmiah
Contoh Artikel Populer Singkat Ilmiah

dI bawah ini terdapat beberapa contoh artikel yang dapat kalian jadikan sebagai acuan, simak sebagai berikut ini.

Contoh Artikel Ilmiah

Bahaya Internet Bagi Remaja

Baca Juga :  Interaksi Antar Ruang

BAB I

Pendahuluan

1. Latar belakang faktor masalah

Pada era digital saat ini Internet rasanya sudah sangat melekat di dalam kehidupan sehari-hari, khsusnya bagi para remaja.

Memamng pada dasarnya internet terkadang bisa sangat membantu dalam berbagai penyelesaian baik di dalam bidang pekerjaan maupun disekolah bahkan di rumah.

Namun pada jejaring internet pun tidak terlepas dari berbagai hal yang sangat negatif dan dapat menimbulkan dampak yang sangat buruk .

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam menginjak usia remaja merupakan prosesi pertumbuhan yang masih terbilang sangat rentan dan masih sangat labil, tak heran mereka masih sering terbawa oleh arus kehidupan yang ada disekitarnya.

Maka dalam hal ini merupakan hasil dari sebuah penelitian mengenai bahayanya internet bagi para remaja rasanya sanagt penting untuk di ulasa agar dapat dijadikan sebagai himbauan.

2. Rumusan masalah

Lantas sepertiapakah bahaya internet bagai para remaja?3. Tujuan dari penelitian

bisa menjelaskan mengenai bahaya internet terutama bagi semua para remaja.

BAB II

Pembahasan

Bahaya internet untuk remaja

Di tengah kehidupan sebagian para remaja yang mana saat ini internet nampaknya sudah menjadi salah satu jenis kebutuhan pokok.

Namun tentunya tidak semua para remaja yang dapat mengakses atau menggunakan internet dengan baik dan benar. Sebab diluaran sana banyak juga sebagian para remaja yang sudah salah memanfaatkan jejaring internet sehingga akan sangat menghasilkan dampak yang buruk bagi dirinya dan juga bagi lingkungan disekitarnya.

Dengan berdasarkan riset yang telah dikaji secara mendalam dimana ada beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan apabila tidak bijak dalam menggunakan jejaring internet terutama di kalangan para remaja, yakni seperti berikut:

  • Dapat memicu adanya perilaku bullyng dengan melalui media sosial
  • Sangat mudah untuk dapat mengakses berbagai konten terutama konten yang berbau pornografi sehingga dapat menimbulkan adanya sebuah perilaku kejahatan seksual
  • Maraknya berbagai kasus baik penculikan, pelecehan atau suatu tindak kriminal lainnya di kalangan para remaja setelah sebelumnya di awali dengan adanya sebuah perkenalan dengan melalui media sosial.

BAB III

Penutup

Kesimpulan

Dalam kehidupan sehari-hari Internet juga memang sudah sangat membantu, namun ia akan selalu tetap memiliki kekurangan. Maka oleh sebab itu, dalam hal ini orang tua mempunyai peranan yang sangat penting untuk salalu bisa menjaga serta mengawasi anak-anaknya.

Dengan adanya respon positip dari orang tua terhadap anaknya dan memberikan suatu pedoman agar mereka dapat membentangi dirinya dari berbagai hal negatif di dalam memanfaatkan internet.

Contoh Artikel Pendidikan

Contoh Artikel Pendidikan
Contoh Artikel Pendidikan

Contoh Artikel Pendidikan

Pendidikan Karakter Untuk Membangun Peradaban Bangsa

Pendidikan merupakan suatu hal yang pada saat sangat dinilai sangat penting di dunia, sebab di dunia ini masih membutuhkan orang-orang yang berkompeten yakni orang berpendidikan agar bisa membentuk dan membangun suatu Negara yang maju.

Namun selain itu karakter juga sangat dibutuhkan bahkan memiliki keistimewaan tersendiri sebab pada zaman sekarang ini dimana sebagian orang tidak hanya melihat oleh betapa tinggi pendidikannya ataupun gelar yang sudah di raihnya, melainkan terhadap karakter atau kepribadian yang dimilikinya/setiap orang.

Selain itu proses pendidikan yang berlangsung di sekolah masih kerapkali banyak yang hanya lebih mengutamakan atau mementingkan aspek kognitifnya daripada psikomotoriknya, dan juga masih sangat banyak sekali sejumlah para guru hampir di setiap sekolah yang hanya asal-asalan dalam mengajar agar mereka terlihat telah memenuhi tugasnya sebagai guru atau dijadikan sebagai formalitas saja, tanpa memberikan atau memperkenalkan dan mengjar muridnya mengenai bagaimana berbagai etika yang baik yang harus ditanamkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kemudian di dalam sebuah buku yang membahas nmengenai sebuah Kecerdasan Ganda (Multiple Intelligences), dimana Daniel Goleman menerangkan bahwa adanya kecerdasan secara emosional dan juga sosial dalam aspek kehidupan merupakan bagian yang sangat dibutuhkan dengan presentase 80%, namun sementara kecerdasan intelektual dibutuhkan hanyalah sekedarnya saja saja yang dengan dipresentasekan sekitar 20% saja.

Baca Juga :  Elastisitas Permintaan

Maka dalam hal ini pendidikan karakter merupakan bagian atau pendidikan yang sangat yang dibutuhkan oleh manusia agar dapat membentuk manusia yang beradap dan berbudi pekerti baik serta kedepannya dapat menyongsong masa depan yang lebih baik, bukan suatu kehidupan yang justru akan dipenuhi dengan berbagai perilaku biadab.

Maka kemudian tumbuhlah pemikiran oleh para cerdik yang pandai mengenai apa yang disebut dan dikenal pendidikan karakter (character education).

Selain itu banyak pilar- pilar karakter yang musti ditanamkan kepada anak – anak penerus bangsa, yang diantaranya ialah seperti menanamkan kejujuran, yah dalam kehidupan yang baik kejujuran merupakan suatu hal yang paling utama yang harus ditanamkan kepada diri kita ataupun untuk anak – anak penerus bangsa sebab kejujuran ialah merupakan suatu benteng dari semuanya,

Semoga saja dengan diterapkannnya berbagai pendidikan salah satunya pendidikan karakter di sekolah dapat membentuk semua potensi terhadap kecerdasan anak –anak yang natinya akan dilandisi oleh karakter – karakter yang bisa mengantarkan mereka menjadi orang – orang yang sangat diharapkan dan layak menjadi sebagai penerus bangsa.

Contoh Artikel Kesehatan

Contoh Artikel Kesehatan
Contoh Artikel Kesehatan

Contoh Artikel Kesehatan

Ayo Jangan Malas Cuci Tangan Biar Hidup Sehat

Dlam menjaga kesehatan tubuh dapat diawali dari hal-hal yang sangat sederhana. Misalnya seperti mencuci tangan. Maka upayakan dimulai sejak saat ini jadikanlah rajin mencuci tangan sebagai salah satu bagian dari gaya hidup Anda.

Dimana hal yang harus diketahui bahwa tangan ialah merupakan sebuah organ tubuh yang sangat vital yang dipergunakan unntuk menunjang berbagai aktivitas dalam kehidupan hari-hari.

Selain itu dengana tangan inilah yang membuat tercipta berbagai karya-karya indah. Namun, hal yang harus dipahami bahwa dari tangan jugalah berbagai jenis penyakit dapat menular.

Hal ini tentnya tanpa kita disadari dimana aktivitas yang kita lakukan sehari-hari membuat tangan kita selalu bersentuhan secara langsung dengan berbagai benda-benda, misalnya sperti pulpen, lalu keyboard computer, atau yang paling sering septi gagang pintu dan benda-benda lain. Namun sementara itu, kita tidak pernah tahu, apakah pada semua benda-benda yang kita pegang itu sudah terbebas dari berbagai kuman dan virus?

Nah, oleh sebab itu guna mencegah bakteri atau virus tersebut yang sudah berpindah ke dalam tubuh kita dengan perantara melalaui tangan tersebut, maka ada baiknya jika kita selalu mencuci tangan, terutama ketika sebelum dan juga sesudah makan.

Dengan maraknya berbagai jenis virus yang baru belakangan ini, dengan rajin mencuci tangan rasa bisa dijadikan sebagai salah satu senjata dasar untuk mengatasinya.

Manfaat dari rajin mencuci tangan khususnya dalam kesehatan memang sudah sangat diakui. Namun nyatanya, masih sangat terdapat orang yang tidak meau melakukannya.

Padahal, sangat seiring kita melakukan berbagai aktivitas yang mana aktivitas tersebut tentunya melibatkan tangan diantaranya, sehingga akhirnya tangan pun akan dipenuhi berbagai kuman, bakteri, dan juga virus yang nantinya akan memasuki tubuh Anda.

Kuman dapat masuk kedalam tubuh manusia tidak harus dengan hanya melalui mulut saja, melainkan bisa juga dengan melalui mata atau hidung.

Namun beberapa jenis penyakit infeksi umumnya dapat menyebar hanya dengan melalui kontak tangan ke tangan, misalnya seperti demam biasa (common cold), flu dan sejumlah kelainan yang terjadi di system pencernaan misalnya seperti diare.

Selain itu yang tidak kalah penting ialah ketika kita sudah menangani atau membersihkan sampah.

Maka dengan kita selalu mengawali rutinitas, atau hendak maka, minum, belajar, bekerja upayakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu agar bisa mencegah penyakit yang bisa saja menyerang anak.

Maka untuk itu, upayakanlah untuk selalu mebiasakan mencuci tangan dan mengajrkannya pada anak sejak dini.

Demikianlah Materi pembahasan kali ini mengenai contoh artikel, semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk sobat semua.

Baca Juga :